badge

Kamis, 29 Mei 2014

Chapcha Tersulit dan Teribet

[Lifestyle] Pernah bertemu Chaptcha yang ribet gak? Aku sering dan itu asli mengesalkan. Bukan apa-apa sih, tapi mungkin karena aku sering kesulitan untuk memindahkan deretan huruf-huruf aneh tersebut ke dalam kolom kosong. Bisa jadi, bagi orang lain hal ini mudah saja, tapi bagiku sulit sekali. Karena aku mengetik berdasarkan "ingatan akan semua simbol kata yang sudah tercerap dalam memori otakku". Sedangkan chaptcha itu benar-benar sebuah deret kata asing yang rumit buatku (hmm.. mungkin ini ada hubungannya karena aku punya kesulitan untuk orientasi arah kiri kanan; jadi jika bertemu sebuah huruf yang baru dan berbau asing, perlu waktu untuk bisa memindahkannya dalam ketikan; dan waktu itu loh... sulitttt).

Aku pernah sampai 17 kali (hahahaha, kalian tidak salah baca, itu benar: TUJUH BELAS KALI).  Salah terus memasukkan kode-kode Chaptcha. Yaitu ketika putri sulungku lulus sekolah dasar dan aku harus mendaftarkan aplikasi untuk masuk SMP lewat isian online.. nah... chaptcha-nya itu buatku ribet banget. Huruf besar, huruf kecil, dibengkokin, ditebalin, ditipisin, meliuk-liuk. Wah. Jika saja itu milik blog seseorang yang sedang aku kunjungi dalam rangka blogwalking, pasti sudah aku tinggalkan deh kalau sudah lebih dari tiga kali gagal terus masukin chaptchanya. Tapi, waktu itu aku nggak ada pilihan karena itu adalah isian formulir untuk daftar ke SMP negeri yagn dituju.

Dari Wikipedia, aku dapat definisi dari Chaptcha:

CAPTCHA atau Captcha adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut. Karena komputer lain tidak dapat memecahkan CAPTCHA, pengguna manapun yang dapat memberikan jawaban yang benar akan dianggap sebagai manusia. Oleh sebab itu, uji ini kadang disebut sebagai uji Turing balik, karena dikelola oleh mesin dan ditujukan untuk manusia, kebalikan dari uji Turing standar yang biasanya dikelola oleh manusia dan ditujukan untuk suatu mesin. CAPTCHA umumnya menggunakan huruf dan angka dari citra terdistorsi yang muncul di layar.
Istilah "CAPTCHA" (berasal dari kata bahasa Inggris "capture" atau menangkap) diciptakan pada tahun 2000 oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper (semua dari Carnegie Mellon University), dan John Langford (IBM). Istilah ini adalah akronim bahasa Inggris dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart" (Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia). Carnegie Mellon University berupaya mematenkan istilah ini [1], tapi aplikasi merek dagang mereka dibatalkan pada 21 April 2008 . Saat ini pencipta CAPTCHA menganjurkan penggunaan reCAPTCHA sebagai penerapan resmi.

Dari hasil blogwalking ke beberapa blog milik teman-teman, aku mendapati ada beberapa model Chaptcha (jujur nih, jika boleh memilih aku lebih suka jika blog teman-teman tidak ada chaptchanya. Jadi aku bisa meninggalkan jejak disana dengan mudah. Karena, jika chaptchanya terlalu susah, maka jika sudah dua kali mencoba masih gagal aku biasanya bakalan ninggalin blog itu begitu saja. Tapi.. teman-teman tentunya punya pertimbangan tersendiri kenapa tetap menggunakan chaptcha jadi ya sudah... pasrah.com).

Ini ada beberapa model Chaptcha:


1. Chaptcha bahasa inggris yang masih bisa aku baca dengan mudah dan akibatnya bisa aku ketik dengan mudah pula. Ini alhamdulillah masih bisa aku terima.


 2. Nah, ini Chaptcha bahasa asing yang mulai rumit karna bahasanya ngasal. Tapi masih bisa aku ikutin dengan berusaha konsentrasi. Meski kalau sudah dua kali gagal ya aku tinggal juga sih.
 3. Ini Chaptcha yang aku lebih sukai. Nulis angka itu lebih enak ketimbang nulis huruf-huruf yang aneh-aneh.


4. INi Chaptcha Pavoritku.... ini chaptcha yang aku lihat di web-nya KEB (kumpulan emak blogger)... sukaaa banget dengan model chaptcha ini. Gampang, karena cuma nulis satu angka saja dan hitungannya mudah.


5. Okeh... PASANG SABUK PENGAMAN KALIAN KARENA KITA AKAN MEMASUKI DAERAH CHAPTCHA YANG SULIT DAN RIBET (ASLI NGAJAK BERANTEM):

Ini dia:

6. Percaya atau tidak, dulu isian chaptcha formulir buat daftar SMP online itu kayak gini nih ribetnya. Itu sebabnya aku sampai 17 kali mencobanya (*ngelap keringat.. inget kenangan pahit itu)


7. Nah... kalau chaptchanya kayak gini..... waaaaaaaaaaaaaaaaaa.....


8. Dan ini chaptcha yang pernah aku temui waktu punyanya orang bule... ihhhh.. menyebalkannnnn... jadi emang ada tiga belas (13) kata yang harus diisi di kotaknya.... ck.. ck..ck.. itu mah ngerjain orang ya... hahahaha..


9. Ini chaptcha atau UJIAN nasional sih? hahahaha. Liat deh.. udah ribet, eh.. dikasih waktu lagi... jadi kalau sampai waktunya habis soal tidak selesai maka kita harus mengerjakan soal baru... hahahaha...



10. Gak usah dikomentari ya yang ini.... semoga sih aku gak pernah dapat deh chaptcha kayak gini.


Sumber: aku dapat  semua chaptcha ini waktu lagi blogwalking... sayangnya, lupa nyimpen blog apa aja .. jadi cuma sempat men-skrinshut chaptcha-nya saja.

27 komentar:

  1. buseeeeet, ada aja yaaah:(( saya baru sampai pada tigkat ke-6 Mak, itu aja udah mutang mutung hihihi

    BalasHapus
  2. hedeh....hedeh....
    asli itu captcha yang di bagian bawah artikel ini, bener bener ngajak klyengan dan pusing ya mak Ade Anita....

    Semoga saja gak ketemu dgn yang model ribet begini....

    salam

    BalasHapus
  3. wkwkwkwkwk... itu yg captcha2 rumit lucu2 banget deh Mbak.. mungkin itu sebenernya pemilik blog captcha rumit malu2 kucing kali kalo dikomentari ya.. hehehe

    BalasHapus
  4. Ebuseeeeeeet dah, entu captcha kenape pake rumus matematika kayak gitu, hahahahaaaaa....
    Mana rumit gitu lagi rumusnya. Mending perkalian atau penambahan kali, yak.
    Tapi buat saya mending gak pakai captcha, lebih enak dikomen, xixixiiii....

    BalasHapus
  5. Jadi ngakak lihat captcha yang suruh menghitung limit fungsi dan integral... Untung captchanya (yang rata-rata saya temui) hanya suruh mengetik ulang huruf dan angka.

    BalasHapus
  6. Wah, wah, wah, ternyata ada banyak sekali variasi chapcha ya? Sebagian memang menyebalkan dan bahkan terkesan mengerjai.

    BalasHapus
  7. Ha ha ha capcha yg tingkat ribet slain aneh bin ajaib, bikin ngakak juga mak. Ada ya capcha begitu? :)

    BalasHapus
  8. Captcha ada yang given misalnya blogdetik, saya juga punya. Ini tak bisa dihilangkan oleh pemilik blog karena sudah di set oleh admin blogdetik. Ada captcha yang optional, tergantung pemilik blog, apakah mau dipasang atau tidak.
    Kunjungi BlogCamp, bebas captcha. Saya lebih suka sibuk sedikit menghalau spam daripada merepotkan sahabat dengan urusan captcha.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sama Pakdhe. Ke blogku saja mbak Ade :)))

      Hapus
  9. Huaaa.. Baru aku tahu ada berbagai jenis captcha begitu. Apalagi yg keluar pakai rumus rumus begitu hihihi... Makasih infonya, mba.. :) keren dan bikin terbengong bengong, khususnya liat bagian captcha rumus gitu hihihi

    BalasHapus
  10. wkwkkwwk syeereemm amatt capcaayy nyaa, urusan capcay ini saya singkirin jauh jauh deh. Ntar pengunjung pada kabur lagi qiqiqiqi

    BalasHapus
  11. haduuhhhh....ribettt amat captcha inih mak *_*
    aku termasuk yg kadangkala haus beberapa kali nih kalo urusan capcay #eh :))

    BalasHapus
  12. wkwkwkwkwk... aku ngebayangin aja udah puyeng,, ada capcay mah enak, kalo chapta model gitu malah gak jadi gak doyan makan..

    BalasHapus
  13. oke!
    OOT , gimana cara bikin topinyaaa... unyuuuuu..... hiks hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe.... aku kan sewa jasa pembuatan blog mak. Akunya sendiri mah gaptek

      Hapus
  14. Untuk belom pernah dapet yg ribet-ribet. biasanya kalo mo komen trus ada chapcha aku udah kabur duluan...ahahhaa....

    BalasHapus
  15. Membaca artikel ini saya jadi bersyukur, ternyata captcha bawaan blog yg dimiliki teman2 blogger masih biasa2 saja. Semumet2nya ketik ulang, toh belum separah skrinsut Mak Ade tadi hahahaha.... Oke, mari tidak mengeluh pada captcha lagi. Tapi kasih yg gampang2 saja ya sobat blogger hihihiiii....

    Semua blogku bebas captcha loh Mak Ade, kecuali blogdetik tentunya. Yuuukk mampiiirrr ;)

    BalasHapus
  16. Dapet captcha no 7 sampai seterusnya bakal langsung kutinggal hihihihi. BRB ngecek kolom komen sendiri, seinget saya si nggak ada captchanya ‎"̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮

    BalasHapus
  17. Yang seru adalah ternyata tulisan / postingan yang dilindungi captcha itu. ... Ternyata hasil copy paste ...
    (Pongah cara IT)

    hahaha

    Salam saya mbak Ade
    (30/5 : 1)

    BalasHapus
  18. wkwkkwwkwk itu beneran capcaynya? ribet amaaaatttt :D

    BalasHapus
  19. wuih itu captcha sampai soal matematika segala, bikin pusing itu mah

    BalasHapus
  20. Blogku friendly, mak. Ga pake captcha hahaha modus banget biar disambangin. Itu captcha dari nomor 7 ke atas ngajak sparing partner plus anak buahnya Kalkulus, kali, ya. Ampun dah, matematika dan materi eksak waktu sma-ku payah bingit hihihi *buka kartu* Biar yang punyanya ganteng kayak Leonardo Di Caprio atau cucurnya Donald Trumph (apa urusannya, coba?) mending ga kenal. Buang waktu sama buang pulsa aja :D

    BalasHapus
  21. Aku paling gak suka mak kalau liat blog chaptcha-nya susah bgt mending putar balik meski pemiliknya minta dikomentari blognya. Kalau chaptcha yang gampang sih gak masalah ninggalin jejak meski kadang agak kecewa. Intinya aku paling suka dg blog yang jalannya mulus seperti jalan tol tanpa chaptcha.

    BalasHapus
  22. kadang, saya klau lagi BW dan capcha susah ya saya tinggalin aja mbak, malas komentarnya -,-

    BalasHapus
  23. capcha ribet jadinya ....cape dech ....hehehe

    BalasHapus
  24. kalo lagi BW trus nemuin captcha kayak gitu mending balik kanan..bubar jalan..hahaha

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...