badge

Selasa, 14 Maret 2017

Berpenampilan Trendy dengan Koleksi Busana Muslim Terbaru

[Lifestyle] Bisa jadi, perubahan yang selalu mengalami pembaharuan selain teknologi itu adalah Fashion. Nyaris setiap tahun, selalu ada pembaharuan di bidang Fashion. Rata-rata, pembaharuan itu terjadi pastinya di awal tahun baru dong ya. Tidak terkecuali di awal tahun baru 2017. Itu sebabnya, setiap akhir tahun selalu ada prediksi kira-kira trend fashion seperti apa yang akan menjadi pilihan dari para pemerhati dan penikmat serta pemakai fashion (lalu dikenal dengan istilah fashionista).



Berbicara tentang pembaharuan,  berarti berbicara tentang perubahan. Dan sebuah trend fashion dalam hal ini, berarti berbicara tentang perubahan di bidang fashion.

"Ah, baju mah gitu-gitu aja modelnya. Memangnya ada perubahan apa sih? Paling juga mengulang mode yang dulu-dulu lagi."

Jika mengambil sudut pandang sempit seperti ini, memang tampaknya yang namanya Fashion itu terlihat seperti memutar kembali saja modelnya. Mode tahun 60-an, dipakai lagi di tahun 2000-an. Lalu diberi nama Vintage. Dan menjadi trend kembali.

Atau fashion tahun 80-an yang kembali dikenakan lagi di jaman sekarang dan diberi nama back to eighties. Dan modelnya memang lucu-lucu sih.

Tapi yang di luar dugaan menurutku adalah semakin nge-trendnya produk fashion di bidang busana muslim. Ada yang memperhatikan nggak fenomena ini?

Di tahun 70-an, yang memakai busana muslim itu umumnya ibu-ibu yang sudah berusia dan menikah. Itu sebabnya pemakai busana muslim lengkap mulai dari kepala hingga kaki, modelnya seragam. Baju kurung dengan selendang yang dililit sopan sederhana. Sebagian rambut masih sering terlihat, begitu juga bahan yang dipilih, masih menampakkan bentuk lekuk tubuh. Terkadang, pemilihan bahan malahan masih menggunakan bahan yang menerawang hingga terlihat warna kulit tubuh bagian dalam.

Tahun 80-an, mulai tuh ada gairah untuk mengenakan pakaian muslim yang sesuai dengan syariat Islam. Hanya saja, pemerintahan saat itu (era Presiden Soeharto) masih melarang penggunaan pakaian muslim di sekolah-sekolah atau tempat pekerjaan. Tapi generasi muda yang ingin mengenakan pakaian muslim tetap bergerilya untuk mengenakan pakaian muslim. Jadilah model pakaian muslim yang dikenakan adalah modifikasi dari pakaian biasa yang ditambal-sulam dengan pakaian yang bisa menutupi aurat. Seperti rok selutut yang dilanjutkan dengan kaus kaki selutut. Atau lengan kemeja yang seharusnya panjangnya sedikit di atas siku menjadi lengan 7/8.

Tahun 90-an, mulailah ada revolusi jilbab. Dimana di era ini generasi muda yang ingin mengenakan busana muslim sesuai syariat semakin bergairah dan mulai berani terang-terangan mengenakannya. Di era ini, keterbukaan media mulai dirasakan pengaruhnya untuk mencari dukungan dari masyarakat luas. Secara perlahan. semakin banyak kelompok dalam masyarakat yang mendukung usaha dari revolusi jilbab ini hingga akhirnya pemakaian jilbab sudah diterima oleh sebagian besar masyarakat.

Bagaimana dengan Trend Busana Muslim di tahun 2017 ini?

Era tahun 2000-an, khususnya sejak tahun 2010-an dan seterusnya, gairah berbusana muslim semakin marak. Aneka ragam mode dari fashion busana muslim terus berinovasi. Di era inilah dikenal istilah HIJABERS. Istilah yang merujuk pada fashionista busana muslim. Yaitu mereka yang mengenakan busana muslim tapi sekaligus juga mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia trend fashion terkini.

Yang namanya informasi terkait dengan trend busana muslim terbaru semakin dicari orang. Baik mencari informasi lewat media online maupun dari media offline, termasuk menghadiri peragaan busana terbaru. Dan memang harus diakui bahwa trend busana muslim mengalami banyak sekali lompatan perubahan yang menggembirakan. Bisa dibilang, bahkan trend busana muslim bukan hanya digemari oleh mereka yang beragama Islam saja tapi juga disukai oleh mereka yang beragama non Islam.

Bahkan, busana muslim tidak kalah ketika harus bersanding dengan busana non muslim. Seperti yang ada di foto yang pernah aku share di facebook ini nih:



Busana muslim dari tahun ke tahun memiliki progress yang cukup signifikan. Hal ini sesuai dengan jumlah penggunanya yang semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berbusana sesuai dengan kaidah agama. Oleh sebab itu para designer berusaha membuat busana muslim yang dapat diterima oleh semua kalangan tanpa ada rasa mengikuti budaya negara lain yang identik dengan agama. Meski begitu designer juga berusaha untuk tetap membuat baju sesuai dengan kaidah yang diharuskan yaitu menutup aurat dan tidak menampakkan lekuk tubuh.

Di tahun 2017 ini, busana muslim juga memiliki trend yang berbeda dari tahun sebelumnya. Jika di tahun 2016 busana muslim yang sedang trend adalah gamis syar’i dengan hijab panjang hingga menutup dada, maka di tahun ini sedikit mengalami perbedaan terutama di bagian model busananya. 


Berikut ini adalah beberapa model yang dapat Anda koleksi sebagai trend busana muslim terbaru 2017:


  1. Hijacket.

Merupakan sebuah jaket yang dirancang khusus bagi para hijabers atau para pengguna hijab. Bentuknya termasuk panjang hingga hampir menyentuh lutut. Bagian depan dihiasi dengan resleting sehingga penggunaan hijab dapat dimasukkan ke dalam jaket. Untuk bagian atas dihiasi dengan topi khas jaket yang dapat digunakan maupun diturunkan ke bagian belakang. Modelnya tentu saja longgar sesuai dengan aturan berbusana muslimah. Umumnya hijacket memiliki satu warna dominan mirip dengan jaket ala Korea dengan model yang serupa. Meski dikhususkan bagi para hijabers, jaket ini juga dapat digunakan pada semua wanita yang menyukai model jaket longgar dan panjang.


Hijacket Jaket Hijab; credit foto: Bukalapak dengan clue hijacket muslimah



  1. Jumpsuit.

Atasan jumpsuit identik dengan bahan kaos yang dibuat dari beberapa layer. Setiap layer memiliki warna yang berbeda namun masih termasuk dalam satu warna degradasi misalnya biru dengan biru muda. Kesan feminin nampak jelas di atasan ini meskipun dirancang sebagai busana casual. Jumpsuit biasa dipadukan dengan celana panjang atau cardigans dengan kerudung yang dililitkan ke leher untuk mengurangi panjang di bagian dada.


credit foto: Bukalapak, dengan clue: jumpsuit muslimah

credit foto: bukalapak dengan clue jumpsuit muslimah

credit foto: bukalapak dengan clue jumpsuit muslimah


  1. Gamis maxi renda.

Baju gamis sepertinya akan terus menjadi trend busana muslim dari tahun ke tahun. Di tahun ini baju gamis diberi tambahan aksen renda di bagian ujung lengan, ujung bawahan hingga bagian kerudung untuk mempermanis tampilan serta menghindari kesan monoton. Masih berupa gaun terusan panjang, namun dengan penambahan renda dan warna atau motif yang lebih cerah dapat memberi kesan lebih santai dan lebih muda kepada pemakainya.


credit foto: Bukalapak dengan clue gamis maxi renda

credit foto: gamis maxi renda

credit foto: Bukalapak dengan clue gamis maxi renda

Nah, itu semua adalah trend model busana muslimah yang dijual secara online dan yang pasti, harganya tidak semahal seperti yang dijual di butik-butik. Dengan kata lain, mengikuti trend model busana muslim itu bukan hanya monopoli orang dengan dompet tebal saja di era milenium baru ini. Sekarang, semua orang bisa mengikuti fashion busana muslim terbaru yang sedang menjadi trend.

Itulah beberapa trend model busanamuslim  terbaru tahun 2017 ini yang dapat kita jadikan referensi informasi jika ingin membeli busana muslim baru. Meski begitu sebaiknya dalam memilih busana tetap menyesuaikan dengan kepribadian diri dan kenyamanan sehingga busana akan dapat menambah aura positif dalam diri kita. Jangan sampai hanya karena mengikuti trend justru kita akan merasa tidak nyaman ketika harus memakai busana yang baru kita beli tersebut.


9 komentar:

  1. Bener kata mba ade sekarang ini busana muslim sangat digemari masyarakat dan menjadikan pertumbuhan industri busana muslim semakin cemerlang

    BalasHapus
  2. Skarang model busana muslim keren-keren ya mba. Asal tak ketat :)

    BalasHapus
  3. canti cantik yaaa, beli nya gimana ini?

    BalasHapus
  4. Aku naksir hijacket. Modelnya bagus, longgar, dan kekinian.

    BalasHapus
  5. Setidaknya yang berhijab dan menutup diri lebih rasional dijadikan pilihan 😂😂😂

    BalasHapus
  6. Busana muslim skrg makin bagus2. Kalau aku pengen beli jumpsuit, kayanya cocok di badan

    BalasHapus
  7. Saya masih ingat baju jaman dulu muncul lagi skrg ini. Tp lbh dimodif da lucu2

    BalasHapus
  8. Pakaian macam sekarang ini keren2 ya, mengikuti trend tapi tetap longgar, muslimah banget lah pokoknya :)

    BalasHapus
  9. Dija juga mulai pake busana muslim tante

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih