badge

Selasa, 25 Maret 2014

Bingung MIlih Pemilu 2014 Nanti? (part 1)

[Lifestyle] Hayoo ngaku siapa yang masih bingung mau milih siapa tanggal 9 April 2014 nanti? Tulisanku ini tidak iklan atau kampanye atau review titipan dari partai manapun nih. Aku menulis karena aku merasa pingin menulis sesuatu jelang Pemilu 2014 ini.

Nah, kali ini aku mau ngasih tahu biar kalian tidak bingung menentukan siapa yang harus dicoblos tanggal 9 April 2014 nanti.
Ingat ya, yang kita pilih tanggal 9 April itu adalah calon Anggota DPR, DPRD dan DPD. Mereka yang akan jadi wakil kita ceritanya untuk duduk di gedung MPR/DPR sana. Dan konon, akan membawa suara aspirasi kita (tentu saja suara yang ditampung lewat  suara Partai yang mereka wakili ya).


Partai Politik apa saja yang akan kita pilih nanti, ini aku copas dari websitenya KPU Pusat, sekaligus tutorial cara mengetahui siapa yang pantas mewakili suara kita nanti (kalian bisa buka website KPU Pusat untuk tahu semua partai tersebut).


Nah, nanti di bilik suara nanti, bukan cuma gambar-gambar ini saja yang akan kalian lihat. Tapi, ada foto-foto para calon anggota legislatif yang harus kalian coblos. Bisa saja sih kalian mencoblos gambar partainya saja. Itu berarti kalian percaya pada partai tersebut, siapapun orang dari partai tersebut yang akan dapat suara kalian. Tapi, jika kalian punya satu orang yang ingin kalian coblos bisa juga.

Jika kalian mencoblos gambar partainya saja, maka suara-suara yang terkumpul itu akan diberikan sesuai dengan nomor urut calon legislatifnya. Jadi, misalnya kuota  untuk dapat suara itu butuh 100.000 coblosan, maka jika sudah terkumpul 100.000 coblosan yang mencoblos gambar partai maka didapat 1 suara untuk nomor urut 1 di partai tersebut. Dan 100.000 berikutnya untuk yang nomor urut dua, dan seterusnya. Tapi, ada juga kebijakan partai yang memberlakukan kuota prioritas. Jadi, mereka memprioritaskan agar nomor urut satu bisa lolos terlebih dahulu, maka semua coblosan dikumpulkan dulu untuk memberi sumbangan bagi nomor urut 1 itu, jika sudah pasti si nomor urut 1 masuk, barulah sisa suara yang ada diberikan ke nomor urut 2; dan seterusnya.

Apa pengaruhnya jumlah mereka yang lolos mewakili partai tersebut?
Pengaruhnya, ke jumlah keseluruhan suara yang berhasil dikumpulkan oleh partai tersebut. Semakin banyak suara yang terkumpul untu partai tersebut maka posisi tawar si partai politik untuk mengajukan Calon Presiden di Pemilu Capres bulan September nanti semakin besar. Karena, kalau perolehan suara si partai politik kecil, dia tidak punya posisi tawar untuk mengajukan Calon Presiden dari Partainya. Sebaliknya, dia harus ikut mendukung ke Partai yang punya suara lebih besar.

Dengan demikian, yang perlu diingat adalah:

1. Tanggal 9 April 2014 itu, kita memilih Calon Anggota Legislatif (DPR, DPRD dan DPD. Jadi gak usah dipusingin dulu dengan milih Presiden. Itu nanti, bukan tanggal 9 April 2014).

2. Siapa saja Calon Anggota Legislatifnya? Nah... kalian bisa melihat mereka dari foto-foto yang bertebaran di pinggir jalan di dekat rumah kalian. hehehhe... Tapi kalau mau tahu lebih jelas siapa mereka, ini panduannya.
Kita buka lagi website KPU ya, lalu lihat deh di pojok atas sebelah kanan. Ada tulisan DCT (Daftar Calon Tetap). Nah, kita klik yuk.


3. Setelah itu, kalian bisa melihat semua daftar anggota yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk dicoblos.



4. Tapi, jika kalian sudah yakin bahwa ingin memenangkan sebuah partai tertentu, bisa juga dengan cara meng-klik gambar partai yang ada di halaman itu. Nanti akan muncul gambar seperti ini:




Kalian sudah tahu kan masuk daftar pemilih di daerah pemilihan berapa? Nah, jadi setelah memilih propinsi, kalian pilih juga daerah pemilihannya seperti di atas itu. Aku sendiri karena aku tinggal di Jakarta Selatan jadi aku milih DAPIL Jakarta II, yang meliputi: Luar Negeri,  Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. 

Oh ya, FYI: buat kalian yang tinggal di Luar Negeri, maka suara kalian akan masuk dan dikumpulkan di DAPIL yang sama denganku, yaitu di DAPIL Jakarta II. 

 Nah... semoga kalian semua tidak bingung ya. Jika masih bingung, lanjut baca tulisanku berikutnya ya. Insya Allah tulisanku tidak memihak siapapun kok.

-----------------
AKU BUKAN ORANG PARTAI.
AKU NETRAL TAPI AKU TIDAK GOLPUT.

4 komentar:

  1. Aku terpaksa ga nyoblos mak krn KTP ku masih jateng pdhl skr tinggal di Sidoarjo. Ntar aja ngurusi surat pengantar kl pilpres. (alasan :-P)

    BalasHapus
  2. Aku tidak golput, meski harus berjibaku dg berbagai rintangan, aku tetap nyoblos

    BalasHapus
  3. Aku juga tidak golput, dan meyakini bahwa mencoblos adalah kewajiban :)

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...