Ada Social Distancing di antara Kita

[Lifestyle] Sebuah istilah yang sedang "naik pamor" akhir-akhir ini seiring merebaknya pandemi COVID 19 adalah istilah Pembatasan Sosial Berskala Besar atau disingkat menjadi PSBB. Apa itu PSBB? Pembatasan Sosial Berskala Besar itu sebenarnya adala social distancing.




Kebetulan, aku dapat video tentang social distancing yang lucu deh.
Seperti ini nih videonya.


Hehehe.
Asal nggak ada untungnya, jarak dijaga. Tapi begitu tercium sesuatu yang bakalan menguntungkan, maka jaga jarak langsung dilupakan.

Sebenarnya apa sih Social Distancing itu?


Social distancing merupakan salah satu langkah pencegahan dan pengendalian infeksi virus Corona dengan menganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain. Kini, istilah social distancing sudah diganti dengan physical distancing oleh pemerintah.
Ketika menerapkan social distancing, seseorang tidak diperkenankan untuk berjabat tangan serta menjaga jarak setidaknya 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain, terutama dengan orang yang sedang sakit atau berisiko tinggi menderita COVID-19.

Jadi, nggak perlu seketat seperti video suami istri di atas ya.
Dengan begitu, social distancing adalah pembatasan agar seseorang tidak membuat atau menciptakan sebuah kerumunan orang dalam rangka kegiatan sosialnya.

Penerapannya, misalnya, himbauan untuk tidak mengadakan pesta pernikahan, pesta ulang tahun, atau bentuk syukuran dimana dihadiri oleh orang banyak dan disana terjadi pula interaksi komunikasi yang tidak terdapat jaga jarak di dalamnya.




Sedangkan Physical Distancing adalah jarak fisik yang harus dijaga dengan orang lain. Yaitu jaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain sehingga tubuh kita tidak tersentuh oleh orang lain tersebut.



Bentuk penerapan Social dan Physical Distancing seperti apa saja?


Bentuk penerapannya adalah sebagai berikut:

  • Bekerja dari rumah (work from home)
  • Belajar di rumah secara online bagi siswa sekolah dan mahasiswa
  • Menunda pertemuan atau acara yang dihadiri orang banyak, seperti konferensi, seminar, dan rapat, atau melakukannya secara online lewat konferensi video atau teleconference
  • Tidak mengunjungi orang yang sedang sakit, melainkan cukup melalui telepon atau video call
  • Beribadahlah dari rumah
Sekarang, dalam rangka mensukseskan himbauan untuk melakukan social dan physical distancing, ada banyak kegiatan yang disarankan untuk dilakukan dari rumah masing-masing saja. Seperti belajar jarak jauh dengan menggunakan internet, atau bekerja dari rumah dengan menggunakan internet. Bahkan, berbelanja pun juga dilakukan dengan internet. Termasuk hadir di kajian pengajian bahkan. 


"Physical distancing atau jaga jarak adalah cara paling ampuh dan terbukti mampu mencegah tersebarnya penularan virus COVID 19.  Jika tidak terlalu penting, lebih baik diam di rumah; kenakan masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan, dan jaga kesehatan dengan memakan makanan bergizi agar terbentuk imunitas dalam tubuh kita; adalah cara kita membantu Indonesia agar segera terbebas dari penyebaran dan penularan virus COVID 19"

Tidak ada komentar