Tetanggaku

[Catatan akhir tahun] Bagaimana hubungan kalian dengan tetangga selama ini? Jujur saja, hubunganku dengan tetangga biasa-biasa saja. Tidak terlalu guyup, tapi juga tidak jaga jarak. Biasa saja. Dan aku ingin bercerita tentang tetangga di catatan akhir tahunku.

Tetanggaku kebanyakan sudah pada tua-tua. Mereka penduduk betawi asli yang hidup dari membuat rumah kontrakan bulanan. Sisanya adalah pendatang yang menjadi pedagang keliling kampung. Aslinya, mereka kebanyakan adalah teman-teman ibuku dahulu. Jadi, jika sedang berkumpul, kami merasakan perbedaan usia yang lumayan.

Karena sulit bertemu satu sama lain, jadilah aku dan tetanggaku membuat arisan RT. Ada hal yang unik dalam hal ini. Yaitu jumlah peserta arisan yang semakin berkurang karena kondisi para manula ini. Dan karena kondisi unik lain. Yaitu lahan rumah mereka terjual dan mereka pun pindah ke daerah pinggiran Jakarta.

Aku ikut arisan RT di lingkungan rumahku sejak masa anakku masih kecil hingga anakku sudah pada besar sekarang. Mulai dari jumlahnya orangnya banyak hingga sekarang hanya ada 10 orang anggota arisan RT saja.

Yap 10 orang. Ini mewakili 10 rumah yang ada di lingkungan RT. Sedikit ya?
Sebenarnya, kami sudah mengajukan pada kelurahan setempat usulan agar ada penggabungan RT. Tapi ternyata Kelurahan menolaknya karena jika ada penggabungan tersebut maka konsekuensinya jadi panjang. Seperti ada penggantian alamat rumah, penggantian KTP, KK, dan juga tata kota.
Jadi ya sudahlah. Meski tersisa 10 rumah saja, arisan RT tetap dilakukan.

Tahun 2019 ini, alhamdulillah aku berhasil ingat untuk mengambil foto dan mengabadikan kebersamaanku dengan tetanggaku, dong.
Hehehe.
Mungkin bagi orang lain ini sesuatu yang biasa saja. Tapi buatku ini luar biasa sih. Karena seringnya meski sudah terniat tetap saja aku lupa-lupa terus mengabadikan gambar kebersamaan kami. Saking lupanya, tanpa terasa satu persatu tetangga yang manula sudah ada yang meninggal dunia. Sudah ada yang pindah ke luar kota karena rumahnya terjual. Jadi, aku senang pada akhirnya bisa mengabadikan gambar kebersamaan kami.

Dan berikut adalah foto ketika aku ketempatan arisan RT. 





Tidak ada komentar