Senin, 02 April 2018

Resep Membuat Brownies Coklat Praktis

[Keluarga] Akhir pekan beberapa saat yang lalu, aku terlibat percakapan dengan putriku. Gara-garanya sih karena pagi-pagi, akibat malas bikin nasi goreng, aku malah membuat brownies coklat. Praktis sekali.

Keluargaku memang rata-rata semuanya doyan nyemil daripada makan besar. Hanya saja, ada yang doyan makan cemilan garing-gurih/asin (diwakili oleh suamiku) dan ada yang doyan cemilan manis (diwakili oleh aku) dan ada yang kombinasi keduanya (diwakili oleh anak-anakku). Akibatnya, jika di akhir pekan sedang ingin hang out bersama keluarga, aku lebih suka membuat cemilan ringan daripada makanan besar.

Dan akhir pekan yang lalu, aku membuat Brownies coklat.

Kata Putriku, membuat Brownies itu memang gampang sih, jadi kalau berhasil membuat Brownies ya tidak perlu jingkrak-jingkrak kesenangan dan berkoar-koar memberitahu semua orang bahwa kita berhasil seperti yang aku lakukan di rumah (uhuk.... jangan-jangan cuma aku yang melakukan ini, kalian tidak ya?).

"Bu... biasa saja deh. Bikin brownies itu memang gampang sih. Karena itu aslinya kan kue yang bantat. Jadi, asal mula brownies itu karena ada yang lagi mau buat cake coklat, tapi karena kurang aduk atau telurnya kualitasnya dari kulkas atau apalah terserah, cake-nya nggak ngembang. Tapi malah bantat dan keras. Jadi, nggak jadi. Biar nggak terbuang percuma, lalu diberi topping yang cantik. Jadilah brownies. Jadi, memang tidak diperlukan keahlian yang luar biasa sih untuk menghasilkan kue gagal. Jadi... biasa saja."

huff. Lalu aku berhenti kegirangan dan menyebar-luaskan pemberitahuan bahwa aku berhasil membuat brownies. hehehe.

Tapi, boleh dong aku tulis resep cara membuatnya disini. Siapa tahu ada pemula yang ingin membuat brownies coklat yang praktis banget, sampai-sampai nenek-nenek koprol yang ditutup matanya pas koprol pun bisa membuatnya.

(lalu putriku kembali menyanggah komenku ini : "Bu.... kalau ada nenek-nenek yang bisa koprol berarti nenek-nenek itu levelnya sudah pro. Karena nenek-nenek itu biasanya sudah tidak flesibel lagi tulang dan ototnya. Dan nenek yang ditutup matanya pas koprol nggak ada hubungannya dengan keahlian memasak. Karena dia sudah pro di urusan koprol jadi ditutup matanya pun tetap bisa koprol. Tapi mungkin beda lagi ceritanya jika dia disuruh masak sambil tetap koprol dan ditutup matanya."....

OKEHHH.... BHAYYY.... Jika berbicara dengan putriku memang kalau bisa jangan bicara asbun dan gaje. hahahaha 😀😁😁

Resep Membuat Brownies Coklat Praktis



#resepuntukanakku : Horee... hari ini (10/3/2018) kita berhasil nyoba resep kira-kira bikin brownies ya nak. Ini ibu tulis ulang resep kira-kira itu biar bisa dipraktekin lagi lain kali. Kata arna, resep brownies emang gampang. Karena asal muasal brownies adalah kue cake yang gagal mengembang. Jadi berhasil bikin brownies bukan prestasi besar. Hahahaa... nggak apa-apa. Buat ibu ini tetap prestasi besar karena tanpa liat buku resep dan hanya bermodalkan rasa penasaran dan kenangan nikmatnya brownies coklat yang kita cicipi sebelumnya, kita bisa berimajinasi tentang resepnya. . Brownies coklat. Bahan: tepung terigu 1 cangkir, air 5 sendok makan, gula 6 sendok makan muncung, minyak goreng 8 sendok makan, 1 butir telur, 1 sendok makan susu bubuk coklat, 1 sendok makan coklat bubuk. Siapin juga mentega untuk melapisi loyang, dan coklat meisis buat topping atas. . Cara membuatnya: campur semua bahan dan aduk dengan sendok (no mixer). Setelah itu masukkan ke dalam loyang yang sudah dilapisi coklat meisis. Panggang dengan suhu 175 derajat selama 40 menit (*ingat ya, semakin besar watt oven listrik yang dipakai berarti semakin cepat panas. Berarti tambah waktu memanggangnya jika watt oven listrik yang digunakan kecil. Oven listrik di rumahku kapasitasnya 1200 watt). Selesai deh. Angkat. Gampang kan. Nenek-nenek pake bandana dan anting bola-bola bling-bling yang koprol juga bisa membuatnya insya Allah. Selamat mencoba. #resep #browniescoklat #brownies #cake
A post shared by ade anita (@kuliner_adeanita) on

Bahan yang diperlukan:


Tepung terigu 1 cangkir mug.
air 5 sendok makan
gula 6 sendok makan muncung
minyak goreng 8 sendok makan
1 butir telur
1 sendok makan susu bubuk coklat
1 sendok makan coklat bubuk
siapkan juga mentega untuk mengoles loyang, dan meises untuk menjadi topping nanti.

Cara membuatnya:


Campur semua bahan, aduk hingga tercampur rata. Setelah itu masukkan ke dalam loyang yang telah dilapisi dengan mentega dan dibedaki dengan tepung terigu. Panggang di dalam oven bersuhu 180 DerCel selama 40 Menit. Angkat, hidangkan.


Tuh. Gampang banget kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...