Syirik adalah Kebalikan dari Tauhid

 [Lifestyle] Sebelum tulisan ini, aku menulis tentang alasan mengapa kita perlu mempelajari Tauhid. Tauhid adalah mengesakan Allah dan menyandarkan segala sesuatunya hanya pada Allah SWT saja.

Dalam hal ini, kita harus waspada juga terhadap kebalikan dari Tauhid, yaitu SYIRIK. Nah, halaqah kajian islam bersama ustad Abdullah Roy dari Madinah yang aku ikuti kali ini memaparkan tentang bab Syirik.

Apa itu Syirik?

Syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah. Yaitu membuat tandingan selain Allah sebagai tempat kita menyandarkan sesuatu sehingga tanpa kita sadari ternyata bukan hanya Allah tempat kita meminta dan memohon segala sesuatu. Allah tidak lagi berkedudukan esa, atau tunggal di dalam keyakinan kita.

Ini bahaya banget ya.

credit: freepic


Allah sangat membenci segala sesuatu yang merupakan perbuatan Syirik. Sebagaimana dalam firmannya: 


إِنَّهُ مَن يُشْرِكْ بِاللهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنصَارٍ

“Sesungguhnya, barang siapa yang menyekutukan Allah, maka Allah mengharamkan baginya surga, dan tempat kembalinya adalah neraka, dan tidak ada penolong bagi orang-orang zhalim” (QS. Al-Maidah : 72)

Tauhid adalah amalan yang paling Allah ﷻ cintai, sebaliknya syirik (menyekutukan Allah ﷻ dalam beribadah) adalah amalan yang sangat Allâh ﷻ murkai. Allah ﷻ memang Maha Pengampun akan tetapi bila seseorang meninggal dunia dalam keadaan berbuat syirik besar kepada Allâh ﷻ, Maka Allah ﷻ tidak akan mengampuni dosa syirik tersebut

Orang tersebut akan kekal di dalam Neraka selama-lamanya dan tidak ada harapan baginya untuk masuk ke dalam surga-Nya Allah ﷻ, Sungguh ini adalah sebuah kerugian yang tidak ada kerugian yang lebih besar daripada kerugian ini

Allah ﷻ berfirman

إِنَّ اللهَ لاَيَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَادُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَآءُ

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan masih mengampuni dosa yang lain bagi siapa yang dikehendaki”. (An-Nisaa : 48)

Oleh karena itu kita harus berhati-hati, karena terkadang seseorang terjerumus ke dalam dosa ini sedangkan dia tidak menyadarinya, Bentengilah dirimu dengan perisai ilmu yaitu ilmu Agama, belajarlah dan berdo’alah kepada Allah

Berdo’alah kepada Allah ﷻ dengan sejujur-jujurnya. Semoga Allah ﷻ melindungi kita dan keluarga kita dari perbuatan syirik ini.

(btw, kelas kajian islam online oleh ustad Abdullah Roy ini, dilaksanakan secara online dan gratis ya teman-teman. Biasanya dalam setahun dibuka dua kali kesempatan untuk mengikuti kelasnya. Insya Allah jika ada pendaftaran baru aku akan share di blog ini agar kalian bisa mengikutinya). 

1 komentar