20 Tips Meringankan Pekerjaan di Dapur

Aku dikirimi teman berbagai tips untuk meringankan pekerjaan para ibu rumah tangga (atau siapa saja) selama berkecimpungan dengan pekerjaan rumah tangga sehari-hari, khususnya ketika berada di dapur. Apa saja?

Tips Meringankan Pekerjaan di Dapur:
1. Agar TELUR REBUS tidak susah dikupas, jangan lupa celupkan kedalam air es saat telur tersebut baru matang/masi panas

2. Agar CABE tidak meletup-letup ketika digoreng, jangan lupa tusuk ato lukai sedikit cabe tersebut dengan pisau sebelum digoreng

3. Saat mencuci KANGKUNG, arnong/selada air ato genjer serta tanaman air lainnya jangan lupa dibilasan pertama bubuhkan sesendok garam lalu diamkan sejenak agar binatang-binatan kecil yang mungkin hidup dibatang dan daunnya mati .. biasanya yang hobi nongkrong di situ lintah, keong, ulat dan cacing air.. ( brokoli dan kembang kol juga sering ada ulatnya jadi jangan lupa pula gunakan cara ini

4. Agar TAHU awet ketika disimpan, cuci bersih dengan air, kemudian siram dengan air panas, setelah itu lap dengan tisu dapur, simpan di dalam tupperware tutup rapat, kemudian letakkan di dalam kulkas insya allah bisa tahan 1minggu

5. Untuk mengetahui TELUR BUSUK atau tidak bisa gunakan tes apung air, jika mengapung diatas air tandanya telur busuk.

credit foto


6. Ketika akan mengocok TELUR untuk berbagai macam kue, pastikan telur dalam keadaan suhu ruang (bukan dingin karena baru keluar dari kulkas, hal ini bisa membuat adonan tidak ngembang)

7. Jika menyimpan SAYURAN di dalam kulkas, jangan pakai keresek tapi gunakan koran dan majalah bekas, sebab ini bisa mencegah air embun sayuran menggenang yang bisa mengakibatkan sayur cepat busuk.

8. Untuk menetralisir bau dalam kulkas belah KENTANG dan letakkan di rak kulkas, kentang bisa menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas

9. Agar IKAN tidak lengket di penggorengan, gunakan wajan yang khusus untuk menggoreng, jangan sekali-kali menggoreng ikan di wajan yang pernah atau sering dipakai untuk menumis, sebab sudah pasti ikan goreng akan lengket dan hancur ketika dibalik, bisa juga olesi sedikit garam ke wajan sebelum dituangi minyak

10. Untuk menghilangkan rasa panas di tangan akibat terlalu lama memegang cabe ato sambel, (kata orang jawa tangan WEDHANGEN) bisa dengan cara cuci bersih tangan dengan sabun sampai 2 atau 3 kali, kemudian lap dan masukkan tangan ke dalam beras, benam dan remas-remas beras sebentar, dijamin rasa panas ditangan akan hilang

11. Agar MATA tidak PEDIH ketika mengiris bawang merah, letakkan wadah berisi garam disamping talenan, cara ini insya Allah ampuh menghindarkan mata agar tidak pedih.

Di dusun saya, Sekayu (Sumatra Selatan), jika kenduri dan harus mengupas banyak sekali bawang merah, maka satu butir bawang merah ditancapkan di ujung pisau. Hal ini dipercaya bisa mengusir rasa perih di mata ketika mengupas bawang.

12. Agar BERAS tidak dikunjungi kutu beras, letakkan sebungkus plastik yang berisi beberapa sendok kopi bubuk, kemudian beri sedikit lubang plastiknya.. kutu beras tidak suka aroma kopi jadi insya Alloh dia tidak akan berani datang ke beras.


13. Jika peralatan masak KUSAM akibat noda dari bumbu yang berwarna seperti kunir, ato panci yang terlalu sering dibuat merebus air jadi kekuningan.. ambil sesendok baking soda beri sedikit air  gosok-gosok ke panci.. diamkan sebentar, lalu bilas.. jika masih ada noda bisa diulang lagi

14. Agar kembang kates, daun kates/pepaya dan pare tidak terlalu PAHIT ketika dimasak, baiknya sebelum ditumis .. rebus sebentar di air rebusan daun jambu biji .. (caranya, rebus air, ambil beberapa lembar daun jambu biji, tunggu hingga mendidih, masukkan daun jambu, tunggu 5 menit, masukkan kembang/daun pepaya/pare) diamkan sebentar matikan api.. baru setelah itu tiriskan dan siap untuk dimasak sesuai selera.. (kalo daun pepayanya untuk kulupan, bisa direbus hingga matang bersama daun jambu)

15. Agar TEMPE tidak mudah busuk, jangan simpan di dekat garam

16. Jika menyimpan DAGING di freezer, pastikan daging tidak keluar masuk freezer berulangkali karena hal ini bisa membuat bakteri berkembang biak, jadi potong-potong dulu dagingnya sesuai dengan perkiraan kebutuhan per tiap kali masak dan simpan di plastik kecil-kecil secara terpisah sehingga ketika akan mengambil, bisa ambil seperlunya saja .

17. Jika anda penggemar kopi, jangan buang ampas kopinya. Tampung ampas kopi sisa minum kopi, jemur lalu taburkan di bawah jendela dan pintu atau di bawah lemari. Ampas kopi bisa mengusir semut.

18. Menyimpan tomat dengan tangkai yang masih utuh akan membuat tomat tidak cepat membusuk. Tangkai yang masih menempel pada buah tomat akan menjaga kelembaban buah tersebut, mencegah udara luar untuk masuk dan melakukan oksidasi. Menyimpan tomat pada suhu kamar juga bisa membuat tomat tidak mudah membusuk.

19. Agar kentang terlihat bersih setelah dikupas.
Sebelum kamu memasaknya, rendamlah potongan-potongan kentang ke dalam air dingin. Ini akan mencegah berubahnya warna kentang menjadi kecoklatan atau keabuan — hal yang biasanya terjadi karena proses pelepasan zat tepung pada kentang.

20. Cara mudah mengupas kentang rebus. Rebus kentang hingga matang, setelah itu angkat dan segera celupkan ke dalam air dingin. Setelah itu, kamu dapat dengan mudah melepaskan kulitnya.

6 komentar

  1. tips keren yang saya baca sebelum masuk dapur :D

    BalasHapus
  2. Kalau tahu biar awet biasanya aku kukus dulu, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya idem.. aku juga gitu... tapi kalo gak sempat, kadang aku rendam aja di rendaman air kunyit dan garam.

      Hapus
  3. Tipsnya banyaaaak... Dan bermanfaat sekali 😇😍😇

    BalasHapus
  4. kereeeeen....syg g punya dapur hihi. makan lgsg jadi trus

    BalasHapus