Kiat Memilih Bantal Ibu Menyusui yang Tepat dan Terjangkau

[Parenting] Salah satu kebahagiaan bagi seorang ibu setelah dia mengandung anaknya di dalam rahim perutnya selama kurang lebih 9 bulan itu adalah ketika dia akan menyusui ibunya. Setidaknya, itu yang aku rasakan ketika aku baru memiliki anak-anakku. Moment melihat bayiku memonyongkan mulutnya dengan mata terpejam dan menyosor ke kiri dan ke kanan dalam rangka mencari puting susu itu luar biasa rasanya. Itulah puncak kebahagiaan menjadi seorang ibu buatku. Dan sepertinya semua ibu yang baru saja melahirkan anaknya juga mengalami saat-saat luar biasa tersebut.

Dibanding kondisi jaman dahulu dimana peranan perusahaan susu formula amat berkuasa di sebuah rumah sakit bersalin, maka jaman sekarang, usaha untuk memandang bahwa ASI (air susu ibu) adalah yang utama bagi bayi dan tak tergantikan, mampu meruntuhkan kekuasaan susu formula. Terbukti dengan banyak rumah sakit bersalin yang menerapkan aturan Inisiasi Menyusui Bayi sejak Bayi baru lahir. Ya. Pemerintah, sudah beberapa dekade ini menerapkan aturan bahwa menyusui menjadi salah satu kewajiban bagi ibu hingga usia anak minimal 6 bulan.

Karena sudah merupakan sebuah kebijakan akan pentingnya menyusui bayi dengan ASI, maka para ibu pun bersemangat untuk berusaha agar bisa menyusui bayinya segera setelah bayinya lahir. Ada banyak cara yang dilakukan. Seperti mengusahakan pola makan tertentu, menjauhkan larangan yang sekiranya bisa membuat ASI tidak lancar, ikut kursus singkat cara menyusui yang baik, dan  sebagainya. Termasuk disini adalah mencari posisi yang paling nyaman ketika harus menyusui.

Menyusui itu bukan waktu yang sebentar loh. Kadang perlu waktu beberapa saat agar bayi bisa benar-benar kenyang. Hal ini bisa bikin tangan dan punggung menjadi pegal ketika harus menyanggah bayi. Nah, makanya pakai deh bantal menyusui ini. Nyaman banget dipakainya pas lagi menyusui. (credit foto: bantal menyusui yang dijual di bukalapak.com)

Untuk menyusui, maka ibu disarankan agar bisa berada di posisi yang nyaman sehingga ASI yang keluar bisa lebih banyak. Namun, terkadang, menyusui dalam jangka waktu yang lama membuat tangan ibu menjadi pegal dan posisi bayi juga menjadi kurang pas sehingga membutuhkan penyangga seperti bantal. Saat ini ada jenis bantal ibu menyusui yang akan lebih membantu para ibu untuk tetap nyaman walaupun saat sedang menyusui.
ini nih penampakan bantal ibu menyusui (credit foto: bukalapak.com)

Bantal menyusui umumnya memiliki kisaran harga sekitar Rp 150 ribuan hingga Rp 300 ribuan sehingga kita dapat memilih jenis bantal yang tepat untuk kita dan bayi kita. Bantal yang mampu mengurangi rasa pegal di bagian lengan dan punggung ibu saat sedang memberikan ASI ini memiliki bentuk yang bervariasi sehingga kita harus pintar-pintar untuk memilihnya. Umumnya, bagi yang belum terbiasa menggunakan bantal menyusui akan merasa kerepotan untuk meletakkan bantal di posisi yang pas yaitu di dekat perut ibu, namun kelamaan, ibu dapat membiasakan dan memposisikan diri dan bantal tersebut sehingga nyaman untuk dipergunakan.

Untuk memilih bantal menyusui yang tepat dan dengan harga yang terjangkau, tips berikut ini dapat membantu kalian. 

Pertama adalah pilih bantal yang kokoh. 

Hal tersebut disebabkan bantal yang akan kita gunakan untuk menyusui tersebut harus dapat menopang berat badan bayi sehingga bayi tetap merasa nyaman saat menggunakannya. Pilih jenis bantal yang tidak terlalu empuk karena jika terlalu empuk bantal yang dipergunakan tersebut dapat membuat bayi menjadi tenggelam dan posisi bayi menjadi kurang nyaman serta kita harus membungkuk agar ASI dapat disalurkan dengan baik.

Kedua adalah perhatikan ukuran dan berat dari bantal ibu menyusui yang Anda pilih. 

Ada jenis bantal untuk menyusui yang ukurannya besar dan ada jenis bantal menyusui yang ukurannya hanya sebesar anak kita sehingga dapat dilingkarkan di perut kita. Ukuran bantal yang kurang tepat akan menjadi masalah tersendiri bagi ibu menyusui terutama yang memiliki ukuran tubuh yang kecil.

Selain itu, pertimbangkan mengenai berat. Umumnya, bantal yang dipergunakan untuk menyusui memiliki berat sekitar 2-3 kg sehingga pilih yang berat bantal nya tidak mempersulit gerakan kita saat sedang menyusui.

Ketiga adalah pertimbangkan yang memiliki permukaan yang luas. 

Bantal menyusui tersebut dipergunakan untuk membantu kita menyangga anak kita saat kita sedang memberikan ASI sehingga pastikan jika bantal tersebut mampu untuk membantu kita menahan berat badan anak kita dan tidak terguling terutama jika kalian memiliki anak kembar yang harus disusui secara bersamaan.

Keempat adalah pilih jenis bantal yang mudah untuk dipergunakan. 

Ada beberapa jenis bantal untuk ibu menyusui yang memiliki design dan model yang berbeda satu sama lain sehingga dapat kalian pertimbangkan cara penggunaannya.

Kelima adalah fitur. 

Bantal ibu menyusui ada yang memiliki tambahan fitur seperti sabuk pengaman ataupun ada tambahan seperti kantong tambahan yang akan bermanfaat untuk kita menyimpan berbagai macam barang seperti dot anak, tisu basah sehingga mudah untuk ditemukan.

Jika bantal menyusui tersebut memiliki pengaman, pilih jenis sabuk yang tidak terlalu rumit untuk dipasang ataupun untuk dilepas dan tidak membuat kalian kerepotan saat menggunakannya. Selain itu, kalian dapat mempertimbangkan mengenai motif dan warna dari bantal untuk ibu menyusui tersebut yang dapat dipilih berdasarkan pada selera kita misalnya warna pink untuk kita yang feminim.

1 komentar

  1. itu bantalnya lucuuu-lucuuu ya mba...kalau ngga hamil bisa juga kan pakai hehehe..karena timbunan lemak di perut nih lumayan :)

    BalasHapus