badge

Kamis, 13 Februari 2014

Cara Mengetahui bahwa itu Galaksi S4 KW

Hari selasa lalu, aku nyaris saja membeli sebuah handphone dari merek terkenal Samsung, yaitu jenis Samsung Galaxi S4. Barangnya sudah aku bawa dan aku tanyakan pada anak sulungku, dan beruntungnya aku karena ternyata itu bukan Samsung Galaxy S4 asli. Yang aku bawa pulang ke rumah itu adalah Samsung Galaxy S4 KW alias Samsung Galaxy S4 buatan China atau dikenal juga dengan istilah Samsung Galaxy S4 Supercopy.



mana yang asli coba? susah kan bedainnya meski salah satu di antara dua di atas adalah KWnya. Gambar diambil dari sini 

Jadi, ceritanya temanku menawarkan aku sebuah handphone Samsung S4 yang katanya adalah hasil sitaan dari bea cukai karena kebetulan suaminya adalah seorang polisi.

"Tahu sendiri kan Jeng. Seharusnya barang yang masuk ke Indonesia itu kan dibatasi jumlahnya, tapi ternyata ada saja yang produsen yang bandel jadi mereka memasukkan barang suka melebihi kuota yang melebihi ketentuan gitu. Jadilah akhirnya mereka tertangkap dan barang-barang yang kelebihan kuota itu disita. Tapi, itu kan barang-barang bagus semua. Jadi, ya sudah, beberapa ada yang diselamatkan dan dibagi-bagi terus dijualin gitu."

"Oh, itu.. asli?"
"Asli Jeng. Itu datang dari Batam semua barangnya."

Lalu dia memberikan perangkat handphonenya padaku. Begitu lihat barangnya, aku sempat terpengaruh juga. Dia benar-benar seperti asli tapi dengan harga yang amat murah. Hanya ditawarkan dengan harga Rp2.900.000. (dengan alasan modalnya dia hanya Rp2.800.000).
Langsung aku nulis pesan di whats app untuk anak sulungku.


Handphone itu laris manis.
Tapi, akhirnya tersisa satu dan temanku itu membolehkanku untuk membawanya pulang. Maka, aku pun membawanya pulang. Lalu keesokan paginya, aku langsung meminta anak sulungku untuk memeriksanya apakah itu asli atau palsu.

Anak sulungku langsung membuka search engine Google dan memasukkan kata kunci "cara mengetahui samsung galaxi S4 asli dan palsu.". Lalu muncul beberapa tips. Tips itu aku ikuti:

1. Tombol home yang asli letaknya tepat di tengah-tengah handphone dan disentuhnya lembut (aku cek, dia ada di tengah kok dan soal kelembutan. Nah itu dia. Aku kan seorang ibu rumah tangga yang terbiasa mengerjakan segala sesuatunya tanpa bantuan asisten rumah tangga, jadi tenagaku lumayan kuat. Nah, karena lumayan kuat maka aku tidak tahu yang disebut sentuhan lembut itu seperti apa sih? hahahahaha.... tips pertama ini aku anggap gagal dan gak bantu).

ini nih, tombol yang terletak di bagian bawah itu namanya tombol home. gambar diambil dari sini


Next.

2. Lempengan speaker yang asli tampak kokok sedangkan yang palsu tampak rapuh.(hmm.... I wonder .. what tampah rapuh is?... aku pelototin itu lempengan kecil yang berlubang-lubang cukup lama dan ... asli gak tahu itu tampak rapuh atau biasa-biasa saja sih?. hahahaha.... tips kedua ini pun gagal).
tuh... lempengan kecil di bawah batere itu, emang dia keliatan rapuh menurut kalian? gambar diambil dari sini 

Next.

3. Body yang asli tampak halus buatannya sedangkan yang palsu agak kasar (aarrgghh... seriously... kasar itu apa sih? Aku sampai memejamkan kedua mataku dan mengelusnya pelan-pelan dan penuh perasaan.... hasilnya, menurutku sih biasa-biasa aja. Halus-halus aja. duh. asli Clue yang bikin kesellllll.)


NEXT !!!

4. Lihat bungkusnya. Yang asli terbuat dari kertas daur ulang berwarna coklat sedangkan yang palsu terbuat dari kardus biasa. (Hah? Gimana taunya dia dari kertas daur ulang atau bukan?? Secara dia sama-sama berjenis kelamin KERTAS gitu loh?).


NEXT !!!!!

5. Jika dinyalakan maka yang muncul seharusnya jika itu asli adalah tulisan "SAMSUNG" lalu lanjut dengan tipe hape yang bersangkutan, alias "SAMSUNG GALAXY S4 GT9500".  Kalau yang palsu, yang muncul adalah selain itu. Deg-degan aku nyalakan handphonenya. Deg-degan karena khawatir yang muncul tulisan "anda belum beruntung". hahahaha. Eh.. ternyata bener.. yang muncul pertama kali adalah tulisan "ANDROID"... lalu nama manufactur pembuat ANDROID itu. Loh... tulisan samsungnya mana?? Waaaaa (mulai panik).

nah, jadi usahakan untuk langsung membuka bagian seting lalu buka status device dan cek authentificationnya. Yang palsu autentiknya tidak terdeteksi. 

6. Teliti semua fitur yang tersedia. Hanya produk handphone SAMSUNG asli yang semua fiturnya berfungsi dengan baik.
Aku pun mulai mencobanya satu persatu.
Awalnya aku ngecek nomor IMEI.

ini foto imei Galaxy S4 yang palsu yang tadi aku foto

ini imei hapeku. ini buat contoh aja. 

Nah... seharusnya, antara IMEI yang tertera di bagian seting > more > status sama dengan IMEI yang ada di bagian belakang body hape. Jika IMEI tidak sama, patut dicurigai.

Setelah itu coba buka ini Seting > connected > NFC; atau S Beam ; atau Screen Mirroring... yang palsu dia tidak bisa dibuka sama sekali. Jadi, dia asli cuma pajangan saja. Yang original semua ketiga fitur ini bisa dibuka.






Nah. Sudah. Selesai sudah. Itu petunjuuk yang paling jitu untuk mengetahui bahwa itu Samsung Galaxy palsu. Tapi bener deh.... dia 99% copy model yang asli. Jadi, buat yang awam bisa jadi bakalan tertipu deh kayaknya.
Jadi... hati-hati sebelum membeli ya teman-teman.
Kalau harganya keterlaluan murah itu patut dicurigai banget.


23 komentar:

  1. wah mak..aku kemarin juga ditawari dan nyaris kecantoll....miring banget harganyaaa...ternyata supercoy..ish ish ish..harus waspada ya mak...makasih tipsnya ^_^

    BalasHapus
  2. Waaahhhh... harus hati2 juga niiihhh...

    BalasHapus
  3. wahhh...makasih nih infonya, nanti kalo saya mau beli samsung galaxy s4 saya datang mari lagi buat liat tipsnya :-)

    btw di qatar juga lumayan banyak yg minat samsung tipe ini,,,jarang ada yg abal-abal disini. salam kenal

    BalasHapus
  4. Jujur saja, saya gak tergoda dengan harga murah kalau gadget mah. Takut kebablasan hehehe.

    BalasHapus
  5. Makasih infonya, Mak. Cara penyampaiannya lucu. :D

    BalasHapus
  6. Asli. Tips 1-4 ga guna banget tuh.
    Good. Teliti sebelum membeli

    BalasHapus
  7. dari Batam???hehehehe....awas ketipu mak,rumah saya kan di Batam,hati2 banyakkkkkkkkkk banget hp china disini,asli atau KW kl samsung tinggal lihat kameranya aja,kalo asli kameranya jelas banget,kalo KW agak buram.teman2 saya yg rumahnya Batam aja banyak yg ketipu gr2 murah hehe,padahal KW...beberapa kali saya lihat andro tmn2 yg pamer baru beli,ternyata KW dan ereka nggak tahu. kalo masalah barang apalagi hp,memang harus teliti banget mak,,info menarik^^

    BalasHapus
  8. Wahhh semua-mua pada ada versi KW ya sekarang. Mulai dari tas, gadget, hingga make up. Harus bener-bener menjadi konsumen yg pinter kalau udah begini. Thanks for nice sharing maak

    BalasHapus
  9. Syukurlah ya, Mbak, nggak mudah tergiur barang murah. Harus cek dulu. Hehehe...

    BalasHapus
  10. Terima kasih tipsnya Mak. Lain kali harus berhati2 kalau menginginkan gadget asli... Saya termasuk yg gaptek soal beginian... Salam :)

    BalasHapus
  11. mak Ade, kok ceritanya ga sampe selesei sih :p jadi endingnya hape itu mak Ade beli atau ga? *oalah kepo* hihi..
    makanya aku kalo beli hape milih2 banget counternya mak, kalo bisa sih di counter resminya, dijamin ;)

    BalasHapus
  12. Makasih infonya, Mbak Ade. Langsung ngecek samsung punya Yanti. Alhamdulillah, sesuai dengan petunjuk di atas terutama poin 5 dan 6, punya ynt asli :D

    BalasHapus
  13. Bermanfaat banget infonya, Mak :)

    BalasHapus
  14. Waahhhh keren banget infonya, hehehe pengen banget punya Samsung Galaxy S4, incaran saya tuh, beruntung baca postingan mba Ade Anita, saya jadi tahu mana yang asli dan KW trims ya!

    BalasHapus
  15. cek ri cek,,, Samsungku asli palsu nggak yaah,,
    Alhmadulillah, full asli,,, :)

    BalasHapus
  16. Sangat terbantu deh dengan infonya yang kuereeen ini, secara aku juga gaptek buangeeet maak.

    BalasHapus
  17. Aku nggak pernah beli dari teman sih mbak meskipun punya teman orang bea cukai yang bagian produk impor. Selalu ke toko resmi, meskipun lebih mahal tapi sudah jelas asli dan nggak masuk mata rantai korupsi krn kuota lebih itu seharusnya di scrap :)

    BalasHapus
  18. Begini rupanya cara mengetahui galaksi itu asli atau kw...
    Makasih share nya mba...

    BalasHapus
  19. asli tapi paluss ya mbak, sekilas sama persis

    BalasHapus
  20. Aissssh...ntar cek hape misua dulu aaaah. Makasih mbaaak!

    BalasHapus
  21. waaah, mending beli di konter resmi aja ya, mbak ade. biar terjamin keasliannya.

    BalasHapus
  22. kalo S5 gimana, papa tuh beli nya di temen dia polisi gak tau deh itu asli apa SuperCopy? tolong infonya tante

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...