badge

Selasa, 29 September 2015

Daun Poh-Pohan dan Sambal Hijau Teri Medan

[Lifestyle: Kuliner] Semalam, 3 Meals a Day seri-nya Jeongseon Village, Gangwon Province, adalah reality show tentang bagaimana kegiatan 3 orang pria yang harus membuat makanan dari apapun yang bisa mereka olah tanpa harus pergi membeli bahan makanan di Pasar. Alias mereka harus berkebun, atau berternak, atau memancing ikan untuk mendapatkan bahan makanan mereka.

3 Meals a day ini sudah memasuki session 2 dengan pemain tetap 3 orang yaitu Lee Seo Jin, Ok Taecyeon, Kim Kwang Kyu. Aku kebetulan nggak pernah nonton yang session 1-nya. Tapi, acaa ini seru sih. Sederhana banget idenya. Tapi, menarik kemasannya. Pemainnya juga nggak lebay. Natural aja mainnya.

Nggak terasa, acara 3 Meals a Day sudah memasuki Session terakhir juga akhirnya. Karena, acara ini memang berlangsung sepanjang 3 musim saja. Yaitu, dari musim Spring to Early Fall. Nah, semalam Bintang Tamu terakhir mereka adalah Park Shin Yee.





Gara-gara nonton acara ini, aku jadi membayangkan enak deh kayaknya makan nasi panas dengan sambal hijau dan lalap daun poh-pohan. Jadilah pagi ini aku memasak menu itu. Tentu saja, karena di rumah yang suka pedas hanya aku seorang, jadi aku memasak juga menu lain.

Sebelum tidur, aku sempat ngobrol dengan suamiku.
"Aku jadi pingin makan makanan sunda. Enak kayaknya makan sambal cobek, ditaruh di dalam daun poh-pohan."
"Iya ya enak kayaknya."
"Eh... ada loh restoran Sunda di daerah Santa. Dapur Sunda atau apa gitu."

hahahaha. Aku dan suami memang pasangan yang gemar wisata kuliner. Tapi, biasanya kami melakukannya di akhir pekan. Sedangkan ini hari kerja. Jadi... pagi-pagi setelah mengantar anak sekolah, aku mampir di pasar dan mulai belanja bahan makanan yang aku pinginin semalam.

Ini menu rumahku hari ini:


Terdiri atas:
- Tumis Ayam-jagung muda-cabai hijau.
- Lalap daun poh-pohan
- Bakwan toge wortel
- Sambal Hijau teri medan

Terlihat enak kan? Benar.
Sambal hijaunya sengaja dibuat tidak terlalu pedas agar bisa digado alias dimakan begitu saja hanya dengan mengudapnya dengan daun poh-pohan.

Dan ini resep  Sambal Hijau Teri Medan:


Bahan Yang Dibutuhkah:


  • Teri Medan
  • Cabe Hijau
  • Tomat Hijau
  • Bawang Merah
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam, gula


Cara Membuatnya:



  1. Teri Medan dicuci bersih, tiriskan, lalu goreng garing. Lalu tiriskan.
  2. Haluskan cabe hijau dan bawang merah (karena aku malas ngulek, aku menghaluskannya dengan blender. Nah... karena ciri khas sambal hijau ini adalah bukan sambal halus, maka sisakan sedikit cabe hijau dan tomat hijau yang utuh. Mereka diiris tipis-tipis ya.
  3. Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu tumis sambal halus, campur dengan irisan cabe dan tomat hijau, beri garam dan gula agar enak (cicipi) setelah mendidih sambalnya, baru masukkan teri medan yang sudah digoreng tadi.
  4. Hidangkan.

Tuh... Gampang kan. Dikudap dengan daun Poh-pohan deh. Hmm.. Yummy.

Tahukah kalian?


Daun Poh-pohan, ini memiliki nama Pilea melastomoides. Sekilas bentuknya mirip daun sirih atau daun mawar. Tapi dia lebih lebar seperti daun mangkuk-mangkukan. Rasanya pedas seperti mint juga manis seperti daun kemangi. 

Daun ini ternyata memiliki kadar kalsium paling tinggi dibanding sayuran dan lalapan lain. Lebih lengkapnya, :
Kandungan gizi yang terdapat dalam daun pohpohan per 100 gr daun pohpohan yaitu
Energi 37 Kal
protein 2,5 gr,
lemak 0,8 gr,
karbohidrat 6,9 gr,
Kalsium (Ca) 744,0 mg,
fosfor 80,0 mg,
besi 5,9 mg,
vitamin A 900 RE,
vitamin C 5 mg,
vitamin B1 0,03 mg,
air 87,4 gr.

Bagi yang tidak suka susu, daun poh-pohan bisa jadi alternatif pengganti susu karena kandungan kalsium yang tinggi di daun ini. Kalsium itu berguna untuk pembentukan tulang dan gigi pada anak-anak dan mencegah osteoporosis pada orang tua.

4 komentar:

  1. Duh, malam-malam mampir kemari jadi makin lapar nih mbak, sambel teri ijo itu loh yang bikin ngilerrr :)

    BalasHapus
  2. mantap banget mak Ade pintar masak. Aku paling malas masak, dan sekarang setelah tinggal berdua saja, tambah malas masak. Itu sambal teri ijonya , nyam2

    BalasHapus
  3. ya ampuuunnn sbgai penggemar lalapan, menu sayur ama sambel begini doang udh bisa bikin aku ngiler ngebacanya ^o^.. aku mah gampang mba, ga prlu lah lauk2 yg lain, cukup nasi panas, sayur lalap ama sambel terasi doangpun udh happy :D

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...