badge

Senin, 05 Oktober 2015

Aplikasi Menulis Rekomendasiku: EVERNOTE

 [Lifestyle: Teknologi]: Menjadi seorang blogger, punya satu buah senjata yang ampuh: mau menulis. Tidak penting harus pintar menulis, karena siapa saja selama dia mau menulis, dan rajin menulis segala sesuatunya di blog yang dia miliki, maka dia adalah seorang blogger.
Tapi, kemauan saja tanpa didukung oleh fasilitas yang cukup memadai tentu akan menyulitkan. Terutama pada mereka yang tidak punya waktu luang yang cukup banyak untuk bisa duduk di depan meja komputer lalu menulis. Ini salah satu hal yang dikeluhkan oleh teman-temanku yang mengaku "kepingin jadi blogger tapi tidak punya waktu untuk bisa menulis karena tidak punya waktu banyak untuk duduk di depan meja komputer."


Aku ada solusinya.
Semua orang, maksudku nyaris semua orang, di jaman sekarang ini biasanya memiliki handphone. Dan sepertinya, handphone mereka kebanyakan berbasis Android. Nah.... coba deh instal aplikasi EVERNOTE. Ini rekomendasi banget untuk kalian yang suka menulis, atau mau menjadi blogger tapi tidak punya waktu untuk duduk di depan komputer dan melakukan pekerjaan menulis.

gambar diambil dari sini

Evernote merupakan jenis software office, adapun kegunaannya untuk mencatat sesuatu hal seperti ide, pelajaran penting dan yang semacamnya, sehingga jadilah aplikasi evernote sebagai software pencatat yang dapat dimanfaatkan.

Evernote mendukung sejumlah platform sistem operasi, adapun beberapa Sistem Operasi yang dimaksud adalah Microsoft Windows, MAC OS X, Android, IOS, Blackberry, Windows Mobile, Symbian S60, dan WebOS.
Aplikasi ini berbasis CLOUD, dimana semua data disimpan di server internet. Karena itu, kita harus memiliki sebuah akun jika ingin memakai EVERNOTE. Gunakan saja akun kalian yang paling sering digunakan.

seperti ini misalnya


Dengan begitu, jika tulisan kalian akan disimpan oleh aplikasi EVERNOTE. Yang harus kalian lakukan selanjutnya adalah, menyimpannya. Jika selesai mengetik aplikasi EVERNOTE di handphone,  jangan lupa disave. Nanti, suatu saat kalian punya waktu untuk membuka komputer kalian, maka tulisan kalian akan terlihat di komputer ketika kalian masuk ke web EVERNOTE. Mudah kan.

ini contoh tulisanku. Setiap kali datang ke pengajian, aku rajin menulis dengan handphone apa saja materi pengajiannya agar tidak lupa. Nah, bukan cuma mengetiknya di handphone tapi juga mengabadikan gambar dari slide yang diberikan, atau sekedar wajah penceramahnya agar bisa mudah aku mengingatnya. Lihat, jadi selain isi materi pengajian, aku juga bisa melihat slide yang diberikan terkait dengan materi pengajian saat itu.

Apa saja kegunaan Evernote?

ini promonya si EVERNOTE tapi harus diakui, emang terbukti enak sih. Aplikatif banget untuk kegiatan tulis menulis dan blogging

CATATAN: Kalian hanya mendapat gratis 40MB perbulan jika ingin mengabadikan semua tulisan, foto dan gambar kalian secara GRATIS di EVERNOTE. Lebih dari 40MB maka kalian tidak dapat menulis atau menggambar atau motret lagi. Jadi, catatan yang sudah dipindahkan ke blog, mending dihapus saja sih saranku. Kan EVERNOTE itu bukan gudang memori selamanya untuk menyimpan semua data kalian.
Tapi, jika hanya tulisan saja, tidak ada video, gambar atau lagu, atau suara, maka 40MB itu cukup banget sih sebenarnya. Ini kita ngomong kapasitas menyimpan dalam 1 bulan loh ya. Jadi, misalnya nih, tulisan itu sudah banyak banget dan mencapai kapasitas maksimum di bulan September, ya sudah... tahan dulu. Sabar. Dibuat bersambung saja di bulan Oktober karena di bulan Oktober, kalian kembali mendapat kapasitas gratis 40MB lagi. Dan yang bulan September tetap ada tersimpan. Tuh. Asyik kan?

Oke. Lanjut ya kegunaan dari EVERNOTE.

  •  Fitur Pintasan (shortcut)
Dengan EVERNOTE, kita bisa mencari atau mengakses catatan penting yang kita buat dengan mudah dan cepat. Yaitu dengan menggunakan fitur Pintasan atau shorcut. Kita bisa mengakses berbagai catatan, label, buku serta berbagai tumpukan catatan dokumen yang penting. Kita juga bisat melakukan itu semua dengan sekali tekan saja.Otomatis jadi hemat waktu kan?
  • Evernote terintegerasi dengan OfficeSuite
EVERNOTE sudah terintegrasi dengan aplikasi OFFICESUITE. Karena itu, kita bisa mengelola file-file dokumen yang ada di handphone android kita. Lalu melakukan aktifitas memindahkan data atau mensinkronisasikannya dengan data yang ada di komputer kita. Fitur ini berguna banget jika ingin sedang berada jauh dari rumah (komputer) dan cuma ada handphone saja di tangan. Tiba-tiba ada ide untuk menulis... TRING.... tulis saja ide itu di EVERNOTE, save. Nanti jika sudah sampai di rumah dan ada kesempatan untuk membuka komputer tinggal disinkronisasi saja. Kalau belum ada waktu untuk buka komputer, ya tidak mengapa buka aplikasi EVERNOTE lagi lalu klik edit dan perbanyak lagi tulisan di handphone tersebut. Dengan begitu, ide bisa terus berkembang.
  • Fitur Kamera multipotret
Nah... ini nih keunggulan dari fitur Kamera multipotret yang ada di EVERNOTE. Kita bisa mengambil banyak foto sekaligus dengan mudah. Fitur ini merupakan fitur yang terbilang cukup istimewa, Anda dapat memanfaatkan fitur ini dengan berbagai hal.

ini contohnya. Aku bisa menulis lalu langsung mengabadikan banyak gambar terkait dengan tulisanku

  • Mengelola file PDF
Dengan menggunakan Aplikasi evernote pada handpone Android, kita juga bisa melampirkan dokumen sehingga kita bisa mengelola file PDF secara langsung. Sehingga fitur ini sangat berguna untuk orang yang sering bekerja dengan file / bekas dengan format PDF.
  • Menyimpan catatan fisik
Evernote juga punya fitur untuk menyimpan berbagai catatan fisik di Evernote dengan menggunakan fitur Kamera Halaman. kita bisa menulis sesuatu pada sebuah kertas kemudian dengan kecanggihan Evernote dapat mendeteksi tulisan tersebut dan juga tepi / ujung-ujung kertas, evernote juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan bayangan yang ada sehingga membuat hasilnya lebih bersih ketika kita menaruhnya di akun Evernote kita. EVERNOTE juga bisa membaca tulisan tangan loh. Jadi, siapa tahu kecepatan mengetik di keypad mungil virtual di handphone android nggak bisa cepat-cepat mengetiknya, lebih merasa lebih cepat jika menulis dengan tulisan tangan di atas layar sentuh handphone, maka tulis saja. Dengan cepat EVERNOTE akan menerjemahkan tulisan tangan kalian ke ketikan yang rapi lalu menyimpannya sebagai berkas MS.WORD. Bahkan EVERNOTE juga bisa menyimpan gambar-gambar yang ditulis dengan tangan loh.

ini hasil pekerjaanku di EVERNOTE. Ada tulisan biasa, ada juga gambar-gambar sketch, ada juga foto bercerita. Macam-macam.

  • Mengelola daftar pekerjaan pada dokumen
Kita juga bisa membuat urutan dokumen catatan satu per satu yang ingin anda kerjakan, sehingga dengan mengurutkan daftar catatan dokuman, maka pekerjaan dapat menjadi rapi.

ini dia... ini urutannya sudah aku atur berdasarkan tanggal biar aku nggak lupa kapan kejadian yang aku tulis itu terjadi.
Dari begitu banyak kelebihan EVERNOTE, maka tidak salah jika di handphone androidku aku memasang aplikasi EVERNOTE dan di komputerku yang masih menggunakan window 8.1 juga aku pasang aplikasi EVERNOTE.

Yuhuuu.... tuh ada gajah hijau sebagai lambang EVERNOTE di layar komputerku

KELEMAHAN EVERNOTE:


Kelemahan EVERNOTE adalah, kita tidak bisa menshare pekerjaan kita ke pengguna lain. Baik melalui bluetooth atau wifi. Paling yang bisa dilakukan adalah melakukan copy paste dokumen lalu kirim ke email atau ke chat whats app. Untuk sementara, baru itu kelemahan yang dimiliki oleh EVERNOTE. Selebihnya sih aku puas memakainya. Makanya sekarang  aku merekomendasikannya pada kalian.




13 komentar:

  1. baru bikin akunnya doang mbak, belum manfaatin evernote :D

    BalasHapus
  2. Evernote itu aplikasi bawaan kalo di android saya, Mak. Jadi dari pertama punya hape saya gak perlu instal dulu.
    Iya, saya jg sangat terbantu dgn aplikasi ini. Tapi baru tau nih, ternyata kemampuannya banyak banget, ya. Selama ini saya cuma ngedraft tulisan+foto doang di sana :)

    BalasHapus
  3. Aku biasa simpen-simpen data di sini, mak. Sukanya lagi, kalau misal pnya hape baru, tinggal login aja pakai akun kita, data lama masih kesimpan. Ya, meskipun ada bbrp yg hilang sih :)

    BalasHapus
  4. Kalau aku biasanya pake ColorNote. Ga bisa sinkronisasi sih. Tapi solusinya, kalo udah ngetik agak banyak, aku kirim ke inbox Facebook :D

    BalasHapus
  5. Coba deh mbak cobain Google Keep, aku dulu juga pecinta Evernote, tapi sejak kenal sama Google Keep aku langsung pindah tempat, huehe.

    BalasHapus
  6. Aku pernah direkomendasikan juga sama temen buat pakai ini, tapi belum coba. Asyik juga kalau memudahkan untuk nulis ya, mba Ade.

    BalasHapus
  7. Pernah punya akunnya, tapi berhubung nggak ada waktu mempelajarinya jadi malah lupa. Ternyata asik juga.

    BalasHapus
  8. Nice, Thank to admin for the article

    BalasHapus
  9. Wah, di hpku ada enggak pernah dicoba. Thanks sharingnya Mbk :)

    BalasHapus
  10. saya juga sering pake evernote nih, cuman kelemahannya ini aplikasi kalo gratis cuman bisa aplod 60mb, jd gbs banyak2 bookmark atau masukin gambar

    BalasHapus
  11. oia aku juga pernah tuh aplikasi evernote, sangat membantu bgt,..

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...