badge

Jumat, 11 Maret 2016

Teman Ngeblogku kalian: EMBAK CERIA

[Lifestyle] : Sebenarnya, aku tuh ngeblog suka rada-rada malas. Blogger angot-angotan memang diriku ini. Jika sedang bersemangat menulis, aku bisa menulis banyak banget dalam satu hari. Rasanya ide tuh banjir. Tapi jika sedang tidak ingin menulis, ya ampun. Menulis 1 artikel saja dalam 1 minggu tuh malasnya minta ampun deh. Tapi nekadnya, aku malah mengelola 3 buah blog. wkwkwkw. Malas tapi nekad.

Jadi, ceritanya nih blogku ini, Ocehan Ade Anita adalah blog gado-gado awalnya. Buat nulis apa saja. Hingga aku bergabung dengan group emak-emak yang tidak mau dipanggil emak karena alasan kekinian hingga akhirnya dipanggil em(b)ak. Group em(b)ak-em(b)ak ini, ceria banget. Setiap hari ngobrol tentang berbagai macam hal. Mulai dari hal-hal yang umum banget, sampai hal -hal yang rahasia alias hanya di seputar kami saja cerita ini beredar. Tidak boleh diceritakan keluar lagi. Jadilah akhirnya group ngobrol ini dinamakan group Em(b)ak Ceria.

Anggota tetapnya saat ini berjumlah 23 orang. Awalnya, group em(b)ak Ceria berjumlah lebih dari 50 orang. Karena, anggotanya adalah mereka yang bergabung dalam semi finalis Calon Srikandi Blogger 2014. Tapi, karena proses alam, anggota semakin berkurang. Ada yang keluar group karena alasan kesibukan rumah tangga hingga sulit memantau obrolan, ada yang keluar group karena handphonenya "hang" terus akibat terlalu aktif dan berisiknya em(b)ak-em(b)ak ini ngobrol, ada juga yang keluar group karena alasan pekerjaan dimana keaktifan di group yang sering ngobrol nggak karuan dan ngalor-ngidul ini bisa menyebabkan pekerjaan terbengkalai, dan alasan-alasan lain. Hingga akhirnya, group ini hanya beranggotakan 23 orang saja.

Kami semua adalah blogger-blogger perempuan.

Kenapa dipanggil em(b)ak?

Karena, meski mayoritas sudah emak-emak semua, tapi tidak ada satupun yang merasa sudah "emak-emak banget."

"Kita kan masih muda. Emak kesannya tua ah."
"Kekinian dong."
"Masih krinyis-krinyis dan imyut-imyut gini loh. Masa dipanggil emak?"

Tapi, bisa bagaimana pun, kami semua disatukan oleh para admin dari komunitas Komunitas Emak Blogger. Jadi, agar tidak melupakan akar, maka ditambahkanlah huruf "b" di tengah-tengah kata "emak".
Jadilah EM(B)AK.
Ceria adalah sifat dan bawaan dari lahir. (hehehe)


Akibat sering berinteraksi dengan mereka, aku yang kala itu masih blogger gaptek, jadi belajar banyak hal. Termasuk, motivasi untuk menjadikan blogku ini menjadi blog dengan niche tertentu.

"Iya, blog dengan niche tertentu. Jadi, jangan terlalu gado-gado banget. Tapi buat satu benang merah bahwa apa yang diceritakan di blog kita itu sebenarnya punya satu benang merahnya. Terserah apa. Misalnya tentang jalan-jalan, atau kecantikan, atau parenting. Gitu."

Waktu saran ini diberikan, aku masih ragu. Tapi setelah para embak-embak ini meyakinkanku bahwa membatasi tulisan di blog dengan satu benang merah yang jelas itu, insya Allah akan memperlancar rezeki jika aku memang ingin blogku menghasilkan materi, maka aku segera tergoda. Jadilah, sejak menjelang akhir tahun 2014, aku mulai membenahi kembali isi blogku agar bisa seragam semua isinya.

Dan itu asli bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Wuaaaaa... melelahkan.
Pertama, kita harus menyeragamkan seluruh label dari tulisan yang sudah pernah kita buat.
Dengan menyeragamkan label-label dalam postingan kita, otomatis kita punya tujuan ketika akan menulis. Bukankah setiap akan memposting sesuatu kita harus menentukan dulu nanti tulisan ini akan dimasukkan kategori label apa?

Fiuh. Awalnya aku bingung, mau dibuat apa ya biar blogku mirip-mirip isinya? Akhirnya, aku datang pada embak-embak di group embak ceria. Mereka memberi saran,
"Parenting saja mbak. Atau tentang keluarga. Mbak Ade banyak cerita tentang keluarga dan anak-anak mbak ade di blog."

Lalu, aku sempat membuat polling di status facebookku (cieee.. gaya banget ya kesannya. Tapi benaran ini aku lakukan). Aku bertanya, pembaca dan pengunjung blogku itu lebih suka membaca tulisanku yang seperti apa? Ternyata, komen mayoritas menyatakan bahwa mereka lebih suka jika aku bercerita tentang keluargaku, juga tentang cara aku mendidik anak-anakku dan berbagai tips dalam mengasuh dan mendidik anak-anakku.
Wah. Ternyata, kedekatanku dengan em(b)ak cerita  membuat mereka sudah mengetahui lebih dahulu sebenarnya passion blogku itu apa. Aku sendiri saja masih nggak tahu. Dan terbukti ternyata sama apa yang dilihat oleh teman-teman di embak ceria dan yang dilihat oleh teman-teman facebookku yang lain.

Oke. Akhirnya, aku mantap untuk menjadikan blogku ber-niche Parenting dan Keluarga.

Lalu, aku pun minta tolong Pungky Prayitno untuk membereskan tampilan blogku yang sudah berniche baru ini. Sementara aku menulis dan meng-up date blog. Sambil pelan-pelan menertibkan label-labelku sendiri.

Tapi.
Ternyata niche itu malah membuatku mati kata dalam menulis.
huhuhuuhu
Aku merasa, justru karena aku sadar bahwa sekarang blogku ada batasan dan ada benang merah yang harus ditulis maka kreatifitasku dalam mencari ide dan mengolah kata jadi terkekang. Akibatnya, aku bertemu dengan writer block alias kebuntuan dalam menulis.
Belum lagi kegiatan memberi label baru bertemu hal-hal yang sulit. Ada tulisan yang aku merasa tulisan itu bukan tulisan yang masuk kategori label parenting atau kategori keluarga. Seperti tulisanku tentang gadget, kecantikan, teknologi. Waduh.

Kembali aku curhat pada para embak di group Embak Ceria.

Di sini, masalah yang aku alami ternyata umum dialami oleh semua embak ceria juga. Jadi, kami pun saling curhat. Dari yang semula curhat tentang blog, merembet ke soal cinta dan pernikahan.

Dan... aku merasa asyik ngobrol dengan tema ini. Maka, niche parenting dan keluargaku, aku perluas dengan satu tema niche lagi, yaitu pernikahan. Tentu saja aku mendapatkan aneka macam ide tulisan setelah ngobrol ngalor ngidul dengan para embak ini. Masalah-masalah pribadi mereka terlalu rempong jika tidak diabadikan dalam sebuah tulisan. hahahaha.

Bukan cuma itu, Para embak ini juga meyarankan untuk memasukkan label lifestyle dalam kategori label karena lifestyle itu bisa berisi apa saja seputar gaya hidup. Nanti tinggal diberi benang merah sesuai dengan isi blogku yang lain.
YEAAHH... Horeeee... problem solve.

Dan demikianlah aku meruntuhkan writer blockku. Dengan mengobrol dan bersenda gurau dengan teman-teman ngeblogku di group embak ceria.

Dari mereka, aku juga memperoleh aneka ajakan untuk memperkaya tulisan, saran untuk merapikan blog, dan berbagai tips-tips lainnya. Hingga tiba-tiba... sekarang aku mengelola blog baru yang isinya tentang jalan-jalan dan segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan jalan-jalan tersebut.

Kalau kata Lidya Fitrian itu, "tulis saja dulu idenya, nanti baru dibelokin sesuai dengan niche."
Atau saran dari Indah Nuria, "Foto mbak ade. Aku rajin foto macam-macam karena itu bisa jadi bahan tulisan nanti."
Atau saran dari Uniek K (yang meski sudah 2 tahun bergabung di group tetap aku tidak hafal nama panjangnya siapa), "nggak usah dipikirin nichenya. tulis saja jadi tidak terbebani kitanya."

Atau saran dari ... lupa.... "perlunya punya lebih dari satu blog itu, jadi satu sama lain bisa saling mensupport, mbak. Kalau satu blog tapi isinya gado-gado, maka tidak ada yang bisa mensupport. Itu gunanya blog berniche, karena kita bisa punya banyak blog dan satu sama lain saling membantu nantinya."

Jadi, jika ada pertanyaan siapa teman ngeblogku? Mereka ada banyak dan mereka tergabung dalam group Embak Ceria.

Embak Ceria itu bukan cuma kumpulan embak-embak yang senang ngerumpi dan selalu haus kuis gratis saja, tapi mereka adalah kumpulan blogger yang punya banyak ide dan rela saling membantu satu sama lain sebagai sesama blogger. Prinsip para embak ceria ini sederhana saja,

Jika masih bisa gratis, ngapain harus bayar?
Jika bisa dapat yang menguntungkan, kenapa harus cari yang merugikan?
Jika bisa melakukan dan mendapatkan sesuatu dengan senyum, kenapa harus susah payah dengan air mata dan kesakitan?

Tahun lalu, group embak cerita memutuskan untuk mengadakan arisan blog. Apa itu arisan blog? Yaitu, arisan dimana nama yang keluar nanti akan mendapatkan backlink dari peserta arisan yang lain. Awalnya, ide ini dimunculkan oleh Istiadzah. Gunanya, tentu saja agar backlink ini bisa membuat blog sesama teman ngeblog naik DA dan PA-nya. Ide ini, belakangan akhirnya menginspirasi group-group blogger lain untuk melakukan hal yang serupa. Mulai dari blogger yogya hingga akhirnya sekarang blogger perempuan melakukannya. Alhamdulillah. Senangnya bisa menginspirasi.

Kami juga saling support jika ada yang ingin mengadakan Give Away. Atau jika salah satu ada yang ikut lomba dan butuh dukungan. Bantuan insya Allah datang all out dari kami.
Bahkan, sering jika salah satu mengadakan give away, maka ada hadiah khusus yang disisihkan khusus untuk peserta dari em(b)ak ceria.

Yang terbaru, kami ada sebuah rencana besar. Besar karena tujuannya selain memajukan perekonomian persahabatan kami juga sumbangsih kami bagi dunia media sosial. Tapi, tentu masih dirahasialkan karena masih dalam penggodokan.

Jadi.... teman ngeblog dan teman ngerumpi yang paling aku kangenin: ya embak ceria ini.
Dan semua bermula dari mereka yang ada di foto ini lalu saling terseleksi dengan sendirinya hingga menjadi seperti sekarang.

credit foto: dey


A photo posted by Ade Anita (@adeanita4) on






A photo posted by Ade Anita (@adeanita4) on





A photo posted by Ade Anita (@adeanita4) on


A photo posted by Ade Anita (@adeanita4) on

=================
"Tulisan ini diikutkan dalam Irly Diah's GA Collaboration: Teman Nge-Blog"
Irly Diah's GA Collaboration

61 komentar:

  1. Aduuh, malem2 baca ginian kok mellow, merasa bahagia dg persahabatan kitaa

    BalasHapus
  2. Iih. . .aku belum pernah foto sama Mama Ibam. Uugh. .. hahaha

    Btw, Malas tapi Nekat, itu bisa dijadikan tagline blog ya, Mbak. Wkwkwk

    BalasHapus
  3. Wajah-wajah ceria yang kukenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe rerata sudah dirimu kenal ya mak

      Hapus
  4. Uh ga ada fotoku :) akh inget pertama kenal mbak ade karena pempek

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal aku punya nih foto berdua dengan dirimu.. tapi keselisipan di album foto yang entah dimana masalahnya

      Hapus
  5. Co cwit.. sukses selalu ya embak ceria

    BalasHapus
  6. Tak bisa disangkal bahwa ngeblog banyak manfaatnya.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pakde.. karena ngeblog jadi aku bisa bertemu banyak orang

      Hapus
  7. woww... benar2 emak2 ceriaaa....
    blognya ngepink euy... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku suka warna pinkk soalnya

      Hapus
  8. Hihi seru yah .... baca ini baru nyadar kalo saya dulu masuk yang 50 itu. Kemudian hengkang karena gak atif WA-an :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya.. dirimu terpilih jadi srikandi terfavorit ya.

      Hapus
  9. Aku pertama ketemu Mbak Ade, tentu saja di ajang SB 2014, Mbak Ade cantik banget jadi aku malu buat nagih pempek

    BalasHapus
  10. aih..embak-embak ceria yang keren!

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. aamiin... semoga tetap kompak dan ceria dan semangat dan terus saling sayang

      Hapus
  12. keren-keren foto-fotonya.
    para bogger keren pula :)
    moga aku bisa ikut jadi blogger keren nanti, aamiin :)
    salam kenal ya mbak :)

    BalasHapus
  13. Blogku masih gado-gado :)
    Senengnya yang pada kopdar ya, seruu!

    BalasHapus
  14. Mbak ceria, asyik yaa masih bisa keep n touch sama temen2 ceriaa..

    Blog nya niar masih gado2 campur tahu tek lalala

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga awalnya gitu.. tapi sekarang malah jadi enak setelah dibatasi dengan niche.. jadi terkonsep tulisannnya (cieee)

      Hapus
  15. bener2 mbak ceria...kapan ya aku bisa ketemu mbak Ade dan foto bareng ama mbak ade yg ceria ini ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuu... semoga saja suatu hari kita bisa beneran bertemu ya

      Hapus
  16. Wah rame pasti klo para em(b)ak lagi ngobrol, gunanya teman memang utk saling support ya Mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... saling dukung dan saling jaga

      Hapus
  17. Ikut senang dengan persahabatan mba-mba ceria ini yang emang terlihat ceria :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... emang kami semua selalu ceria.. saking cerianya sampai2 lagi mau sedih jadi senyum dan akhirnya lupa sedih

      Hapus
  18. Senangnya temenan sama mbak ade :*

    BalasHapus
  19. Wah blogku masih random dan belum tau benang merah yang paling jelas. Nah, kalo Mbak Ade sih iya feel cerita tentang keluarganya udah dapat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang... family woman banget aku yak (apa seh si ade ini?)

      Hapus
  20. Terharu, Em(b)ak ceria bisa menyatu dan saling sayang.

    BalasHapus
  21. Terharu, Em(b)ak ceria bisa menyatu dan saling sayang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, beda usia suku agama dan orientasi politik tapi tetap saja... bisa menyatu dan saling sayang

      Hapus
  22. ramenyaaaa aku paling ngrumpi sma mba susiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin aku lihat ada lagi yang tinggal di jepara juga Jiah di arisan link kelompok 3

      Hapus
  23. hai embak ceriaaaaa, kalian memang oke semuaaa

    BalasHapus
  24. kalau ngumpul sama Em(b)ak pasti seru hehehee
    salam sehat dan sukses amin M(b)ak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... kalo ketemu nggak pernah lengkap emang. Paling banyak 4 atau 5 orang tapi ramenya ampun ampunan deh

      Hapus
  25. wow rame sekali ini, dengan blog kita sudah bisa saling terhubung ya, Alhmdulillah... : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. ada anggota embak ceria yang belum pernah bertemu tapi sering komunikasi di group whats app

      Hapus
  26. Walau anggota berkurang tapi tetap kompak, ceria dan semangat yah,,, salam dari kami di malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. harus... hidup sudah terlalu rumit jika terus dibuat ruwet dan pusing sendiri

      Hapus
  27. sama nih probelmnya kayag akuh..haha..tapi kta harus tetep semangattt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang mana nih? gaptek? atau yang malas baca? atau keduanya? toss dulu ah

      Hapus
  28. Salam kangeen & sayaang embak2 ceriaa. :*

    BalasHapus
  29. Salam kangeen & sayaang embak2 ceriaa. :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam sayang juga dari embak ceria

      Hapus
  30. waahh...senangnya ya Mba bisa tergabung dalam grup embak Ceria, malahan dah sering kopi darat pula ya..makin mempererat tali solaturahmi antar blogger ya MBa..

    BalasHapus
  31. Wiiihhhh seru juga ya mbak. Grum mbak2 cerianya memotivasi bingit hhhhee

    BalasHapus
  32. orang yang senantiasa ceria itu sangat menyenangkan :)
    salam berseri2 :)

    BalasHapus
  33. Wowww, teman ngeblognya banyak, seru pasti ya, kalo tanya satu aja yang jawab banyak, hehehe

    BalasHapus
  34. wah salut mbak bisa menerapkan dan memantapkan kl niche blog di sini adalah parenting... aku blm bisa tuh takut matigaya

    BalasHapus
  35. Asiiikk... seru banget Mbak.. disuguhin banyak foto pula biar ceritanya lebih "hidup" ^^

    Terima kasih sudah berbagi cerita dan ikutan GA ini.^^

    BalasHapus
  36. Asyiik yah Mbak, punya banyak teman berbagi.. pasti rame deh itu groupnya, crang cring tiap saat notifnya, secara dipenuhi dgn Embak2 yg ceria semua ;)

    BalasHapus
  37. Terima kasih sudah berbagi cerita :)

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...