Masak Bersama Anak: Bikin Somay Yuk

[Keluarga] Liburan telah tiba.
Horeeee.
Liburan kali ini diisi apa kegiatan anak-anak? Kalau aku, sepertinya dengan mengajak anak-anakku turun ke dapur.

Anak-anaku senang semua memasak. Cuma mereka tidak suka kegiatan mencuci piring setelah selesai acara memasaknya (emang ada yang suka?)

Nah... setelah pekan lalu kami membuat Pempek A La Ade Anita, maka sekarang aku mau berbagi resep mudah meriah dan minim cucian piring (hehehe). Yaitu: SOMAY. 

SOMAY itu makanan khas dari Bandung. Sebenarnya sih, rasa-rasanya mirip-mirip saja sama Pempek, hanya saja jika PEmpek dimakan dengan kuah cuko maka Somay dimakan dengan kuah bumbu kacang.

Ini resep SOMAY a la Ade Anita:



bahan dasar:
- ikan ternggiri, cincang (minta aja sama abang penjual ikan buat dihalusin, karena kalau ngehalusin sendiri capek dan susah bersihin talenannya nanti.. hehehe).
- sagu cap tani (sebenarnya gak harus cap tani sih.. ini kesannya kayak dagang banget ya. Tapi, masalahnya yang sagunya putih bersih dah halus teksturnya itu ya cuma cap tani ternyata).
- terigu biasa (aku beli di warung yang kiloan, gak pake merek apa-apa).
- merica, garem, minyak goreng 1 sendok makan, bawang putih halus
- wortel 1 batang
- pare (buang tengah-tengahnya alias biji2nya, cuci bersih. Eh.. jangan sampe kebelah dua kalo bisa. Jadi biar bolong tengah ajah)


- kol, daunnya dibersihin satu satu jangan sampe terbelah atau terpotong
- tahu cina (tahu putih biasa juga bisa sih)
- putih telur
- cetakan bolu kukus
- kulit pangsit rebus

Cara membuatnya:
1. Ikan tenggiri yang sudah dihaluskan diblender lagi biar lebih halus, Caranya masukkan ikan cincang ke dalam blender (ingat selalu taruh koran di bawah blender biar amis cipratan ikan nggak kemana-mana), masukkan semangkuk tepung terigu (5 sendok makan) yang dicampur dengan air segelas belimbing (180 cc), lalu blender halus.

2. Jika sudah selesai, maka di dalam mangkuk terpisah, campur tepung sagu, bawan putih halus, garam, merica, dan minyak goreng 1 sendok makan, serta air putih hangat secukupnya aja buat ngelarutin semua campuran ini tapi gak boleh sampai keenceran. Diulen lalu campur dengan adonan ikan yang diblender tadi. Ulen lagi sampai kalis, kalau keenceran kasi sagu... jangan lupa dicolek kurang garem atau nggak. JIka sudah kalis, kasi putih telur (1 butir aja), ulenin lagi. Selesai deh.

3. Ambil pare yang sudah dibolongi lalu isi bolongannya dengan adonan ikan yang sudah kalis itu.
4. Ambil tahu, kasi tempat di tengahnya buat naruh adonan ikan.
5. Ambil cekatan bolu kukus, taruh kulit pangsit rebus di atasnya, lalu taruh adonan somay di atasnya. Di tengah-tengahnya beri wortel (ini sebenarnya akal-akalku aja biar pada makan sayuran).
6. ambil lembaran daun kol yang sudah dikukus sebentar hingga sedikit layu lalu taruh adonan ikan di dalamnya lalu gulung seperti lemper.



Nah.. siap deh somaynya. Tinggal bikin bumbunya.
kacang tanah, diulek halus, kasi garam, bawah putih, gula merah, cabe dikit. Haluskan. JIka sudah selesai beri perasan air jeruk nipis. Selesai deh. Kalau mau dikasi kecap nanti saja pas disiram ke somaynya.

Nah.. SOMAY sudah siap santap.

gembira memasak mengisi liburan

19 komentar

  1. Wah, bisa jadi tabungan rencana untuk ngisi liburan nanti. Dibookmark ah. Makasih udah share, Mak :)

    BalasHapus
  2. Harus hati2 melubangi parenya ya, Mba.
    Besok masak apa nih?

    BalasHapus
  3. paling seruuu memamng masak dengan anak-anak ya mbaa...hebooh :D....anak2 suka pare mba? aku doyaaan :D..

    BalasHapus
  4. Mantap kayanya, jadi ga sabar pengen bikin :)

    BalasHapus
  5. bikin somay sendiri tak hanya seru..tp juga tahu bahan makanan apa saja yg dipakai..jadi terjamin higenisnya..hehe :D

    BalasHapus
  6. Ahhh jadi pingin bikin siomay ujan ujan gini..

    BalasHapus
  7. Pas lagi laper banget enak banget ini...

    BalasHapus