badge

Rabu, 16 Desember 2015

Musim Mangga

[Keluarga]: Musim buah yang paling ditunggu oleh keluargaku adalah Musim Mangga. Yaitu, musim ketika buah mangga banyak dijumpai di mana-mana. Bertumpuk di pedagang kaki lima di pinggir jalan, bertumpuk di pedagang buah yang ada di pasar-pasar dan bertumpuk juga di sudut aneka buah segar yang ada di supermarket.

Dan entah mengapa, biasanya kehadiran buah mangga hadir bersamaan dengan bulan Ramadhan.

"Emangnya musim mangga itu kapan sih bu?"
"Biasanya sih pas musim hujan."
"Berarti dia musiman tidak sepanjang tahun ya?"
"Seharusnya sih iya."
"Terus kenapa tiap Ramadhan selalu ada buah mangga yang dijual murah?"
"Nah... itu harusnya sih kebetulan saja deh. Eh.... tapi nggak juga sih. Karena enggak selalu pas Ramadhan kita mengalami musim mangga."

Anak-anakku memang penggemar buah yang satu ini. Tapi dari berbagai jenis mangga (seperti Gedong, Manalagi, Mangga apel, golek, dan sebagainya), anak-anakku hanya memfavoritkan mangga Harum Manis saja. Mungkin karena jenis Harum Manis ini dijamin pasti manisnya ya.



Manfaat buah Mangga


Dari berbagai sumber bahan bacaan, aku mengetahui beberapa manfaat buah mangga. Yaitu sebagai berikut:

Antikanker


Anti-cancerogenic dan mencegah kanker payudara, kolon dan prostat. Senyawa antioksidan yang hadir dalam buah mangga telah ditemukan untuk melindungi terhadap kanker usus besar, payudara, leukemia dan prostat.

Menurunkan kolesterol


Mangga kaya akan prebiotik serat makanan. Tingkat tinggi serat, pectin dan vitamin C membantu untuk menurunkan kadar kolesterol serum, khususnya Low-Density Lipoprotein (kolesterol jahat).

Menjaga kesehatan mata

 Buah Mangga adalah sumber vitamin A dan flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Vitamin A membantu penglihatan yang baik dan mencegah kebutaan malam, serta mata kering. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit.

Indeks Glikemik Rendah


Nilai Indeks Glikemik mangga adalah 51, yang tergolong dalam kategori rendah. Jadi, mangga tidak memiliki efek yang terlalu signifikan dalam meningkatkan kadar gula darah Anda, sehingga buah ini cukup aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, tentu saja dalam jumlah wajar.

Eh, tapi beberapa orang teman yang menjalankan program diet dengan buah dan sayuran mengatakan bahwa mangga ini bisa menyebabkan kegemukan karena rasanya yang manis.
Tapi lalu oleh beberapa teman  yang menjalankan program diet rendah kalori, mengatakan hal yang lain. Bagi mereka yang menjalankan program diet rendah kalori, buah yang sebaiknya dihindari itu hanyalah buah pisang dan alpukat.

Karena pertentangan ini maka aku biasanya sih tidak mengindahkan pendapat dari kelompok program diet tertentu. Selama tidak berlebihan, mangga bagus kok untuk kesehatan dan program diet apapun.

Membersihkan kulit

Mangga justru bisa bertindak sebagai pembersih kulit, dengan membersihkan pori-pori tersumbat dan menghilangkan jerawat.
Nah.. buat yang punya anak remaja seperti aku, jangan heran jika anak remaja di rumah selalu minta dibelikan mangga dan antusias memakannya. Karena remaja memang identik dengan jerawat dan mereka bersedia berusaha melakukan (nyaris) apa saja untuk bisa bebas dari jerawat.

Meningkatkan libido


Manga adalah sumber vitamin E, yang membantu mengatur hormon seks dan meningkatkan libido. 

Menyehatkan pencernaan

 Mangga mengandung enzim untuk menghancurkan protein. Serat dalam mangga juga membantu pencernaan dan eliminasi asam.

Nah. Itu tadi aneka manfaat dari buah Mangga.

Cara Penyajian Buah Mangga


Mangga baik dimakan ketika dia segar. Cukup kupas kulitnya lalu konsumsi ketika buah itu masih segar dan belum diolah (raw) dengan cara dipotong-potong. Jika pun ingin disajikan, bisa juga ditaruh di atas piring keramik yang cantik. Sekarang kan ada banyak tuh piring-piring keramik yang cantik-cantik. Warna kuning buah mangga yang alami dan terang serta cerah, biasanya sih akan sesuai dengan apapun bentuk dan warna piring keramik yang kita miliki.

Aku termasuk ibu-ibu yang bukan kelompok penggemar ibu-ibu koleksi piring keramik sih. Tapi, ibuku dulu ketika masih hidup adalah penggemar koleksi piring keramik. Itu sebabnya ketika ibuku sudah meninggal, Ibunda Allahuyarham mewariskan banyak koleksi piring keramiknya untuk anak-anaknya.

Meski demikian, mangga bisa diolah menjadi aneka hidangan juga. Di antaranya:

  • Sambal mangga
  • Tumis ayam atau ikan dengan saus mangga
  • Puding mangga
  • Sorbet mangga
  • Ice Cream Mangga
  • atau dikudap dengan Ketan
duh. Jadi pingin mangga lagi nih dakuh.
Jika sedang musim mangga, di tempatku harganya cuma Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah) loh sekilonya. 
((1 Kilo))

Murah kan? Harga ini akan beranjak naik seiring dengan musim mangga yang berakhir. Jika sedang tidak musim, harga mangga bisa mencapai Rp100.000 (seratus ribu rupiah) sekilonya. Kenapa bisa begitu mahal? Karena mangga yang dijual-jual itu didatangkan dari luar negeri dan belinya dengan dollar jadi harganya otomatis jadi mahal. Apalagi jika dollar yang terus beranjak naik dan enggan turun seperti ketika ..... (hilang sinyal).

Yuk ah beli mangga mumpung masih musim mangga.



20 komentar:

  1. di tempatku malah mangga cuma 5000 sekilo :D

    BalasHapus
  2. Mangga itu favorit keluargaku banget mba.. Paling suka mangga harum manis karena seratnya sedikit dan manisnya pas. Pernah coba mangga gedong, indramayu, erwin dll hehe. Tp tetep aja balik lg ke harum manis. Sayangnya aku lg ngurangin makan mangga nih, krn lg batuk2 huhu

    BalasHapus
  3. Kalo pas di rumah sering banget bikin puding mangga kalo pas musim mangga

    BalasHapus
  4. disini udah lewat musim mangga pas mulai musim hujan

    BalasHapus
  5. sama komennya sama mbak enny, di depan komplekku di mobil bak terbuka gitu, dijualin harganya lima ribu sekilo. Pingin beli takut kagak manis.

    BalasHapus
  6. my fav fruit nih mba, sukaaa banget. kalo musim mangga selalu beli mumpung musim :)

    BalasHapus
  7. Baru tau mangga bisa meningkatkan libido #ehh

    BalasHapus
  8. saya juga suka kalau lagi musim mangga. di rumah punya ada sekitar tujuh pohon mangga yang siap berbuah... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata selain enak, mangga punya khasiat yang banyak sekali ya :) alhamdulillah

      Hapus
  9. Baru tahu mangga bisa meningkatkan libido.

    BalasHapus
  10. Suka banget sama buah mangga. Mangga favorit saya mangga gedong :D

    BalasHapus
  11. kesukaan aku banget mangga mbak, sayang banget gak sepanang tahun musimnya ya. AKu beli kalau baru musim agak jarang soalnya masih mahal :-D

    BalasHapus
  12. Aku suka bnget mangga di tmpatku blm musim sekilo bisa sampai 25rb

    BalasHapus
  13. Sekeluarga, kami suka mangga. Kalo beli, 4 kilo bisa abis dalam.sekali makan. 7 orang sih. : D

    BalasHapus
  14. Di sini mangga udah lima ribuan. Tapi aku udah gak doyan. :D Maklum bumil, maunya sekarag rambutan.

    BalasHapus
  15. Hujan gini, mangga dpn rmh gak ada. Mak

    BalasHapus
  16. Lihat foto yg di post di instagram itu Mbak...huadeuh bikin ngiler...
    Saya suka mangga juga. Lagi musimnya nih.

    Salam,

    BalasHapus
  17. Ah jadi kangen mangga depan rumah. Dagingnya banyak dan rasanya manis banget :D

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...