Tips Kesehatan Bagi Mahasiswa atau Anak Muda

[Lifestyle] Terakhir aku menjadi mahasiswi itu sekitar.... bentar, ngitung dulu. Hehehe. Sudah lama sekali memang. Sekitar 20 tahun yang lalu deh. Ketika aku masih mengandung anak pertama sementara suamiku berada jauh di kota Sydney karena sedang menimba ilmu di salah satu kotanya Kanguru itu.

Berbeda dengan ketika masih SMA, ketika kuliah itu sepertinya lebih repot dan lebih pontang panting dalam menerima dan mengerjakan tugas. Bahkan meski SMA ku termasuk SMA yang gemar membuat siswi-siswanya berepot ria belajar dan mengerjakan tugas. Dulu, aku sekolah di SMA 8 Jakarta. Sekolah yang memberi tugas paper dan presentasi pada siswanya terlalu sering sehingga ketika aku kuliah tugas membuat makalah dan presentasi di depan kelas menjadi hal yang biasa saja. Nah, mendekati masa akhir kuliah, ternyata kerepotan itu bertambah beberapa kali lipat.


Ada beberapa hal yang harus dikerjakan oleh mahasiswa ketika mereka mendekati masa akhir perkuliahannya. Yaitu:

1. Memperbaiki nilai yang kurang.
Umumnya, total hasil nilai peroleh seorang mahasiwa itu, menentukan jumlah total nilai IPK mereka. Nah; untuk itu mahasiswa biasanya menghindari munculnya nilai C, D atau E di daftar nilai yang mereka miliki. Jika E atau D mungkin memang harus mengulang tahun depannya. Tapi, nilai C dan B itu, masih bisa diperbaiki dengan mengulang mata kuliah yang sama di tahun berikutnya. Dengan berubahnya nilai C menjadi B atau A dan nilai B menjadi A, otomatis maka nilai IPK juga akan sedikit naik.

2.  Mulai melakukan penjajagkan bahan penelitian akhirnya.
Jika di semester-semester awal seorang mahasiswa sibuk mengikuti mata kuliah, maka menjelang akhir perkuliahan seorang mahasiswa mulai harus memilah mana bidang yang dia minati dan mencari peluang kemungkinan untuk melakukan penelitian solo untuk dilakukannya.

Apakah lokasinya memungkinnya untuk dilakukan penelitian solo tersebut? Apakah dana yang dimilikinya cukup? Apakah sumber daya yang ada di sekeliling bidang yang diminatinya bisa mendukungnya untuk melakukan penelitian solo? Dan sebagainya. Termasuk mulai menjalin jaringan kerja atau net working. Siapa yang harus dihubungi jika ingin bekerja sama, dimana saja alur birokrasi yang harus ditempuhnya, dan sebagainya.

3. Mulai menyusun skripsi.
Hasil penelitian yang dilakukannya di atas, mulai disusun menjadi skripsi.
Untuk membuat skripsi pun dibutuhkan jalur tersendiri lagi. Dia harus mencari pembimbing skripsi yang bisa mengerti apa yang dia ingin lakukan, sekaligus pembimbing yang bisa memberi masukan untuk kemajuan skripsinya kelak. Lalu mulai mengumpulkan bahan bacaan. Menghubungi sumber daya yang dibutuhkan. Dan sebagainya.



Itu sebabnya, menjadi salah seorang mahasiswa memang nampaknya akan sangat berat sekali terutama pada saat memasuki masa tingkat akhir dari mahasiswa. Energi, buah pikir dan waktu terkuras dengan semakin banyaknya aktifitas yang dilakukan. Akibatnya, tidak jarang tubuh menjadi terkuras energinya.

Itu sebabnya sering ada gurauan, "Dekil banget sih lo, kayak lagi nyusun skripsi aja." Nah, ini ada beberapa tips kesehatan nih bagi Mahasiswa atau anak muda

credit foto: facebook covernya anak sulungku ketika dia mahasiswa tahun-tahun akhir

Tips Kesehatan Bagi Mahasiswa atau Anak Muda



Ada beberapa hal yang memang bisa menjadi perhatian bagi mahasiswa ini yang akan membuat mereka jadi lebih mudah dan juga pastinya akan lebih cepat sekali dalam menjalankan beberapa tips ini. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mereka antara lain:

  1. Makan makanan sehat, karena pada saat tingkat akhir ini akan ada banyak sekali rintangan dan juga hambatan yang bisa saja akan membuat kita jadi susah dalam mengontrol kesehatan. Sehingga makan makanan sehat dan bergizi ini merupakan salah satu pilihan yang sangat baik sekali dan akan membuat kita jadi lebih sehat dan kuat juga.
  2. Cari kesempatan istirahat, karena memang sudah semakin banyak tugas dan juga skripsi yang akan menanti sehingga waktu untuk beristirahat akan semakin sulit juga dan akan membuat kita jadi lebih nyaman juga dalam menghadapi ujian juga.
  3. Minum vitamin, ini menjadi salah satu hal yang paling penting dan akan membuat kita jadi lebih mudah karena vitamin ini akan memberikan energy baru untuk kita yang suka sekali dalam menjalankan aktivitas. Pada vitamin ini juga akan memberikan kita kekuatan yang lebih lagi.
  4. Berolahraga, ini juga menjadi salah satu hal yang sangat penting sekali dan akan memberikan kita kekuatan lagi. Selain itu ini akan meningkatkan daya tahan tubuh kita juga. Akan tetapi memang harus bisa memilih mana olahraga yang akan membuat kita jadi lebih sehat.

Jika sudah menemukan beberapa kemudahan dalam melakukan hal yang akan membuat sehat ini memang ada baiknya untuk mempertahankan kesehatan kita. Tips kesehatan ini memang akan menjadi salah satu hal yang penting dan akan membuat mereka yang sedang tidak sehat akan lebih terjaga lagi. Ketika meminum obat maka akan membuat kita juga jadi semakin mudah, jangan ragu karena saat ini meminum obat juga sudah banyak yang bisa memulihkan kesehatan.

Ketika menggunakan tips ini maka kita akan lebih mudah dan juga akan membuat kita jadi lebih nyaman juga. Jangan khawatir karena semua ini akan terasa sangat berguna sekali terlebih jika sudah ada kerja magang yang sering membuat mahasiswa ini jadi kesusahan dan juga jadi cepat lelah juga. Jangan sampai salah memang dalam memilih kegiatan untuk mahasiswa.

Menjalankan sebuah studi merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa kita jalani. Jangan pernah salah dalam memilih studi apa yang akan kita jalani ini. Biasanya memang semakin berat maka semakin besar juga cobaan kita dalam menjalankan kesehatan ini. Jangan pernah salah memang dalam menjalankan kegiatan ini.

Jika sudah tahu mana yang sesuai dan mana yang belum maka akan semakin mudah juga pastinya untuk kita. Tips kesehatan ini memang akan membuat kita jadi lebih bugar dan juga jadi lebih semangat dalam menjalankan kehidupan dan pastinya menyelesaikan studi.

10 komentar

  1. Jaman aku kuliah, masih ada mahasiswa yang makannya bisa dibilang kurang seimbang nilai gizinya. Aku juga terkadang menyantap makanan instant, karena soal malas keluar cari makan.

    Kalau olah raga, sewaktu jadi mahasiswa malah rajin euy. Gimana coba ya? jaman kuliah itu kan, jamannya seru-serunya bareng-bareng temen apalagi ada yang ditaksir. Hehee.

    ikut ngitung juga, 13 tahun yang lalu aku wisuda Mbak. Semoga tips ini, bermanfaat buat para mahasiswa di jaman sekarang ya. Yang penuh dengan tantangan. Tantangan malas bangun lebih pagi, gegera semalam habis whatsappan sama gebetan. Atau malas makan karena banyak tugas kuliah yang gak kelar-kelar...

    BalasHapus
  2. Yang pasti perbanyak minum air putih dan makanan berserat

    BalasHapus
  3. Vitamin C juga penting. Buat daya tahan tubuh

    BalasHapus
  4. Aku dulu konsumsi multivitamin. Maklum, rentan sakit kaya anak kecil. :)

    BalasHapus
  5. Pas jadi mahasiswa, aku malah jarang olahraga (Jangan ditiru) XD

    BalasHapus
  6. Tipsnya juga berguna buat emak2 lho? Kan aktifitasnya sama padat pula. :D

    BalasHapus
  7. salah satu hal yg tak bisa absen alias aku lupa, minum air putih yg cukup.. hehe :)

    BalasHapus
  8. Tipsnya sangat berguna dan informatif..
    Makasih ya sudah mau berbagi

    BalasHapus