Langsung ke konten utama

Pos

Menampilkan postingan dari Juni, 2015

Mobil Idaman untuk Keluargaku

[Lifestyle: Shopping] Punya mobil pribadi itu... antara kepingin dan tidak kepingin.

Jika sedang bepergian, karena aku sering melewati jembatan penyeberangan yang melintang di atas kota Jakarta, rasanya jadi tidak kepingin punya kendaraan pribadi.
Jakarta tuh... macetttt dimana-mana. Khususnya di hari Senin pagi (dari pukul 06.00 s/d pukul 11.00) dan Jumat sore (mulai pukul 14.00 s/d pukul 21.00... kadang, malah macet sampai pukul 22.30).
Kejebak macet itu rasanya.... menyebalkan.

Resep Chicken Curry Rice Japanese (nasi kari ayam jepang)

Ada yang pernah mencoba nasi kari Jepang alias Curry Rice di restoran Jepang? Biasanya mereka tersedia dalam 2 pilihan, yaitu Beef Curry Rice atau Chicken Curry Rice.
Aku termasuk penggemar masakan ini. Jadi, jika kebetulan mampir ke restorant Jepang, selain Nasi Goreng Salmon Asap, biasanya Chicken Curry Rice yang aku pesan.

Penampakannya seperti ini di salah satu restoran Jepang:

Di bulan Ramadhan ini, yaitu di saat antrian orang untuk berbuka puasa di Mall sedang panjang-panjangnya, aku kepingin makan Curry Rice ini.  Nah loh. Gimana dong? Jadilah aku membuatnya sendiri di rumah. Dan berikut ini adalah resep yang berhasil aku terapkan di rumah (*catatan: ketika mencoba resep ini terjadi pengkhianatan dari botol merica hitamku. Yaitu, tutup penahan butirnya terlepas sehingga yang seharusnya jatuh seperti hujan gerimis malah jatuh seperti gelombang tsunami di masakanku. Akibatnya, masakanku pedas oleh merica. Jadi, tolong pastikan tutup botol merica kalian kencang ketika sedang menab…

2 Hambatan menjadi Orang Tua yang cerdas

Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China. Itu adalah pepatah Arab yang sering diperdengarkan untuk mengungkapkan betapa belajar itu penting untuk dilakukan. Karena dengan ilmu, seorang manusia bisa mencapai kemuliaan, dan lewat ilmu pula banyak persoalan bisa diselesaikan. Dan sebagai orang tua, ketika mengasuh-merawat dan mendidik anak-anaknya, maka orang tua haruslah memiliki ilmu yang cukup. 
Bisa jadi, kelebihan para orang tua dibanding anak-anak mereka itu satu: mereka dilahirkan terlebih dahulu dan diberi kesempatan untuk meraub ilmu sebanyak mungkin serta merasakan berbagai macam pengalaman hidup lebih dahulu daripada anak-anak mereka. Kedua bekal inilah yang menjadi pegangan para orang tua ketika Allah memberikan mereka amanah berupa anak-anak yang harus mereka jaga-lindungi-didik-besarkan.
Tapi, meski sudah memiliki ilmu dan pengalaman hidup yang bisa dikatakan lebih daripada anak-anak mereka, ada dua hal yang sering menghambat para orang tua untuk tampil menjadi "ORANG TUA…

Temper Tantrum Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Pernah menemukan seorang anak balita  yang sedang marah-marah hebat? Menangis keras hingga separuh teriak, guling-guling di lantai dengan air mata berlimpah, dan teriak-teriak? Terkadang, dalam tangisan keras itu muncul juga perilaku membentur-benturkan kepala ke dinding atau lantai. Atau melempar semua benda yang ada di sekitarnya. Atau bahkan memukul orang yang ada di dekatnya? Semua perilaku ini disebut Temper Tantrum.

Apa itu Temper Tantrum?

Temper Tantrum adalah suatu letupan amarah anak di saat anak menunjukkan kemandirian dengan sikap negatifnya. Atau ekspresi kemarahan pada anak-anak usia prasekolah.

Siapa Saja yang mengalami Temper Tantrum?
Umumnya, Temper Tantrum dialami oleh anak usia prasekolah. Yaitu usia 2 hingga 4 tahun. Yaitu ketika seorang anak sudah tahu apa yang dia inginkan tapi kosakata yang mereka miliki belum banyak. Mereka kesulitan untuk menyampaikan keinginan mereka tersebut pada orang dewasa yang ada di sekitarnya. Padahal mereka ingin agar keinginan mereka se…

Buka Puasa Martabak

Hari ini kalian buka puasa dengan apa? Keluargaku dengan martabak manis dan martabak asin.



Martabak asin itu isinya sebenarnya sama saja: daging cincang, potongan daun bawang, dan telur. Pilihan telurnya ada yang telur bebek ada juga yang telur ayam. Yang enak itu telur bebek.
Penamaan jenis dan harga martabak asin disesuaikan dengan jumlah telur yang digunakan  Martabak biasa: 2 telur Martabak spesial: 3 telur Martabak istimewa: 4 telur Martabak Luar baisa: 5 telur
Konon, martabak ini adalah makanan khas dari Asean loh. Asalnya sih sepertinya dari India sana yang lalu disesuaikan dengan lidah daerah setempat.

 Sedangkan martabak manis, di Jakarta (aku nggak  tahu di daerah lain) terbagi dua jenis: martabak bangka dan martabak bandung.
Nah. aku pernah iseng bertanya apa bedanya martabak bandung dan martabak bangka.. ternyata perbedaannya adalah.. jreng.. jreng... tergantung yang jual. Jika yang jual orang Bangka maka disebut martabak bangka dan jika yang menjual orang bandung maka dis…

Happy Fathers Day (selamat hari ayah)

Kemarin, tepat hari minggu ke tiga di bulan Juni, seluruh dunia merayakan hari ayah sedunia (oh ya, aku buat tulisan tentang sejarah hari ayah dan hari ibu di dunia loh. Baca disini ya: Mothers day dan Fathers day).

Berikut ini adalah tulisan yang bagus yang aku dapatkan dari group whats app keluargaku. Berisi tentang peranan seorang ayah dalam keluarga dan melihat dari penyebaran pesan yang memiliki makna yang dalam ini, aku pikir tulisan ini pasti ditujukan dalam rangka peringatan hari ayah sedunia.



RAHASIA BESAR SEORANG AYAH YANG TIDAK DIKETAHUI SEORANG ANAK BAHKAN SETIAP ANAK DIDUNIA.

Mungkin ibu lebih kerap menelpon untuk menanyakan keadaanku setiap hari, tapi apakah aku tahu, bahwa sebenarnya ayahlah yang mengingatkan ibu untuk meneleponku?

Semasa kecil, ibukulah yang lebih sering menggendongku. Tapi apakah aku tahu bahwa ketika ayah pulang bekerja dengan wajah yang letih ayahlah yang selalu menanyakan apa yang aku lakukan seharian, walau beliau tak bertanya langsung kepadaku kar…

Mothers Day dan Fathers Day

22 Desember, ditetapkan sebagai hari ibu di Indonesia. Dan peringatan ini diperingati secara nasional.  Di sekolah-sekolah, ada peringatan hari ibu yang membuat para ibu biasanya menjadi sosok yang paling repot di hari itu.  Kenapa? Karena mereka harus mendandani putra putri mereka dengan aneka pakaian yang menunjukkan aneka profesi yang ada di Indonesia (boleh juga di seluruh dunia).
Mengapa peringatan hari ibu identik dengan karnafal memakai pakaian aneka profesi? Karena, ibu adalah sosok yang ada di balik sukses seorang anak dalam meraih cita-citanya. Ibu mengandung, merawat dan mendidik anak mereka sejak mereka masih kecil hingga dewasa. Itu sebabnya di balik sosok yang sukses selalu ada sosok perempuan istimewa di belakangnya. Dialah ibu.
Kapan sejarah hari ibu dimulai di Indonesia? Sejarah hari ibu dimulai ketika pada tanggal 22 desember 1928  para pejuang perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatra berkumpul dan mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 …

Kisah Yang (seharusnya) Mengharukan

Putri bungsuku datang padaku dengan wajah berseri siang itu. Matahari bersinar cerah, dan langit berawan sebagian saja. Aku sedang duduk di bawah tenda yang dibentang di tengah lapangan sekolah. Hari ini memang sedang ada acara pelepasan dan wisuda kelas VI.

Hari ini spesial. Karena putriku akan mempersembahkan drama Jaka Tarub di atas panggung. Sejak kemarin, dia sudah berlatih bersama teman-temannya. Dan semalam, kami sibuk mencari selendang yang matching dengan pakaian muslim yang dia kenakan.

Begitu bersemangatnya putriku, hingga dia (sepertinya) melupakan rasa laparnya. Itu sebabnya ketika tadi aku membawakannya cemilan, dia langsung meraih seluruh cemilan yang aku bawakan dan melahapnya dengan cepat. Lalu sebagai penutup dia memilih crackers AHA Chese.

AHA Chese itu, isinya ada 6 stick keju. Dia sudah menghabiskan 5. Dan karena dia melihat aku sendirian menunggu penampilannya di atas panggung, putriku ini mendatangiku.

"Ibu... ibu mau ini? Ini... aku sisakan untuk ibu. Ibu …

Resep Sosis Balut Mie Kering Goreng

[Lifestyle: Kuliner]: Aku sukses membuat kudapan dari bahan dasar mie. Ini bisa dikatakan salah satu resep andalanku jika pagi-pagi harus membuat bekal makan siang untuk dibawa anak ke sekolah.
Tahu sendiri kan, pagi-pagi gedubrak-gedubruk setelah selesai shalat shubuh. Mulai dari menyiapkan sarapan, cuci piring, lalu mulai menyiapkan bekal untuk makan siang.

Nah.. memasak mie instan dan membekali si kecil ke sekolah dengan Mie Instan? Itu boleh-boleh saja. Tapi, jika terlalu sering bentuknya Mie saja, bosan banget ya. Nah, ini variasi lain dari pengolahan menu berbahan dasar mie instan.

Takut Gemuk dan Takut Sakit jika Makan Mie?

[Lifestyle: Kesehatan] Aku punya sedikit trauma jika harus sering-sering makan mie. Di keluarga besarku, ada beberapa kejadian yang kurang enak untuk dikenang tentang kebiasaan makan mie soalnya.

Yang pertama, yang menimpa saudara sepupu jauhku beberapa tahun yang silam.
Jadi, ceritanya saudara sepupuku ini diterima di Universitas Negeri yang terletak di luar Jakarta. Yang namanya dapat universitas negeri, pastilah senang dong. Masalah harus tinggal berjauhan dengan keluarga, padahal selama ini dia anak mama, sepertinya urusan nomor dua.

Jadi, berangkatlah sepupuku itu keluar kota. Ibunya, karena tahu anaknya tidak bisa memasak sama sekali, membekali anaknya dengan beberapa kardus mie. Aneka rasa, ada mie goreng, juga ada mie rebus. Si anak memang ditempatkan di kost-kostan yang ada dapurnya. Jadi, jika lapas bisa memasak sendiri.

Vitamin A untuk Anak Kita

Jika bunda pernah membawa anak ke POSYANDU atau PUSKESMAS, pasti deh mengenal apa yang disebut dengan Vitamin A. Yaitu Vitamin yang bentuknya seperti softkapsul berwarna merah atau orang. Setelah ujung soft kapsul digunting, maka petugas posyandu atau puskesmas akan meneteskan cairan yang sedikit banget itu ke dalam mulut anak balita kita. Pemberian vitamin A gratis ini biasanya terjadi 6 (enam) bulan sekali. Umumnya POSYANDU atau PUSKESMAS akan memasang tulisan di spanduk besar yang digantung di atas bangunan mereka: Bulan Pemberian Vitamin A Gratis.

Nah.
Tulisan berikut ini bukan tulisan tentang pemberian vitamin A seperti itu. Tapi, ini adalah pesan nasehat dari psikolog Elly Risman tentang pentingnya kehadiran dan peran serta ayah dalam mendidik anak. Jadi, vitamin A disini adalah vitamin Ayah.

Aku dapat pesan ini dari whats App. Aku share disini saja deh, karena isinya bagus.
Selamat membaca:



[6/2/2015, 07:07] +62 888-0568-9733: 📝 Vitamin A untuk Anak Kita


Narasumber: Elly Risma…
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...