badge

Jumat, 31 Mei 2013

Bicara tentang Komunitas Ideal dari sudut yang berbeda yuk


Seorang teman bertanya pada saya, apa pentingnya ikut aneka macam komunitas yang dalam hal ini diwakili dengan keberadaan group-group di facebook. Wah. Padahal saya sudah menutup tulisan tentang apa itu komunitas ideal yang terdiri sampai tiga bagian. Tapi, pertanyaan itu terasa amat menggelitik saya. Jadi, saya akan menulis mengapa kita memerlukan sebuah komunitas, dan kalau bisa jangan cuma satu komunitas (baca: atau sama dengan group facebook) saja. Jadi... kita bicara tentang komunitas ideal dari sudut pandang yang berbeda yuk. Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedelapan. :-) :-P

Komunitas Ideal versi Ade Anita (bagian ketiga, terakhir)


Di bagian pertama, saya ada menyebut bahwa komunitas pertama yang saya ikuti itu adalah KCMYQ. Nah, setelah diingat-ingat lagi, ternyata sebenarnya ini bukan komunitas yang pertama dan benar-benar awal banget saya kenal apa yang disebut dengan komunitas. Karena ketika saya masih kecil, saya sudah bergabung juga dengan sebuah komunitas. Tapi, karena saya ikut komunitas ini bukan karena keinginan saya sendiri melainkan karena keikut sertaan orang tua saya dimana saya sebagai anaknya otomatis jadi diikut sertakan juga.Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedelapan.

Komunitas Ideal Versi Ade Anita (bagian kedua)


Masih Bicara tentang apa itu Komunitas Ideal. Ada beberapa komunitas lain yang aku ikuti dan lagi-lagi aku ikuti mereka berawal dari kegiatanku di dunia maya. Jadi, komunitas ini terbentuk lewat pertemuan-pertemuan di internet.Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedelapan.

Komunitas Ideal Versi Ade Anita (bagian 1)


"Komunitas Ideal?" Sebentar... biar aku ingat-ingat dulu ya sudah pernah ikutan komunitas apa saja selama ini. Karena seingatku, aku pernah beberapa kali keluar masuk atau masuk tapi gak pernah keluar-keluar beberapa komunitas. Aih, kenapa bisa begitu? Ada ceritanya. Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedelapan.

Rabu, 29 Mei 2013

Ma, Kirimi Aku Pulsa Dong



Kejadian ini terjadi di bulan Maret 2013 lalu. Ketika tiba-tiba saja masuk sebuah sms dari nomor tidak dikenal di handphone adikku.

"Ma, kirimin aku pulsa dong. Ini aku pake hp temen, gak ada duit nih. Ke nomorku ya ma. Ini aku (lalu tertera nama anak sulungnya)"

Jumat, 24 Mei 2013

Seandainya aku tidak ngeblog, mungkin aku tetap memiliki buku diary saja


Seandainya aku tidak ngeblog, mungkin aku tetap memiliki buku diary saja. Bukan punya blog. hehehe. Dan Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh.

Jadi seorang Peternak Blog



Jadi seorang peternak Blog, hah? Apaan tuh? Peternak itu jika kita mengintip artinya di kamus bahasa Indonesia, peternak itu adalah seorang yang pekerjaannya beternak. Apa saja ternaknya? Macam-macam, bisa kuda, kambing, ayam, kerbau, unta, ostrich, dan sebagainya. Tapi, di era digital dan internet seperti sekarang ini maka muncul sebuah istilah baru, yaitu peternak blog. Hehehe, lucu ya namanya.Dan Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh.

Kamis, 23 Mei 2013

Tetap Menjadi Seorang Pecinta Game

Tetap menjadi seorang pecinta game, tampaknya merupakan status yang bakal tetap aku sandang seandainya aku tidak ngeblog. Ya. Karena aku memang seorang penyuka berbagai macam game digital, baik yang online maupun offline. Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh.


Minggu, 19 Mei 2013

Politisi oh politisi



Jangan-jangan, lama-lama aku jadi sebal beneran nih sama semua yang namanya politisi? Berita tentang mereka kian lama kian bikin mangkel.

Sabtu, 18 Mei 2013

Ketika Usiaku 23 Tahun: Aku Akhirnya Mengatakan Kesiapanku Dengan Mantap

[Pernikahan] Aku ingat, ketika usiaku 23 tahun, aku akhirnya mengatakan kesiapanku dengan amat mantap di depan kedua orang tuaku dan juga.... kekasihku (yang sekarang jadi suamiku). Siap untuk apa? Ini ceritaku. 

Jumat, 17 Mei 2013

PERBAIKI TULISAN TANGANMU


Perbaiki tulisan Tanganmu, mungkin merupakan kalimat yang paling sering didengar oleh anak-anak saya. Nyaris setiap tahun, ketika pengambilan raport diadakan, semua guru di sekolah anak-anak saya pasti meminta pada saya agar membantu memperbaiki tulisan tangan anak-anak saya. Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keenam.

Never Talk To Stranger


Never Talk To Stranger adalah nasehat yang sering diajarkan oleh banyak orang tua kepada anak-anak mereka. Khususnya pada orang tua yang membesarkan anak-anak mereka di belantara kota besar yang selalu hiruk pikuk dengan bermacam-macam tipe orang. Kita tidak pernah tahu bukan, mana orang yang baik dan mana orang yang jahat. Untuk alasan keamanan dalam membesarkan anak-anaknya tersebut pulalah maka banyak orang tua yang akhirnya mempercayakan anak-anak mereka untuk ditemani dengan orang-orang yang mereka percaya.  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keenam.

Kamis, 16 Mei 2013

Dua Sisi Kehidupan Seorang Pengidap Sado Machinist


[Lifestyle] Dua Sisi Kehidupan Seorang Pengidap Sado Masochist berikut ini adalah salah satu file ketika aku mengasuh rubrik Uneg-Uneg di Kafemuslimah.com dulu. File ini tidak pernah aku share sebelumnya karena isinya yang tidak sesuai dengan Visi Misi Kafemuslimah.com, yaitu ditujukan untuk membahas masalah muslimah saja. Setelah aku edit dan menghilangkan identitas korespondenku, sekarang aku tampilkan disini. Tulisan ini masih dalam bentuk jawaban email utuh karena aku ingin memperlihatkan dua sisi yang amat berbeda dari seseorang. File ini aku beri nama:  File Tali Putri. Semoga bermanfaat.  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keenam.

Rabu, 15 Mei 2013

Hari Dimana Rasa Takut dan Berani Terjadi Dalam Satu Waktu Karena Bertemu Dengan Seorang Eksibisionis


 Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keenam.

Hari Dimana Rasa Takut dan Berani  Terjadi Dalam Satu Waktu Karena Bertemu Dengan Seorang Eksibisionis itu terjadi di salah satu hari kerja, di suatu siang. Siang itu amat terik. Banyak orang yang akhirnya memilih untuk tinggal di dalam rumah yang teduh. Bahkan ayam dan bebek yang biasanya berkeliaran di selokan yang ada air dinginnya, juga memilih untuk berteduh di dalam kandang mereka yang teduh. Dan pohon-pohon rindang yang satu dua masih tersisa di    pinggir jalan adalah tempat berteduh pavorit para pedagang dan pembeli. Sayangnya, di seputar radius 20 meter sekitar rumahku, tidak ada pohon yang rindang tersebut.  Itu sebabnya suasana lengang dan sepi menjadi  begitu dominan.

Selasa, 14 Mei 2013

Wajah Seorang Penipu


 Wajah seorang penipu itu seperti apa? Ada yang bisa mendeskripsikannyakah di antara kalian seperti apa wajah seorang penipu itu? Jika tidak, mungkin ceritaku berikut ini tentang seraut wajah yang menipuku karena punya dua sisi yang penampilang yang berbeda insya Allah bisa memudahkan kalian jika ternyata bertemu dengan seorang penipu. Dan  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keenam. 


Cerita ini kejadiannya sudah lama, yaitu di tahun 2009, ketika suatu siang anakku memanggilku.

Kucing


Kucing, mungkin merupakan binatang pertama yang saya akan tulis dalam daftar binatang yang tidak saya sukai. Tapi, tulisan saya ini bukan tulisan yang  berisi daftar binatang yang tidak saya sukai kok. Tapi tentang dua sisi dari hewan kucing itu bagi kehidupan saya. Dan Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keenam.

Minggu, 12 Mei 2013

Ibu datang dalam mimpiku

[Keluarga] Ibu sudah beberapa hari ini datang dalam mimpiku. Beberapa hari yang lalu, dia datang mendatangiku. Ibu bilang, dia rindu padaku dan ingin mengajakku pergi. Aku ingat percakapan kami yang ada dalam mimpiku tersebut, karena mimpi itu terasa begitu nyata.

Rabu, 08 Mei 2013

First love never die


Aku aslinya masih memikirkan ide mau nulis apa ketika mendapatkan tema pekan ini. Susah-susah gampang. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan hingga tiba-tiba sahabatku datang dan kami terlibat obrolan seru tentang kehidupannya (kami sudah lama terpisah dan baru bertemu sekarang). Dan inilah tulisanku untuk pekan ini.Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keempat.


Kalian percaya bahwa cinta pertama itu tidak pernah mati atau bahasa kerennya first love never die? Secara kebetulan, saya punya cerita tentang hal ini. Ini cerita tentang teman saya, selanjutnya kita sebut saja namanya merah. Dia memang cantik luar biasa layaknya bunga mawar merah yang merekah. Kemanapun dia pergi dan berada, dia selalu menarik perhatian banyak kumbang. Bahkan bukan cuma kumbang tapi juga kekaguman orang-orang yang tanpa sengaja melihat kehadiran rekahan kelopak merahnya.

Senin, 06 Mei 2013

Bagaimana pengaruh alkohol dalam miras bisa membuat seseorang saling membunuh satu sama lain


Ada dua peristiwa pembunuhan yang aku hadapi tepat di depan mataku di waktu yang lampau. Yang pertama terjadi ketika aku masih duduk di bangku SD. Ayah mengajak kami sekeluarga berlibur ke Ancol. Setelah semua orang berpesta merayakan malam pergantian tahun baru, maka bisa dipastikan suasana kota Jakarta akan lengang, tidak macet, tidak berdesakan. Nah, saat itulah menurut ayahku saat yang tepat untuk berlibur.

Sabtu, 04 Mei 2013

#Prompt11-a: Pembayaran

Mata Taufik tidak berkedip. Bola matanya berputar-putar di tempat sementara suara desis kecil terdengar dari mulutnya. Sesekali, bola matanya terangkat ke depan. Pada sepasang muda mudi yang sedang asyik ngobrol di depan meja kasirnya. Pasangan yang mesra. Tangan cowoknya sesekali terangkat untuk sekedar menyapu poni yang jatuh di atas kening ceweknya. Tapi melihat itu semua hati Taufik malah semakin merasa dongkol. Sebal. Sementara jemari Taufik terus bergerak lincah menghitung uang receh yang amat banyak di hadapannya dengan mulut berdesis.
"Maaf ya mas, kami berdua pasangan pengantin baru. Baru kemarin kami menikah. Di rumah kebetulan ada banyak sekali duit sisa nyawer, jadi bayar jusnya pake duit receh sisa nyawer aja mas. Gak papah kan."
Jika ingat kalimat tersebut, hati Taufik kembali mendongkol. Lalu kembali menghitung uang receh yang terdiri dari pecahan lima puluhan, seratusan, dan dua ratusan itu. Astaga! Bahkan duit receh dua puluh limaan juga ada. Huh.


==================
Tulisan ini diikut sertakan dalam tantangan mingguan #prompt 11: nota, MOnday Flash FIction

Jumat, 03 Mei 2013

Mirip Dendeng Baladokah Bajuku?

Jika diingat-ingat, warna apa saja yang paling meninggalkan jejak rekam ingatan, sepertinya saya harus menulis tentang paduan warna merah dan hitam. Dan Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keempat.

Ini ceritanya terjadi waktu saya baru saja masuk di perguruan tinggi dahulu. Tepatnya kenang-kenangan waktu ikut masa orientasi mahasiswa yang disingkat jadi Mapram di Universitas Indonesia.