badge

Jumat, 23 Januari 2015

Because I Love You

Tanpa terasa, alhamdulillah usia pernikahanku sudah mencapai 21 tahun. Kebetulan, aku dan suami termasuk pasangan suami istri yang tidak pernah mengadakan acara syukuran secara spesial untuk merayakan "happy anniversary" kami.



Tapi.... ketika pagi di hari pengulangan akad nikah itu datang, biasanya aku dan suami saling pandang lalu menatap anak-anak yang kini sudah tumbuh besar.

Alhamdulillah, si sulung sudah mencapai tingkat akhir masa perkuliahannya.
Yang tengah sudah masuk SMA dan kami masih punya anak bungsu yang masih SD (jadi masih punya teman bermain di rumah ketika anak yang lebih besar sudah mulai asyik dengan teman-teman dan kegiatan mereka).

"Mas... alhamdulillah... sudah 21 tahun." (aku, melirik suami sambil senyum-senyum. Si sulung melihat aku yang pandang-pandangan dengan suami nyeletuk usil:)
"Apaan sih 21  tahun?"
"Usia pernikahan ibu sama ayah."
"O." (lalu dia kembali sibuk dengan persiapan untuk ke kampusnya).

"Maksudnya apa sih?" (ini si bungsu yang pingin ikut-ikutan)
"Usia pernikahan ibu sama ayah sudah 21 tahun."
"Maksudnya apa?" (tetap memasang wajah polos)
"Maksudnya, ini hari ulang tahun pernikahan ibu sama ayah yang ke 21."
"Nggak ngerti aku."
"Jadi... 21 tahun yang lalu, ibu sama ayah kan gak kenal awalnya. Terus nikah sebelum akhirnya melahirkan kamu-kamu. Nah.. kejadiannya 21 tahun yang lalu."
"Oo... jadi ibu lahir 21 tahun yang lalu?" (mulai senyap.... jika.... hanya jika... tatapan mataku mengeluarkan sinar laser... sudah pasti yang bertanya ini sudah aku laser)

sabar...
sabar...

"Nggak nak. Waktu nikah usia ibu 23 tahun. Ayah 30 tahun. Nah, waktu usia ibu 23 dan ayah 30, eh.. ibu sama ayah nikah deh.... tradammm.... nahhh... kejadian pernikahan itu sudah 23 tahun yang lalu."
"Loh? Katanya ini ulang tahun yang ke 21.. kenapa 23 tahun yang lalu?"
"Iyaaaa... ibu kesel abis ditanya mulu jadi salah ngomong deh."

(lalu si bungsu senyam-senyum gak jelas. Jangan-jangan dia cuma ngetes kesabaranku saja ya?)

"Sabar... bu... sabar. Kalau ibu gak kuat, ibu bisa melambaikan tangan ke atas." (komen si tengah yang asli gak jelas).

Akhirnya.... pembicaraan yang semula direncanakan untuk menjadi sebuah pembicaraan yang romantis... berantakan gara-gara ulah anak-anakku yang iseng.

Ya sudah... lupakan.
Aku pun lalu kembali pada kegiatan rutin seperti biasa... mengantar anak-anak sekolah, beresin tempat tidur, mengumpulkan cucian, ngerapihin letak-letak aneka benda di atas meja... dan suamiku sibuk dengan bebenah isi tas untuk bekerjanya sambil mengutak atik notebook untuk memutar sebuah lagu. Lagu itu disambungkannya ke speaker.... jadi suaranya cukup besar meski dari sebuah notebook.

Aku abai dengan lagu yang dia putarkan. Masih sibuk dengan acara bebenah rumah. Hingga datang pertanyaan dari suamiku:

"De.. inget gak, 25 tahun yang lalu, aku pernah ngasih kamu lagu ini."

Okeh. Stop semua kegiatan.
Dengan seksama aku mendengar lagu yang diputar dari notebook suamiku. Payahnya, ingatanku tidak tergali.

"Nggak inget."
"Aku pernah ngasih lagu ini. Aku rekam di kaset yang aku kasih ke kamu." (okeh... kami adalah generasi 80-an... jadi, jika suka dengan sebuah lagu kita bisa merekamnya dengan menggunakan tape recorder dan hasilnya bisa didengar di kaset).

"Oh ... yang foto sampulnya foto aku ya?" (kembang kempis.... hehehe... dulu sebelum menikah, suamiku ini senang sekali mengambil gambarku secara candid. Nah... fotonya dicetak terus dijadikan sampul kaset kompilasi yang dia buat dengan cara merekam di tape recorder.... it's so eighties ya?)

"Iya... benar."
Jadilah aku bebenah rumah sambil mendengar lagu "because I Love You" yang dinyanyikan oleh Shakin Steven.

Ketika mendengar jalinan lirik-liriknya... hmmm... diam-diam aku GR, sodara-sodara.

(jujur saja ya...  Suamiku bukan tipe suami romantis. Tapi... jika dia sedang ingin romantis... hmm... malah bikin aku terhege-hege meleleh karena GR berat (sayang: kejadian ini sama langkanya dengan kedatangan planet mars yang mendekati bumi).

Ini dia lagu dan liriknya.

33 komentar:

  1. Happy Anniversary mak, semoga langgeng sampai kakek nenek. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Duhhh.. to twittt...
    Happy Anniversary ya Mak. Smoga Bahagia senantiasa :)

    BalasHapus
  3. Happy wedding anniversary... Semoga SAMARA

    BalasHapus
  4. So sweet bingit mak Ade yang caem, happy anniversary ya , Samara terus :)

    BalasHapus
  5. so sweet.....selamat ya mak...dah nyampe 21 th....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...insya Allah 4 tahun lagi ultah perak nih...makasih ya

      Hapus
    2. wah, keren banget..semoga semakin langgeng.. :D

      Hapus
  6. Slamat atas hari pernikahannya mak ade... Tambah langgeng n makin mesra hihih


    si anak2 pada gaje, ngetes kesabarannn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beghhh....itu anak2nya mah asliiiii...ngetes kesabaran hehehhehe
      Makasih ya

      Hapus
  7. selamat ya, mbak.... semoga Allah senantiasa melimpahkan Rahmat-Nya utk mbak Ade dan keluarga, senantiasa bahagia, pewaris Surga-Nya kelak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allahumma aamiin. .makasih ya..doanya bagusssss banget

      Hapus
  8. romantisnya. dari dulu pengen bgt dikasih lagu sm seseorang. hahaha, happy annoversary mba ade dan suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suamiku emang suka musik jadi dia beberapa kali ngasi lagu buat aku...direkamin atau dikirim lewat email...

      Hapus
  9. So sweetnyaaaa aku yang baca sampe mesam-mesem sendiri Mak :D hihihi Semoga senantiasa diberi kehidupan keluarga yang bahagia ya Mak.. :') Langgeng sape keluarga besar punya cucu cicit :))

    BalasHapus
  10. Suami yang nggak romantis, tapi kalau sudah mengeluarkan sisi romantisnya. Pasti deh klepek-klepek.

    BalasHapus
  11. Happy anniversary, terhege hege ya mbak :)

    BalasHapus
  12. Happy Anniversary Mbak...21 Tahun waktu yang panjang. Hanya tidak terasa ketika kita melakukannya dengan sepenuh hati. Romantis atau tidak bukanlah sebuah penghambat untuk saling mengikatkan diri karena yang mengikat adalah rasa sayang antara dua manusia... hahahaha jadi puitis

    Ikutan bahagia aja deh...

    (curcol dari seorang suami yang juga punya cap sangat tidak romantis

    BalasHapus
  13. Happy Aniv mbak. Aku baru keliling blog ini, salam kenal ^^ Anaknya udah semester akhir tapi mamanya masih awet muda banget, bagi-bagi rahasianya Mbak Hehehe.

    BalasHapus
  14. selamat ulang tahun pernikahan, Mbak. Semoga langgeng selalu, ya :)

    BalasHapus
  15. aaaaach Mak Ade, selamat hari pernikahan...25 tahun yang lalu, Subhanalloh...lagunya masih diinget ya Mak,

    BalasHapus
  16. itu sih romantis banget mbak :) happy anniversary ya

    BalasHapus
  17. cieeeeeeee romantis banget :)
    suit suit :D

    BalasHapus
  18. aku jadi ikutan terhege-hege bacanya mbak, sambil do'a segera ketemu pangeran berkuda putih hahhahaa... happy anniversary mbak n masnya, langgeng terus, amin!

    BalasHapus
  19. so sweet banget bun..
    semoga semakin langgeng.. ^_^

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...