badge

Sabtu, 04 Juli 2015

Memperkenalkan Huruf pada Anak di Usia Dini

Apa yang membedakan manusia dengan hewan dan makhluk hidup lainnya? Salah satunya itu adalah, kemampuan dalam membaca dan menulis.

Dengan membaca dan menulis, manusia berusaha merekam semua kejadian yang dia lihat atau dia rasakan, dan lalu dikomunikasikan pada orang lain semua kejadian tersebut.

Kemampuan membaca dan menulis pada manusia, bahkan sebenarnya sudah dimulai ketika masih jaman purba dahulu. Yaitu dengan memahat simbol-simbol gambar tertentu yang membentuk sebuah cerita di dinding-dinding gua. Manusia purba membaca lewat gambar-gambar yang diurutkan dengan cukup rapi dan runut.

Jaman sekarang, yaitu ketika manusia sudah mengenal simbol yang lebih universal dipergunakan di suatu kelompok atau beberapa kelompok atau bahkan lebih luas lagi cakupannya, maka manusia mulai berkenalan dengan huruf dan angka. Dan, dimulailah kegiatan untuk belajar membaca dan menulis.

Inilah awal seorang manusia diperkenalkan dengan huruf dan anak, sebelum mereka belajar membaca.



Usia berapa idealnya seorang anak diperkenalkan huruf?

Sebenarnya, tidak ada patokan dasar usia ideal anak bisa diperkenalkan huruf, dan berlanjut dengan cara membaca dan cara menulis huruf tersebut. Hanya saja, pengajaran untuk memperkenalkan anak pada berbagai macam simbol awal sebelum dia belajar membaca dan menulis bisa dilakukan di usia yang masih amat dini.
DENGAN CATATAN: HARUS DILAKUKAN DENGAN FUN.

Kebetulan, aku termasuk orang tua yang lebih sering menyarankan agar anak tidak perlu diajarkan membaca dan menulis sejak usia dini.
Mengapa? Karena, orang tua sering memiliki ambisi tertentu pada anak dan akhirnya membuat anak merasa terpaksa ketika diajarkan membaca dan menulis. Akhirnya anak menjadi stress dan tertekan.

HATI-HATI: Anak yang diajarkan membaca dan menulis di usia dini tapi dalam kondisi tidak menyenangkan proses belajarnya, maka hasil yang didapat adalah anak justru tumbuh menjadi sosok anak yang malas membaca dan malas belajar.

Tapi, sekarang ada banyak cara untuk menghadirkan keceriaan pada anak jika memang ingin diperkenalkan pada huruf di usia dini. Salah satunya lewat permainan pengenalan huruf dan angka.

Salah satu permainan pengenalan huruf dan angka itu salah satunya adalah aplikasi belajar menulis huruf di aplikasi petualangan BOCI.




Aplikasi mengenal huruf ini tersedia dalam dua bahasa yaitu bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Buatku, yang pingin juga anak belajar bahasa inggris sedikit demi sedikit, tentu saja ini amat membantuku



 Catatan penting:
Sering ada keluhan dari para orang tua tentang anaknya yang masih kecil tapi sudah mulai kecanduan gadget. Jadi, kemana-mana gadgetnya selalu dipegangnya. Nyaris sepanjang hari matanya menatap gadget. Tapi, yang diperhatikan oleh anak hanya permainan saja. Game-game yang sebenarnya kurang memberi manfaat bagai tumbuh kembang anak di usia dini.

Dalam perkembangan anak, seharusnya di usia 2-4 tahun, selain melakukan gerakan motorik (lari-lompat-jongkok-berputar-menari-berjingkat, dll) anak juga harus belajar mengembangkan kemampuan bicara dan berpikirnya. Jika anak dibiarkan bermain game di gadget dalam kondisi diam tanpa bicara, maka kemampuan bicara anak akan mengalami hambatan nanti. Dan jika anak dibiarkan sendirian saja dan tenggelam dengan permainannya maka anak akan tumbuh sebagai sosok yang sulit bersosialisasi dengan orang lain.

Untuk itu, PENTING BAGI ORANG TUA UNTUK TETAP MENDAMPINGI SI KECIL KETIKA MEREKA SEDANG ASYIK DENGAN GADGETNYA.

Caranya, bisa dengan cara bercerita, atau memberi tantangan pada anak untuk menyelesaikan permainan interaktif yang ada di aplikasi di gadget mereka atau membimbing anak untuk mengerjakan sesuatu. Termasuk disini adalah memberikan tanggapan berupa saran, cerita nostalgia masa kecil ayah ibu dulu, atau dongeng yang dihubungkan dengan aplikasi gadget yang sedang dihadapi.
Dalam hal ini, aplikasi Petualangan Boci, menggunakan 3 kendaraan nostalgia yang dipakai untuk anak belajar menulis huruf. Yaitu 3 kendaraan di udara (pesawat terbang), di sungai (perahu) dan di rel kereta api (dengan kereta api).

Pemikirannya sederhana saja mengapa menggunakan tiga kendaraan tersebut, yaitu agar orang tua bisa memanfaatkan ketiga kendaraan tersebut untuk bercerita pada anak tentang 3 alat transportasi yang dulu sering dibuat oleh ayah ibu di masa kecil dulu.

masih ingat dengan ketiga permainan nostalgia ini? gambar diambil dari sini

Nah.. sekarang cara mengajarkannya:


Pertama-tama, tentu saja download dulu aplikasi ini. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rollingglory.bocitracealphabet  aplikasi ini bisa didownload di semua gadget yang menggunakan operating sistem android.

Atau :

Boci Trace Alphabet dari Rolling Glory
Bisa di-download di sini


Untuk lengkapnya, ini langkah-langkahnya:

gambar diskrinsut dari sini
Lalu, kita bisa memulainya deh.
Pilih dulu kendaraan yang mau digunakan lalu mulai dengan langkah selanjutnya.




Ajak anak untuk menyentuhkan jemarinya mengikuti bentuk huruf yang tersedia.



 Dan.. mulai!
 








Catatan tambahan dariku sebagai orang tua yang sudah punya anak dengan variasi usia yang beragam:

Meski sekarang ini sudah jaman digital, tapi mengajarkan anak untuk bisa memegang alat tulis dan mencoret di kertas secara manual tetap perlu. Jadi, untuk hasil yang lebih baik, jika anak sudah mahir mengikuti bentuk huruf di gadget mereka, coba ajak untuk mempraktekkannya di atas kertas secara manual dengan menggunakan alat tulis yang dipegang dengan jari mereka.
Dan untuk bersenang-senang dengan gadget, silahkan download aplikasi ini ya.

Boci Trace Alphabet dari Rolling Glory
Bisa di-download di sini



7 komentar:

  1. Saya lebih mengajarinya menggunakan buku tulis, mengajarkannya memegang bolpoin atau pensil daripada belajar menulis pakai aplikasi. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketika anak masih usia 2 tahun, mungkin mengajarkan manual lewat pulpen dan buku itu lebih berat sih buat anak. Khawatir dia malah jadi malas karena merasa tertekan.

      Hapus
  2. Wah bagus nih, bisa buat main Aisyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak.. recomended nih buat si kecil

      Hapus
  3. aplikasinya baguuus nih mba...Obi juga on et off, kadang suka belajar alfabet, kadang maleeesnya minta ampun..tergantung mood banget. Dan sering lupa...jadi yang ada kita ajarin terus pelan-pelan kalau dia lagi happy :)

    BalasHapus
  4. De Zaudan baru aja install yang ini. Kemaren dia suka sama Boci di Pasar Malam. Cobain deh, seruuuu...

    BalasHapus
  5. solusi untuk mengobati penyakit yang abda keluhkan
    obat herbal tumor otak

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...