Cara Membuat Masker Model Kotak

[Lifestyle] Beberapa hari yang lalu aku menulis tentang cara membuat masker yang mudah.
Kalian bisa membacanya di tulisanku yang ini: TIPS Jahit Masker Sendiri . Masalahnya, ternyata aku punya keistimewaan yang spesial ternyata dibanding orang normal. Hahaha... Yaitu hidungku mungil dan tidak mancung. Serta mataku sipit. Jadi, ketika memakai model masker yang aku jahit ini, aku sepanjang bepergian sibuk harus menurunkan masker tersebut agar tidak menutupi kedua mataku karena si masker melorot ke arah mata dan menutupi mataku. 😂😂😂😂

Jadi, akhirnya aku pun mulai googling mencari masker model lain di You tube. Aku pikir, karena fisik wajahku mirip orang Jepang, maka lebih baik aku mencari masker buatan orang Jepang saja deh. Siapa tahu mereka membuat masker yang disesuaikan dengan bentuk fisik mereka.


Nah, aku bertemu dengan video pembuatan masker model kotak seperti yang biasa dipakai oleh orang-orang Jepang sana.



Tahu sendiri kan, Jepang tuh generasi mudanya banyak banget yang hobi pakai masker jauh sebelum pandemi corona terjadi. Entah mengapa orang Jepang sering banget kulihat memakai masker jika sedang berada di jalan. Padahal, rasanya udara Jepang tidak sepolusi udara di Jakarta bahkan. Hehehe.
Ini nih, videonya:



Aku sih lebih cocok dengan pola masker di video orang jepang ini ketimbang pola masker yang dibuat oleh orang Indonesia. Si masker model ini tuh, tidak melorot di hidung dan menyerbut mata kita, juga tidak terasa terlalu pengap ketika dipakai. Jadi, kita masih bisa bernafas dengan lega.

Ukurannya tuh sebagai berikut:

Cara membuat masker Model Kotak

1. Siapkan kertas ukurang 27 cm x 18 cm
2. Ukuran tiap pojoknya dikurangi 5 cm, lalu gunting.

jangan lupa ya, setiap lembar kain diberi kain fisilin terlebih dahulu, sehingga serat kain menjadi lebih tebal dan rapat. Sehingga ketika kedua lembar kain bahan tersebut disatukan, mereka bisa lebih tebal dan lebih anti virus insya Allah. Kain fisilin itu anti percikan air jika cuma sedikit (kalau diguyur ya basah tetap).
3. Kemudian dijahit keliling ya setelah bagian pojok segitiga nya dibuang.



setelah dijahit keliling, lalu kain dibalik, Jahitan ada di sebelah dalam dan bagian kain yang bagus di sebelah luar. Lalu satukan lagi pinggirannya dengan jahit keliling agar jahitan lebih rapi. Seperti ini nih nantinya 

4. Setelah itu, barulah kita tekuk bagian untuk disisipkan talinya.

diberi pentul dulu agar lebih mudah
5. Setelah itu barulah dijahit model kotaknya.



Jadi deh. Alhamdulillah. Lihat videonya ya jika kalian ingin menjahit model masker yang aku kenakan ini.


"Physical distancing atau jaga jarak adalah cara paling ampuh dan terbukti mampu mencegah tersebarnya penularan virus COVID 19.  Jika tidak terlalu penting, lebih baik diam di rumah; kenakan masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan, dan jaga kesehatan dengan memakan makanan bergizi agar terbentuk imunitas dalam tubuh kita; adalah cara kita membantu Indonesia agar segera terbebas dari penyebaran dan penularan virus COVID 19"

Tidak ada komentar