Arirang, Mie Korea Halal

[Lifestyle]

Kapan ya aku mulai suka dengan hal-hal berbau Korea? Sepertinya bermula ketika aku bermukim di Kuala Lumpur, Malaysia di tahun 2004. Waktu itu, tv lokal Malaysia memutar sebuah serial drama korea berjudul "Love in Paris" atau judul lainnya "Paris Love Story" . Diperankan oleh Park Shin Yang sebagai Han Ki Joo, Kim Jung Eun sebagai Kang Tae Young, dan Lee Dong Geon sebagai Yoon Soo Hyuk. 

credit foto: http://berylspace.blogspot.co.id


Setelah serial ini tamat, mulai deh aku ketagihan untuk menonton drama korea lainnya. Nggak taunya, sampai dengan detik ini sudah entah berapa puluh deh drama korea yang aku tonton. Kalau kata orang, aku sepertinya sudah mengalami situasi "adiksi" nih. Ketagihan. Dan ketagihan ini aku tularkan pada anggota keluargaku juga (awalnya sih biar bisa punya teman ngobrol tentang Korea).

Tidak hanya berhenti mengikuti serial dramanya saja (atau perkembangan musik Korea pada Putriku). Sejak tv berbayar menayangkan channel siaran korea, tanpa terasa aku dan putri-putriku mulai menggemari hal-hal berbau Korea. Cara mereka berdandan, mulai kami ikuti. Terutama karena kami merasa jika antara kami dan orang Korea itu punya 2 kemiripan: mata yang sama-sama mungil dan kulit yang berwarna terang. 

Lalu, tidak berhenti sampai disitu saja bahkan. Kami mulai penasaran dengan berbagai macam makanan Korea yang sering kami tonton. Terutama ketika drama dan acara makan-makan di sana, memperlihatkan kegemaran orang-orang Korea mengkonsumsi Mie. Paling lucu (dan suka) deh kalau udah lihat mereka masak mie, terus nadahin mie yang mau dimakan pakai tutup panci. Jadi itu mie nggak dipindahin ke mangkok terlebih dahulu alias dikonsumsi langsung dari pancinya.

tahu kan ini drakor apa? Ini tuh Boys Before Flowers yang disukai oleh banyak orang beberapa kurun waktu yang lalu.

Hingga akhirnya, mungkin sudah sekitar 2 tahun ini (atau lebih) berbagai Mie Korea mulai menyerbu pasar Indonesia. Wah. Kebetulan banget kan? Jadi, rasa penasaran selama menyaksikan suguhan orang Korea makan mie di nyaris semua drama korea itu, bisa tertuntaskan. Pingin juga nyobain Mie  a la Korea.
Sayangnya... nyaris semua Mie Korea yang masuk ke Indonesia itu tidak semuanya berlabel halal (jangankan label halal MUI, label halal dari negara asalnya saja tidak tercantum).

Label Halal itu Wajib


Negara Korea itu mirip dengan negara tetangganya, Jepang dan China. Disana, yang aku baca, jika kita tidak hati-hati ketika memilih makanannya bisa-bisa kita terjerumus mengkonsumsi makanan yang haram. Entah mereka menggunakan bahan baku dari babi, atau ada saja bahan baku kecil-kecil yang dicampur dengan alkohol atau bahan lain yang sifatnya haram bagi Ummat Islam (seperti darah, organ atau bagian dari binatang yang disembelih tidak menyebut nama Allah, dll). Itu sebabnya, meski logo halal itu kecil mungil, tapi sering bungkus mie yang berasal dari Korea (atau Jepang atau China) kami bolak-balik untuk meyakinkan bahwa terdapat logo halal di bungkusnya.

Dulu, saking telitinya memeriksa kehalalan produk, kami jadi tahu bahwa Merek Mie Korea yang sama, tapi jika diimport dari negara yang berbeda maka meski di negara yang satu sudah diberi label halal, mie yang sama tapi diimport dari negara yang berbeda belum tentu halal juga. 
Jadi jangan lihat pada mereknya saja untuk memastikan mie korea itu halal atau tidak. Tapi lihat apakah logo halal tertera di kemasannya.


Setiap tahun, karena mengkonsumsi Mie Korea sudah menjadi kegemaran kami sekeluarga (iya, suamiku sejak aku perkenalkan dengan Mie Korea yang halal jadi ketagihan. Makanya jangan heran jika stock mie di rumahku semuanya adalah mie korea, sudah tidak ada lagi mie Indonesianya. Alasannya sih, karena kandungan MSG-nya jauh lebih sedikit dibanding mie Indonesia yang kandungan MSG dan rasa gurih asin nya mendominasi banget) maka ketika Festifal Makanan Korea diselenggarakan setiap sekali setahun kami selalu berusaha untuk menghadirinya. Disana, kami bisa belanja produk makanan Korea Halal yang banyak. Sayangnya, acara ini hanya diadakan setahun sekali saja.



Ada beberapa Mie Korea juga dipajang di festifal Makanan Korea setahun sekali di Jakarta ini, tapi yang halal bisa dihitung dengan jari. Lagipula, ya ampun, masa iya belanjanya setahun sekali? Itu sebabnya ketika sekarang muncul Mie Korea Halal, ARIRANG, aku sekeluarga senang sekali. Alhamdulillah.




Arirang, Mie Korea Halal


Mie Instan Arirang itu, diproduksi langsung di Indonesia dengan bahan baku campuran dari import dan lokal yang semuanya sudah melalui pemilihan untuk menjaga cita rasa otentiknya, dan telah melalui dan lolos uji syarat kehalalan MUI dan tercatat di BPOM. Dengan adanya logo halal dari MUI ini, insya Allah menghilangkan keraguan dalam diri kita ummat Muslim ketika akan mengkonsumsi Mie Instan Korea tapi yang halal. Halal itu the way of life, bagian terpenting dan utama ketika kita akan mengkonsumsi makanan.

3 Varian Rasa mie Arirang

Ada 3 varian rasa yang dihadirkan oleh Mie instan Korea Arirang. Tentu saja, Mie Korea halal ini dibuat dengan menyesuaikan dengan cita rasa Korea yang disesuaikan dengan lidah Indonesia. Jadi, rasanya lebih mantap deh pokoknya. Aku sekeluarga sudah mencobanya loh. Rasanya.... enak!

1. Arirang Extra Hot Fried Noodle (Arirang Hot Hot)

Mie Instan Korea Arirang rasa Arirang hot-hot adalah varian rasa yang dikenal dengan Korean Fire Noodles (Buldalk Bokkeummyeon) . ARIRANG HOT-HOT adalah produk utama Mi Instan Korea ARIRANG.

Rasanya pedas memang. Asli pedas. Orang Korea memang suka makanan pedas di sananya. Kadang, aku kalau lihat tayangan acara makan mereka, suka heran sendiri dengan kebiasaan makan pedas orang Korea. Sudah memasukkan bumbu olahan cabe halus yang dipermentasi, masih juga ditambah dengan rajangan tipis cabai, lalu diberi lagi cabe bubuk. Hingga warnanya benar-benar merah.

Gara-gara sering lihat orang-orang Korea begitu menikmati makanan super pedas, aku dan keluarga kadang-kadang tergoda  untuk mencobanya.  Dan WUAAAAHHH.... Kepedasan.  Tapi asyik dan nagih.  Sama seperti ketika aku mencoba pedasnya Mie Instan Korea Arirang ini, bikin ketagihan. Bikin penasaran. Pedas tapi enak.

mie instan Arirang Hot Hot yang super pedas



Aku di rumah makan bersama anakku yang remaja putri. Dia awalnya megap-megap tapi, tidak mau berhenti mengudap mie instan korea yang satu ini. Jadi, kami menyendok lagi, menyendok lagi meski merasa kepedasan.

TIPS Menikmati ARIRANG HOT HOT:

Makanlah dengan menggunakan telur (bisa digoreng atau direbus, tapi karena aku penggemar putih telur jadi aku lebih suka telur rebus agar bisa makan lebih banyak telurnya tanpa takut kolesterol) dan tambahan serpihan rumput laut panggang. Korea banget deh rasanya ketika dikudap dengan 2 lauk ini.

Jangan buru-buru minum. Karena nanti malah kembuung. Kunyah saja perlahan, dinikmati perlahan. Kalau sudah tidak tahan, ambil rumput laut panggang krispi. Atau potongan telur rebus. Jika tidak tahan pedas, baru deh minum. Minum susu putih bisa menghilangkan pedas dengan segera. Tapi, jika tidak suka susu, minum air hangat juga bisa sih (boleh teh boleh air putih).

DI You Tube ini, aku membuat tayangan bagaimana aku dan anakku membuat mie instan Arirang dan menantang diri kami sendiri untuk menghabiskannya. Hahaha.. seruuuu.



Mie Arirang Hot Hot ini, adalah mie goreng. Cara membuatnya, jadi setelah air matang, masukkan mie ke dalam air mendidih. Tunggu hingga mie mengembang sempurna, angkat, tiriskan. Lalu campur dengan semua bumbu yang sudah dituang di dalam piring. Aduk rata. Dijamin bikin ketagihan.
(aku menayangkan vlog ketika aku menikmati Mie Arirang Hot Hot di Instagramku (@adeanita4) dan salah satu teman yang melihat vlog tersebut bertanya, mana yang lebih pedas, mie arirang hot hot atau mie pedas Samyang,  ini jawabanku: lebih pedas dan challenge Arirang Hot Hot. Rasanya beda, Mie Arirang Hot Hot lebih enak dan  pedasnya bikin penasaran gitu. Ini beneran. Jadi, ketika kita menyuapnya, kita megap-megap kepedasan tapi malah jadi pingin lagi, pingin lagi.
Kalau dibandingin gitu sih, aku lebih suka Mie Arirang Hot Hot ketimbang merek Samyang (FYI: aku makan mie Samyang lancar jaya biasa saja, malah harus menambahkan cabe bubuk dan sambal lagi.. hehehehe. Gawat deh, aku ketularan kebiasaan makan pedas orang Korea sepertinya. Sekarang, bikin bakwan alias bala-bala pun, aku tambahan irisan tipis cabai merah di dalam adonan bala-bala alias bakwanku).

2. Arirang Tasty Chicken Fried Noodle


Sama seperti Mie instan Korea Arirang Hot Hot, mie instan Arirang Tasty Chicken ini juga mie goreng, tapi rasa Ayam dan tingkat pedasnya biasa saja. Putri bungsuku yang menyukai ini. Karena rasanya memang tidak pedas juga mie nya tidak cepat mengembang di piring. Hehehe... Putriku ini memang makannya lama, karena sering sambil membaca buku. Nah, mie korea goreng instan Arirang ini cocok banget buat dia.



Putriku sih sudah memesan padaku: "Kapan-kapan, bawain aku bekal ke sekolah mie yang rasa ini ya bu."

Hmm, baiklah.



3. Arirang Rasa Kuah Sup Sum Sum (Arirang Noodle Soup Bone Marrow)


Nah, ini nih. Yang ini kesukaan suamiku nih.
Suamiku itu, penggemar Mie Instan Korea loh. Dia paling rajin menilik apakah persediaan mie instan Korea di rumahku masih ada atau sudah habis. Jika sudah habis, suamiku ini rela pergi ke Supermarket yang memang menyediakan mie instan Korea halal.

Dengan penuh kesadaran, ketika menunggu saat istimewa "boleh" makan mie instan. dia membeli perlengkapan untuk menambah cita rasa mengudap mie instan Korea yang kuah. Seperti membeli baso urat yang lalu ditaruh di dalam frezer, serta menyimpan bawang goreng dan kerupuk sendiri di rumah. Lalu, ketika melirik kalender dan merasa bahwa sudah tiba saatnya untuk "jatah makan mie instan", dia akan mengajukan permintaan pada kami, "buatkan aku mie instan dong".

Aturan dasar memasak Mie Instan di rumahku:

Di rumahku, kami memang menerapkan aturan makan mie. Yaitu, tidak boleh setiap hari. Jadi, cuma boleh makan mie instan setiap 10 hari sekali saja. Minimal seminggu sekali deh. Aturan kedua, air untuk merebus mie tidak boleh jadi satu dengan air merebus kuah. Jadi, jika memasak Mie, Maka pertama rebus dulu air di panci. Setelah mendidih, masukkan mie dan masak hingga mie mengembang. Angkat. Air di panci dibuang. Lalu, jerang kembali air baru di dalam panci. Air rebusan baru ini yang bisa dipakai untuk mencampur bumbu mie kuah. 
Kemarin, ketika aku perlihatkan bahwa aku punya Mie Korea baru merek Arirang, wajahnya langsung sumringah bahagia.
"Baru ya, De?"
"Iya mas. Merek Baru."
"Halal?"
"Halal mas."
"Belinya dimana?"
"Sekarang sudah bisa dicari di supermarket kelas A seperti foodhall, Lotte, Hero, eh... tapi bisa juga beli langsung di gerai online mereka sih. Di bukalapak juga ada gerai olshopnya. Arirang cluenya."

(jika kalian ingin membelinya, bisa juga di akun media sosial Mie Instan Arirang sih. Yaitu di:
Instagram: @ariranghot
Twitter: @ariranghot

Atau bisa juga mencarinya dengan mengetik hashtag: #miepedasarirang #miekorea #koreannoodles #miekoreahalal )

Sst... lagi ada promo nih jika kalian membeli banyak, karena ada hadiah langsungnya. Seperti ini nih:





Lalu, mulai deh pas kebetulan banget jatah dia makan mie instan datang. Suami pulang dari masjid selesai shalat maghrib, langsung membeli baso urat, sawi, dan bawang goreng.
"Tolong tambahkan di mie kuahku ya."
Lalu dia menunggu dengan wajah gembira. Hahahaha.







Daebak.
Ayolah kita makan mie instan korea sambil nonton drama korea terbaru. Kalian, sedang menonton drama korea apa? hehehe. 

88 komentar

  1. Aku tertarik yang Hot Hot! Pingin beli juga, Halal inii. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli Idah. rekomendasi deh

      Hapus
    2. sepertinya tinggal diluar negeri utamanya di Korea tentu sangat kesusahan mencari kuliner yang berlabelkan Hallal, maka ketika ada ARIRANG, MIE KOREA HALAL
      tentu wajib dicari dan konsumsi deh rutin...enak kayanya mah

      Hapus
    3. Di instalasi minimarket mulai banyak terpajang. Memudahkan konsumen yang ingin membelinya.

      Hapus
  2. Halal dan enak itu wajib ya hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget..kudu..garis bawah deh pokoknya

      Hapus
    2. neng ternyata saya teh udah follow blognya lama tuh...hayo...udah folbek belumh hayoo?

      Hapus
  3. Pertanyaan spesial buat mbak ade, dalam seminggu sudah berapa bungkus arirang yang dimakan? hahahaha :))) saking enaknya aku kayaknya sehari sekali makannya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn dijatahin cuma boleh makan mie instan 10 hari sekali, jadi kemarin pas hari H langsung nyobain 3 rasa itu. hahaha..rapelan

      Hapus
  4. Tampilan fotonya istimewa banget Mba Ade, pasti rasanya luar biasa ��

    BalasHapus
  5. Mie-nya enak.. Gede2 dan kenyal. Tambah enak karena sudah pasti halal ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gede gede dan gk cepet ngembang juga kalo makannya lambat

      Hapus
  6. Mbak Ade kepedesan gitu tetap imut ya wajahnya. :))))

    BalasHapus
  7. Arirang hot pedes banget tp punya saya abis juga :D

    BalasHapus
  8. Oppa lee min hoo, makan mie arirang sama aku yoook

    BalasHapus
  9. Jadi ketagihan yang hot hot mbak..

    BalasHapus
  10. Ngerayu suami beli lagi ahh... Enaknya kebangetan hahaha

    BalasHapus
  11. Ketagihan yg hotny haha, super nyamy hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku ketagihan..pedesnya bikin penasaran

      Hapus
  12. Lucu banget liat ekspresi mbak ade kepedesan di videonya, tapi nagih ya hahaha

    BalasHapus
  13. Mba ade penyuka drakor jugaa....
    Em em em....
    Nontonnya bareng abgnya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa...aku doyan banget drakor..lalu sekarang suka liat nyaris seluruh acara di tv korea..tv lokal akhirnya gak aku lirik kecuali denger berita pagi aja

      Hapus
  14. saya juga penyuka drakor Mbaa :)

    pengen banget merasakan kelezatan mie ini, sayangnya belum ada di Sultra, huhuhu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli di olshop bukalapak atu tokopedia aja..mereka juga jual disana..cuma gak tau ongkirnya berapa

      Hapus
  15. Setuju Mba Ade, Halal itu wajib.
    Mantap deh Arirang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. percuma enak atau bikin cantik atau keren klo ternyata gak bisa dimakan krn gak jels halal atau nggak

      Hapus
  16. Aaaaaa mau coba ah, ngebayangin apalagi kalau makannya di temenin Oppa Ahjusi hehehehe

    BalasHapus
  17. Aku belom beraniii nyobain yg hot hot, takut kepedesan. Ga kuat euuyyy. Tapi penasaran *galau

    BalasHapus
  18. Wauh yang mampir sini kaum hawa semua, saya salah kamar dong, hehe...

    Ternyata menu masakan korea ada yg halal juga yah, bagus lah jadi gak was-was mengkonsumsinya.

    BalasHapus
  19. Mie Arirang ini porsinya gede banget yaa. Rasanya pun cihuy banget, apalagi yang Arirang Hot hot. Itu makan sekeluarga apa nggak rebutan mbak? Hehe

    BalasHapus
  20. Enak juga ini mie-nya. Porsinya pun pas buat saya :)

    BalasHapus
  21. Aku cari di daftar halal MUI belum ada, mgkn krn baru banget ya terdaftarnya jadi belum masuk list. Mudah2an cpt ada di banjarmasin

    BalasHapus
  22. Pas aku posting, temenku jg nanyain yg sama mbak.... enak mana sama toko sebelah? Halal ga? Hihihihi

    BalasHapus
  23. Aku makan sebungkus, kenyang ampe siang. Kejam ini mie wkwk

    BalasHapus
  24. Kenapa ada lee min hoo.. akh baper beneran nih mienya jadi kebayang disuapin OoPpA

    BalasHapus
  25. Kenapa ada lee min hoo.. akh baper beneran nih mienya jadi kebayang disuapin OoPpA

    BalasHapus
  26. Wow iya mie Arirang ini memang nggak bikin kering kerongkongan ya. Jadi cukup aman dari MSG tinggi.

    BalasHapus
  27. Arirang yang extra hot, pedes banget.. tapi nggak bikin perut bermasalah..

    BalasHapus
  28. Jadi makin kecanduan sama Korea nih

    BalasHapus
  29. Duuuh mienya bikin lafaaar banget. Apalagi ada baksonya.

    BalasHapus
  30. Memang ya mba halalnya itu yg bikin tambah nikmat makannya, jadi lahap dan bawaannha mau nanbah...

    BalasHapus
  31. waduh mampir kesini aku jadi pengen nonton drama korea sambil makan mie arirang, bareng sama mba ade, aku juga sejak remaja korea lovers banget nih

    BalasHapus
  32. wah jadi pengin nih... ngiler pengen arirang haha

    BalasHapus
  33. So Korean mbak! :) Bener label halal itu wajib jadi biar tenang ya hati makannya meskipun sudah pake bismillah :D

    BalasHapus
  34. mie korea yang halal cuma mie arirang

    BalasHapus
  35. Sudah ada sertifikat halal, jadi nyaman. Tenang makannya. Memang unik kalau kita perhatikan cara makan mie orang korea. Langsung tadah, beda dengan gaya penyajian orang indonesia.

    BalasHapus
  36. Aku sependapat Mbak Ade, label halal itu wajib :D
    Kalau udah halal gini gak ragu makan jdnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju sekali, label halal membuat muslim tidak ragu untuk menyantapnya.

      Hapus
  37. makin jadi pengen nyetok dirumah nih hahahaha

    BalasHapus
  38. aku masih belum berani makan yang hot hahahaha

    BalasHapus
  39. ngeces nih mbak, ngebayangin makannya sama Goblin

    BalasHapus
  40. Aku baru aja nyobain yang pedes, enak banget, dan real hot deh. Walaupun makan setengaj aja udah kenyang minum aernya hehe

    BalasHapus
  41. Aku jadi pingin makan mie Arirang ini, sayangnya di supermarket kelas A aja ya. Pingin makan sekaaaang bu Ade. Hihi lucu, ada gadis koreanyaa

    BalasHapus
  42. Wow, ada Lee min hoo, kesukaan keluarganawra, itu emang pas makan mie yang pake mangkok segede gaban asli bikin ngiler

    BalasHapus
  43. aku jadi penasaran mb , pengen nyobain deh makan ini

    BalasHapus
  44. hehehe label halal emang jadi sosok fokus saat jalan ke negi yg muslimnya dikit hehe alhamdulillah matur nuwun mbak suguhannya nikmat bangeet ^-^ gak ke korea udha bisa menikmati mie korea

    BalasHapus
  45. Weeh mie baru lagi neh, mantap sepertinya neh

    BalasHapus
  46. wahhh asal mulanya samyang ini :D

    BalasHapus
  47. pengen nyobain kayaknya nendang banget ya rasanya, untung aku nemu ulasan lengkap ini... jadi gak ragu soal halalnya. Keluargaku penyuka mie, mulai mie tektek sampe mie instan :)) Thanks loh mba sharingnya

    BalasHapus
  48. kelihatannya enak ya mba, kapan2 kl ketemu beli ah

    BalasHapus
  49. Nah kalo ada halalnya jadi mantep deh hati ini mau cobain

    BalasHapus
  50. mbaaaa.. lihat foto dan video mu ko aku jadi ngiler abis yaa sama Arirang. duh pengen

    BalasHapus
  51. Yang bone marrow nampak sedaaap

    BalasHapus
  52. kalau pedeees akuuu pasti suka nih mbaaa

    BalasHapus
  53. Waduh mba, aq makan Samyang aja udah ga kuat hihiiii... jadi penasaran nih sama Arirang. Mau nyobain yg rasa ayam dulu deh biar enggak gelagepan sama yg Hot Hot :)

    BalasHapus
  54. Arirang ini kesukaan anak-anak. Justru mereka yang minta aku beli kalo belanja di supermarket. Aku belum pernah nyoba sih, karena anak-anak tuh bikin sendiri dan makan langsung habis :)

    BalasHapus
  55. Duh beneran ngiler banget ini baca ulasannya mba Ade. Nah untuk aturan memasak mie instan di rumahku juga begitu, mbak. Hehehe Mie harus disaring terlebih dahulu dan harus ada pelengkapnya. Habis ini aku beneran mau cari si mie Arirang ini deh. Hahahaha

    BalasHapus
  56. Enak kayaknya nih bikin ngiler apalagi ada logo halal ya

    BalasHapus
  57. Aku liat videomu di ig makan mi ini, ampuun, kyaknya aku gk bakal berani cobaa

    BalasHapus
  58. Aduuhh, saran saya bagi teman-teman yang ingin baca artikel ini pastikan dahulu perutmu dalam keadaan kenyang.
    Karena artikel ini dapat menyebabkan rasa lapar. hhhe

    BalasHapus
  59. sayangnya sya gak suka mie mbak,, jadi olahan mie apapun sya gak terlalu suka,, tapi makan sih. yah, walaupun jarang.

    BalasHapus
  60. nambah referensi
    arirang

    BalasHapus
  61. Beuuuh malem2 baca postingan ini trus nonton videonya. Lafaaarrrrr

    BalasHapus
  62. Aduh mbak Ade, bikin ngiler aja nih. Penasaran pengin nyobain, ntar aku cari di supermarket deh, semoga nemu.

    BalasHapus