Langsung ke konten utama

Definisi Cantik

[Lifestyle] Terinspirasi dari artikel berjudul "Apa itu Cantik" yang ditulis oleh Mariana Lusia Resubun; aku membuat sebuah kuis untuk menyaring pendapat apa sebenarnya yang disebut dengan cantik pada tanggal 2 November 2016 lalu.

Begini bunyi kuisku.

"Apa definisi cantik menurut kalian?"


Tanggapannya beragam. Dan tanggapan beragam ini tidak bisa dipungkiri karena memang kita akan sulit untuk mendefinisikan Apa Itu Cantik.


Di Negara Burma dan Thailand, anggota dari suku kayan memulai ritual kecantikan mereka dari waktu muda. Pada saat umur 5 tahun, mereka sudah memakai gelang berbentuk melingkar di sekitar lehernya. Gelang leher tersebut terus ditambahkan seiring dengan pertumbuhan mereka, dan hal tersebut membuat leher mereka semakin panjang seperti layaknya leher jerapah. Bagi mereka, leher yang panjang dengan gelang yang bersinar adalah tanda kedudukan dan keagungan mereka. Berat gelang leher tersebut bisa mencapai 22 pounds atau sekitar 10,5 kilo.

Gelang yang berat ini bukan kendala bagi perempuan disana untuk memakainya. Karena inilah definisi perempuan cantik menurut Suku Kayan, yaitu leher yang jenjang dan dihiasi oleh gelang yang menawan.

Wanita Jerapah dari Suku Kayan (credit  foto: pixabay)
Di India, cantik menurut versi orang India berbeda lagi. Cantik menurut versi India konon adalah perempuan yang memiliki kulit dan rambut yang indah. Itu sebabnya di India perempuan sering meracik sendiri bahan-bahan alami yang berfungsi untuk menjaga kecantikan kulit dan dan rambut mereka.Tidak jarang, rambut ini juga diikut sertakan dalam ritual pemberian sesaji bagi para dewa mereka karena orang India percaya dewa mereka menyukai sajian potongan rambut yang indah.

Belakangan, bahkan rambut perempuan India laku diperjual-belikan di pasar gelap. Karena konon, rambut perempuan India ini banyak diminta oleh mereka yang ingin menerapkan tehnik menyuburkan rambut dengan cara menanam rambut atau menyambung rambut (hair extension).

Sedangkan di Iran, dalam sebuah acara di Oprah Winfrey Show dahulu (sebelum acara ini berakhir), pernah dikatakan bahwa di Iran ukuran cantik adalah perempuan yang memiliki hidung yang mancung, sekaligus mungil. Padahal kenyataannya, di Iran rata-rata perempuan memiliki hidung yang besar. Akibatnya, berbondong-bondonglah orang mengoperasi hidung mereka.

Operasi hidung ini pada akhirnya menjadi trend tersendiri di Iran. Jadi, jika orang yang sudah mengoperasi hidungnya, selain berubah menjadi "cantik" dia juga otomatis diakui sebagai orang yang "cukup berada dan modern". Status sosialnya di tengah masyarakat jadi mengalami peningkatan.

Terus gimana dong yang nggak mampu operasi hidung? Bisa diakali sih. Yaitu dengan memberi plester di hidung. Jadi, selain berfungsi untuk menutupi bentuk hidung yang besar, plester ini juga memberi kesan pada orang lain bahwa "Gue abis operasi hidung nih.". Jadi, seperti memproklamirkan diri bahwa "gue sekarang udah cantik, kaya dan modern.".
Demikian begitu besar pengaruh definisi cantik di Iran.

Dan terakhir di Mauritania, definisi cantik disana benar-benar anti mainstream sekali dengan negara-negara di belahan dunia lain. Karena di Mauritania, cantik itu adalah perempuan yang berbadan gemuk. BIG IS BEAUTYFULL. Jadi tidak heran jika sejak kecil, anak-anak perempuan sudah dibiasakan untuk makan banyak dan tidak ada pantanganya sama sekali. Apa saja boleh dimakan dan kalau bisa makanlah sebanyak mungkin agar badan bisa gemuk. Karena gemuk itu cantik.

Yang harus diingat itu adalah, sebenarnya definisi cantik itu tergantung pada selera yang melihatnya. Selera itu biasanya terbentuk karena faktor lingkungan, budaya setempat, agama yang dipercayainya, pengalaman (baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan) di masa kecil, dan terakhir rasa nyaman yang dimiliki.

Temana-teman facebook-ku kemarin, memberikan definisi cantik yang beragama. Pendapat mereka tentang cantik adalah:




"..aku masih menganut paham lawas nih, kalau cantik itu terbagi menjadi dua, cantik luar dan dalam yg dikenal dg innerbeauty. Nah kalau cantik luar ya siapapun perempuan yang memiliki senyum yg manis, yang tatapannya menarik, yang hidungnya 'mbangir', yang kulitnya bersih , baik yang putih sawo matang kuning langsat, pokoknya bersih, dan lain sebagainya, itu adalah cantik, cantik luar. Sementara siapapun perempuan yg memiliki hati yang baik nan lembut, memiliki kepribadian yang mempesona, pemikiran-pemikiran yang luar biasa, dan memiliki sifat-sifat positif lainnya adalah perempuan yang cantik dari dalam. Namun cantik yang sesuangguhnya dan cantik yang sekarang amat dibutuhkan oleh zaman ini adalah cantik dari dalam...." (Inda Chakim)

"cantik itu bukan tampilan luar semata tapi bagaimana kau bersikap dan berlaku pada lainnya." (Afin Yulia)

"Cantik itu, ketika kita taat pada Allah dan RasulNya. Dan menebarkan manfaat untuk sesama." (Yuni Astuti)

"Cantik itu sederhana. Sederhana dalam semua hal, ngga berlebihan itulah yang dinamakan cantik." (Zadila Santri)

"Cantik itu jika kita menikmati dan mensyukuri apa yang ada pada diri kita dan membuat orang lain turut berbahagia. Seperti istilah "main cantik" pada sepak bola yang ditujukan pada permainan yang menarik, pemainnya enjoy dalam bermain, memamerkan berbagai trik dan penonton pun pada sukaaa." (Dwi Aprilitanti Handayani)

"Cantik itu waktu kita pede sama apa yg kita miliki. Menerima dengan penuh kekurangan diri tanpa membandingkan dg orang lain." (Silviana Noerita)

"Cantik itu ketika bisa tersenyum dengan tulus, sehingga aura dari dalam tetap terpancar. Cantik adalah ketika perempuan bisa bersyukur dengan apa yang dimiliki. Perempuan akan semakin cantik, apabila hatinya juga selalu tulus dalam mencintai, menyayangi, baik hati, saling memberi dan saling menolong." (Liswanti Pertiwi)

" Cantik itu secara harafiah memang milik perempuan. Kecantikan itu sebuah kebanggaan bagi kaum Hawa. Tapi buat saya, cantik tidak melulu tentang sesuatu yang kasat mata yang meliputi penampilan fisik aja lho. Tampilan fisik itu fana dan ada masanya tergerus memudar.

Saya sering merasa cantik saat saya berada di antara anak-anak yang menikmati momen belajar bersama, bermain bersama dan berimaginasi liar bersama. Bebas lepas khas anak-anak.

Saya sering merasa cantik ketika anak-anak didik saya akhirnya bisa membaca dengan pelafalan yang sempurna, buah dari pembelajaran sekian lama.

Saya sering merasa cantik tatkala kehadiran saya menyentuh kalbu dan memberi arti bagi jiwa-jiwa mungil mereka.

Cantik itu saat kita menjadi orang yang berguna bagi sesama.
Itu!" (Frida Herlina)


"Cantik itu kulit putih, hidung mancung, bibir sensual, gigi rapi, badan seksi, tinggi setidaknya 170cm lah, jadi bisa ikut lomba modeling deh. Walaupun cuma mikirin baju dan kosmetik aja, tapi keren di mata orang-orang, pasti tetep dibilang cantik. Atau yang penting bisa ngegaet laki orang yang berduit, atau anak pengusaha siapaaa gitu. Pokoknya cantik seperti boneka barbie deh! Tapi otaknya kosong. Ah, tetap bisa dimaklumi. Orang cantik mah dimaklumi aja, walaupun nyebelin tapi pasti gada yang protes. Makanya banyak wanita berlomba-lomba untuk menjadi cantik. Makanya produk kecantikan dan fashion laku keras.
.
.
.
Kalian pasti sebel ya baca jawabanku. Hehehehe...

Tapi, ada kalanya orang yang cantik itu membosankan karena ternyata otaknya kosong. Ada wanita yang cantik, tapi masih dikhianati oleh pasangannya. Ada yang cantik namun orang membencinya.

Sebaliknya, ada yang wajahnya standard tapi enak dilihat, mungkin karena dia memiliki attitude yang oke. Padahal wajahnya biasa aja, badannya gendut, tapi suaminya ganteng dan sayang banget sama dia. Ada yang secara fisik kurang, namun prestasinya segudang. Nah, kalau ini namanya apa?

Jadi menurutku... Definisi cantik itu luas, ga bisa dibuat stereotipe seperti yang selama ini berusaha didikte oleh iklan-iklan di TV.

Oleh sebab itu... Saya tidak memiliki jawaban mengenai definisi cantik secara pasti. Because all women are born beautiful! (Nina Rosmina)


"Cantik itu menarik." (Shabrina WS)

"Cantik itu menurut saya, ketika wanita tidak berkompas pada KECANTIKAN FISIK dan tetap produktif sebagai istri, ibu, dirinya sendiri di usia yang tanpa batas hitungan. Ulasan definisi CANTIK menurus saya (kesannya) sederhana dan simpel ya, mba Ade Anita?Sebenarnya prakteknya, ulasan di atas hanya sederhana secara aksara. tetapi..mewujudkannya banyak ASPEK YANG TIDAK MUDAH. Makanya ketika seorang wanita bisa menjadi seperti itu...LUARBIASA." (Eni Martini)

Dari jawaban di atas, aku kok ya suka dengan jawaban dari :

 "Cantik itu, ketika kita taat pada Allah dan RasulNya. Dan menebarkan manfaat untuk sesama." (Yuni Astuti)

Karena jawabannya singkat tapi sudah meliputi banyak hal dan merangkum semua jawaban yang ada bahkan. 

Juga, aku suka jawabannyaZadila Santri,
"Cantik itu sederhana. Sederhana dalam semua hal, ngga berlebihan itulah yang dinamakan cantik.".
Kenapa? Karena dengan kesederhanaan itulah kecantikan yang sesungguhnya terpancar dari diri seseorang. 

Beauty is in the eye of the beholder," which means beauty doesn't exist on its own but is created by observers.
Karena cantik itu berpulang pada orang lain yang melihat kita. Jika kita terlalu berlebihan pada diri kita sendiri, maka orang lain batal melihat kecantikan kita. Mereka malah muak jika kita sudah berlebihan terhadap diri kita sendiri. Berlebihan dalam apa saja, baik terhadap fisik maupun terhadap kualitas mental/ruhiyah. 

Demikian, kuisku. Lain kali aku buat kuis yang lain, ikutan ya. Sekalian buat jadi bahan tulisan soalnya. hehehe. Makasih.
 

 
 

Komentar

  1. Ah cantik itu ya seperti Mba Ade.. :D

    BalasHapus
  2. Bahan tulisannya kayak yang disampaikan dimateri cantik di kampus, Mbk. Wanita cantik tiap negera berbagai versi ya hehehe

    BalasHapus
  3. Cantik adalah tergantung sudut pandang hihi
    Oya kok aku jadi pnasaran ama plester hidung apa malah ga kliatan kayak tempelan yak

    BalasHapus
  4. Cantik itu relatif, tergantung dari sudut mana orang menilai. Aku sih sepakat juga tuh sama mbak yuni "cantik itu ketika kita taat kepada Allah dan Rosulnya lalu menebarkan manfaat ke sesama". Luar biasa 😊👍

    BalasHapus
  5. Cantik itu mbk Ade Anita....seriusss^^

    BalasHapus
  6. Cantik itu pokoknya cantik, haha, tidak bisa didefinisikan.

    BalasHapus
  7. Hahah.. Cantik itu luka, Mbak! :p

    Semua cewek cantik kok, asal wangi. Ilfeel banget ketemu cewek cantik tapi bauk ketek! Hih! -_-

    BalasHapus
  8. Cantik itu hatinya baik ya mbak hehehe, percuma cantik kalau hatinya jelek

    BalasHapus
  9. kemarin gak sempat ikutan kuis yang diadakan Mba Ade ini, hiks :(

    definisi cantik setiap orang itu berbeda yah Mba, kalo menurut saya wanita cantik adalah wanita yang murah senyum dan lembut tutur katanya :)

    BalasHapus
  10. luar biasa tulisannya, menyiratkan cantik luar dan dalam :D

    BalasHapus
  11. kecantikan luar itu ga berarti kalo innernya ga cantik ya mba Ade. Huhu..makasih jd diingetin utk mempercantik hati yg utama :)

    BalasHapus
  12. Cantik oh cantik.
    Seru deh ikutan kuisnya mbak Ade ini. Selamat utk para pemenang yaa...

    BalasHapus
  13. kebanyakan pemudi sekarang yang di tonjolin kecantikan luarnya..

    BalasHapus
  14. Cantik itu relatif.. tapi kecantikanmu absolut mba Ade

    BalasHapus

Posting Komentar

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan populer dari blog ini

30 jenis aneka makanan dan minuman khas Betawi

Setiap tanggal 22 Juni, kota tempatku tinggal, yaitu Jakarta merayakan ulang tahunnya. Usianya kota Jakarta sudah cukup tua, sudah ratusan tahun. Nah, ketika kota Jakarta sedang merayakan ulang tahunnya tersebutlah kami warga kota Jakarta bisa dengan mudah menemukan aneka makanan dan minuman yang menjadi khas kota Jakarta dan diakui sebagai bagian dari budaya kota Jakarta, yaitu budaya kuliner.  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua  dengan tema: Rasa Lokal.
Berbicara tentang rasa lokal maka itu artinya berbicara tentang budaya setempat. Salah satu budaya yang menjadi ciri khas suatu wilayah adalah makanannya. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menjadi budaya kuliner khas kota Jakarta yang saya suka (hehe, makanan dan minuman khas kota Jakarta itu banyak tapi yang saya sukai itu terbatas jumlahnya. Jadi, yang saya tulis disini hanya yang saya sukai saja).
1. Kerak Telor.

Bulan Madu yang Tak Terlupakan

Jujur saja, di tahun 1994, yaitu tahun ketika aku memutuskan setuju untuk menikah aku belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di kota Solo.
Kota Solo itu seperti apa?
Apakah seperti kota Kendal? hahaha.... ini satu-satunya kota yang berada di wilayah Jawa Tengah yang pernah aku kunjungi dan sependek ingatanku bisa mengingat "bepergian ke wilayah Jawa Tengah".

Dulu, waktu aku masih kecil (pake banget) katanya sih aku pernah diajak jalan-jalan oleh keluarga besarku ke Yogyakarta (ini termasuk wilayah Jawa Tengah kan ya?). Ada foto-foto aku masih kecil dengan  memakai topi super lebar dan tentu saja gayanya centil banget yang sedang beraksi pose-pose di depan Stupa Budha di Candi Borobudur. Tapiiiii... aku sama sekali tidak ingat gimana suasana jalan-jalan kala itu. Jadi, kalau tiba-tiba ada yang ngaku-ngaku bahwa ketika ke Yogyakarta itu antara orang tuaku dan orang tuanya sudah melakukan perjanjian untuk menjodohkan aku dengan dia.. mmm.... pasti aku akan percaya saja. HAHAH…