Test Corona Dan Pembentukan Sistem Imun Tubuh Kita

[Lifestyle] 4 hari setelah Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan mengumumkan bahwa kota Jakarta berencana akan memberlakukan karantina wilayah mulai tanggal 10 April 2020, yaitu di tanggal 20 maret 2020; putra sulungku dan istrinya memberitahu bahwa mereka ternyata herus berangkat ke Jepang. Aku dan suami sempat bengong dan deg.... khawatir. Saat itu, Jepang sudah mulai dinyatakan sebagai zona merah berkembangnya virus corona karena banyaknya orang di Jepang yang tertular virus corona.

"Yaaaa..... tapi kita mulai tanggal 16 Maret mulai diberlakukan pengurangan alat transportasi. dan sekolah diliburkan serta tempat bekerja juga dihimbau untuk merumahkan karyawanannya loh.  Terus, kamu malah mau pergi sementara kita semua dihimbau untuk di rumah saja? Nggak apa-apa tuh?" tanyaku.

test corona dan pembentukan sistem imun diri kita

Menulis untuk Bahagia

[Lifestyle] Apa yang akan aku tulis ini bisa jadi adalah sesuatu yang bersifat amat subjektif. Itu sebabnya, aku tidak menerima perdebatan jika ada yang tidak setuju dengan apa yang aku tulis berikut ini. Tentang niat awal kita menulis, baik di blog maupun di mana saja. Jaman sekarang, kegiatan menulis terbuka lebar di banyak sekali wilayah. Termasuk di media sosial.

Hal-Hal Yang Disyukuri Saat Berpuasa di Tengah Pandemi

[Lifestyle] Ada satu hal yang sepertinya pelajaran banget buat aku di bulan Ramadhan tahun ini. Kemarin, aku menulisnya di grup OTM (otang tua murid) kelas Hawna di tengah kegalauan dan keresahan kami menghadapi PPDB online yang sebentar lagi harus kami hadapi seiring dengan berakhirnya pendidikan sekolah anak.



Camilan Praktis Untuk Berbuka

[Lifestyle] Putraku sukses loh dietnya selama masa pandemi COVID 19 dan bulan Ramadhan ini. Dan itu asli bikin aku termotivasi untuk bisa seperti dia.

Apa daya, aku nggak kuat menghadapi cemilan prakti untuk berbuka. Hahahaha.

Ide Kegiatan Saat Puasa

[Lifestyle] Di bulan ramadhan, umat Islam selain diwajibkan berpuasa juga dijanjikan akan diberi pahala atas amal ibadahnya secara berlipat lebih banyak daripada di bulan-bulan yang lain. Itu sebabnya kami sekeluarga fokus untuk beribadah. Tidak ada ide untuk melakukan hal lain selain ibadah. Lagipula, ini masih berlaku ketentuan protokol PSBB dimana seluruh warga masyarakat di DKI Jakarta diminta untuk diam di rumah saja.



Akun Channel Saat Puasa

[Lifestyle] Aslinya, aku termasuk yang malas nonton televisi selama bulan Ramadhan. Kecuali menjelang waktu tidur sebagai pengantar waktu tidur saja. Meski demikian, beberapa kali aku membuka channel atau akun di you tube untuk mengintip resep masakan yang akan aku eksekusi di dapur.


Menu Buka Puasa Praktis

[Lifestyle] Menu buka puasa kalian apa? Aku sepertinya jika untuk berbuka tidak pernah yang ribet sih. Karena, sepanjang siang hingga sore biasanya dipakai selain untuk membersihkan rumah, juga dengan tadarus Quran. Ada target yang dikejar, jadi, mempersiapkan menu berbuka nomor 2. Daripada habis waktu berkreasi di dapur, sayang juga sih. Ramadhan datang hanya setahun sekali.


Puasa di Masa Covid-19

[Lifestyle] Alhamdulillah, bulan Ramadhan tahun 2020 ini bertepatan dengan masa Pandemi COVID 19. Kemarin, aku ikut survey yang menanyakan tentang hal ini. Survey dilakukan melalui kuesioner yang disebar melalui pesan whatsapp karena memang selama pandemi COVID 19 ini diberlakukan PSBB di DKI Jakarta sejak tanggal 10 April 2020. PSBB itu artinya diberlakukan social dan physical distancing alias jaga jarak dengan orang.


Tempat Yang Ingin DIkunjungi Setelah Pandemi COVID 19 Berakhir

[Lifestyle] Di tulisan sebelumnya, aku menyebutkan bahwa selama himbauan agar #dirumahsaja diberlakukan selama lebih dari 45 hari hingga hari ini, membuatku sadar bahwa aku bukanlah manusia tipe introvert.
Baca: TIPS Betah Di Rumah A LA Ade Anita  dimana di dalamnya juga terdapat pengertian introvert dan ekstrovert.

Jadi, selama berada di rumah saja, jujur saja, aku rindu bertemu dengan teman dan keluarga besarku. Kangen berkumpul dengan saudara-saudara kandungku. 

Belajar Masak dari Para Cheff Youtuber

 [Lifestyle] Nyaris  45 hari nih aku sebagai penduduk DKI Jakarta mematuhi aturan untuk berdiam di rumah dan melakukan berbagai macam kegiatan dari rumah saja. Aku dan keluargaku. Mulai dari berkegiatan dari rumah untuk pekerjaan kantor, kuliah atau sekolah. Termasuk juga kegiatan pengajuan, arisan dan rapat untuk koordinator kelas anakku. Bahkan termasuk belajar mengaji pun dilakukan secara online. Dan selama 45 hari itu, aku menyadari satu hal : "Ternyata meski sudah berumah tangga selama 26 tahun lebih, kemampuan memasakku tidak banyak bertambah. " hahahaha. Payah banget.

Lalu, aku pun merenung mengapa hal ini bisa terjadi. Dan jadi semangat untuk belajar memasak. Dan pilihannya adalah belajar memasak lewat Youtube.


10 Barang-barang Yang Dibutuhkan Saat Berkegiatan Dari Rumah

[Lifestyle] Sudah berapa hari nih kita berada di rumah? Gimana situasi isi dompet? Masih aman terkendalikah? Sesungguhnya, isi dompetku semakin terlihat langsing nih. Hahaha.
Nah, untuk kesejahteraan isi dompet dan kebahagiaan semua orang yang ada dalam kondisi #dirumahsaja saat ini karena pemberlakukan PSBB selama pandemi COVID 19 belum berakhir, aku menginventarisis 10 barang yang dibutuhkan saat berkegiatan dari rumah. Apa saja?
Ini dia.