badge

Selasa, 17 Maret 2015

Isi Kulkas yang Ramah Bagi Anak

[Parenting] Sering bepergian ke luar kota sehingga harus meninggalkan anak-anak di rumah?
Atau...
Sering harus berada di luar rumah sehingga harus meninggalkan anak-anak di rumah?
Atau...
Sering bolak-balik ke rumah sakit seperti aku sehingga harus sering meninggalkan anak-anak di rumah?

Nah... hal penting yang harus dipersiapkan jika salah satu dari tiga hal tersebut dialami oleh kalian, salah satunya adalah mempersiapkan isi kulkas yang ramah bagi kebutuhan anak-anak.



SEJARAH KULKAS




Sejak jaman dahulu, bahkan sebelum listrik ditemukan, orang-orang sudah mengetahui bahwa bahan makanan itu bisa diawetkan jika dimasukkan dalam sebuah ruangan yang bersuhu amat dingin. Membuatnya beku dengan bantuan es memang adalah cara mengawetkan makanan secara tradisional. Tapi, tidak semua tempat punya suhu dingin dan punya gunung es di dekat rumahnya. Solusinya, dibangunlah kamar es. Lalu, diletakkankanlah persediaan daging, ikan, minuman dan sebagainya di dalamnya.

Dalam perkembangannya, orang mulai memikirkan cara untuk membuat agar kamar es bisa diperkecil dan ketergantungan pada tumpukan es yang diletakkan di dalam kamar tersebut bisa dibuat lebih mudah. Kan capek juga ya jika harus menyediakan es yang bisa mencair setiap hari itu?

Pada abad ke-11, para fisikawan Persia dan kimiawan Ibnu Sina (Avicenna) menemukan kumparan pendingin , yang terkondensasi aromatik uap.
Ini adalah sebuah terobosan dalam penyulingan teknologi dan ia memanfaatkan itu dalam bukunya distilasi uap proses, yang memerlukan tabung berpendingin, untuk menghasilkan minyak esensial .

Pendingin buatan pertama yang diketahui telah ditunjukkan oleh William Cullen di Universitas Glasgow pada 1748.
Antara 1805, ketika Oliver Evans merancang mesin pendingin pertama yang menggunakan uap sebagai pengganti cairan, dan 1902 ketika Willis Haviland Carrier mendemonstrasikan pertama AC , puluhan penemu memberikan kontribusi kemajuan kecil di pendinginan mesin.
Di rumah pendingin menjadi kenyataan pada tahun 1834 dengan penemuan sistem pendingin kompresi oleh penemu Amerika Jacob Perkins .
Pada tahun 1850 atau 1851, Dr John Gorrie menunjukkan pembuat es

Pada tahun 1857, Australia James Harrison membangun dunia es praktis pertama membuat dan sistem pendinginan mesin, dan itu digunakan dalam industri pengepakan daging dan peragian Geelong, Victoria. Ferdinand Carré dari Perancis mengembangkan sistem agak lebih kompleks pada tahun 1859.
Tidak seperti mesin kompresi-kompresi sebelumnya, yang digunakan sebagai pendingin udara, peralatan Carré's terkandung berkembang pesat amonia.
Ini kulkas penyerapan diciptakan oleh Baltzar von Platen dan Carl Munters dari Swedia pada 1922, saat mereka masih mahasiswa di Royal Institute of Technology di Stockholm.
Ini menjadi kunci sukses di seluruh dunia dan dikomersialisasikan oleh Electrolux . pionir lain termasuk Charles Tellier , David Boyle , dan Raoul Pictet .


Carl von Linde adalah orang pertama yang paten dan membuat dan kompak kulkas praktis.
Unit-unit rumah biasanya diperlukan instalasi dari motor, bagian mekanik dan kompresor, di ruang bawah tanah atau ruang yang berdekatan sedangkan kotak dingin terletak di dapur.
Ada model 1922 yang terdiri dari sebuah kotak kayu dingin, air-cooled kompresor, sebuah batu es dan baki-kubik kaki (0,25 m 3) kompartemen 9, dan biaya $ 714. (A 1922 Model-T Ford cost about $450.)

Pada tahun 1923 Frigidaire memperkenalkan diri pertama-unit yang terkandung. Tentang waktu yang sama lemari besi berlapis porselen mulai muncul.
Es nampan diperkenalkan lebih dan lebih selama tahun 1920, sampai saat ini pembekuan bukan fungsi tambahan dari kulkas modern.

Kulkas pertama untuk melihat secara luas adalah General Electric "Monitor-Top" kulkas diperkenalkan pada tahun 1927, disebut karena kemiripannya dengan pistol menara di kapal perang kuat USS Monitor dari 1860-an.


 Pengenalan Freon pada tahun 1920 memperluas pasar kulkas selama 1930-an dan memberikan rendah,-toksisitas alternatif yang lebih aman untuk digunakan refrigeran sebelumnya.
Freezer terpisah menjadi umum selama tahun 1940-an, istilah yang populer pada waktu unit adalah "deep freeze".
Perangkat ini, atau "peralatan", tidak masuk ke produksi massal untuk digunakan dalam rumah sampai setelah Perang Dunia II.
1950-an dan 1960-an melihat kemajuan teknis seperti otomatis pencairan dan membuat es otomatis.
Lebih efisien kulkas dikembangkan pada tahun 1970-an dan 1980-an, meskipun isu lingkungan menyebabkan pelarangan yang sangat efektif freon) refrigeran

Awal kulkas model (dari 1916) memiliki kompartemen dingin untuk nampan es batu.
Dari akhir 1920-an sayuran segar telah berhasil diproses melalui pembekuan oleh Perusahaan Postum (pendahulu dari General Foods ), yang telah mengakuisisi teknologi ketika membeli hak untuk Clarence Birdseye 's segar metode pembekuan sukses (sumber  informasi dari http://asal-usul-motivasi.blogspot.com/2011/01/asal-usul-sejarah-kulkas-atau-lemari-es.html)


 APA SAJA ISI KULKAS YANG RAMAH BAGI ANAK?


 Nah. Kembali ke pembicaraan kita tentang isi kulkas yang harus dipersiapkan jika ingin meninggalkan anak-anak di rumah dalam kurun waktu yang cukup lama atau cukup sering.

1. Makanan siap saji olahan. 

(sebenarnya aku kurang merekomendasikan sih untuk nyetok sosis, naget dan segala macam makanan beku siap saji keluaran pabrik. Karena, biar bagaimanapun, mereka punya bahan pengawet dalam makanan olahannya. Tapi, jika sesekali ya tidak apalah jika punya stop makanan siap saji tersebut.

2. Sayuran yang sudah dibersihkan.

Nah. Ini dia. Belilah beberapa sayuran segar di pasar. Bersihkan dengan air bersih. Keringkan dengan lap bersih. Setelah kering, balut dengan kertas roti atau tissue paper (paper towel), lalu masukkan ke dalam kantong plastik dalam takaran satu kali masak.

Misalnya: Potongan daun sawi; irisan wortel, pipilan jagung manis, potongan daun kangkung, irisan cabe, irisan nanas, irisan buncis, kacang kapri, kacang merah, serta irisan daun bawang.

Jangan lupa, untuk menulis resep sederhana di pintu kulkas.
a. Jika mau rebus mie, jangan lupa masukkan daun sawi dan wortelnya ya biar ada sayuran di mie rebus kalian.
b. Telur dadar: potongan tomat, bawang, cabe iris, daun bawang. Ada di frezer.
c. Opor: nanas, potongan ayam, bumbu opor halus, ada di frezer.
 dan sebagainya gitu deh.

Kebetulan, karena aku sering mengisi frezerku dengan hal-hal seperti di atas jadi tidak perlu lagi menulis resep-resep di pintu kulkas karena anak-anak sudah mulai hafal apa saja kegunaan bahan makanan yang ada di dalam kulkasku.

3. Cemilan sehat.

Semua anak pasti suka ice cream. Siapa yang tidak suka coba?
Nah... daripada bolak balik ke warung buat beli ice cream, sediakan saja di dalam frezer. Tapi, dengan buat peraturan: 1 hari hanya boleh makan 1 buah saja.

"Ih, gimana caranya ngelarang anak gitu? Kan kita gak di rumah? Gimana ngontrolnya?"

Itu sebabnya, penting untuk mendidik anak bahwa ada Tuhan Yang Maha Melihat apa yang mereka perbuat meski kita sebagai orang tuanya tidak ada di sebelah mereka (lain kali aku insya Allah akan tulis tentang hal ini ya).

Kenapa cemilan untuk anak harus dibatasi? Karena, sesungguhnya jika anak terlalu banyak memakan sesuatu yang manis-manis, yang terjadi adalah mereka akan kehilangan daya konsentrasi mereka untuk belajar. Yang muncul adalah sifat aktif mereka. Lari sana lari sini tanpa bisa dilarang; teriak-teriak, dan tidak bisa diam.

Jadi, jika anak anda tidak bisa diam: coba deh cek berapa banyak gula yang sudah masuk ke dalam mulutnya?

Nah... ada baiknya juga, mulai perkenalkan anak anda pada coklat yang tidak seluruhnya coklat manis. Yaitu coklat pahit. Mulai dengan memberi anak anda coklat 12% dulu deh.. lalu jika sudah terbiasa, naikkan menjadi coklat 22%, lalu naikkan lagi terus jumlah persennya. Coklat pahit itu penting untuk variasi lidah anak. Jadi, anak tidak melulu kenal rasa manis saja. Tapi kenal dengan aneka rasa. Dengan demikian, dia bisa menikmati aneka jenis makanan dengan rasa nikmat dan tidak banyak protes.

Selain coklat dan ice cream, apalagi yang ada di kulkas? Tentu saja cemilan sehat seperti donat siap goreng; atau roti siap goreng, atau yogurt, susu segar.

4. Bumbu halus siap cemplung.


Aku juga mengisi kulkasku dengan bumbu halus siap cemplung. hehehe.. Ini adalah bumbu untuk masakan yang sudah aku haluskan dan masukkan ke dalam kantong plastik. Di luar kantong plastiknya, aku tulis dengan spidol waterproof:
OPOR, GULAI, RAWON, SOP AYAM, AYAM GORENG, RICA-RICA, SEMUR.

Jadi, meski aku tidak ada di rumah, anak-anak tinggal meraih kantong plastik yang sudah berisi bahan-bahan mentah dan bumbunya di frezzer. Letakkan di suhu ruang selama 1 jam sebelum diolah. Setelah dia agak mencair, mulai panaskan panci. Masukkan air, rebus hingga mendidih. Lalu, masukkan deh bahan makanan yang sudah dibungkus-bungkus ini. Praktis kan?

5. BAHAN MAKANAN SIAP OLAH.


Nah... selain sayur-sayuran seperti yang aku sebut di atas. Aku juga selalu membuat persiapan kantong plastik ukuran 1/2 kg yang berisi: potongan ayam sebesar dadu yang cukup untuk membuat 5 porsi sop ayam; atau 10 potongan daging ayam mentah yang siap olah siapa tahu ingin membuat ayam goreng atau opor atau gulai atau semur; atau 12 lembar tipis potongan ayam untuk ditumis; atau potongan besar dada ayam tanpa tulang untuk digoreng tepung.

Jadi, beli ayam atau daging atau ikan. Bersihkan, lalu tiriskan. Setelah itu, takar sesuai porsi yang diinginkan, masukkan dalam kantong plastik ukuran 1/2 kg, susun di dalam freezer.

Oh iya, aku juga nyetok air kelapa dalam kantong plastik. Buat apa? Karena konon, katanya ayam goreng jawa dan hidangan bacem itu lebih nikmat jika direbus dengan air kelapa.



6. PEMPEK PALEMBANG

 hehehehe.. . karena aku orang Palembang, maka di dalam freezerku aku selalu nyetok Pempek Palembang.

Ini makanan yang jadi kegemaran di rumah. Bisa dikudap begitu saja, bisa juga dikudap dengan cuko.
Rasanya: LEMAK NIAN (*artinya: enak bingitsss).

Sayangnya aku kurang jago bikin pempek palembang, jadi biasanya aku suka beli pempek palembang online gitu deh. Beli langsung agak banyak, taro di kulkas. Nanti kalau lagi mau nyemil, tinggal dikeluarin dari kulkas, cuci bersih tepung yang membalut pempeknya, lalu dikukus deh pempeknya. Kalau mau digoreng setelah dikukus boleh.. dimakan gitu aja juga bisa.

MORAL STORY DARI TULISANKU ADALAH:  anak-anak sudah diajarkan terlebih dahulu untuk mengolah makanan sederhana dan menyalakan kompor dengan hati-hati ya. hehehehe... jika ada asisten di rumah, anak-anak bisa tinggal minta tolong asisten tersebut. Tapi, aku kan tidak ada asisten, jadi mau tidak mau, anak-anakku sudah aku perkenalkan dengan dapur sejak usia dini. Setidaknya, bisa menyalakan toaster atau microwave atau merebus mie mangkuk dengan air dispenser panas. Nanti jika sudah 10 tahun, baru dibiasakan untuk menyalakan kompor.

39 komentar:

  1. nyontek ah tipsnya...sesama emak yg ga punya ART :D

    BalasHapus
  2. Suka banget tips-nya Mak Ade... Bukan buat anak2 sih, karena anak2ku masih kecil, tapi justru pas banget buat aku, makes life easier, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benerrr... aku gak begitu suka keribetan macam2 soalnya. . sukanya yang serba praktis

      Hapus
  3. Kulkasku isinya cuma bumbu-bumbu, Jarang ada makanan enak. Nyaris nggak pernah masak sih. Buah pun setelah beli pasti langsung diabisin, gak pernah sempet mampir kulkas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku tuh malas kalo harus tiap hari ke pasar atau warung. jadi paling beberapa hari ke warungnya lalu langsung beli keperluan untuk beberapa hari ke depan gitu... jadi sisa waktunya bisa dipake buat nulis atau nonton drama korea deh.. asyik

      Hapus
  4. Aku juga kalo ninggalin suami di rumah karena harus nginap di luar kota biasanya ninggalin yang kayak gitu mak Ade, yang bisa tinggal digoreng sama suami. Kalo jajan terus boros dan takut ngga sehat juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. benerrr.... seboros-borosnya masak sendiri tetap lebih boros kalo jajan

      Hapus
  5. Subhanalloh. .. like this banget mak ade!!! Aq juga mau kayak gitu ah nanti... coz sekarang anakku masih kecil2 :). membiasakan anak2 mandiri dan hidup sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benerrrr... kebiasaan sehat, mandiri, gak suka jajan itu harus dibiasakan dari kecil emang mak

      Hapus
  6. kalo kulkasku jarang isi cemilan. isinya sayuran sama bumbu-bumbu masak semua. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. anakku suka cari cemilan kalo pulang sekolah jadi aku sediain juga deh

      Hapus
  7. Dulu mama saya kalau pergi, suka menyiapkan ayam yang sudah dibumbui jadi kita tinggal goreng deh mak :D hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayam bumbu ya? hehehe.. ini lauk andalan emang... selalu

      Hapus
  8. Mak, air kelapa klo udah 2 hari jadi ga enak euy rasanya meskipun masuk kulkas.
    Mak Ade persiapannya luar biasa ya. Kulkasku separuh lebih nih kosong hihihii...emak males bgt aq nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan dibekuin mak uniek.. jadi es gitu air kelapanya jadi gak berubah rasa

      Hapus
  9. kalo ibuku datang dari Palembang, bisa dipastikan isi kulkas di rumah pasti pempek. Hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh.... asyikkk tuh... boleh nitip gak? *eh?

      Hapus
  10. aku bukan orang palembang, tapi pempek jadi makanan andalanku apalagi kalau nginap bawa deh :)

    BalasHapus
  11. Pempek palembangnya beli dimana, mak?

    BalasHapus
  12. Post yang sangat bermanfaat, Mbak. Belum punya anak sih, tapi berlaku juga buat keponakan. Heheh

    BalasHapus
  13. Waduh mak.....ujungnya itu lo..."pempek palembang" branded banget..... :D

    BalasHapus
  14. telaten bgt ya, kalau di rumah kulkasnya acak2an :D

    BalasHapus
  15. Aaakk useful nih Mah makaciiyyy :*

    BalasHapus
  16. wah smpe penuh gtu isi kulkasnya mba :D

    BalasHapus
  17. PROMO TERBARU DARI AFRIANI SHOP CELLULER UNTUK THN 2015 BERBAGAI TIPE HANDPHONE SEPERTI BlackBerry>Samsung>Smartfren.
    Sony>Nokia>Apple>Acer>Canon>Dell>Nikon>DLL Bila berminat silahkan
    Hotline : HP: 082311467788 ( BB 295a367f ) ATAU KLIK WEBSITE www.afrianishop.com

    DAFTAR HARGA LENOVO

    Ready stock barang_nya
    Lenovo P90
    Baru : Rp. 2.750.000

    Lenovo K3 Note
    Baru : Rp. 900.000

    Lenovo A6000
    Baru : Rp. 1.000.000

    Lenovo A5000
    Baru : Rp. 800.000

    Lenovo S856
    Baru : Rp. 1.100.000

    Lenovo A916
    Baru : Rp. 1.290.000

    Lenovo Muszik A319
    Baru : Rp. 500.000

    Lenovo K3 Lemon
    Baru : Rp. 590.000

    Lenovo A316i
    Baru : Rp. 470.000

    Lenovo Vibe Z2 Pro
    Baru : Rp. 2.650.000

    Lenovo S650
    Baru : Rp. 1.099.000

    Lenovo Sisley S90
    Baru : Rp. 1.500.000

    Lenovo Vibe Z K910
    Baru : Rp. 2.590.000

    Lenovo S660
    Baru : Rp. 1.150.000

    Lenovo S930
    Baru : Rp. 1.599.000

    Lenovo Vibe X S960
    Baru : Rp. 1.499.000

    Nikmati berbagai keuntungan berbelanja di sini.
    - Barang berkualitas dan harga relatif lebih murah
    - Dapat diantar ke seluruh indonesia
    - Keamanan di jamin karna setiap pengiriman di sertai asuransi proses cepat dan sederhana
    Barang di jamin 100% original baru dan bergaransi resmi.
    Kami melakukan Pengiriman barang lewat Tiki atau Jne ,Pos,Cargo,bagi luar kota,Ongkir ditanggung pembeli
    Satu-Satunya Toko Online Shop yang berani menjual barang di bawah harga normal (standar) di seluruh Indonesia Aman dan Mudah terpercaya .
    Berkat Anda Usaha Kami Jadi Semakin Lancar,Terima kasih telah berbelanja di Afriani Shop Celluler.
    ============SELAMAT BERBELANJA =================


    BalasHapus
  18. Selalu siapin makanan dan kesukaan si kecil :)

    BalasHapus
  19. Wah boleh juga yaa.. sekalian belajar masak sendiri buat di kecil ..

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...