Cara Mengusir Tawon dan Lebah

 [Keluarga] Kemarin, aku menulis tentang perbedaan Tawon dan Lebah. Ada 11 perbedaan dan kalian bisa membacanya di tulisanku sebelumnya yang berjudul Perbedaan antara Tawon dan Lebah. Nah, sekarang aku mau menulis tentang cara mengusir Tawon dan Lebah tanpa mereka merasa terusik dan berbalik menyerang kita. Ih, jangan sampailah.

sarang tawon di atas pohon

Cara mengusir Tawon atau lebah itu, ada banyak mitosnya sepertinya. Saudaraku bercerita bahwa mengusir lebah bisa dengan cara bernyanyi sekeras-kerasnya dengan wajah yang sebelumnya sudah dilumuri dengan minyak jelantah terlebih dahulu. Ada juga yang bilang, cara mengusir Tawon atau Lebah dengan cara mengatakan keras-keras "Pahit Pahit Pahit." Mana yang benar? 

Gara-gara kemarin di rumahku ada seekor Tawon yang tiba-tiba berencana untuk membuat sarang di pengait jendela di rumahku, aku dan anak-anakku jadi kompak mencari bagaimana caranya mengusir Tawon atau Lebah.

Hasilnya, putra sulungku berinisiatif menerapkan informasi mengusir dengan menggunakan asap. Kali ini dia menggunakan asap yang dihasilkan oleh membakar karton bekas telur.

Jadi karton bekas telur dibakar lalu asapnya diarahkan ke arah sarang Tawonnya (credit foto: koleksi pribadi)

Setelah asapnya banyak dan si Tawon merasa terganggu lalu pergi, jangan dibiarkan api terus membakar karton telur ada di jendela ya. Nanti khawatirnya dia membakar tirai malah jadi kebakaran

Nah, itulah cara mengusir tawon atau lebah. Yaitu dengan menggunakan asap yang diarahkan ke sarangnya. Nanti insya Allah semua tawon atau lebahnya akan meninggalkan sarangnya karena mereka tidak suka dengan asap.

Setelah mereka pergi meninggalkan sarangnya, khusus untuk Tawon, segera hancurkan sarangnya ya. Bisa dengan cara menyemprotkan cairan sabun ke arah sarang atau cairan racun nyamuk juga bisa. Lalu buang sarang yang telah dihancurkan ini. Sehingga si Tawon tidak balik lagi ke sarangnya.

Jangan lupa pakai pakaian tertutup dan penutup tangan atau wajah ya; jaga-jaga jika si Tawon marah karena sarangnya dirusak. Tapi better jika terus saja diasapi bukan hanya si sarang tapi juga lingkungan sekitar sarang sebelum sarang dihancurkan untuk meyakinkan si Tawon benar-benar sudah pergi menjauh. 

sarang Tawon yang sudah dihancurkan seperti ini nih, tersisa base nya saja.

Semoga bermanfaat. 



Tidak ada komentar