badge

Kamis, 03 April 2014

Tanda-Tanda Anak Yang Dibully (part 1)

Pagi ini aku menyimak berita tentang anak SD di Pontianak yang diduga tewas setelah dikeroyok oleh tiga orang temannya di Sekolah Dasar. Tentu saja ini masih sebuah dugaan belum pasti penyebabnya karena keroyokan. Karena hasil visum dari dokter dikatakan bahwa AW itu di perutnya memang terdapat gumpalan darah, dan kerusakan di bagian lambung dan ginjalnya yang kemungkinan karena dua hal,  bisa karena hantaman benda tumpul atau penyakit Types yang tidak disembuhkan secara tuntas dan dibiarkan sakit selama beberapa kurun waktu.

Ini nih beritanya yang aku kutip dari liputan6.com:


foto rontgen korban. Gambar ini aku ambil dari sini

Prihatin banget aku dengan kasus ini. Jika benar terbukti penyebab tewasnya benar karena keroyokan, itu kan berarti anak kecil itu sudah menerima perlakuan bullying di sekolahnya. Ohya.. kalian tahu tidak apa itu perilaku Bullying? Berikut ini aku kutip apa artinya dan apa saja perilaku yang bisa dikatakan sebagai kategori bullying dari website Psikologi berikut ini:

Bullying adalah salah satu bentuk dari perilaku agresi dengan kekuatan dominan pada perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan mengganggu anak lain atau korban yang lebih lemah darinya. Victorian Departement of Education and Early Chilhood Development mendefinisikan bullying terjadi jika seseorang atau sekelompok orang mengganggu atau mengancam keselamatan dan kesehatan seseorang baik secara fisik maupun psokologis, mengancam properti, reputasi atau penerimaan sosial seseorang serta dilakukan secara berulang dan terus menerus.
Bentuk-bentuk bullying antara lain seperti berikut :
Bullying fisik, contohnya memukul, menjegal, mendorong, meninju, menghancurkan barang orang lain, mengancam secara fisik, memelototi, dan mencuri barang.
Bullying psikologis, contohnya menyebarkan gosip, mengancam, gurauan yang mengolok-olok, secara sengaja mengisolasi seseorang, mendorong orang lain untuk mengasingkan seseorang secara soial, dan menghancurkan reputasi seseorang.
Bullying verbal, contohnya menghina, menyindir, meneriaki dengan kasar, memanggil dengan julukan, keluarga, kecacatan, dan ketidakmampuan (exampel : "Eh ada sih pincang lewat").
Bullying bisa terjadi di tempat-tempat berikut ini :
Terjadi pada pada situasi di mana pengawasan yang kurang dari orang dewasa, seperti di kamar mandi sekolah, jalan masuk kelas, dan tempat bermain.
Sering terjadi di tempat bermain daripada di kelas.
Interaksi agresif (baik secara fisik maupun verbal) muncul setiap 24 menit di tempat bermain, sedangkan di dalam kelas kemunculannya sekali setiap 37 menit.
Tempat bermain yang biasanya tidak diawasi oleh guru atau orang dewasa, juga sulit dideteksi karena tingginya aktivitas bermain anak-anak di lapangan dan sering dikira sebagai salah satu bentuk permainan anak-anak misalnya permainan gulat.
Di dalam kelas.
Sebenarnya, kita nih sebagai orang tua bisa nggak sih mengetahui apakah anak kita dibully atau tidak di sekolahnya? Insya Allah bisa. Yaitu dengan cara:

1. Jalin komunikasi dengan anak sejak usia mereka masih dini. Jangan pernah jadi orang tua yang terlalu sibuk sehingga lupa untuk menjalin komunikasi dengan anak. Karena, komunikasi yang dijalin ketika si anak sudah berusia remaja atau dewasa, itu sudah amat sulit untuk dilakukan. Biasanya jika pun bisa dilakukan maka bentuk komunikasinya bersifat formalitas saja. Anak hanya akan menjawab jika ditanya saja tapi jawaban yang diberikan pun tidak dijawab sepenuhnya. Hanya sekedarnya saja. 

2. Selalu proaktif untuk rajin bertanya pada guru di sekolah tentang perkembangan anak. Nggak usah setiap hari datang ke sekolah jika memang punya karir, tapi ketika ada kesempatan datang ke sekolah, cobalah untuk datang dan menghadap ke guru kelasnya apa saja kemajuan anak, masalah apa yang dihadapi anak, bagaimana pergaulan anak di sekolah, apa yang menurut guru tersebut menjadi kesulitan anak, dll. 

3. Jangan pernah abaikan perubahan fisik yang terjadi pada anak anda. Jika dia pulang sekolah jalannya pincang, perhatikan itu pura-pura pincang atau pincang beneran. Tanya kenapa? Bahkan jika ada tahi lalat tumbuh di pipinya pun tetap harus kita tanya ke anak itu, kenapa bisa begitu? Jadi orang tua jaman sekarang nggak boleh terlalu cuek. 

4. Kenali satu dua nama teman anak anda. Setidaknya kita bisa mencari jawaban lain dari pada jawaban yang keluar dari mulut anak kita.

5. Lihat apakah ada perubahan sifat dan perilaku pada anak. Seperti jika dia tiba-tiba jadi pemurung, tidak mau sekolah, ngotot minta dibelikan sesuatu jika tidak lebih baik tidak udah sekolah saja, ngotot ingin memiliki sesuatu dan ternyata usia keberadaan barang yang diinginkannya itu tidak panjang di tangannya. Tiba-tiba saja sudah raib. Nah.. ini juga perlu diwaspadai nih. Ada apa sebenarnya?

Aku punya cerita tentang kasus bully. Tapi, aku harus jemput anak sekolah dulu sekarang. Nanti aku sambung lagi ya. 

62 komentar:

  1. jaman sekarang memang harus eksra perhatikan anak ya bun :) anak gaul, takut. anak di rumah terus pun kita juga takut apa lagi nonton televisi sendirian. apalagi Anak dengan Televisi di Kamarnya Cenderung Lebih Gemuk. cek yuk bun http://exspresiku.blogspot.com/2014/03/anak-dengan-televisi-di-kamarnya.html

    BalasHapus
  2. Mak prihatin banget daach, anak-anak kecil sekarang mudah sekali tercetus emosi dan mudah untuk dendam. Hm...elus anakku yang masih kecil.

    BalasHapus
  3. sepertinya sama pernah punya cerita anak korban bullying. Memang kudu extra perhatian pada anak dan kudu intens dalam menjalin komonikasi sehinga benar benar kepantau gimana perkembangnnya dan sangat setuju untuk mengenali beberapa teman untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

    BalasHapus
  4. Saya liat beritanya di tv one mak.duh ngeri jadi inget anak sndiri.dulu sy ingin anak skolah di sd negri aja biar murah.tp suami takut banyak bully ky gini.alhamdulilah anak skolh d sdit. Minimal anak mendapat pwndidikan akhlak walau memang lebih mahal

    BalasHapus
  5. saya dulu juga sering jadi korban bully waktu sd. akibatnya setelah gede saya jadi agak minder dan penyendiri, jadi saya sangat prihatin dan geram jika ada brita seperti itu. yang lebih membuat geram bagi saya adalah ketika orang sudah dewasa kenapa kebiasaan bully itu masih ada (di smu atau malah perguruan tinggi) apa mereka merasa superior dan mahlkuk tuhan yang paling berharga. ? sangat mejengkelkan.

    BalasHapus
  6. Anak-anak zaman sekarang emang beda banget kelakuannya, di SD tempat saya mengajar, sudah 2 anak yang minta pindah karena takut sama salah satu anak. pihak sekolah sudah melakukan berbagai cara, namun orang tuanya aja udah angkat tangan dan seolah gak peduli, sekolah jadi serba salah secara si anak sudah di kelas 5 akhir...

    BalasHapus
  7. mengkhawatirkan sekali. saya kadang dapat cerita dari kakak, tentang teman-temannya yg menurut versi dia nakal, suka mengucilkan atau berkata kotor. biasanya saya akan konfirmasi dengan guru tentang hal ini, dan bepesan sama kakak untuk minta bantuan guru, dan tetaplah berteman. a nice sharing mak ...

    makasih ya mak sdh mampir topibundar. soal denda imigrasi, karena sblmnya sdh kami declare dalam form, jadi tidak ada denda apa-apa. kecuali kl tdk ada declaration, dan masuk ke barisan yang non declare, kalau ketahuan malah bisa kena denda :)

    BalasHapus
  8. Kejadiannya di makassar atau pontianak ya ummi Ade..

    BalasHapus
  9. kadang anak2 memang suka bersikap jagoan terhadap temen2nya yang kekurangan, untungnya di sekolah saya meski ada beberapa anak berkebutuhan khusus, teman2 mereka tidak pernah memperlakukan dengan semena2

    BalasHapus
  10. hiks...anakku pernah deh kena bully teman2nya di TKnya ataupun tetangga kanan kiri. meski mereka gak maksud sih buat ngebully anakku.
    critanya anakku kan umurnya 4,5 taun. udah TK A. tapi sampe skrg rambutnya belum juga panjang dan lebat. akhirnya sama teman2nya, ibu2 teman2nya dan tetangga sering dijadiin bahan guyonan, dibilang gundul dsb.. sedih liatnya. tapi aku selalu membesarkan hati anakku supaya ga minder dg hal itu. Alhamdulillah..anakku masih tampil percaya diri..makasih artikelnya mak ;)

    BalasHapus
  11. serem ya mak kalau dengar berita kaya gini

    BalasHapus
  12. Dan yang serem sekarang, ternyata bully udah menimpa anak2 SD yah...
    Dulu kupikir cuman jaman SMP atau SMA aja yang suka main gencet sama adek kelas :(

    Makasih banyak buat tips nya mak...
    Mudah2an anak2 kita terhindar dari bully ini yah..

    BalasHapus
  13. memang kita sebagai orang tua sangat perihatin sekali melihat kejadian ini ya mbak..
    sampai2 ke anak SD ..pun harus mengalami
    trus kalo udah begini..siapa yg mesti tanggung jwb..

    BalasHapus
  14. Anak2 jaman skrg beda bgt dg anak jaman dulu. Kalau dulu sy merasa anak2 tuh penurut bgt, sama ortu hormat sama guru juga sopan, skrg seolah sikap itu sdh hilang, tak ada yang ditakuti, atau mungkin karena orang tua yang terlalu cuek? Duh jadi ngeri ya mak, jadi inget anak sendiri

    BalasHapus
  15. iya aku juga deg2an semoga anakkny ga kena bully dan membully :"( pergaulan sekarang parah dan ngeri

    BalasHapus
  16. aku jadi inget pas tadi ke toko sepatu, adekku liat2 sepatu. aku tanyain, lho dulu pernah beli sepatu A di mana skrg? kata dia, "ilang". padahal mintanya ngotot banget. entah deh, apa dijailin temen ya :( duh, ngeri banget ya, mba ade. harus gimana bikin anak berani untuk ngelawan anak yang lebih keliatan senior?

    BalasHapus
  17. makasih atas informasihnya semoga bermanfaat ya!!!

    BalasHapus
  18. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    BalasHapus
  19. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    BalasHapus
  20. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    BalasHapus
  21. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

    BalasHapus
  22. Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya
    temukan disini, dan saya senang sudah tiba disini.

    BalasHapus
  23. Artikelnya sangat luar biasa menakjubkan sekali, di tunggu update selanjutnya yang lebih menarik dan bagus lagi

    BalasHapus
  24. puisi sd Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini

    BalasHapus
  25. bella saphira
    Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    BalasHapus
  26. Asia Video Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

    BalasHapus
  27. foto kimberly rider saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    BalasHapus
  28. ronaldinho Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini

    BalasHapus
  29. radar malang blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang
    besar pada teknologi baru.

    BalasHapus
  30. toko handphone. Saya menemukan banyak pengetahuan setelah mengunjungi postingan Anda terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
  31. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  32. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    BalasHapus
  33. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    BalasHapus
  34. melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

    BalasHapus
  35. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    BalasHapus
  36. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

    BalasHapus
  37. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang

    BalasHapus
  38. Terima kasih atas postingan yang bermanfaat

    BalasHapus
  39. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  40. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    BalasHapus
  41. Thank you for another fantastic posting. Where else could anyone get that kind of information in such a perfect way of writing? I have a speech next week, and I was looking for more info ;)

    BalasHapus
  42. melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

    BalasHapus
  43. melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.
    a

    BalasHapus
  44. The you have is very useful. The sites you have referred was good. Thanks for sharing...

    BalasHapus
  45. I really appreciate the kind of topics post here. Thanks for sharing us a great information that is actually helpful. Good day!

    BalasHapus
  46. This is a very good post. Just wonderful. Truly, I am amazed at what informative things you've told us today

    BalasHapus
  47. I’m completely enjoying as of it and that I have you ever bookmarked to ascertain out new stuff you'll post.. Can you also check

    BalasHapus
  48. web yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang besar pada teknologi baru.

    BalasHapus
  49. main game
    Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  50. Two Hot Lesbian Babes Kiss Aand Lick 18 Teens
    Saya menemukan banyak pengetahuan setelah mengunjungi postingan Anda terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
  51. Tante Wanita Berjilbab Hampir Bugil Payudara Besar
    Postingan yang sangat bagus, Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang.

    BalasHapus
  52. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.
    Pelajar mesum di kelas

    BalasHapus
  53. Your style is really unique compared to other people I have read stuff from. Many thanks for posting when you've got the opportunity, Guess I'll just bookmark this web site.bola tangkas

    BalasHapus
  54. Your style is unique in comparison to other people I've read stuff from. Thank you for posting when you have the opportunity, Guess I'll just bookmark this site.
    Agen ibcbet

    BalasHapus
  55. That is a very good tip particularly to those fresh to the blogosphere. Brief but very accurate info… Many thanks for sharing this one. A must read post!
    Agent Sbobet

    BalasHapus
  56. covers a whole array of events and celebrations from a small 50 crowd party to larger corporate events
    mobile bar services

    BalasHapus
  57. Real estate is one of the best choice after retirement that's why most people retired in Canada invest to buy property or homes after their retirement the purpose is for their children's and grand children's.
    Property Listing Canada

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...