badge

Selasa, 23 Juni 2015

Buka Puasa Martabak

Hari ini kalian buka puasa dengan apa? Keluargaku dengan martabak manis dan martabak asin.

acar untuk martabak asin

cuka untuk martabak asin

martabak asin spesial
Martabak asin itu isinya sebenarnya sama saja: daging cincang, potongan daun bawang, dan telur. Pilihan telurnya ada yang telur bebek ada juga yang telur ayam. Yang enak itu telur bebek.

Penamaan jenis dan harga martabak asin disesuaikan dengan jumlah telur yang digunakan
 Martabak biasa: 2 telur
Martabak spesial: 3 telur
Martabak istimewa: 4 telur
Martabak Luar baisa: 5 telur

Konon, martabak ini adalah makanan khas dari Asean loh. Asalnya sih sepertinya dari India sana yang lalu disesuaikan dengan lidah daerah setempat.

martabak manis
 Sedangkan martabak manis, di Jakarta (aku nggak  tahu di daerah lain) terbagi dua jenis: martabak bangka dan martabak bandung.

Nah. aku pernah iseng bertanya apa bedanya martabak bandung dan martabak bangka.. ternyata perbedaannya adalah.. jreng.. jreng... tergantung yang jual. Jika yang jual orang Bangka maka disebut martabak bangka dan jika yang menjual orang bandung maka disebut martabak Bandung.
Hmm... ngeselin gak sih jawaban mereka? wkwkwkwkkw

Ya sudah. Nggak usah dipikirin terlalu mendalam.
Apa bukaan untuk berpuasa kalian?

10 komentar:

  1. aku lebih suka martabak telur dibanding martabak manis mbak. tapi kalaupun makan yang manis, aku pasti pilih yang isinya keju...hm yuuummmiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku suka keduanya.. cuma.. ya itu.. hiks. fatty banget.. jadi terpaksa harus ngurangi

      Hapus
  2. kalo di bandung sendiri ga ada martabak bandung, adanya cuma martabak dan martabak bangka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo... jangan2 di bangka juga demikian ya.. jadi cuma ada martabak dan martabak bandung aja.. heheheh

      Hapus
  3. enak martabak asiin.. ga eneg kalo makannya abis banyak :D

    jadi kalo yg jual org surabaya, namanya martabak surabaya dong mba? :D

    BalasHapus
  4. Kalau di surabaya martabak manis bilangnya terang bulan
    kalau bilang martabak manis pada bingung :D
    soalnya martabak itu sebutan khusus martbak telor :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... ini malah info baru... berarti di tiap daerah berubah ya sebutannya

      Hapus
  5. Kalau di Gresik, martabak manis namanya 'terang bulan' :)

    BalasHapus
  6. Ya Allah Ya Allah..siang2 aku terdampar di sini...
    :)

    BalasHapus
  7. Dua2nya di sini ada yang jual. Biasanya beli yang martabak terang bulan kalo lagi pengin cemilan. :D

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...