badge

Rabu, 13 Januari 2010

tas.. tas.. tas....

Terus terang.. diantara semua barang-barang yang ada, aku paling tergila-gila sama yang namanya tas. Nabung sedikit demi sedikit, pas dah agak lumayan jumlahnya, maka yang aku lirik duluan adalah model tas...

Di notebookku, ada deretan website2 yang aku masukin ke deretan paforit, terus aku kasi shortcut bintang biar gampang buat masuk ke dalamnya.. and... guess what apa website itu? dialah website mereka yang jual-jual tas secara online.

Kalau lagi mumet dan bete.. atau lagi kesel dan bawaannya maunya marah mulu... atau kalau bosen dan bawaannya kesel, maka inilah situs yang aku liat berlama-lama buat menghilangkan rasa bosan... memandang model-model tas wanita terbaru keluargan gucci, Chanel, Bonia, LV, Hermes... ahhh... semuanya deh. Kadang, kalau pulsa di hp lagi banyak, aku ngirim sms ke penjualnya, buat nanya harga masing-masing tas yang menurutku cantik.... kalau lagi nggak niat beli, aku tawar gila-gilaan nggak pake mikir... tapi kalau cocok, uuhh, mulai deh ngerayu si mbak supaya keep itu tas karena aku harus nabung dulu dua atau tiga bulan ke depan... hahaha.. sableng emang.

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya sejak notebook di rumah diganti yang baru dan semua situs paforit yang dah aku simpan shortcutnya, hilang bersamaan dengan bergantinya notebook, aku mulai agak terlupakan dengan cuci mata online ini. Sampai akhirnya... tiba-tiba banyak yang nge-add aku di facebook mereka yang jualan tas.. mulai dari tas yang kw, cuma mirip, sampai yang original.. waduh... aku sampai terkaget-kaget liat model2 yang mereka dagangin. Mirip banget sama yang asli. Tapi harganya, gila-gilaan murah. Hmm.. apa ya bedanya? Iseng, aku beli satu. Hehe... Guci Pelham yang kata mereka kw super... harganya lumayan murah banget.. yaa.. dibawah satu deh. Sekedar pengen tahu apa sih bedanya yang model kw itu.. tapi..hiks.. ternyata kualitasnya amat mengecewakan. Masa baru dua kali pake tali tasnya dah putus.. terus.. kaitan tasnya kebuka terus... wuaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.... menyebalkan. Aku nggak mau lagi beli yang kw.. mengecewakan banget.

Nah.. lagi iseng2, aku ketemu ulasan cara membedakan tas yang palsu dan asli, yang kw dan yang super... ini dia aku copas ya... bagus loh isinya.

Sepertinya tulisan ini gw peruntukkan untuk kaum hawa deh..secara emang udah bawaannya klo perempuan itu suka shopping, mau lagi stres kek atau lagi iseng-iseng ga ada kerjaan pasti deh larinya ke shopping. Ada yang gila sepatu jadi belanja sepatu mulu, ada yang gila jam, ada yang gila tas pokonya itulah perempuan dengan segala kekurangan dan kelebihannya..hehe..

Ngomong-ngomong soal tas, kayaknya saat ini gw emang lagi gila tas..klo ke mall pasti larinya ke butik tas, ampe temen gw bilang ”lo dah ganti profesi nih jadi pemburu tas..emang dah bosen ya ma belanja sepatu…” terkadang emang kita membutuhkan sesuatu yang berbeda toh…hehe..

Awalnya sih gw ga pernah perduli ama brandednya..karena prinsip gw klo itu tas menarik dan fungsional why not gw beli..lagian dipikiran gw klo harga itu ga pernah boong..jadi klo harganya mahal pasti deh kualitasnya tinggi dan asli. Prinsip ini nancep deh di otak gw ampe baru kemaren gw kegerahan soalnya beberapa temen (yang nota bene masih awam kali ma tas-tas branded) suka nanya ini asli ga seh??..harganya emang mahal tapi asli ga seh?? Secara kayaknya banyak banget barang tiruan di indonesia…waduhh cuape dueh..
Akhirnya gw buat deh tulisan dari beberapa sumber yang khusus gw dedikasikan untuk temen gw itu..hehe..biar ga nanya-nanya lagi…
1. Harga Barang.
Jangan pernah percaya barang bermerek asli jika harganya jauh atau 30 % dibawah harga counter.
Barang seperti Tas Hermes dan Tas LV tidak pernah diskon di outlet resminya, Channel di Asia tidak pernah diskon, Prada di Asia diskon tidak pernah besar. Kalau dibilang setelah potong GST Refund, paling banyak 13-19 % di Paris, di Milan 10 % di Sing 7 %.

2. Struktur Tas
Tas- tas yang asli biasanya kokoh, sekalipun dari kanvas, parasut atau kain.

3. ZIPPER
Coba lihat dari resletingnya. Kalau barang asli resleting nya halus banget dan biasanya zippernya khas sekali karena di embos dengan logo merek itu.
Tiap season dan tiap model zippernya berbeda, misalnya chanel atau dior. Jadi kalau zippernya polos bisa diartikan palsu atau meragukan ???

4. Dustbag
Lihat dari Dustbag/ tas pembungkusnya. Kalau yang asli biasanya halus sekali bahannya dan lebar/longgar ( biasanya tas palsu dustbagnya pas-pasan dengan tasnya).

5. Pelapis dalam /base
Pelapis dalam tas biasanya kalau asli bahan atau kulit balik yang halus (LV), dan untuk Prada atau GUCCI biasanya kain pelapis didalamnya bermotif logo dan namanya( bisa berbeda tiap season ).
Kenali logo dan bentuk huruf merek per season tersebut karena yang palsu sering berbeda bentuk hurufnya.

6. Seam / Jahitan
Jahitan dalam dan luar tas biasanya berbeda antara asli dan palsu baik dari kualitas jahitan dan benang yang digunakan ( hanya yang ahli dan sering berurusan dengan barang asli yang paham betul ).

7. Serial Number
Date Code / serial code(biasanya tersembunyi) ada dibagian dalam tas dijahit diatas kain /kulit perlapisnya. Misalnya LV SP0037 artinya dibuat bulan maret tahun 2007.
Untuk LV biasanya ada di bagian bawah jahitan di dalam, tersembunyi dan butuh ketelitian untuk melihatnya ( tiap model letaknya berbeda ).

8. Handle
Ganggang Tas ( handle ), yang asli biasanya kokoh dan untuk LV biasanya bisa adjustable dengan talinya.
Sehingga panjang-pendek tas itu ketika dijinjing di pundak bisa disesuaikan selera.

9. Tulisan Made in Italy atau Made in France ???
Untuk Chanel pasti Made in Italy atau Made in France bukan Made in Paris… Kalau flapbag Chanel semua made in France…. coco cabas yang terbaru semuanya made in Italy.

10. Tag/Kartu /Sticker
Serial Code ada di tag / sticker. Dalam bentuk seperti kartu kredit ada yang berhologram ada juga yang tidak dengan huruf serial code ada yang di embos ada yang hanya diprint.
Untuk Merek-merek tertentu disertai buku kecil yang menerangkan jenis tas dan cara perawatannya( mis Chanel dan LV ).Untuk Chanel, Tagnya jika difoto tidak menimbulkan flash dihasil fotonya.

11. Protective Metal Base.
Pada tas-tas bermerek biasanya ada protective metal base di dasar tas gunanya agar kulit di dasar tas tidak mudah tergores jika diletakkan.

12. Kancing dan Rantai Metal
yang menghubungi badan tas dan ganggang tas untuk LV setiap kancing2nya bertulisan LV mengelilingi kancing tersebut. Kalau Chanel biasanya ada logo kecilnya.

Nah, masih berkaitan dengan topik ini, terkadang maksud hati ingin punya tas asli biar bisa tampil gaya, namun apadaya resource terbatas, so…jangan sedih karena ada juga tas yang mirip-mirip asli, istilahnya KW Super Grade AAA dan KW Super Grade B.

Pada dasarnya semua jenis tas KW Super Grade AAA maupun KW Super Grade B merupakan replica atau tiruan dari merk asli, dimana model dan bahannya dibuat agar menyerupai bahkan sama persis dengan yang asli. Di Luar Negeri disebut Fake, Knock Off (KO) atau Bootleg.

Ciri-ciri KW Super Grade AAA adalah :
1. Bahan terbuat dari kulit asli yang bagus sehingga kuat dan tidak mudah tergores.
2. Bagian dalam terbuat dari kain yang bagus, kuat, halus dan awet.
3. Merk pada bagian dalam terbuat dari besi.
4. Ada authetic accesories seperti dustcover,certificate card, booklet, semuanya mirip seperti merk original.
5. Model mirip sekali dengan yang asli, sehingga yang ahlipun terkadang sulit untuk membedakannya, apalagi orang yang seumur hidupnya belum pernah punya tas branded original.
6. Cover bermerk terbuat dari kain tebal.

Sedangkan untuk KW Super Grade B, kualitas bahan, jahitan dan warna tas biasanya agak sedikit berbeda dari kualitas grade AAA, terutama detail dalam tas. Semisal tas LV Neverfull Cancas, untuk detail dalam coklat bukan krem atau kuning, atau Damien Trevi yang memiliki bahan dasar di dalam tas adalah beludru halus bukan kain kanvas.
Untuk melihat perbedaan tersebut memang akan sulit jika kita tidak melihat langsung tas tersebut. Harga KW Super Grade B lebih rendah dibanding KW Super Grade AAA, walaupun bukan jaminan karena terkadang ada saja pedangang nakal yang menjual KW Super Grade B dengan harga lebih mahal dari harga KW Super Grade AAA.

Jadi memang perlu juga untuk mengetahui hal ini agar jangan sampai tertipu oleh pedagang yang nakal.

Selamat berbelanja……
dari blognya: http://tratnasari.wordpress.com/2009/05/26/tas-asli-atau-palsu/

4 komentar:

  1. Hai hai...

    Lagi bingung cari tas baru? mau tas branded... tapi harga aslinya selangit...?

    Lagi bingung mau cari kado buat orang tersayang or terdekat?

    Nah... Main yuk ke www.ipopscollections.com
    dijamin bakal bikin hati tentram dan tenang hehehe... karena berbagai tas branded seperti Louis Vuitton, Prada, Gucci, Chanel, Tod's, Hermes, Christian Dior di jual MURAH di ipopscollection...

    so... happy mampir ya....

    Ipopscolections, where shopping can be fun ^_^V

    BalasHapus
  2. hehe, jadi pengen beli tas lagi *eh :D

    BalasHapus
  3. eh... Ila suka juga koleksi tas? waaa... sama dong

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...