badge

Rabu, 07 September 2016

Cara Memilih Model Rumah Minimalis Yang Baik

[Lifestyle] Bisa jadi, jaman sekarang tuh, kebutuhan pokok mungkin sudah berubah apa saja isinya. Jadi yang dulu merupakan kebutuhan sekunder, sekarang berubah posisinya menjadi kebutuhan primer. Seperti memiliki handphone misalnya. Bahkan ada orang yang jika diberi uang Rp100.000 (seratus ribu) dan menyebutkan apa saja yang akan dia beli ketika dia dalam kondisi tidak punya apapun karena terdampar di tengah daerah yang asing, maka yang terpikirkan mungkin membeli pulsa untuk handphonenya.  Atau seorang bapak, yang mendahulukan untuk membeli sekotak rokok untuk dirinya ketimbang membeli sekaleng susu untuk anaknya di rumah.

Tapi, secara garis besar sebenarnya tetap saja kebutuhan pokok yang bersifat universal tetap bertahan. Dan memiliki tempat tinggal adalah salah satu dari 3 kebutuhan pokok yang dimiliki oleh semua orang.



Tempat tinggal disini artinya adalah sebuah hunian bernama rumah.
Dan jaman sekarang, sepertinya orang sepakat bahwa memiliki rumah besar dan mentereng itu bukan sebuah pilihan yang dicita-citakan. Tingginya pajak atas bumi dan bangunan (PBB), serta perhitungan ekonomis lainnya, mulai membuat banyak orang lebih memilih untuk bisa memiliki hunian berupa rumah minimalis saja daripada rumah mewah.

Kemarin, kebetulan aku mendapat gambar yang dikirim dari group whats app, yaitu tentang gambaran tafsiran sebenarnya harga rumah kita di mata pihak lain. Tafsiran ini berguna jika suatu waktu kita ingin menggadaikan rumah kita, atau ingin membayar pajak atas rumah kita tersebut. Memang sedikit sarkasme sih gambar tentang rumah ini, tapi sempat membuat aku berpikir.


Lucu ya, kok bisa satu rumah tapi jadi terlihat berbeda dalam perlakukan penafsiran harga rumah. Tapi memang benar demikian sih. Itu sebabnya orang-orang semakin kesini (maksudnya belakangan ini) mulai meninggalkan mimpi untuk memiliki rumah besar dan mewah. Mereka lebih menginginkan rumah bentuk minimalis. Ditambah lagi, sekarang sudah mulai jarang sebuah keluarga yang memiliki anak dengan jumlah yang banyak. Jadi, kebutuhan memiliki rumah dengan banyak kamar dan ruang keluarga yang besar sudah tidak terlalu menjadi prioritas.

Bagi kalian yang menginginkan desain rumah minimalis yang baik dan indah, rumah minimalislah pilihannya. Penghematan lahan dengan tata letak yang terstruktur sedemikian rapi bisa kalian manfaatkan dengan sebaik mungkin. Dalam hal ini penempatan ruang yang pas dan sesuai perlu kalian perhatikan.

Mulai dari letak teras,  ruang tamu, ruang kamar, dapur, ruang keluarga bahkan kamar mandi pun bisa menjadi bisa menjadi salah satu faktor utama lainnya. Ada beberapa tips dibawah ini bila kalian ingin segera memilih model rumah minimalis anda dengan review berikut ini.

TIPS MEMILIH MODEL RUMAH MINIMALIS:


1. Sesuaikan dengan budget Anda

Benar menjadi masalah penting bukan jika modal yang kalian miliki tidak sesuai dengan rumah impian? Jika sudah begini kalian harus pandai-pandai menyesuaikan isi kantong kalian dengan kriteria rumah idaman yang kalian inginkan. Tak harus memiliki rumah minimalis yang megah dan mewah, namun bisa terlihat sederhana dan elegan rasanya bukan masalah berarti bagi kalian. Jadi jangan berkecil hati dengan budget yang cukup, rumah minimalis yang sederhana namun tetap terlihat elegan saja bisa kalian dapatkan.

2. Tentukan besarnya lahan rumah yang anda punya

Sebenarnya rumah minimalis tidak harus memiliki lahan yang kecil saja. Namun memang pilihan membangun rumah minimalis biasanya hanya dilakukan pada lahan yang terbatas. Perlu kalian ketahui, alangkah lebih baiknya jika desain rumah minimalis itu memiliki jarak khusus di bagian depan atau lahan belakang rumahkalian. Faktor ini menjadi penting bagi kalian karena akan membawa keuntungan yang pasti seperti adanya tempat untuk menjemur baju, bermain anak dan lain sebagainya.

3. Pilihlah denah yang cocok untuk gaya hidup

Carilah referensi sebanyak mungkin tentang informasi mengenai denah gambar di internet, buku, majalah atau yang lain. Tata letak bisa menjadi alasan penting bagi sebuah denah yang anda pilih. Sebab jika denah rumah yang tidak sesuai, maka hal itu dapat membuat letak ruang rumah kalian tidak sempurna lagi. Maka dari itu, sebisa mungkin carilah denah yang cocok agar rumah anda memiliki posisi yang pas dan layak untuk anda tempati.

8 komentar:

  1. rumah minimalis memang lagi hits banget ya mbaa..sesuai kantong juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, PBB terutama di Jakarta itu naik terus... kalo punya rumah minimalis ada harapan bebas dari bayar PBB jika nilai PBB di bawah 1 juta maka Pemda DKI Jakarta membebaskan kita untuk bayar 0 rupiah...

      Hapus
  2. aku baru dlm tahap ngumpulin dana mbk ade, doain bs punya yak, trs aku praktekin deh tipsnya, tengkiu ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. sip.. sip. semoga segera terwujud ya rencanamu untuk punya rumah sendiri

      Hapus
  3. Prefer ke rumah minimalis dan perabotan yang benar-benar punya fungsi bagi rumah tersebut. Dibilang rumah miskin perabot nggak masalah. Yang penting rumah rapi, bersih, dan nyaman ditinggali hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yagn penting nyaman bersih dan bisa bikin kita "homey" gitu deh kalo aku mah

      Hapus
  4. Wah itu liat gambaran tafsirannya kok aku baru ngeh ya mbak, ternyata seperti itu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah baru tahu kalau ternyata rumah kita ditafsirkan beda2 gitu. Thanks info dan tipsnya ��

      Hapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...