Mengenal Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Termometer

 [Lifestyle]  [Lifestyle] Pastinya kalian pernah kan merasakan tubuh terasa dingin atau panas? Hal tersebut dikarenakan tubuh memiliki suhu yang berubah ubah tergantung pada suhu sekitarnya. Untuk bisa mengetahui suhu didalam tubuh, kita dapat memanfaatkan termometer yang memiliki kegunaan untuk mengukur suhu panas.

ini gambar yang aku buat sendiri

 


Termometer sendiri terdiri dari beberapa jenis yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini akan dijelaskan pengertian, fungsi, dan jenis termometer :

1. Pengertian Termometer


Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu ataupun alat yang digunakan untuk menyatakan derajat dingin atau panas sebuah benda. Alat tersebut memanfaatkan termometrik dari zat yaitu perubahan dari sifat sifat zat yang disebabkan karena zat tersebut mengalami perubahan sesuatu.

Zat cair termometrik yaitu zat yang mudah mengalami perubahan fisis saat dipanaskan ataupun didinginkan, seperti alkohol dan air raksa. Kata termometer sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “Thermo” yang berarti “panas”, dan kata “meter” yang berarti “mengukur”. Jadi, alat termometer berguna untuk mengukur panas.


 

2. Fungsi Termometer


Pada dasarnya, termometer berfungsi sebagai alat untuk mengukur suhu. Suhu yang diukur juga beragam. Di bidang kedokteran, fungsi termometer adalah untuk mengukur suhu tubuh manusia untuk mengetahui tubuh seseorang demam atau tidak. Selain itu juga, termometer berfungsi untuk mengetahui suhu pada oven (masak), suhu kamar, suhu ruangan, serta suhu pada mobil.


 

3. Jenis Termometer


Seperti yang telah diketahui bahwa ada beberapa jenis termometer yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Adapun beberapa jenis termometer tersebut memiliki manfaat yang berbeda beda, berikut dibawah ini penjelasannya :

· Termometer Alkohol

Termometer alkohol menggunakan cairan alat ukur berupa alkohol. Cairan alkohol lebih peka dibandingkan dengan air raksa, sehingga akan terlihat lebih jelas pemuaian pada perubahan volumenya. Termometer ini disebut juga termometer minim dikarenakan bisa mengukur suhu yang sangat rendah sekalipun.

· Termometer Air Raksa

Termometer air raksa ini adalah alat pengukur suhu dengan cairan yang menggunakan air raksa sebagai pengisinya. Jenis termometer inilah yang lebih sering digunakan dibandingkan termometer alkohol. Pasalnya, alat ukur suhu air raksa ini bisa mengukur hingga suhu yang sangat tinggi.

· Termometer Digital

Termometer digital merupakan salah satu jenis termometer yang paling umum digunakan serta dianggap paling akurat. Jenis termometer yang satu ini memiliki beberapa bentuk. Bentuknya yang paling umum adalah memanjang dan terdapat sebuah sensor pada ujungnya yang menjadi pengukur suhu saat menyentuh bagian tubuh seseorang.

Sensor panas elektronik memiliki manfaat untuk merekam suhu pada tubuh, baik melalui mulut, ketiak, ataupun dubur.

· Termometer Dahi

Termometer dahi ini menggunakan inframerah untuk mengukur suhu pada area dahi serta arteri temporal di pelipis. Meski jenis termometer ini bisa memberi hasil yang cepat, namun belum bisa dibilang memiliki tingkat akurasi yang setara dengan termometer digital biasa. Selain itu juga, termometer dahi ini harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis termometer lainnya.

· Termometer Digital

Termometer digital telinga atau termometer timpani adalah termometer yang memanfaatkan sinar inframerah untuk mengukur suhu didalam lubang telinga, tepatnya di gendang telinga atau membran timpani. Untuk menggunakan jenis termometer ini, kita hanya cukup mengarahkan sensor inframerah tepat pada lubang telinga.

Dan pastikan juga telinga kalian dalam keadaan bersih, karena jika sensor inframerah terhalang kotoran telinga, maka hasil pengukuran suhunya juga tidak akurat.


Tidak ada komentar