Apakah koyo hansaplast aman untuk digunakan

[Lifestyle] Koyo hansaplast merupakan bahan aktif mentol memberikan sensasi dingin, dapat mengurangi nyeri. Adapun metil salisilat memiliki efek antiinflamasi serta efek antinyeri. “Ketika pertama kali ditempelkan pada bagian area yang nyeri, koyo tersebut akan memberikan rasa panas dan sedikit terbakar. Efek ini bertujuan untuk memberikan sinyal pada otak, sehingga persepsi nyeri akibat sakit punggung menjadi terkecoh,” kata dr. Rio. 

Tak lama kemudian, rasa nyeri akan berkurang perlahan-lahan. Setelah semua proses tersebut selesai, mentol dan metil salisilat dalam koyo mulai merasuk ke dalam kulit dan dapat bekerja. Lantas, amankah bahan-bahan ini untuk digunakan pada ibu hamil? Menjawab hal itudr. Dyan Mega Inderawati mengatakan, penggunaan koyo saat hamil memang diperbolehkan. 
 
Bahkan menurutnya, tidak ada aturan yang menuliskan ibu hamil tidak boleh menggunakan koyo hansaplastselama hamil. Selain menggunakan koyo hansaplast , dr. Dyan Mega juga memberikan beberapa tips yang bisa diikuti oleh ibu hamil saat hendak meredakan sakit pinggang yang dirasakan. Apa saja yang bisa dilakukan?

1.     Kompres air hangat

Tak hanya olahraga, mengompres pinggang yang sakit dengan kain hangat juga bisa meredakan rasa sakit yang dialami. Anda bisa menyiapkan satu baskom air hangat (suhu suam-suam kuku) lalu celupkan kain kemudian peras, dan kompres bagian yang sakit. Air hangat bisa merilekskan otot-otot yang tegang selama hamil, termasuk otot yang ada di bagian pinggang.


2.     Olahraga

Hamil bukan menjadi alasan Anda tidak berolahraga selama 9 bulan penuh. Olahraga saat hamil justru sangat dianjurkan karena olahraga mampu meningkatkan kesehatan ibu selama hamil, termasuk meredakan sakit pinggang.“Ketimbang Anda mengonsumsi obat antinyeri, lebih baik Anda lakukan kegiatan yang lebih alami dan menyehatkan seperti olahraga. Beberapa olahraga telah terbukti mampu mengurangi keluhan sakit pinggang saat hamil. Anda bisa mencoba yoga, jalan santai, dan berenang sebanyak tiga kali dalam seminggu, dan lihat sendiri hasilnya,” kata dr. Dyan Mega.

3.     Gunakan sepatu yang nyaman

Meski terdengar sepele, pemilihan alas kaki bisa berpengaruh pada sakit pinggang yang Anda alami. Pilihlah alas kaki dengan alas yang datar agar memudahkan ibu hamil saat berjalan.Hindari penggunaan sepatu hak tinggi yang cenderung membuat posisi tubuh ibu jadi membungkuk ke depan. Ini bisa mengakibatkan keluhan sakit pinggang semakin intens. Selain itu, sepatu dengan hak tinggi juga lebih berisiko menyebabkan ibu tergelincir dan cedera.Memang, tidak ada larangan untuk memakai koyo saat hamil. Namun, jika setelah penggunaan koyo Anda merasakan timbulnya ruam, kemerahan, atau kontraksi, segera hentikan pemakaiannya. Lebih baik gunakan cara lain untuk meredakan pegal dan sakit pinggang. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter kandungan bila alami masalah akibat koyo.



“dilansir dari laman Alodokter” Koyo Hansaplast merupakan pereda sakit kepala yang memang sering digunakan masyarakan pada saat sakit kepalanya kambuh. Ada berbagai kandungan yang berbeda dari masing-masing merk dan pada website ini, kami tidak membahas suatu merk tertentu. Mengenai iritasi, hal tersebut bisa saja terjadi pada orang-orang tertentu yang memang kulitnya sensitif.Segera hentikan pemakaian koyo tersebut dan berobatlah ke dokter. Mengenai kulit yang menjadi tipis, hal ini biasanya terjadi jika kulit diberikan salep kulit yang mengandung steroid dalam jangka panjang. Biasanya, koyo pereda nyeri yang dijual di pasaran tidak mengandung zat ini.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga bermanfaat buat kita bersama.

Tidak ada komentar