badge

Jumat, 29 April 2016

Tips Menghindari Konflik Dengan Mertua & Ipar

[Pernikahan] Waktu belum menikah dulu nih, calon suami (dan sekarang jadi suami) memberitahuku bahwa kedua orang tuanya sudah meninggal dunia. Jadi, aku sepertinya tidak bersiap-siap menghadapi konflik Mertua VS Menantu.

Meski demikian, tetap saja teman-teman sepantaran aku, yang sama-sama menjelang pernikahan juga saling berbagi cerita denganku. Kan biasanya usia 20-an itu cewek-cewek sudah mulai bersiap-siap menjelang pernikahan ya. Setidaknya, mulai serius berhubungan dengan teman prianya. Jadi, bukan cari pacar lagi, tapi cari calon suami.

Rabu, 27 April 2016

Move On Bersama Batik Air Menjelajah Kota Memukau

[Lifestyle] Penat? Cape? Tidak bersemangat? Cepat emosi? Nah loh. Jangan-jangan itu pertanda kurang-piknik. 

Kurang-piknik memang sering bikin orang cepat emosi. Terlebih hidup di jaman sekarang. Dimana tuntutan akan pekerjaan begitu menumpuk akibat persaingan di dunia kerja dan di tengah masyarakat juga semakin tinggi. Belum lagi begitu pulang kerja, jalanan macet. Di sms pula oleh rekan pekerjaan yang mengingatkan pekerjaan yang harus diselesaikan besok. Mana lapar. Lelah. Di rumah, masih menunggu orang-orang rumah yang juga punya persoalan berbeda lagi. 

Jadi, tidak heran jika piknik atau berlibur adalah sesuatu yang harus direncanakan oleh sebuah keluarga. Dan memang berlibur sudah menjadi sebuah gaya hidup baru sekarang ini. 


Ke Aceh bersama Batik Air

Minggu, 24 April 2016

Pendidikan karakter Dalam Pemberian Hadiah untuk Anak dan Remaja

[Parenting] Apa berita yang heboh pekan-pekan ini? Menurutku sih itu tuh, berita perseteruan 2 anak mantan Menteri erat tahun 2004-2007 yang mengakibatkan kerusakan kendaraan pribadi milik tetangganya dan juga kendaraan pribadi milik keluarga. Sudah tahu belum beritanya? Begini beritanya.

Sabtu, 16 April 2016

Ibu, Jangan Malu Jika Aku Lambat

[Parenting]  Seperti anak tangga, ketika kita menapaki anak tangga pertama, pasti tidak akan terasa lelah. Tenaga masih terkumpul, dan debar di jantung belum terpacu.

Oh. Mungkin kalian bingung, mengapa perumpamaanku adalah debar di jantung.
Ya. Debar di jantung itu bukan hanya bermasalah ketika kita sedang jatuh cinta saja. Tapi, untuk mereka yang punya masalah dengan jantung, maka debar di jantung itu merupakan sebuah pertanda yang harus diwaspadai.

Jumat, 15 April 2016

Petualangan Tani Minami-Pan De Peace di Genflix

[Lifestyle] Apa yang biasa dilakukan seorang anak remaja putri jika baru masuk sekolah yang baru? Tentu saja mencari teman. Bisa segera mendapatkan teman baru itu adalah sesuatu yang luar biasa. Dan sebaliknya, tidak segera mendapat teman baru itu tentu saja sesuatu yang tidak diinginkan oleh nyaris seluruh remaja putri di sekolah barunya.

Demikian, Tani Minami di sekolah barunya di High School di Jepang. Dan karena Tani Minami seorang penggemar kuliner, tidak heran jika teman-teman barunya pun adalah remaja putri yang juga memiliki hobbi yang sama: pecinta kuliner.

How Smart Are You, Mom?

[Parenting] Siapapun, bisa mengklaim bahwa dirinya cerdas. Smart. Tapi, terkadang kecerdasan itu sendiri sebenarnya berkorelasi tidak hanya dengan tingginya IQ saja. Tapi  juga dengan sikap dan perilaku. Dan ibu yang cerdas, akan terlihat dari kesehariannya.

Selasa, 12 April 2016

Jam Tangan Andalan Untuk Kegiatan Outdoor

[Lifestyle] Semua orang punya kecenderungan atas sesuatu yang berbeda-beda. Dan itulah uniknya seorang anak manusia.

Ada yang lebih suka berdiam di rumah, ada yang tidak betah jika terlalu lama berdiam di rumah.
Ada yang suka menjelajah alam, dan ada yang lebih merasa nyaman jika jalan-jalan di dalam bangunan mall yang bersih-teratur-ber-ac.

Senin, 11 April 2016

Cari Tahu tentang Asuransi Syariah

[Lifestyle] Keluargaku, komitment untuk lebih memberi tempat bagi jasa layanan yang berbau syariah. Selain karena alasan agama, juga karena alasan keberpihakan. Subjektif memang alasannya. Tapi jika bukan kita sendiri, yang memeluk agama Islam dan mengaku muslim, menyatakan keberpihakan kita pada segala sesuatu yang mendasarkan dirinya pada syariah Islam, siapa lagi yang diharapkan coba?

Untuk itulah aku sekeluarga berusaha keras untuk berpihak pada segala layanan yang mengklaim dirinya berbasis syariah Islam. Selama hal itu memang dilakukan dengan cara yang profesional.

Orangeku: Agar Tidak Lagi Tertinggal Jadwal Pertandingan Sepak Bola

[Lifestyle] Suamiku seorang fans pertandingan sepak bola. Jadi, tidak heran jika yang namanya parabola di rumahku itu ada banyak sekali. Ada (dihitung dulu) ...banyak. TV dengan kabel optik saja pernah sampai langganan 2 dalam satu waktu. Kenapa? Karena yang namanya kontrak pertandingan sepak bola nyaris berubah-ubah hak penyiarannya oleh stasiun televisi di Indonesia.

Sabtu, 09 April 2016

Panama Papers Yang Bikin Heboh

[Lifestyle] Pekan ini, ada sesuatu yang beredar di akun media sosial dan itu sama sekali berbeda dengan sesuatu yang sering dijadikan viral selama ini. Biasanya, yang beredar itu adalah cuplikan kisah inspiratif, atau petikan kajian Islam, cerita lucu. Tapi dalam sepekan ini, tiba-tiba saja beredar postingan tentang Panama Papers.

Panama Papers? Apaan tuh? Aku langsung dong ngecek berita hari ini. Kepo tingkat tinggi karena jujur saja, semula aku tidak mengikuti berita tentang kasus Panama Papers ini. 

Jumat, 08 April 2016

Arifin Putra itu Siapa Sih?

[Lifestyle] Aku tuh jarang ngikuti perkembangan artis dalam negeri (Indonesia). Eh, yang di luar negeri juga sama sih. Nggak begitu tertarik saja sebenarnya . Tapi bukan berarti aku nggak punya artis yang aku sukai sih.

Aku tetap punya artis yang aku sukai. Suka karena permainannya di film anu tapi bisa berubah jadi nggak suka setelah melihatnya di fiilm yang lain. Jadi, sukanya ya sebatas suka dengan karakter dia ketika bermain di layar lebar. Kadang mikir, orang yang ngefans itu kayak gimana sih sebenarnya? Selama ini cuma baca aja di media tentang ulah para fans.

Ajarkan Anak Untuk Bertanggung Jawab

[Parenting] Sudah menjadi bawaan semua orang tua untuk selalu melindungi anak-anak mereka. Jatuh, langsung segera diberdirikan kembali.
Menangis karena tidak mendapat mainan, langsung dibelikan mainan yang diminta. "Yang penting nggak nangis."

Semua demi anak. Semua atas nama "rasa sayang pada anak."
Tapi, tahukan kalian bahwa rasa sayang yang berlebihan itu sering justru menghancurkan seorang anak?

Kamis, 07 April 2016

Jangan Lupa Arisan!

[Keluarga] "Bu Ade... arisan yuk."
"Eh... memangnya sore ini ya?"
"Iya Bu Ade. Di belakang ya rumah yang ketempatan. Jangan lupa."
"Oo.. oke... nanti saya nyusul."

Begitu terus kejadiannya jika tiba saat untuk arisan RT di tempatku. Tetanggaku datang menjemput sambil senyum-senyum manis. Aku sering tidak ingat bahwa tiap bulan itu, ada tanggal 8-nya. Dan tanggal 8 itu adalah saat untuk arisan RT. Hari demi hari berlalu, tiba-tiba sudah tanggal 8. Dan karena aku tidak memperhatikan tanggal di kalender (mungkin karena efek di rumah saja) jadilah aku sering lupa tanggal arisan RT.

Rabu, 06 April 2016

Kesulitan Belajar akibat Disorientasi Arah

[Parenting] Anak kalian sulit belajar membaca? Atau sulit belajar menulis? Atau tidak bisa berhitung dengan benar? Atau malah mengalami kesulitan mempelajari calistung alias baca-tulis-berhitung? Sekarang usianya berapa tahun? Sudah kelas berapa dia sekarang?

Jika usianya masih usia pra sekolah atau usia Taman kanak-kanak, atau bahkan baru duduk di kelas 1 (satu) tidak perlu khawatir. Diajari saja terus dengan telaten. Anak-anak memang memerlukan waktu dan kesabaran dalam membimbimnya untuk mempelajari ke 3 aktifitas belajar tersebut.

Lain ceritanya jika anak kalian sudah berusia lebih dari 8 tahun dan sudah duduk di kelas 2 Sekolah Dasar. Jangan-jangan, dia mengalami kesulitan belajar?

Selasa, 05 April 2016

Beberapa Ide Kado Buat Cowok

[Parenting] Jika melihat judul postingan dan tagline postingan ini yang masuk kategori "parenting" mungkin ada yang merasa aneh. Kok kayak nggak nyambung ya?
Tenang.
Tenang.
Aku memang ingin menulis tentang cerita parenting kok. Kali ini tentang beberapa ide kado untuk cowok. Kebetulan, suamiku kan dulu pernah jadi pemuda tampan di usia mudanya dulu. Aku termasuk gadis cantik yang tergila-gila padanya dulu hingga sering memberinya hadiah.

Senin, 04 April 2016

Ketahui Spesifikasi Ayunan Bayi Sebelum Membelinya

[Parenting] Ada senang bersenandung ketika menidurkan anak? Aku termasuk ibu yang gemar bersenandung ketika menidurkan anak-anakku ketika mereka masih kecil dahulu.

Ada 4 lagu yang sering aku senandungkan. Yaitu lagu: Timang-timang anakku sayang (lagu tradisional nomen name dari Sumatra timur); Belaian Sayang yang karangan Bing Slamet, Awan Putih yang dipopulerkan Sari Yok Koeswoyo, dan himne UI. 

Sambil bersenandung, aku menimang-nimang anakku. Aku menggendongnya dalam gendongan ransel bayi di punggung yang aku miliki. Sehingga sambil mengerjakan tugas-tugas rumah tangga, aku bisa menggoyang-goyangkan tubuhku ke kiri dan ke kanan sambil bersenandung. Anak terayun, dan akhirnya tertidur. Jika sudah tertidur, barulah aku letakkan di tempat tidur hati-hati. Jika anakku tidak juga tertidur, itu berarti aku akan terus menggendong mereka di punggung agar mereka tidak mengganggu pekerjaanku.

Minggu, 03 April 2016

Tradisi Berakhir Pekan di Keluargaku

[Keluarga] Apa yang terjadi jika di dompet keuangan menipis tapi yang namanya week-end tetap hadir?
Buat keluargaku, sepertinya tetap saja itu berarti, berakhir pekan jalan terus.

Pertimbanganku Ketika Menghadiri Acara Gathering

[Lifestyle] Menghadiri acara Gathering untuk blogger?
Hmm.
Sepertinya susah untukku.
Mengapa?
Ini alasannya.