Pindah Rumah Sementara (1): Persiapan

[Lifestyle] Rumah yang aku tempati saat ini, bisa dibilang rumah tua. Ayah membelinya puluhan tahun yang lalu. Jadi wajar jika disana sini kita bisa menemukan kerusakan. Pekerjaan tambal dan memperbaiki nyaris setiap tahun kami lakukan. Rasanya, semua bisa diatasi kecuali masalah rayap.




Itu yang namanya rayap, aishhh.... dia bisa berpindah dan menyebar. Dari awalnya cuma terdapat di satu buah kusen pintu, eh, kemudian pindah ke kusen jendela. Lalu tiang pergola dan seterusnya hingga akhirnya kami memutuskan : "Kayaknya sudah waktunya deh rumah kita harus direnovasi total."

Kenapa akhirnya keputusan untuk merenovasi total kami lakukan? Karena, jika ditotalin nih jumlah ongkos perbaikan rumah yang sedikit-sedikit itu tapi terus terjadi setiap tahun, ternyata dalam lima tahun totalnya bisa untuk mendirikan sebuah rumah baru.
Wah.
Mendingan sekalian saja direnovasi total kan jika begitu. Jadi rumahnya baru lagi. Untuk itu, tentu saja kami harus pindah rumah sementara (kenapa ada ekor kata sementaranya, karena memang kepindahan kali ini hanya bersifat sementara saja. Aku dan anak-anak punya penyakit Asma yang cukup mengganggu dimana penyakit Asma kami itu akan kambuh jika terkena debu, semen dan segala macam yang menyesakkan).

Nah, berikut ini adalah persiapan yang harus disiapkan jika ingin melakukan pindah rumah sementara.

HAL-HAL YANG HARUS DISIAPKAN JIKA INGIN PINDAH RUMAH SEMENTARA: 


1. Pemilahan barang berdasarkan prioritas pemakaian. 

Mulai bedakan benda-benda yang sekiranya akan diperlukan dalam kepindahan sementara ini dan mana yang tidak akan diperlukan dalam kepindahan sementara ini. Karena saya hanya pindah ke rumah kontrakan selama 1 tahun saja, maka saya langsung memisahkannya dalam kardus-kardus dan plastik kontainer. Beruntungnya karena ternyata benda pajangan saya kebanyakan adalah buku-buku. Tapi, tetap saja ini harus dipilah-pilah. Buku yang sekiranya dalam setahun terakhir ini tidak akan dibaca dulu, saya masukkan dalam kardus yang akan dilakban. Sedangkan buku yang ingin dibaca dalam setahun belakangan ini tentu saja saya taruh di dalam plastik kontainer.

2. Pemilahan barang berdasarkan prioritas penggunaan. 

Mana barang-barang yang akan dipakai untuk setahun ini dan mana barang-barang yang tidak akan dipakai dalam setahun ke depan. Mereka yang tidak akan dipakai dalam setahun ke depan masukkan dalam sebuah kardus yang dilakban rapat, jika perlu diikat. Sedangkan yang akan digunakan dalam setahun ke depan masukkan dalam tempat yang mudah dibuka tutup. Plastk kontainer misalnya.

Benda-benda yang tidak akan dipakai dalam setahun ke depan:

a. Piala dan penghargaan.
b. Benda-benda pajangan lemari hias (maklum, rumah kontrakannya mungil; lagian cuma setahun pindah, kayaknya nggak  usah majang2 pernak pernik pemanis dulu mungkin).
3. Guci-guci dan benda-benda pajangan yang merupakan benda warisan keluarga.
4. Koleksi piring, gelas, sendok, mangkuk makan buat arisan (ini sudah pasti; karena kami mengontrak rumah yang amat mungil jadi tidak mungkin menampung tamu terlalu banyak. Jadi, kalau ketempatan arisan, minta dipending dulu saja ah. Tahun depan saja dapatnya).
5, Karpet-karpet untuk digelar jika ada arisan.
6. Buku-buku (seperti yang ada di point 1)
7. Mesin jahit (mungkin saya tidak akan menjahit dulu setahun ke depan. Tapi.. jjika memang terpaksa... nah.. khusus kardus mesin jahit saya beri dia pita khusus).
8. KOnsol game.... (duh, rumahnya mungil, sepertinya gak mungkin main wii....lagipula, sudah ada game android).

Benda-benda yang akan dipakai dalam setahun ke depan:

1. Panci, baskom, pisau, piring, gelas, mangkuk, sendok, kuali untuk keperluam mengolah makanan sehari-hari.
2. Selimut, seprei, handuk. (oh ya, karena rumah kontrakannya mungil, jadi saya hanya bisa membawa 4 buah lemari  satu pintu saja. Padahal di rumah ada 5 orang yang terdiri dari 4 dewasa dan 1 anak-anak. Nah... baju mereka kan banyak ya pasti. Jadi, letakkan selimut, sprei dan handuk dalam plastik kontainer saja, pilih yang beroda dan bisa diletakkan di bawah meja makan. Karene pamakaian selimut, seprei dan handuk ini kan tidak tiap hari.  Jadi, lemari yang bisa dibawa dipakai untuk meyimpan baju, celana, jilbab dan pakaian dalam... serta sisakan 1 lemari untuk menyimpan piring, gelas, plastik kontainer untuk makanan dan stok barang2 belanjaan bulanan).
3. Buku-buku yang akan dibaca atau digunakan dalam setahun terakhir.
4. Meja makan dan kursinya
5. Televisi, kulkas dan semua barang2 elektronik (tapi khusus radio, saya simpan di kardus karena sepertinya fungsinya tidak terllau urgent setahun ini).
6. Sepatu dan rak sepatu.
7. Mesin cuci dan kompor.

Nah... jika sudah disiapkan seperti ini. Kita siap pindahan.


4 komentar

  1. Ribet juga mbak kalau ada tukang mau tidur bebas enggak bisa. Hihihi bahkan mau mandi saja was was

    BalasHapus
  2. Gambaran agar bikin persiapan sebelum pindahan rumah juga, karena insya Allah rumah akan dibongkar dan dibangun di tempat lain.
    makasih tipsnya, Mak Ade.
    Duh, ternyata rayap tak bisa dianggap sepele.

    BalasHapus