badge

Kamis, 21 Mei 2015

Ceklist Perlengkapan jika Bepergian Dengan Si Kecil

[Parenting] Bulan Juni hingga Juli, adalah bulan liburan!
Mengapa? Karena, di menjelang akhir bulan Juni, seluruh masa pendidikan sepanjang tahun ajaran selesai ditamatkan. Setelah bagi rapot, anak-anak pun libur kenaikan kelas.

Secara kebetulan, yang memperoleh libur kenaikan kelas bukan hanya mereka yang duduk di bangku sekolah saja (sekolah dasar dan sekolah menengah). Tapi juga mereka yang duduk di bangku kuliah. Bulan Juni dan Juli ini adalah masa liburan setelah mereka menyelesaikan akhir semester genap. Itu sebabnya pada bulan Juni dan Juli tempat-tempat yang menjadi tujuan berlibur keluarga mulai penuh terisi kunjungan.

Nah. Yang namanya liburan itu, enaknya sih bepergian tanpa ribet
Jadi, semua orang merasa senang, dan ibu yang menjadi manajer liburan keluarga tidak merasa direpotkan dengan hal-hal yang remeh temeh.

Kebetulan, aku termasuk ibu rumah tangga yang selalu senang jika bisa mempersiapkan segala sesuatunya dalam paket serba praktis dan ringkas. Aku kurang suka terlalu banyak bawa bawaan, pritil-pritil kecil, dan tidak praktis.  
Bisa jadi, karena aku sekeluarga selama ini tidak memiliki kendaraan (baik mobil maupun motor) sehingga caraku berpikir adalah: bagaimana caranya membawa barang secara ringkas dan tidak repot tapi tetap lengkap.

Biasanya, jka bepergian jauh, aku selalu mengenakan tas ransel. Selain dompet, hape, charger hape, maka ada satu lagi yang aku bawa. Yaitu pouch serba guna yang isinya amat komplit (aku sudah menulisnya di sini: Kantong doraemon dalam tasku). Nah.... tapi jika pergi ke luar kota; dimana mau tidak mau untuk alasan kepraktisan (mengingat sulit mendapatkan alat transportasi di luar kota), maka aku menyewa mobil biasanya. Karena anak-anak masih kecil, maka seluruh perlengkapan aku usahakan dimasukkan dalam mobil dalam kondisi paket siap bongkar tapi tetap terpaket rapi. Itu sebabnya aku selalu punya beberapa  tas organiser. Jadi, jika tiba kembali ke Jakarta dan mobil sewaan akan dikembalikan saat itu juga (biasanya mobil sewaan hanya mendrop di depan rumah soalnya), maka semua barang tidak tercecer dan tersebar.

Jadi, jika semua koper di letakkan di bagasi mobil, maka aku selalu punya beberapa barang yang harus berada di dekatku. Fungsinya untuk memudahkan pekerjaanku sebagai ibu rumah tangga dan ibunya anak-anak. Sekaligus manajer liburan keluarga.


Kebetulan, ketika aku mampir ke website jual beli Shopious, aku menemukan beberapa benda yang amat membantu para orang tua (khususnya para mama) yang akan mempersiapkan perlengkapan jika bepergian dengan si kecil. Benda-benda ini praktis sekali. Ringan, tidak ribet, dan memudahkan pekerjaan seorang ibu dan si kecil yang harus diasuhya selama liburan.

Ceklist Perlengkapan Jika Bepergian Dengan Si Kecil:

1. Travel Adaptor dan power bank.
Ini mah kudu deh. 




2. Mukenah praktis. 
Bagi mereka yang beragama Islam, kadang kita harus shalat di tengah jalan, di dalam kendaraan. Nah. Aku merekomendasikan mukenah yang terusan; jadi bukan yang atasan dan bawahan. Kenapa? Karena mukenah ini bisa dikenakan di dalam mobil yang sempit. Dan memakainya juga tidak ribet.
Pilih  bahan yang adem dari katun; jangan dari bahan yang panas seperti dari parasut atau poliyester. Karena, bahan yang tidak nyaman bisa bikin shalat tidak khusyuk.


3. Bantal Leher.
Jangan anggap remeh kehadiran bantal leher ini. Karena, jika kita memaksa diri untuk tidak istirahat ketika di perjalanan, bisa jadi ketika tiba di tempat malah mood kita jadi berantakan. Kelelahan dan kurang tidur bisa merusak mood liburan loh.


4. Balmut alias bantal selimut.
Nah. Jika kita tidur, anak-anak gimana? Kalau bisa sih, anak-anak diajak tidur juga. Dengan begitu mereka tidak terkuras energinya. 

Sering terjadi, pulang dari liburan, anak-anak malah jadi pada jatuh sakit. 
Kenapa bisa begitu? Biasanya sih karena mereka terlalu gembira baik di perjalanan maupun ketika sudah tiba di tempat maka mereka lupa istirahat. Belum lagi tubuh mereka tertimpa AC sepanjang perjalanan sehingga tanpa  sadar masuk angin.
Nah. Ada balmut nih alias bantal selimut. Jadi, jika dibentang mereka bisa menjadi selinut. Tapi ketika dilipat bisa menjadi bantal yang lembut dan empuk seperti boneka yang bisa dipeluk dan dijadikan alat kepala ketika ingin rebahan.
Praktis sekali.
Kebetulan, di website Shopious dijual aneka macam bentuk balmut. Coraknya lucu-lucu dan menggemaskan. 





liat deh, ketika dilipat dia bisa jadi boneka yang bisa dipeluk oleh si kecil
5. Rak Meja Lipat.

Hayo... siapa yang sering merasa kerepotan jika harus menyuapi anak di dalam mobil? Jalanan sedang macet tapi si kecil harus tetap diperhatikan makannya. Untuk turun dari mobil, rasanya tidak mungkin banget. Apalagi jika jalanan macet dan kita sedang berada di tengah jalan tol.

Solusinya, bawa deh rak meja lipat. Ini asli praktis banget. Ada tempat untuk menaruh minuman, ada alas tempat kita meletakkan makanan, ada tempat tissuenya. Benar-benar solusi untuk mengatasi kerepotan menyuapi si kecil anda.


6. Tempat Diaper untuk Baby
Kamar mandi tuh biasanya jika di perjalanan cuma ada di pom bensin atau rest area atau di masjid. Sulit bagi si kecil untuk menahan buang air selama itu. Yang praktis sih bawa diaper untuk dia.
Seperti ini nih:


7. Kursi makan anak portabel.
Baby Chair yang disediakan di rumah makan itu asli membantu banget buat para ibu yang punya balita. Taruh anak di baby chair, dan... voilaaaa..... kita bisa makan dengan tenang karena balita tidak lari kesana kemari di tempat makan.

Kita juga bisa makan bersama mereka.
Tapi, masalahnya tidak semua rumah makan menyediakan baby chair. Apalagi jika kita bepergian ke daerah.
Nah, apa salahnya jika kita membawa sendiri baby chair dari rumah? Aku merekomendasikan kursi makan anak portabel nih. Ada di Shopious.

lihat... bisa ditaruh di bentuk kursi apapun selama dia berbentuk kursi sandaran. Dan setelah digunakan bisa dilipat lagi. Praktis kan?

8. Bak Mandi Baby Portabel.

Si kecil selama berada di tempat liburan cuma di lap dengan waslap saja?
Aduh.. duh.. duh... kasihan.
Membersihkan badan itu paling ideal ya mandi sih menurutku. Kena air. Jadi hilang semua lengket di badan. Badan yang bersih akan membuat bayi juga merasa nyaman dan tidak rewel.
Tapi gimana dong kalau tidak ada bak mandinya?
Aku merekomendasikan bak mandi portabel nih mam. Praktis banget. Tinggal dipompa dengan pompa udara jadilah deh. Diisi air saja. Nanti jika sudah selesai liburan dan ingin kembali ke rumah, kempeskan lagi bak mandinya.


Itulah beberapa barang yang aku reomendasikan untuk dimasukkan dalam ceklist perlengkapan jika bepergina dengan si kecil.
Insya Allah membantu. 

13 komentar:

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...