badge

Selasa, 05 April 2016

Beberapa Ide Kado Buat Cowok

[Parenting] Jika melihat judul postingan dan tagline postingan ini yang masuk kategori "parenting" mungkin ada yang merasa aneh. Kok kayak nggak nyambung ya?
Tenang.
Tenang.
Aku memang ingin menulis tentang cerita parenting kok. Kali ini tentang beberapa ide kado untuk cowok. Kebetulan, suamiku kan dulu pernah jadi pemuda tampan di usia mudanya dulu. Aku termasuk gadis cantik yang tergila-gila padanya dulu hingga sering memberinya hadiah.



Nah... si tampan dan si cantik menikah, sekarang sudah ada seorang pemuda ganteng di tengah kami. Anak sulungku sudah bujang euy, pemuda usia 21 tahun.
Nah. Aku mau cerita beberapa ide kado untuk cowok berdasarkan pengalaman kedua cowok yang aku kenal ini.



Cari Kado buat cowok itu 3S : Sedap-Sedap Susah. 


Mencari kado untuk cowok itu susah-susah gampang memang. Itu sebabnya, kita sebagai cewek harus pandai-pandai untuk berpikir kira-kira apa ya yang bisa kita berikan pada cowok jika dia berulang tahun misalnya. Atau perayaan lainnya.

Putriku, selama bulan april ini dapat beberapa undangan ulang tahun yang ke sweet seventeen teman-temannya. Beberapa di antara mereka cowok. Jadilah putriku pusing harus memberi kado apa.

"Dia sukanya apa?"
"Banyak."
"Dia nggak sukanya apa?"
"Mana aku tahu."
"Kan bisa terlihat dari yang dia pakai sehari-hari. Dia seringnya pakai apa, nah.. mungkin itu petunjuk  bahwa itu yang dia suka."
"Setiap hari aku lihat dia pakai seragam SMA putih abu-abu. Masa aku kasi kado seragam SMA?"
"Oh iya, kamu ketemu dia di sekolah mulu ya. Eh.... apa kita kasih kado seragam SMA  saja ya? Di pasar banyak tuh. Murah lagi."
"Ibuuuuuu."

Aku dan putriku sih sempat gugling kira-kira apa saja kado yang bisa diberikan pada cowok. Hasilnya, ternyata barang-barang untuk cowok itu mahal-mahal. Ikat pinggang, kaus, kemeja, dompet, sepatu, tas. Ah. Pantas pakaian cowok modelnya itu-itu saja. Kalau cewek kan bisa pake daster yang murah tapi adem.

"Ibu tahu sesuatu yang dia pasti butuh, jadi kalau kita ngasi kado itu, mungkin nggak bakal mubazir."
"Apa?"
"Kaus kaki. Di jembatan penyeberangan ibu lihat tuh, ada yang jual sepuluh ribu dapat 3. Mau nggak? Banyak... tebal... pasti kadonya gede."
"Ih.... pelit banget sih bu ngasi kado buat orang."

Serba salah kan cari ide buat ngasi kado buat cowok itu? Asli sedap-sedap susah. Kalau kemurahan, jatuh harga diri, kalau kemahalan melayang semua isi dompet kita.

Jadi gimana dong.... gimana?
Tenang. Aku ada beberapa ide yang bisa dipakai jika kebetulan putri kalian diundang ke acara ulang tahun teman berjenis kelamin cowok.

Beberapa ide kado buat cowok

Sebelum membeli sesuatu, mungkin penting untuk mengecek dulu kekuatan mental isi dompet kalian. Tentukan dulu, berapa harga maksimum yang berani kalian bayar untuk membeli sesuatu.

Jika sudah, in beberapa ide kado buat cowok.

1. Kisaran kado dengan  harga lebih dari 10 juta rupiah (> Rp10.000.000)

Serius mau ngasi kado dengan kisaran harga segitu? Ada sih beberapa jenis gadget keluaran terbaru yang bisa dibeli dengan kisaran harga segitu. Atau bisa juga membeli notebook; atau produk-produk elektronik lain seperti headset atau stereo system.

Tapi... serius punya anggaran sebesar itu? Kalau iya, japri dong. Aku mau ngasih tahu ulang tahun anak cowokku... hehehehe.

2. Kisaran kado dengan harga Rp 1.000.000 s.d Rp5.000.000

Beberapa orang aku perhatikan memang punya anggara sebesar ini untuk memberi kado. Jika harganya seputar ini, ada banyak yang bisa dibeli. Banyak banget malah. Ada headset original, sepatu olah raga, kaus olah raga, jam tangan, dompet, sepatu, baju, ikat pinggang kulit, pokoknya banyak banget deh.

3. Kisaran kado dengan harga Rp500.000 s.d Rp1.000.000

Untuk harga segini, aku melihat gelagat bahwa 2 cowok yang aku amati suka jika diberi hadiah sebagai berikut:

a. Tiket nonton XXI.

b. Voucher makan (tapi tidak ada minimum order disana). 

Putraku tersenyum lebar ketika aku memberinya voucher makan di sebuah restoran tanpa ketentuan minimum order. Jumlah yang tertera di voucher juga cukup besar sih jadi jika pun dia sudah kekenyangan duluan, insya Allah dia tidak akan nombok sama sekali.

c. Voucher MAP atau Voucher belanja lain

 (tetap ya dengan catatan: tidak ada ketentuan minimum order di voucher itu; dan jumlahnya jangan terlalu sedikit sih. Kebayang nggak sih dikasih voucher belanja tanpa minimum order sebesar Rp500.000 tapi ternyata barang-barang yang dijual disana di atas 10 juta rupiah semua? Itu kan PHP banget namanya.).

4. Kisaran kado dengan harga Rp100.000 s.d Rp400.000

Jika uang jatah buat beli kado ada di kisaran ini, maka beberapa alternatif yang bisa dibeli adalah:

a. Pulpen yang sekaligus bisa jadi stylus juga.

b. Pulpen yang sekaligus ada kamera tersembunyi atau alat merekam rahasianya.

c. Speaker mini tapi berkekuatan maksi.

d. Alat penguat link wifi.

e. USB 

f. Eksternal Drive

g. Mug dengan quotes pilihan.

h. Alat musik

 (hanya jika yang mau diberi kado suka musik dan bukan penganut paham bahwa musik itu haram).

i. Buku

 (hanya jika yang mau diberi kado suka baca buku atau sedang mencari buku dengan judul tertentu).

j. Tempat kartu nama yang elegan.

ini contoh: kartun nama, speaker dan penguat sinyal wifi

5. Kisaran kado dengan harga Rp50.000 s.d Rp100.000

a. Bikin Scrapbook kartu buatan  sendiri saja. 

Beli karton, pinsil warna lalu gambar dengan hati-hati. Gunting gambarnya, teurs tempel lagi di kertas karton warna lain. Tumpuk, agar terkesan 3D. Lalu tulis kata-kata lucu di atasnya.
Modalnya cuma: karton, lem, pinsil warna, pena untuk menebalkan warna, beberapa lembar karton warna berbeda. Dan kemampuan menggambar yang nekad.
Ingat ya: nekad.
Jadi nggak usah ragu jika yang nggak bisa menggambar, karena selama ada tekad  eh.  nekad pasti ada jalan keluar.

b. Buat kliping yang ditempel-tempel agar membentuk sebuah ucapan yang bisa mencerahkan. 

Jadi, coba deh gugling kartun-kartun lucu. Atau cerita-cerita menarik. Terus, diprint out, terus digunting lalu tempel sedemikian rupa agar membentuk buku cerita mini. Selesai deh. Bungkus.

Dulu aku pernah buat ini untuk suamiku yang waktu itu belum jadi suami. Nggak ada moment spesial apa-apa sih. Cuma mau ngasi sesuatu saja tapi .... ya... tau sendiri deh kekuatan dompet mahasiswa kayak gimana. Jadi, aku kirimi dia kartun yang paling aku suka.

Kartun bule, hitam putih, ketemu di koran minggu. Aku gunting, terus tempel di karton. Kirim ke dia.

Atau bisa juga cari quotes yang mencerahkan, tulis ulang dalam sebuah karton, lalu gunting kartonnya hingga membentuk pembatas buku. Beri pita di ujung pembatas bukunya. Dulu aku malah sempat melamitingnya agar tidak cepat hancur setelah sebelumnya diberi warna dan ilustrasi.

d. Gambar kartun lucu lalu tempel di kartu yang dibuat dari karton.

ini contoh gambar kartunnya. Nanti hilangkan saja tulisan I love you nya. 

c. Cemilan. 

Cowok itu sebenarnya suka nyemil. Cuma mereka curang saja, nggak cepat gemuk seperti cewek.

6. Kisaran harga kurang Rp1.000 s.d Rp10.000


Cuma satu sih yang bisa aku rekomendasikan dengan kisaran harga ini: cemilan.

7. Nggak ada duit sama sekali (karena duit Rp500 sudah tidak dianggap sama sekali jika dipakai untuk membeli sesuatu)


Oke. Saranku: mandi yang bersih, jangan lupa keramas. Pakai deodorant, lalu pakai baju yang paling rapi dan enak dipandang mata. Dan berusaha keraslah untuk terlihat bahagia.
Senyum.
Senyum itu utama banget dalam hal ini.
Jadi nanti ketika memberi ucapan selamat, jangan lupa beri yang punya acara senyuman termanis dan terikhlas yang bisa kamu berikan padanya.
Selesai.
Nggak butuh duit sama sekali kan? Murah banget. Yang Penting ikhlas dan bahagia.

-------------
tulisan ini diikut sertakan di give away Ide Kado Untuk Cowok (dani rachmat).

4 komentar:

  1. akumilih yang gak keluarin uang aja mbak :)

    BalasHapus
  2. Blm lama beli kado buat dua cowok kesayangan di rmh budget ku 1 - 5 juta mba, pilihannya yg bermanfaat. Dan liat yg sdg di butuhkan... terakhir hubby butuh jeans baru dan ikat pinggang. Kalo lelaki kecilnya... sepatu kets dan ransel ��

    BalasHapus
  3. Mbak Adeeeee. Postingannya KEREN BANGETTT!!! Aslik suka banget deh sama postingannya njenengan. Ngakak pas bagian beli seragam SMA! Hahahahaha. Makasih banyak ya Mbak Ade sudah mau ikutaaan :)

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...