Langsung ke konten utama

Hari Persahabatan Sedunia

[Lifestye] Hari Persahabatan Sedunia? Kemarin, aku diberitahu oleh seorang teman bahwa ternyata, setiap hari minggu pertama di bulan agustus, dunia internasional merayakan hari persahabatan sedunia.
Tradisi ini dimulai sejak awal tahun 1900-an di Amerika Selatan, khususnya di Paraguay.
Awalnya, ini sebenarnya strategi penjualan kartu produksi Hallmark (Joyce Hall) tahun 1930. Dia memilih tanggal 2 Agustus dengan maksud bahwa ini adalah hari libur di tengah tahun. Maksudnya, jika liburan, mungkin ada baiknya untuk menyapa teman atau sahabat dengan mengirimi mereka kartu ucapan bahwa kita senang memiliki mereka sebagai teman.


Tidak disangka. Ternyata ide Joyce Hall dan perusahaan kartu ucapan Hallmark ini disambut baik oleh banyak orang. Penjualan kartu dan pengirimannya pun meningkat. Tapi, tentu saja pengiriman ini hanya dikirimkan pada teman-teman pilihan.

Tahun 1958,  tepatnya pada tanggal 20 Juli 1958, Dr Ramon Artemio Bracho mengadakan acara makan-malam bersama dengan seluruh teman-temannya di Puerto Pinasco, sebuah kota di tepi sungai 200 mill dari north of Asuncion, Paraguay. Acara makan malam ini berlangsung luas dan tidak ada perbedaan suku-agama-ras-gender-warna kulit-wilayah-negara. Semua orang menyatu dan berteman dengan akrab tanpa memikirkan tentanga perbedaan yang ada di antara mereka. Kepuasan dari mereka yang hadir ini akhirnya mencetuskan ide untuk menjadikannya sebagai Hari Persahabatan Sedunia. Yaitu, hari dimana semua orang bisa bersahabat dengan siapa saja tanpa memikirkan tentang perbedaan yang ada di antara mereka.

Tahun 1998, Nanne Annan, istri dari Sekretaris Jenderal PBB saat itu, Kofi Annan, menunjuk Winni The Pooh sebagai duta persahabatan sedunia. Penunjukan ini diresmikan oleh PBB dan disponsori oleh Disney, yang memegang hak paten karakter kartun Winni The Pooh.(sumber wikipedia)







Itu tadi sejarahnya. Nah... beberapa hari yang lalu, aku menerima tuh kiriman tulisan tentang pernyataan indahnya persahabatan itu dari group pertemanan di whats app.

Arti seorang SAHABAT 

  • Kadang - kadang sahabat yang suka traktir kita makan, bukan karena mereka berkelebihan tapi karena mereka meletakkan persahabatan melebihi uang.....

  • Kadang - kadang sahabat yang rajin bekerja, bukan karena mereka sok pandai tapi karena mereka memahami akan tanggung jawab.......

  • Kadang - kadang sahabat yang memohon maaf dulu setelah pertengkaran bukan karena mereka salah tapi karena mereka menghargai orang di sekeliling mereka......

  • Kadang - kadang yang sukarela membantu kita, bukan kerana mereka berhutang apa-apa tapi karena mereka lihat kita sebagai seorang sahabat......

  • Kadang-kadang sahabat yang selalu SMS dan WA anda, bukan karena mereka gk ada kerjaan tapi karena mereka INGAT pd ANDA.......

  • Satu hari, kita semua akan terpisah, kita akan terkenang obrolan dan impian yang pernah ada.

  • Hari berganti hari, bulan, tahun, hingga hubungan ini menjadi asing ........

  • Satu hari anak2 dan cucu2 kita akan melihat foto2 kita dan bertanya ?
  • "Siapa mereka semua itu?".....
  • Dan kita tersenyum dengan air mata yang tidak kelihatan karena hati ini terusik dengan kata yang sayu, lalu berkata,
  • "DENGAN MEREKALAH ADA HARI YANG PALING INDAH DALAM HIDUP SAYA."
  • That is a " Friendship " 
  • That is a truly friendship. DENGAN MEREKALAH ADA HARI2 PALING INDAH DALAM HIDUPKU.
  • Persahabatan tidak memanfaatkan
  • Persahabatan tidak menghitung untung rugi
  • Persahabatan berlandaskan hati yang murni tulus ikhlas 
  • Persahabatan tidak lekang dimakan zaman..

  • Pada waktu sebagian besar org cuma memperhatikan kesuksesan anda, tapi ada sebagian kecil orang yang peduli akan kondisi kesehatan anda, maka itulah persahabatan yg baik

  • Teman-teman, meskipun tidak sering kontak, tetapi selalu diingat. Itulah sahabat.

Aku tidak tahu bagaimana kalian para pembaca.
Tapi, jika ditanyakan Siapa sahabatku?
Sahabatku adalah kalian. Makasih sudah menjadi sahabatku selama ini.








Komentar

  1. Pernah dikirimi ucapan saat hari persahabatan. Senengnya bukan main ��

    BalasHapus
  2. Baru tahu ada hari persahabatan :)

    BalasHapus
  3. Wah ada ya? Menyenangkan sekali kalau bisa seperti itu. :))

    BalasHapus
  4. hallmark jadi inget jaman sekolah suka lihat kartu2 dari hallmark bagus-bagus.

    BalasHapus
  5. Gara-gara postingan ini dari mbak Ade, aku jadi tahu kalau ada hari persahabatan dunia ya. Semoga persahabatan kita terus belnajut sampai kapan pun ya mbak

    BalasHapus
  6. Peluuuuk... Mba ade sahabatku jugaaa kaaan 😇😍😎😘 ;).. Hallmark memang jagoaaan yaaah

    BalasHapus
  7. Sahabatkuuu... Pertama suamiku, anak2, ortu, dan banyaaak, termasuk mba ade :* - nunggu kiriman samsung edge. Haha

    BalasHapus
  8. dapat kiriman via wa menyatakan bulan ini/januari, setelah crosscheck ternyata....

    BalasHapus

Posting Komentar

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan populer dari blog ini

30 jenis aneka makanan dan minuman khas Betawi

Setiap tanggal 22 Juni, kota tempatku tinggal, yaitu Jakarta merayakan ulang tahunnya. Usianya kota Jakarta sudah cukup tua, sudah ratusan tahun. Nah, ketika kota Jakarta sedang merayakan ulang tahunnya tersebutlah kami warga kota Jakarta bisa dengan mudah menemukan aneka makanan dan minuman yang menjadi khas kota Jakarta dan diakui sebagai bagian dari budaya kota Jakarta, yaitu budaya kuliner.  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua  dengan tema: Rasa Lokal.
Berbicara tentang rasa lokal maka itu artinya berbicara tentang budaya setempat. Salah satu budaya yang menjadi ciri khas suatu wilayah adalah makanannya. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menjadi budaya kuliner khas kota Jakarta yang saya suka (hehe, makanan dan minuman khas kota Jakarta itu banyak tapi yang saya sukai itu terbatas jumlahnya. Jadi, yang saya tulis disini hanya yang saya sukai saja).
1. Kerak Telor.

Bulan Madu yang Tak Terlupakan

Jujur saja, di tahun 1994, yaitu tahun ketika aku memutuskan setuju untuk menikah aku belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di kota Solo.
Kota Solo itu seperti apa?
Apakah seperti kota Kendal? hahaha.... ini satu-satunya kota yang berada di wilayah Jawa Tengah yang pernah aku kunjungi dan sependek ingatanku bisa mengingat "bepergian ke wilayah Jawa Tengah".

Dulu, waktu aku masih kecil (pake banget) katanya sih aku pernah diajak jalan-jalan oleh keluarga besarku ke Yogyakarta (ini termasuk wilayah Jawa Tengah kan ya?). Ada foto-foto aku masih kecil dengan  memakai topi super lebar dan tentu saja gayanya centil banget yang sedang beraksi pose-pose di depan Stupa Budha di Candi Borobudur. Tapiiiii... aku sama sekali tidak ingat gimana suasana jalan-jalan kala itu. Jadi, kalau tiba-tiba ada yang ngaku-ngaku bahwa ketika ke Yogyakarta itu antara orang tuaku dan orang tuanya sudah melakukan perjanjian untuk menjodohkan aku dengan dia.. mmm.... pasti aku akan percaya saja. HAHAH…