badge

Sabtu, 20 Agustus 2016

5 Tips Beli Jam Tangan Secara Online

[Lifestyle] Kalian tahu tidak. Selain gelang, jam tangan bagiku itu nyaris sebuah benda yang harus dipakai. Karena selain untuk melihat waktu, juga untuk mengingatkan penunjuk arah kiri kanan. Karena aku sering lupa kiri kanan. Selain itu, ada lagi fungsi lain dari jam tangan bagi seseorang. Yaitu sebagai perhiasan. Jam tangan merupakan salah satu produk pendukung penampilan untuk pria dan wanita. Dengan demikian, jam tangan memiliki banyak fungsi untuk keseharian kita.

Dulu nih, dalam tayangan suatu acara interaktif penampilan musik di televisi, salah seorang komentator (Ivan Gunawan, perancang busana) pernah memberi nasehat pada salah satu kontestan. Nasehat ini langsung menempel di benakku hingga sekarang, tentang bagaimana menjaga penampilan kita agar tidak tampil lebay tapi tetap menarik untuk dilihat.
Nasehat Ivan Gunawan waktu itu adalah:
"Usahakan,  maksimal hanya boleh ada 5 perhiasan yang dipakai untuk mendukung penampilan. Dan jam tangan termasuk dihitung sebagai perhiasan. Jadi, jika sudah memakai jam tangan, berarti cuma boleh menambahkan 4 perhiasan lain. Pilih deh apa. Mau kalung, cincin, gelang, bros. Udah. Jangan nambah lagi, karena nanti malah jadi lebay. Atau mau pakai jam tangan, bros, jepit, cincin, gelang. Udah. Kalungnya disimpen dulu. Kalau malam hari, boleh deh nambah 2 lagi. Tapi jangan yang ukurannya balapan besarnya. Harus ada yang kecil-kecilnya, dan yang besar dan menonjol satu atau maksimal dua deh."

Nasehat Ivan Gunawan ini langsung aku catat. Itu sebabnya jika bepergian, sering tanpa sadar aku menghitung perhiasan yang aku kenakan. Jika sudah mengenakan bros, aku menghindar memakai kalung. Atau jika sudah ada hiasan rambut yang besar, maka biasanya aku tidak mengenakan kalung lagi. Tapi jam tangan selalu aku pakai. Jika perlu aku melepas salah satu gelangku deh. Karena jam tangan itu selain untuk perhiasan, juga untuk fungsi-fungs yang lain.

jam tanganku nih, hadiah ulang tahun dari suamiku ketika usiaku 40 tahun. Beli sih model jam tangan lain tapi tetap saja, jam tangan ini yang paling aku sukai. Sempat naksir model lain tapi akhirnya tetap setia dengan jam ini.


Jam tangan bisa juga bisa untuk menunjukkan karakter seseorang. Biasanya, orang yang sporty, memilih untuk mengenakan jam tangan dengan bentuk yang sporty juga. Jarang perempuan yang feminin memilih untuk mengenakan jam tangan model sporty yang gendut dan menonjol serta modelnya maskulin. 

Nah... ngomong-ngomong soal jam tangan nih. Kalian seringnya beli jam tangan dimana? Langsung di gerainya atau beli online?

Aku pernah mencoba membeli di dua tempat itu. Yaitu di gerainya langsung dan juga beli online. Jika membeli di gerainya langsung nggak usah diceritain ya. Karena semua kelebihan membeli langsung pasti sudah pada tahu. Nah, aku mau cerita tentang tips membeli jam tangan secara online. Karena ada beberapa hal yang harus diperhatiakn agar tidak ada penyesalan nantinya. Berikut tipsnya nih. 

Tips Beli Jam Tangan Secara Online

1. Beli di Toko Online Terpercaya

Kenapa harus membeli di toko online terpercaya? Jawabannya untuk memudahkan kita membeli jam tangan yang banyak ragam dan modelnya. Sehingga membuat kita harus berpikir matang untuk menentukan satu buah jam tangan yang cocok. Jika cara tersebut dilakukan di toko jam yang ada di mall tentunya akan banyak membuang waktu kita. 

Jadi untuk lebih aman dan nyaman, kita bisa beli toko online terpercaya yang sudah menyediakan banyak merek mulai dari Casio, Swatch, Swiss Army, dan merek lainnya. Jika tertarik dengan merek Casio, kita bisa lihat dengan lengkap spesifikasi terbaru jam tangan Casio, siapa tahu akan cocok dengan penampilan kita.

2. Tanya Customer Service

Setiap toko online besar pastinya menyediakan customer service yang berguna saat kita mengalami kebingungan cara membeli atau mengenai produk. Biasanya barang fashion seperti jam banyak ditanyakan pembeli tentang model, fungsi, dan fitur pada jam tersebut. Bahkan kita harus bertanya tentang keuntungan, garansi, dan kerugian yang detail agar tidak kecewa nantinya setelah beli. Hal ini dilakukan agar kita mendapatkan jam tangan yang berkualitas. Jadi saat beli jam tangan di online, sebaiknya jangan sungkan bertanya kepada customer service.

3. Pastikan Alamat Benar

Setelah kita memutuskan untuk membeli jam tangan secara online yang sebelumnya mencari toko online aman dan juga sudah bertanya detail mengenai jam tangan yang dibeli, maka pastikan pengiriman juga akan lancar. Saat belanja online, alamat pembeli dibutuhkan agar barang yang dibeli bisa sampai dengan aman kepada pembelinya. Jadi kita harus mencantumkan alamat yang lengkap mulai dari jalan sampai kode pos. Hindari kesalahan penulisan alamat, hal ini akan membuat barang tidak akan sampai ke rumah, karena pengirim barang tidak menemukan alamatnya. Jadi pastikan data alamat yang dimasukkan di toko online jam tangan benar dan tepat.


4. Lihat Spesifikasi jam tangan tersebut yang lengkap. 

Biasanya, hal ini ada tertera di bagian keterangan lanjut dari jam tangan yang dijual. Seperti ini nih:


Oh ya, termasuk memperhatikan juga pabrik yang mengeluarkan produk jam tangan tersebut. Karena sering mereknya sama tapi pabrik tempat jam tangan itu dikeluarkan berbeda-beda. Biasanya, beda pabrik beda kualitas.



 5. Lihat bentuk jam tangan yang diminati dengan spesifik dari berbagai macam sudut pandang.


Ini penting nih untuk melihat foto yang lebih detil. Jadi, kita bisa mendapat gambaran tentang jam tangan yang diminati sebelum setuju untuk membelinya. Ini contohnya saja ya, dimana jam tangan yang ditawarkan disajikan dengan lengkap dan detil.








Nah. Itulah 5 Tips beli jam tangan secara online dariku. 

8 komentar:

  1. membeli barang apapun salah satunya beli jam tangan via online itu hal utamanya pilih toko online yang terpercaya :)

    BalasHapus
  2. aku pernah beli jam tangan online kualitasny kurang bagus, padahal harganya lumayan, eh giliran beli jam tangan yg hargaya 50ribu malah awet -_-

    BalasHapus
  3. Pabrik yg bagus yg mana? Agak kapok Belanja online utk barang2 tertentu.

    BalasHapus
  4. Aku beli online untuk jam tangan. Masih awet sih sampai skarang. CUma pas banget hari ini nggak make jam tangannya :(

    BalasHapus
  5. Aku pernah beli jam tangan online mba, agak deg-degan sih soalnya harganya jutaan >.<

    Alhamdulillah sampe juga dan asli :D
    Nice tips mba

    BalasHapus
  6. Setuju banget dengan tipsnya. Aku tuh penggemar satu merk jam tangan. Jadi urusan jam, ga pernah beli online. Kalo pas butuh, lgsg aja ke toko tempat biasa beli :)

    BalasHapus
  7. mbaaaaak...
    Atuhlaaah...atuhlaaah aku gak punya jam tangan nih! hahahaha...

    Jadi kulitku agak sensitif kalo terkena logam/besi suka langsung gatel gitu, makanya kalo pilih jam tangan harus hati-hati banget :)

    Kayaknya terakhir pake jam tangan pas jaman kuliah gitu deh, ah..nista sekali aku iniiih bhahahaha...

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...