badge

Rabu, 11 November 2015

Wahai Para Jomblo, Inilah Hari Istimewamu Untuk Berbelanja

[Lifestyle:Shopping]: Hari ini adalah hari Onlinceshop alias Onlineshop Day, sedunia loh.  Mungkin, 10 tahun lalu, orang tidak akan pernah tahu bahwa ada hari yang perayaan Online shop day. Secara... duh... belanja online doang sih. Tapi sekarang, maksudku hari ini, secara serempak seluruh onlineshop sedunia memberikan diskon spesial cuma di hari ini saja.


Asal Muasal Online Shop Day di tanggal 11.11 (11 bulan 11)


Kalau diperhatikan tanggalnya, 11 bulan 11, ada satu kenyataan yang pasti. Yaitu angka 1 (satu). 

Angka 1 disini berarti single. Jika ditafsirkan pada kondisi seseorang, maka dia masih single. Sendirian. Alias jomblo.

Hari ini adalah hari Single Day. Sebuah hari yang berlawanan dengan hari Valentine.

Tahukah kalian bahwa pada di luar sana, ada banyak sekali manusia Jomblo. Di China misalnya. Jumlah jomblo disana ternyata amat banyak. Entah mengapa. Dan begitu juga di negara-negara lain dimana kemandirian, moderenitas dan kesibukan bekerja telah membuat banyak orang memilih untuk menjadi Jomblo saja daripada memiliki pasangan.

Dan apa yang terjadi ketika tidak ada pasangan yang diajak ngobrol, bercanda, jalan-jalan? Tentu saja para jomblo punya waktu yang amat banyak untuk memanjakan diri sendiri dengan membeli segala sesuatu yang mereka sukai, pergi kemana pun ke tempat yang mereka inginkan, dan melakukan apa saja yang ingin mereka lakukan sendirian.

Disinilah yang namanya pedagang melihat sebuah peluang. Ali Baba, yang merupakan produsen perdagangan terbesar di China melihat peluang untuk "memanjakan" para jomblo. Maka, sejak tahun 2009, Ali Baba pun mengadakan hari diskon besar-besaran di tanggal 11 bulan 11 atau yang dikenal dengan 11.11 dengan tajuk "Single Day Goes Shopping".

Siapa menyangka, ide Ali Baba ini ternyata membuat angka transaksi penjualan bisnis online di tanggal 11 bulan 11 (11.11) langsung meroket tinggi. Bukan hanya Ali Baba yang merasakan keuntungan transaksi onlneshop. tapi juga nyaris seluruh online shop lainnya. Akhirnya, sejak itu sah setiap tanggal 11 bulan 11 dirayakan sebagai hari Online Shop Sedunia.

Jadi, nggak salah kan jika judul tulisan ini aku beri judul:

Wahai Para Jomblo, Inilah Hari Istimewamu Untuk Berbelanja

Nah... aku sendiri, meskipun aku bukan jomblo, tapi aku termasuk orang yang merasakan keuntungan dari ide hari berbelanja lewat situs online sedunia ini.

Yap. Aku suka berbelanja langsung ke toko-toko atau merchant-merchant yang ada di mall atau plaza-plaza itu. Tapi, kadang suka rada sungkan jika masuk ke toko yang sepi. Karena, belum tentu beli juga sih. Masih mau melakukan perbandingan dulu. Coba, pegang barangnya, lalu lihat harganya. Lalu bandingkan dengan toko sebelah.

Nah. Kegiatan, coba-lihat harga-bandingkan dengan toko sebelah ini,  tidak bisa dilakukan jika toko yang aku masuki sepi pengunjung. Karena sudah pasti deh SPG atau SPB-nya mendekati dan bertanya "Ada yang bisa dibantu?".
Ish. Nggak mungkin aku bilang, "Bisa. Tolong dong pergi ke Bogor dulu sementara gue ngeliat barang dagangan lo."

Kalau sudah begitu, maka pilihan berbelanja di Situs Online Shop itu adalah pilihan terbaik deh.

Nah... ini 5 situs berbelanja online terbaik versiku:

1. Tokopedia

Aku sudah beberapa kali membeli barang di tokopedia ini. Tokopedia ini adalah situs berbelanja online dimana dia mengumpulkan aneka onlineshop untuk berkumpul di situs mereka.

Kelebihan dari Tokopedia dibanding situs serupa adalah, mereka punya kontrol terhadap onlineshop yang tergabung di dalam situs mereka. Jadi, meski para pedagang onlineshop disana diberi kebebasan untuk menjual barang-barang mereka, tapi mereka tetap diawasi oleh Tokopedia ketika melakukan transaksi jual beli dengan konsumennya.

Pembayarannya juga lebih mudah. Tidak perlu lewat virtual akun seperti di situs berbelanja online serupa lainnya. Karena, membayar dengan virtual akun tuh... buatku sih agak merepotkan. Karena ada ketentuan harus menambahkan menulis angka-angka tertentu. Duh.

Dan di tokopedia juga ada banyak pilihan layanan antar barang yang bisa dipilih dengan harga yang tidak terlalu mahal. Ini juga nilai plus sih menurutku. Karena, buat apa barang murah tapi ongkir mahal? Sama juga bohong kan?

Yang membuatku menjadikan TOKOPEDIA sebagai situs berbelanja terbaik adalah, karena setelah dibandingkan dengan toko onlineshop lainnya, ternyata di Tokopedia harganya jauh lebih murah. Seperti Selai OVOMALTINE misalnya. Ini selai coklat untuk roti atau waffle yang lagi naik daun di rumahku. Jika dibandingkan dengan supermarket manapun jika kita berbelanja secara konvensional, maka harga Selai Ovomaltine di Tokopedia jauh lebih murah. Bahkan meski sudah ditambah dengan harga ongkir sekalipun, tetap lebih murah jika kita membeli di Tokopedia. Dan barang yang  dijual ini ORI alias ASLI. Hehehe.. di toko lain, kadang harga barang yang dijual murah karena ternyata versi KW-nya.

2. BUKALAPAK.

Ini mirip dengan Tokopedia. Semuanya mirip. Kelengkapannya, sistem penambahan 3 digit angka ketika melakukan pembayaran, keamanan, kenyamanan, kemudahan. Pokoknya semuanya sama. Perbedaannya adalah, harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal daripada yang ditawarkan di Tokopedia.

Cuma sedikit kok.
S_E_D_I_K_I_T.

Mungkin itu mirip uang receh limaratus perak yang kita duduki di atas bangku ketika kita sedang mengenakan super hotpant. Tidak terasa sama sekali kan. Tapi begitu bangun, eh... ada bekasnya di kulit paha: cetakan duit logam Rp500. Tidak mengganggu kesehatan, tidak mengurangi kecantikan, tidak berpengaruh pada kondisi politik di Indonesia. Tapi, orang yang iseng merhatiin paha kita karena kita memakai super hotpant, pasti akan menunjuk paha kita sambil berseru:

"Eh... ada duit logam gopean tuh kecetak di paha lo." Dan mungkin, lelaki hidung belang akan menawarkan jasa untuk menghilangkan bekas cetakan tersebut.
Saran dariku: jangan mau! Itu asli akal-akalan mereka saja karena pingin memegang pahamu. Cetakan duit itu bakalan hilang sendiri kok. Percaya deh.

3. Onlineshop yang ada di Facebook

Yang ini, sepertinya karena aku sering menemukan sesuatu yang memang tidak aku temui di situs berbelanja lainnya. Jadi, ada banyak online shop rumahan, atau yang dikelola oleh perorangan dengan berbasis home industri. Mereka tidak bergabung dengan situs berbelanja online besar. Mungkin karena jumlah dagangan mereka tidak sebanyak yang dipersyaratkan jika harus bergabung dengan situs berbelanja online besar. Meski demikian, barang-barang yang mereka jual ternyata aku butuhkan atau aku sukai. Jadilah aku termasuk orang yang rajin berbelanja online di online shop yang ada di Facebook. Seperti membeli buku bekas tapi masih layak baca, atau buku dengan tanda tangan penulisnya langsung, atau membeli kain katun. atau bros perak atau bros kuningan atau tas-tas ORI yang dibeli langsung oleh teman yang bermukim di luar negeri sana.

Harganya? Jelas lebih murah.
Kelemahannya adalah, kadang, sudah naksir suatu barang tidak tahunya tempat tinggal penjualnya di daerah yang jauh. Jadilah kena ongkir yang lumayan mahal. Makanya kadang aku bertanya dulu sebelum menyetujui membeli barang, "Ongkir ke Jakarta Selatan kena berapa ya, Sis?"

4. Lazada

Berbeda dengan Tokopedia, Lazada lebih banyak menjual barang-barang premium. Artinya, barang yang dijual disini memang tidak mudah didapat di tempat lain karena Lazada menjualnya secara eksklusif. Hanya saja, harganya juga jadi 'sedikit eksklusif" juga sih. Tidak mahal jika dibandingkan dengan barang serupa di tempat lain, tapi juga tidak bisa disebut lebih murah.

Hanya saja, barang yang kita beli itu insya Allah tidak pasaran deh. Aku beberapa kali membeli barang yang masuk kategori bukan barang yang pasaran di Lazada. Dan aku senang karena merasa "istimewa". (*ah, dasar tukang belanja. Ada saja deh alasan untuk membenarkan perilaku berbelanjanya... hahahahaha)

5. Traveloka

Traveloka ini adalah situs belanja tiket online dan situs belanja paket liburan online. Harganya cukup bersaing dibanding situs belanja tiket serupa di tempat lain. Tapi, kelebihan dari Traveloka adalah, mereka bekerja sama dengan nyaris semua maskapai penerbangan. Dan.. yang lebih cihuy adalah, sering mengadakan harga spesial.

Jadi, ada dua pilihan yang bisa dibeli online di sini, apakah hanya booking tiket saja atau ingin booking hotel juga. Bisa juga memilih keduanya. Dan harga yang harus dibayar itu, umumnya sudah merupakan harga Final. Tidak ada lagi biaya dadakan lain di belakang seperti yang terjadi di situs berbelanja tiket dan booking hotel lainnya.

Eh.. sebenarnya masih ada satu lagi onlineshop yang cukup bagus menurutku, yaitu OLX. Cuma, di OLX ini tidak ada pengawasan dari pemilik situs onlineshopnya sih. Karena, semua transaksi diserahkan ke penjual dan pembeli. Tapi ya lumayan sih. Karena disini kita bisa memilih sistem COD alias Cash on Delivery. Ini penting untuk menghindari penipuan. Tapi, gak aku masukin sih ke 5 besar versiku.


Nah... itu tadi 5 onlineshop yang aku rekomendasikan untuk didatangi. Menurutku, ke 5 nya adalah the best onlineshop i've ever have.
Beneraaann.

Jadi... selamat bersenang-senang dan selamat berbelanja online di hari online shop day. Itu hari ini!






18 komentar:

  1. wkwkwk beneran baru tahu ada hari "Single Day Goes Shopping" tgl 11-11. alau tahu dari kemarin , coba2 cari olshop, sapatau ada diskonan buat jomblo

    BalasHapus
  2. ahaaiii... ternyata para jomblo ini tidak hanya jadi sasaran empuk orang-orang yang suka tanya kapan nikah, tapi juga sasaran para penjual ya mbak Nita. Baru tau ada hari belanja belinji sedunia gini.

    BalasHapus
  3. kasian para jomblo, eh kasian apa bersyukur yah :D

    BalasHapus
  4. dari kelima olshop diatas,belum pernah nyoba tokopedia,olx sama traveloka...^^

    BalasHapus
  5. hiksss merana jadinya, kalau udah gak jomblo, kini diriku sudah super double gimana (alias "udah nikah") hihihi, apa diperkenankan rame2 ikutan :D

    BalasHapus
  6. dari kelimanya saya baru berbelanjadi tokopedia :)
    tidak bisa disangkal berbelanja di tokopedia memang aman :)

    BalasHapus
  7. Laaah aku baru tau kalau ada single day segala. Nyesel nggak baca dari kemaren padahal punya grup yang isinya jomblo semua kecuali saya hahaha

    BalasHapus
  8. Yaaaa aku ga tau kemarin ada diskon khusus buat single fighter :D

    BalasHapus
  9. ini hari yang enggak tepat banget, ps 11 11 kok ps banyak banget pekerjaan ya? #gayaaah. Jadi enggak mantengin kelimaaaanya Mbak Ade.... Trus Mbak Ade kapan lagi nich ada beginiiian?

    BalasHapus
  10. sayang sekali udah gak jomblo dan gak suka belanja bu hahaha

    BalasHapus
  11. Racun emang tgl 11 kemarin mak, masak ngak butuh jadinya beli aneh2 karena diskon gila2an mbak

    BalasHapus
  12. Saya milih tokopedia, gak tau kenapa...lebih percaya ajalah :)

    BalasHapus
  13. Judulnya jleb banget ahahahah
    Wahai para jomblo :D

    BalasHapus
  14. Dan aku ga beli apa2 krn kebanyakan mikir dan ngiler liat diskon :))))

    BalasHapus
  15. Kalau ngg jombloooo gimanaaa hehehehe.. Tanggalnya bagus yaa.. Di aini memang sale lumayan mba.. veteran's day..

    BalasHapus
  16. Eh, kalo jomblo emang suka-suka deh belanjanya. Nggak ada yang larang mau ngabisin duit dalam sehari, ya. Senangnya... Jadi jangan baper ah, wkwkwkwk

    BalasHapus
  17. Eh, kalo jomblo emang suka-suka deh belanjanya. Nggak ada yang larang mau ngabisin duit dalam sehari, ya. Senangnya... Jadi jangan baper ah, wkwkwkwk

    BalasHapus
  18. Yang nggak jomblo gak bisa ikutan ya Mbak ? xixixi

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...