Langsung ke konten utama

Cari Kost Lebih Mudah dengan Aplikasi Mamikos

[Lifestyle] Dulu (atau mungkin saat ini), kalian tinggal di rumah sendiri atau nge-kost? Teman-temanku banyak yang kost deh. Apalagi teman-teman yang tinggal jauh dari keluarga kandungnya di daerah sana. Para perantau ini biasanya memilih tinggal di kost-an sebagai tempat tinggal mereka selama berada di "tanah orang" atau perantauan.

Iya. Salah satu hal yang lekat dengan kata “merantau” pastilah adalah kata “kost”. Sudah puluhan dekade kamar kost menjadi pilihan hunian sementara bagi mereka yang harus menimba ilmu atau bekerja di luar kota asal mereka. Hingga sekarang, kamar kost masih diminati para mahasiswa baru atau pekerja yang tinggal sendirian. Harga kamar kost relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga kontrak rumah. Hal inilah yang membuat kamar kost makin diminati dari hari ke hari. 





Sayangnya, mencari kamar kost yang sesuai dengan budget dan sesuai dengan keinginan kita bukanlah hal yang mudah sama sekali. Kata beberapa orang malahan cari tempat kost yang cocok itu mirip seperti cari jodoh. Kalau salah pilih, bisa runyam urusan di hari-hari berikutnya. Mungkin gara-gara ini maka masih banyak orang yang harus mencari kost dengan cara mendatangi rumah kost satu per satu. Mungkin untuk melihat secara langsung kondisi dan bertanya tentang segala sesuatu yang harus diketahui. Tentu saja, hal ini cenderung melelahkan dan tidak efektif, untuk itu di perlukan infokost
 yang cepat dan akurat, apalagi jika kebutuhan kamar kost begitu mendesak.

Cara lain, adalah dengan bertanya pada orang yang kita kenal tentang dimana lokasi tempat kost yang dia ketahui dan sepengetahuan dia cukup recomended. Cuma ya itu, ukuran bisa direkomendasikan dan layak atau tidak layak itu kan bersifat subjektif banget ya. Bisa saja yang layak menurut A, belum tentu layak menurut B. Ujung-ujungnya, tetap saja kita harus datang sendiri ke lokasi  lalu bertanya dan melihat-lihat. Jika ternyata tidak cocok, ulang lagi usaha mencarinya dari awal. Hadeuhh.. capek deh.

Untunglah kini sudah ada aplikasi pencari kost yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah ini. Aplikasi yang dapat diunduh dari google playstore & iOS Store ini bernama MAMIKOS.

Ini salah satu aplikasi yang ada di hapeku, di bagian file media sosial. Lihat deh yang gambarnya cewek pake baju hijau dan rambutnya diroll. Itulah aplikasi MAMIKOS

Ini yang kita miliki jika kita punya aplikasi MAMIKOS di handphone. Kita lebih mudah mencari tempat kost
Kenapa aku sampai punya aplikasi ini di handphone? Karena adikku, anaknya sekolah di luar kota. Jadi, waktu itu dia nanya kost di Bandung dimana enaknya karena setelah anaknya harus bersekolah di Bandung padahal dia sekeluarga tinggal di Jakarta. Benar-benar nggak tahu apa-apa tentang tempat kost yang layak di Bandung.

Terus, teman-temanku juga demikian. Mereka kebanyakan adalah para pekerja yang bekerja di Jakarta tapi punya rumah di luar kota. Ada yang tinggal di Cipanas, ada yang tinggal di Serang, ada yang tinggal di Lampung, atau bahkan ada yang tinggal Cikarang. Tahu sendiri kan, biaya hidup di Jakarta itu mahal. Belum macetnya, belum persinggungannya dengan orang lain yang cepat sensi. Lebih aman keluarga tetap tinggal di daerah, mereka kost di Jakarta. Nanti hari Jumat sore pulang ke rumah deh. Hari minggu sore balik lagi ke Jakarta. Dengan begitu, penghasilan yang didapat lebih bisa ditabung daripada seluruh keluarga tinggal di Jakarta juga dimana seluruh penghasilan bisa terkuras hanya untuk biaya sehari-hari saja.

Lagian, kalau tinggal di kost, jika tidak betah bisa langsung pindah tempat kost deh. Karena mereka kan sewanya bulanan ya. Beda dengan kontrak rumah yang sewanya tahunan. Disinilah enaknya jika kalian menggunakan aplikasi MAMIKOS. Kenapa? Karena bisa merencanakan enaknya nge-kost dimana cukup dengan cara menggeser-geser jari saja di layar handphone kalian.

serius mau cari tempat kost? Kalian tinggal tap bulatan yang tersedia. Nanti dia akan pop up memberikan keterangan berapa harganya, siapa yang punya, di daerah mana, apa saja fasilitas yang dimiliki, dan sebagainya. Lengkap. 


Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah info lebih lanjut tentang aplikasi ini.

1. Kelebihan dan Fitur MAMIKOS


MAMIKOS adalah aplikasi pencari kost yang sangat kompatibel dengan handphone kita. Dengan MAMIKOS, kita dapat mencari kost dengan mudah. Ada lebih dari 10,000 data kost dari berbagai daerah di Indonesia. Info kost Jakarta, kost Jogja, kost Malang, kost Surabaya, kost Tangerang, kost Bandung, kost Bogor, kost Depok, dan lain sebagainya dapat kita akses dengan mudah hanya dengan menggunakan aplikasi MAMIKOS di handphone kita.

lihat deh jangkaua dari MAMIKOS. Sudah menjangkau banyak tempat dan luas sekali. 


 Kelebihan lain dari MAMIKOS adalah info kost yang benar-benar valid. Info kost yang ada di aplikasi ini didapat langsung dari surveyor MAMIKOS yang datang ke lokasi kost. Info kost lengkap dan akurat, mencakup info tentang fasilitas, harga, dan lokasi kost. Bicara soal fitur, ada banyak fitur dari aplikasi ini yang dapat menjadikan kita mencari kost dengan mudah hanya bermodalkan handphone. Kita bisa menggunakan fitur telepon di aplikasi ini untuk menghubungi pemilik kost dan mengatur jadwal bertemu atau survey langsung. kita juga bisa menggunakan fitur foto 360 di mana kita bisa melihat kamar kost secara lebih detail dengan foto yang bisa dirotasi.

lihat deh detailnya. Kita bisa tahu berapa batas minimal sewa bulanannya, berapa harganya, pengawasannya gimana, lalu peruntukannya untuk siapa saja. Lengkap kan. 


2. Apa yang Membedakan MAMIKOS dengan Aplikasi Cari Kost Lainnya?


Salah satu hal yang membedakan MAMIKOS dengan aplikasi pencari kost yang lain adalah dari segi informasi kost. Info kost yang disajikan dalam aplikasi MAMIKOS terbilang sangat mendetail dan akurat. Kita tidak akan kaget saat datang langsung ke lokasi kost atau bertemu langsung dengan pemilik kost karena semua info tentang kost tersebut sudah terlebih dahulu bisa kita baca di aplikasi MAMIKOS.



Selain harga sewa, kita juga mendapatkan info detail tentang tampilan interior kamar, fasilitas utama dan tambahan yang didapatkan, dan juga informasi akses dan tempat-tempat sekitar lokasi kost, seperti kost pasutri jogja. MAMIKOS juga menyediakan tampilan warna berbeda bagi tiap jenis kost sehingga kita tak kesulitan membedakan mana kost putra, putri, atau campur. Hal lain yang membedakan MAMIKOS dengan aplikasi cari kost lainnya yang ada di App Store adalah adanya tim customer service yang akan membantu kita  mencari informasi lebih lanjut mengenai kamar kost yang kita cari.

Tim CS MAMIKOS memiliki layanan yang responsif sehingga kita tidak akan kesulitan mendapatkan informasi tentang kamar kost atau hanya sekadar membuat janji dengan pemilik kost untuk melihat-lihat kamar kost. Kita cukup mengisi formulir yang disediakan dan tim CS akan membantu kita membuat janji dengan pemilik kost secara gratis.

Komentar

  1. Wah keren ya, sekarang nyari kos sudah ada aplikasinya, nggak lagi keluar masuk gang nyari kos2an. Kalau nggak cocok suasananya juga bisa cepat pindah.

    BalasHapus
  2. Kereennn banget. Jadi mudah gitu yaa buat cari kost an. Mkasih banget info nya

    BalasHapus
  3. Coba ya dulu ada aplikasi kayak gini pas cari-cari kos waktu masih tinggal di Bogor. Sekarang mah udah makin praktis dan mudah. Tanpa susah payah kepanasan bisa seleksi tempat kos dengan nyaman. Bisa buat pasutri lagi. Harus didukung nih aplikasi asli lokal. Makasih infonya Mbak.

    BalasHapus
  4. Coba pas saya kuliah uda ada aplikasi ini yah, saya cari kos seharian dari pagi sampe sore jalan kaki pula onde mandeh hahaha alhamdulilah makin inovatif y skrg

    BalasHapus
  5. Sampai saat ini saya masih jadi anak kost Mbaa :)
    sayangnya aplikasi ini belum bisa diterapkan di kota kecil seperti di Bau-Bau :)

    BalasHapus
  6. waduw baru tau ada aplikasi begini
    kemarin pas kuliah susahnya minta ampun mutar2 nyari kosan hiks...
    tfs mbak, info ini keren

    BalasHapus
  7. Baru tau aplikasi ini. makasih mbak sharingnya :D Bisa nih aku kasih tau temen-temen mahasiswa yang lagi ngekos.

    BalasHapus
  8. baru tau tentang aplikasi ini. makasih mbak infonya ;)
    Nanti aku kasih tau keteman-teman mahasiswa yang ngekos.

    BalasHapus
  9. Wah keren banget app nya, aku mau coba yang di Surabaya ah. Thanks infonya mba Ade.

    BalasHapus
  10. Suamiku udah download ini, tapi buat apa ya. Gak ada yg ngekos. Mungkin nanti kalau anak2 udah kuliah. Sekarang gampang ya gak kayak dulu. Aku mesti jalan kaki nyari rumah kos.

    BalasHapus
  11. saya belum begitu tau tentang mamikos imi mbak wah ternyata sangat membantu ya, boleh dicoba ini.

    BalasHapus
  12. lewat mamikos ini aku bisa dapat tempat kost mudah dan murah di Jaksel

    BalasHapus
  13. wah lengkap
    tapi aku lagi carinya apartement :))
    coba ada apps nya juga

    BalasHapus

Posting Komentar

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan populer dari blog ini

30 jenis aneka makanan dan minuman khas Betawi

Setiap tanggal 22 Juni, kota tempatku tinggal, yaitu Jakarta merayakan ulang tahunnya. Usianya kota Jakarta sudah cukup tua, sudah ratusan tahun. Nah, ketika kota Jakarta sedang merayakan ulang tahunnya tersebutlah kami warga kota Jakarta bisa dengan mudah menemukan aneka makanan dan minuman yang menjadi khas kota Jakarta dan diakui sebagai bagian dari budaya kota Jakarta, yaitu budaya kuliner.  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua  dengan tema: Rasa Lokal.
Berbicara tentang rasa lokal maka itu artinya berbicara tentang budaya setempat. Salah satu budaya yang menjadi ciri khas suatu wilayah adalah makanannya. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menjadi budaya kuliner khas kota Jakarta yang saya suka (hehe, makanan dan minuman khas kota Jakarta itu banyak tapi yang saya sukai itu terbatas jumlahnya. Jadi, yang saya tulis disini hanya yang saya sukai saja).
1. Kerak Telor.

Bulan Madu yang Tak Terlupakan

Jujur saja, di tahun 1994, yaitu tahun ketika aku memutuskan setuju untuk menikah aku belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di kota Solo.
Kota Solo itu seperti apa?
Apakah seperti kota Kendal? hahaha.... ini satu-satunya kota yang berada di wilayah Jawa Tengah yang pernah aku kunjungi dan sependek ingatanku bisa mengingat "bepergian ke wilayah Jawa Tengah".

Dulu, waktu aku masih kecil (pake banget) katanya sih aku pernah diajak jalan-jalan oleh keluarga besarku ke Yogyakarta (ini termasuk wilayah Jawa Tengah kan ya?). Ada foto-foto aku masih kecil dengan  memakai topi super lebar dan tentu saja gayanya centil banget yang sedang beraksi pose-pose di depan Stupa Budha di Candi Borobudur. Tapiiiii... aku sama sekali tidak ingat gimana suasana jalan-jalan kala itu. Jadi, kalau tiba-tiba ada yang ngaku-ngaku bahwa ketika ke Yogyakarta itu antara orang tuaku dan orang tuanya sudah melakukan perjanjian untuk menjodohkan aku dengan dia.. mmm.... pasti aku akan percaya saja. HAHAH…