badge

Kamis, 14 Januari 2016

5 Hal Yang Aku Sukai dari Lidya Fitrian

[Lifestyle]  Waktu aku ikut acara Fun Blogging 8 pada tanggal 19 Desember 2015 di Jakarta, ada sebuah nasehat yang sepertinya tidak bisa dilupakan begitu saja. Nasehat itu adalah pentingnya melakukan Blog Walking.

"Kalian harus melakukan blog walking. Dan jika melakukan blog walking, pilihlah identitas komentar yang Nama-URL. Kenapa? Karena kedua pilihan identitas komentar ini berguna untuk meninggalkan jejak bukan hanya di blog teman yang sedang kita kunjungi ini. Tapi juga jejak untuk diditeksi oleh mesin pencari google. Gunanya, ada banyak sekali gunanya. Salah satunya, blog kita jadi terindeks oleh mesin pencari Google dan DA kita bisa naik nilainya. Bahkan meski chapcha yang diberikan karena memilih identitas komentar yang Nama-URL ini susah-susah, nggak apa-apa. Coba saja, yang penting blog walking lalu tinggalkan jejak lewat Nama-URL."


Begitu salah satu pesan dari Guru Fun Blogging Ani Berta di acara tersebut.

(untuk lebih lengkapnya tentang Fun Blogging 8, bisa dibaca di : Dari Hobi Menjadi Profesi? Bisa.)

Ada satu nama yang direkomendasikan oleh para guru di Fun Blogging. Yaitu nama blogger yang rajin melakukan blogwalking kemana pun dan kapan saja. Bahkan blogger yang satu ini, tidak peduli apakah blog yang dia datangi kelak akan melakukan kunjungan balik atau tidak ke blog dia. Blogger ini juga tidak ambil pusing apakah namanya akan diingat oleh blogger yang blognya sudah disinggahi atau tidak.

Kebetulan, karena aku berada satu group ngerumpi dengan blogger yang disebut-sebut sebagai contoh blogger yang senang melakukan blogwalking dengan ikhlas, aku bangga dong. Blogger yang dimaksud adalah Lidya Fitrian (nama blognya: Ruang Menulis Lidya alias  http://www.lidyafitrian.com/).

Di group ngerumpi kami  di group Whats App, yang namanya Em(b)ak Ceria, lidya memang sering dipanggil sebagai Ratu Blogwalking. Tanpa diminta lagi, dia sudah melakukan kunjungan ke blog tiap-tiap anggota group.

Dulu, waku kami baru saja berkumpul di group whats app Emak Ceria (masih emak, dan formasinya masih lengkap: yaitu mereka yang tergabung di 50 semifinal Srikandi Blogger KEB 2014), Lidya pernah bercerita bahwa dalam sehari dia bisa melakukan blogwalking sebanyak minimal 20 blog dalam sehari.

Ketika aku baru saja membuat Blog baru, Lidya menasehatiku ketika aku ragu apakah aku mampu mengejar DA rank 20 dalam beberapa bulan.
"Bisa mbak. Blog baruku itu bisa mencapai DA 25 dalam kurun waktu 3 bulan saja. Yang penting blogwalking saja sebanyak mungkin setiap hari. Dan rajin posting. setiap minggunya."

Lidya mengaku bahwa handphone itu, memang nyaris selalu ada dalam ganggamannya. Sambil nunggu anak pulang sekolah, di parkiran motor dia melakukan blogwalking. Sambil antri ATM, dia juga blogwalking. Sambil menunggu masakan mendidih, dia blogwalking lagi. Sambil menunggu anaknya mengerjakan soal-soal pelajaran yang dia berikan, dia juga blogwalking.

"Apa nggak ada kerjaan ya dia? Ih, pasti deh rumahnya dah dirapihin sama pembantu, dan kemana-mana bawa mobil. Makanya banyak waktu luang buat ngelakuin itu semua." (mungkin ini komentar yang demen nyinyirin orang). Nah, hebatnya lagi nih; ternyata Lidya ini sehari-harinya tidak punya ART alias asisten rumah tangga alias pembantu rumah tangga. Dia juga nggak punya mobil jadi kemana-mana naik kendaraan umum atau motor.

Hanya saja memang, suaminya mendukung penuh kegiatan dia untuk melakukan kegiatan sebagai blogger. Itu sebabnya dia sering menghadiri acara blogger di banyak tempat dengan tenang dan bisa melakukan aktifitas blogging-blogwalking-build net working with others blogger.

Dan Lidya Fitrian ini juga paling rajin nongol di group ngobrol whats app Em(b)ak Ceria. Sebenarnya, dia punya satu julukan spesial lagi di group, tapi julukan ini rahasia sih. Cuma anggota group kami saja yang tahu. Privat banget chyin.

Ada 5 Hal yang Aku Sukai dari Lidya Fitrian:

1. Dia nggak pernah pelit berbagi informasi.

Entah itu informasi tentang job review, tentang lomba, atau gosip terkini, atau jika ada  pembukaan lowongan content writer, atau penawaran untuk menghadiri gathering.

2. Dia juga nggak marah jika kita ganggu lewat japri untuk urusan yang bersifat pribadi, kapanpun. 

"Lidya... jadi cara ngitung pangkat kuadrat itu gimana yang mudahnya? Tolong tulisin dong caranya." (ini urusan sekolah sih. Anaknya Lidya kelas 4, tapi pintar di pelajaran matematika. Sedangkan anakku kelas 5, dan kebetulan aku sering lupa cara paling mudah mengajarkan matematika).
"Lidya... tolong cek-kin DA ku dong. Kok aku error mulu ya pake hape."
"Lidya... aku mau minta tolong buatin domain buat blog baruku ya."

"Mbak Ade, bagi alamatnya. Mbak memenangkan kuisku."
"Eh? Kuis apa? Aku lupa."
"Kuis waktu itu loh mbak."
(tuh, dia yang japri aku untuk mengingatkan jika aku lupa hadiah yang belum aku ambil)


hadiah kuis kecil dari Lidya yang aku menangkan di group Em(b)ak Ceria. 

3. Dia juga senang ngobrol dan orangnya nggak cepat tersinggung. Murah senyum gitu deh. 

Jadi, kita melemparkan topik apa saja, dia selalu hadir untuk menimpali. Meski jika mengetik selalu irit kalimat sih.
"oh.. masa sih?"
"iya sama."
"ah, nggak juga."
"aku sudah sampai. Turun kereta duu ya."

Amat jarang aku  menemukan Lidya ngobrol sampai satu paragraf yang terdiri dari 2 atau 3 kalimat di dalamnya deh, setiap kali membaca komennya.

4. Nah, ini yang aku banyak belajar dari Lidya: Tulisan yang dia ikutkan di sebuah lomba, sering terpilih untuk menang. 

Isinya memang tidak seheboh tulisan blogger-blogger lain yang penuh dengan infografis yang kece badai, atau dihiasi dengan foto edit yang heboh dan ngejreng. Tulisan Lidya selalu sederhana. Tapi, jika kita baca, isinya tulus, jujur, tapi lengkap dan semua poin yang diminta oleh panitia ada semua. Poin-poin  ini yang aku pelajari dari tulisan Lidya (*siapa tahu aku juga bisa terpilih menjadi menang terus tulisan buat lomba blogku).

Jadi poin-poin yang aku petik dari tulisan Lidya yang selalu meraih kemenangan itu adalah:
"Nggak usah heboh, nggak usah rame, nggak usah nempelin kesusahan demi meraih simpati pembaca, nggak usah repot dengan foto-foto yang bikin orang kagum, nggak usah baper jika ngak ada yang komen, nggak usah dendam jika nggak dikunjungi balik, nggak usah kesal jika ternyata kalah, nggak usah sirik jika orang lain menang, nggak usah menghias-hias tulisan biar rame.
Karena yang penting itu adalah: content, content, content dan sekali: content."

Makanya, aku sering tuh, jika ikut lomba blog, aku ngecek apa lagi kekurangan yang belum aku ceritakan di tulisanku dengan melihat tulisan Lidya.  hahahaha... soalnya aku sering lupa, "Eh, panitia mintanya apa saja ya?"

5. Terakhir, kelebihan Lidya yang aku sukai adalah, dia tidak pernah menganggap peserta lain yang ikut di lomba yang juga dia ikuti sebagai kompetitor. 

Jadi, dia sering malah mengingatkan kita apa yang masih kurang.
"Mbak Ade... mbak belum masukin backlink."
"Mbak Ade... back linknya nggak bisa diakses."
"Mbak Ade... ada typo di tulisannya."
"Mbak Ade.... Ade Ade Aje." (yang ini bukan omongan dia, ini aku aja iseng nulis disini.. hahahaha).

 Kadang, ketika aku sedang tidak percaya diri untuk ikut sebuah lomba, Lidya langsung japri aku.
"Mbak, kok nggak ikut lomba itu."
"Eh? Nggak ada ide."
"Ikut saja mbak. Kelebihan embak justru karena embak punya pengalaman sendiri. Orang lain cuma baca brosur atau riset internet. Ikut saja mbak."

Teman yang baik kan Lidya ini? Sebaik temannya juga sih (maksudnya aku.. buahahahaha).

Berhubung nggak ada foto katanya hoax, tapi Lidya minta agar fotonya tidak usah ditampilkan, jadi aku tampilkan saja deh foto group Em(b)ak Ceria yang baru. Ini group ngobrol kesukaan aku di whats app nih. Kenapa? Karena talking can be fun if you have your trully friend beside you.




47 komentar:

  1. Akunjuga suka mb lid..hihii sama seperti aku ngefans mb ade, kalian berdua murah senyum dan ramah ^______^

    BalasHapus
  2. wah aku harus kenalan sama mba lidya nih kayaknya. selama ini cuma say hay hay aja

    BalasHapus
  3. Saya setuju dengan poin-poinnya tentang Lidya :)

    BalasHapus
  4. Yang saya tau cuma ratu BW Aja, ternyata ada poin plus plus nya juga ya :)

    Kendala saya kalau comment pakai url ya chapjay nya itu Mbak Ade. Udah nulis panjang2 ternyata ga bisa. *resiko pakai HP jadul* :)

    BalasHapus
  5. aku baru ketemua dan ngobrol sama mbak lidya pas ngambil hadiah bareng di sharp, murah senyum banget :-)

    BalasHapus
  6. Setuju sama Mbak Ade, bahwa Mbak Lidya Fitrian memang ratunya Blogwalking Mbak *jempol*

    BalasHapus
  7. Hihihi, aku suka BW ke Blog Mbak Lidya juga, dan memang tulisan beliau jujur dan sederhana :)

    BalasHapus
  8. Aku jugs ngfans berat sama mbak Lidya mak..baru ketemu sekali pas mbak Lid mudik ke semarang tp udah langsung tau aja mbak Lid orangnya menyennagkan.n baik bgt

    BalasHapus
  9. Em(b)ak-em(b)ak yang baik...yang ga pernah pamrih, yang berbagi dengan hati...yang seperti inilah yang biasanya dibagi banyak rezeki.. Aamiin.. Jadi pengen ketemu Mak Ade dan Mak Lid..:)

    BalasHapus
  10. Mbak Lidya itu emang ada dimana-mana hihi. Aku pertama ketemu langsung sama beliau seneng banget. Ramah orangnya. Dan waktu itu mau nemenin kopdarnya warung blogger. Kalo jadi pemenang sih, udah nggak diraguin lagi ya Mak :))

    BalasHapus
  11. Sama Mbak Ade, aku juga suka sama sifatnya Mba Lidya. Ramah & enggak pelit ilmu. Aku dpt trik jitu BW tiap hari tanpa mengganggu aktivitas yg lain ya dari Mba Lidya, hehehe.

    BalasHapus
  12. Iya, mbak Lidya emang super sekali kalau soal blogwalking. Maunya gt tiap kali, kalah melulu sama forum chat :(

    BalasHapus
  13. Setuju semua ,sebagian ngalami sih. Terutama pas menang GA mb InSav, dan aku dicolek dari inbox sampe ssms hihiii. Sayang belum sempat ketemu, moga mudik berikutnya bisa kopdar sama mba Lidya :)

    BalasHapus
  14. Saya juga suka hehe... Salam kenal mba ade ^^

    BalasHapus
  15. Setujuuuu... Mb Lid mah emang juara. Kalau dihitung mungkin saya baru bbrp kali ketemu Mb Lid d event blogger, tp slalu ramah. Malah di pertemuan ke2 atau k 3 ya, Rafa lsg dpt hadiah. Hehe.. baik bangeett..

    BalasHapus
  16. salut dan kagum sama mba lidya banyak hal yang diam2 saya pljari dari mba ldy, eh aku juga sering juga ke blog mba adek wlpun terkadang jadi silent rider aja tetep dua2nya aku suka.

    BalasHapus
  17. aku senang bisa kenal sama mba lydia juga mba ade, ramah dan baik :) iya BW memang perlu ya mba aku kadang kalau pake hape suka susah buat komen :)

    BalasHapus
  18. Aku juga suka mbak Lidya, karena baiiikk bangett

    BalasHapus
  19. Salah satu idola mbakcer nih ya hahahaa.. eh salah, kita kan saling mengidola satu sama lain ya mba ;)

    BalasHapus
  20. Baru kenal dengan mbak Lidya karena Beliau yang woro-woro arisan. Siap mengikuti jejak mbak Lidya dan juga temannya :)

    BalasHapus
  21. Whuaa.. mba lidya emang lumayan sering bgt ninggalin jejak di blog akuh.. hehehe

    BalasHapus
  22. Fakta lain kok gk dituliss, ada satu lg kaaan ;)

    BalasHapus
  23. mbak lidya emang keren deh, baik...seperti ibu peri...

    BalasHapus
  24. So sweet:):):) belum kenal orgnya udah ikut ngerasain baiknya, hihihi...smoga bisa kenalan lsug sm mb ade dan mb lid

    BalasHapus
  25. ahh.. iya mbak Lidya itu so sweet banget memaang
    dia tau aku susah komen di blogspot, tapi terus rajin komen sejak dulu
    kl nggak sempat komen lama dia selalu minta maaf

    suka kasih info job juga lho

    BalasHapus
  26. Ah, aku juga nge fans sama mba lidya

    BalasHapus
  27. Blog saya dikomentarin Mbak Lidya duh senengnya minta ampun.
    Poin yg ke 4 dan 5 pelajaran bgt buat saya Bun.

    BalasHapus
  28. Lia top komentator di blogku tiap tahun hehe. Salut deh sama dia :D

    BalasHapus
  29. mbak Lidya, i love you...pertama kaetemu waktu di inline skate dan dia langsung bilang "mba kania ya?" senangnyaa

    BalasHapus
  30. Salah satu blogger yang ingin kujumpai langsung ya Mak Lidya ini. Rajin banget blogwalking, tulisannya juga bagus ^^

    BalasHapus
  31. Mba Lidya emang top pokoknya, sudah berkali-kali BW ke blogku...
    aku juga niru beliau sekarang, BW ke blog banyak orang meskipun banyak juga yang aku BW nggak BW balik... *kayaknya harus belajar tulus dari mba Lidya deh...hehe

    BalasHapus
  32. Saya juga suka banget ma Mbak Lidya, udah lumayan lama kenalnya tp sampe sekarang blm pernah kopdar. Awal kenal gegara sama2 suka main pet society,xiixix tp sekarang pet nya udh gak keurus. Mbak Lidya enak diajak ngobrol, keren deh Mak satu itu.

    Anyway salam kenal, Mbak Ade :)

    BalasHapus
  33. Waah... udah dari dulu dengar kalau Mbak Lidya suka BW dan baik hati. Tambah kenal sifat beliau baca postingan Mbak Ade :-)

    BalasHapus
  34. Salam kenal Mba Ade,

    Aku setuju sama Mba Ade. Teh Lid memang ratu bw. Bahkan rajin dulu mampir ke blog aku padah aku bukan blogger aktif. Tiap kali posting pasti Mba Lid ada komen. Jadi bikin semangat untuk nge blog.

    Kerendahan hati dan ketulusannya patut di tiru ��

    BalasHapus
  35. Yeaaah mbak Lidya jadi panutan okey punya :)

    BalasHapus
  36. Aku malah baru tahu tentang Mbak Lidya, langsung deh stalking ke webnya. :D

    BalasHapus
  37. Pada pertemuan blogger yg pertama kali saya ikuti dan masih clingak clinguk cari temen, wajah bening cantik mbak Lydia lah yang pertama kali hangat menghampiri. Sungguh tak terlupa. Keihlasannya sangat terasa, baik di darat mau pun di kolom koment blog saya yang tidak ada apa apanya.Proud of Her...

    BalasHapus
  38. Lima hal itu jug yang aku suka dari Mba Lidya *ga kreatip akuuh* hahaha

    BalasHapus
  39. Setuju dgn tulisannya mak..setuju pula ama nama emak kecek yg sisebut itu *mak Lidya

    BalasHapus
  40. Setuju dgn tulisannya mak..setuju pula ama nama emak kecek yg sisebut itu *mak Lidya

    BalasHapus
  41. mantap, seru banget groupnya mbk. salam kenal mbk lidya. bw emang oke naikkan DA ya?

    BalasHapus
  42. Awww! Ratu blogwalking dan ratu....di rumahnya. Hahaha

    Ngga ada yg bisa nandingin Mbak Lia kalau soal blogwalking ya, Mbak. Perhatian pula dg teman2, ya.

    BalasHapus
  43. Postingan ini so sweet, Mbak Ade. Aku setuju. :)

    BalasHapus
  44. Masya Allah... Keren banget yaaa mbak Lidya. Tapi sayang saya belum pernah ketemu langsung.. Semoga nanti bisa tatap muka sama mbak Lidya n Mbak Ade Anita..

    BalasHapus
  45. Mau kenalan juga nih sama mbak Lidya.
    Btw, salam kenal dari Borneo dulu ya, Ade
    Terima kasih sharingnya, sungguh menginspirasi

    BalasHapus
  46. over keyword nih mbak namaku di postingan ini hehehe. Duh buat aku mbak ade itu kaya mamaku sendiri

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...