Senin, 27 November 2017

Cara memasang Board Pinterest di Blog

[Lifestyle] Hai. Ceritanya aku baru saja selesai memperbaiki dan mempercantik blog aku. Jika kalian lihat dibagian bawah halaman blog aku ini, kalian akan melihat board Pinterest. Nah, board pinterest ini yang akan aku beri tahukan bagaimana cara memasangnya di dalam postinganku kali ini. Simak ya. Caranya mudah banget kok (btw tulisan ini sekaligus juga pengingat untukku sendiri jika suatu saat nanti aku lupa cara memasangnya bagaimana).




Cara Memasang Board Pinterest Di Blog

1. Tentu saja miliki dahulu akun Pinterest.


Kalian bisa melihat koleksi pin Pinterest kepunyaanku. https://id.pinterest.com/adeanita94/pins/

Apa sih gunanya Board Pinterest ini? Buatku sih banyak. Karena aku seorang yang menikmati sajian gambar untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin.

Jadi nih, meski aku seorang penulis, tapi semakin bertambah usia aku semakin tidak tahan membaca banyak-banyak. Bawaannya mengantuk atau sulit fokus jika sudah terlalu banyak lembaran yang aku baca. Tapi jika melihat sajian gambar, aku tahan melek alias terjaga sampai berjam-jam. Itu sebabnya aku lebih suka menonton daripada membaca; atau membaca komik daripada membaca buku teks; atau mengikuti film daripada mengikuti lembaran tulisan. Pokoknya selama ada gambarnya, aku insya Allah bisa terus mengikuti sesuatu yang informasinya ingin aku ketahui.

Mungkin itu sebabnya postinganku di blog ini, sering aku rasakan kurang afdhol jika tidak ada fotonya. Bukan semata karena takut diragukan itu hoax, tapi karena memudahkan aku jika ingin membaca ulang tulisanku sendiri.

Nah, karena alasan inilah maka di antara semua akun media sosial yang aku miliki, maka aku paling nyaman membuka Instagram dan Pinterest.

Bedanya Pinterest dan Instagram itu, pinterest kita tidak punya cerita di dalam semua gambar yang kita miliki. Karena memang tidak semua gambar itu milik kita. Itu adalan gambar orang lain yang kita suka lalu kita memutuskan untuk menyimpannya di timeline Pinterest kita. Sedangkan Instagram adalah gambar yang kita berikan adalah gambar milik kita sendiri dan kita menuliskan caption (tulisan yang melatar belakangi atau mendukung cerita dari gambar yang kita share tersebut).

Aku sendiri, memperlakukan Pinterestku sebagai salah satu gudang gambar dan informasi. Ada aneka macam tips dan tutorial di Pinterest yang aku miliki. Mulai dari tips menggambar, hingga tips membuat aneka macam craft. Mulai dari tips kecantikan, hingga aneka tutorial membuat pernak-pernik untuk tampil cantik. Hingga aneka macam tips menulis, dan berbagai macam gambar yang buatku pribadi berpotensi memunculkan aneka ide yang bisa mendukungku menghasilkan tulisan.

Jadi, buatku sih penting memiliki akun media sosial bernama PINTEREST itu.

2. Klik Developers


Jika kalian sudah memiliki akun media sosial Pinterest, maka langkah selanjutnya adalah, cari bagian Developers. https://developers.pinterest.com/

Lokasinya di klik garis tiga di dashboard atas akun pinterest, hingga terpampang menu pin, di bagian paling bawah terdapat bagian Developers. Nah, diklik ya.

itu ya, bagian yang dicoret dan distabilo kuning

3. Klik TOOLS yang terdapat di halaman developers

Nah, setelah masuk ke dalam halaman developers maka kalian akan melihat beberapa pilihan fitur dari developers. Klik yang TOOLS ya.

lihat yang aku stabilo kuning alias lingkari ya.

4. Pilih Fitur WIDGET


Nah. Setelah diklik maka akan masuk ke dalam halaman TOOLS nih sekarang.
Kalau sudah begitu, tinggal pilih fitur WIDGET saja.

https://developers.pinterest.com/tools/widget-builder/?

Selanjutnya kita tinggal mengatur deh maunya bentuk widget seperti apa yang akan dipasang di blog kita.

5. Pasang Widget yang sudah dipilih di Blog kita

Nah, jika kalian sudah memilih mau memasang di sebelah mana di blog kalian, kalian tinggal mengatur tinggi dan lebar board Pinterest tersebut.

Nanti, ada kolom dimana kita diminta untuk meng-copy paste html yang sudah diberikan otomatis oleh Pinterest sesuai board yang kita inginkan.
Pertama, buka dulu deh pengaturan blog kalian. Lalu masuk ke bagian tata letak.


Setelah itu, pilih memasukkan widget baru yang bagian 'memasukkan HTML"

Lalu paste semua kode html yang kalian masukan tadi. Pertama kode bagian atasnya dulu, setelah itu paste kode html bagian bawah sebelum .... < /a>

tuh, jadi setelah mengopas yang bagian atas, bagian bawahnya dikopas lagi lalu selipkan tepat di kode html bagian atas sebelum < /a>
Dah.
Selesai deh. Tinggal di save dan kalian pun memiliki board pinterest di blog kalian. Selamat ya.

1 komentar:

  1. Pinterest ini emang sumber inspirasi banget kalo pas otak lagi bebal. hehe

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...