badge

Rabu, 11 Desember 2013

Men Lie More Often but Women Lie Much Better

Sebenarnya, aku iseng nyari lirik lagu daerah yang ada hubungannya dengan pembuatan novel terbaruku. Tapi, ada sebuah berita seuprit yang muncul tiba-tiba dan itu langsung menyita perhatianku. Yaitu sebuah headline artikel dengan judul "seperti inilah wajah-wajah pria setia". Wah. Sepertinya menarik. Jadilah aku mengkliknya dan membacanya.

Di artikel tersebut (yang mengutip dari Dailymail, Kamis, 6/12/2012) sebuah  penelitian yang dilakukan oleh University of Western, Australia  merekrut 200 relawan dan memotret semuanya. Kemudian 68 orang asing diminta menilai dari kepala dan bahu untuk dinilai seberapa besar kemungkinan para relawan itu untuk tidak setia.

Yang menarik adalah, dengan melihat potret tersebut, ternyata wanita lebih pandai dalam menilai mana pria yang lebih setia ketimbang pria. 
Wanita bisa menilai pria dari wajahnya, sebaliknya pria sulit membaca wajah wanita. Sikap wanita yang tenang membuat pria sulit menilai wanita dari wajahnya
alias:
Hasilnya, para wanita ternyata secara akurat memilih mana laki-laki yang rawan berselingkuh. Analisa menunjukkan, relawan wanita menghubungkan maskulinitas dengan perselingkuhan.
Sebaliknya pria kurang bisa menebak wanita yang mempunyai sejarah perselingkuhan.
Peneliti Profesor Leigh Simmons mengatakan, perempuan mungkin lebih baik dalam tugas ini karena pengalaman wanita yang lebih banyak kehilangan atau ditinggalkan kekasihnya.
"Kami menyimpulkan kesan kesetiaan secara seksual dari wajah memiliki kebenaran, setidaknya untuk perempuan, dan mereka bisa membantu orang menilai kualitas calon pasangan," katanya.

Jadi... penasaran kan seperti apa wajah-wajah pria yang tidak setia itu? hehehe. Ini dia hasilnya.

Dari hasil penelitian itu disimpulkan:
1. Pria dengan wajah maskulin dengan ciri rahang yang tajam, dahi yang lebar, dagu persegi, atau alis yang menonjol adalah pria yang rawan berselingkuh.
Pria tipe seperti ini adalah pria macho yang memiliki testosteron banyak.  Penampilan pria macam itu bisa menunjukkan gen yang bagus dan kemampuannya memiliki anak yang sehat. Namun dengan kadar testosteron yang tinggi, pria tipe ini cenderung moody dan kasar serta rawan selingkuh alias tidak setia.
2. Pria tipe Wimpier dengan wajah biasa adalah pria yang setia. Perempuan yang mencari hubungan jangka panjang akan cenderung tertarik pada tipe wimpier. Meski penampilannya tidak sekeren pria maskulin namun pria tipe ini lebih stabil dalam kehidupan rumah tangga dan jarang berselingkuh.
Penelitian ini diterbitkan dalam Royal Society journal Biology.(MEL/IGW)
Nah... gara-gara baca artikel ini, lalu aku jadi teirngat sebuah quotes yang mengatakan bahwar Men lie more often but women lie much better. Artinya, bisa jadi para lelaki di dunia ini lebih sering berbohong tapi dalam hal ini, perempuan itu adalah makhluk yang lebih pandai dalam berbohong :))

Terbukti kan, pria jadi sulit mengetahui wajah perempuan mana yang suka berbohong, tipe seperti apa, atau bagaimana cara mengetahui apakah seorang perempuan itu berbohong atau tidak.
Tapi... pasti ada alasannya dong kenapa perempuan itu lebih pandai berbohong. Nah... tadinya kayaknya aku baca di artikel yang lain. Besok saja ya bersambung lagi. Harus siap-siap nganter anak sekolah sepertinya dakuh.

http://www.askheartbeat.com/ahb2010/day-16-40-days-of-rain-on-dbr-black-men-one-trick-and-lie-after-another/
gambar gak ada hubungannya sebenarnya tapi semoga sih nyerempet-nyerempet isi tulisanku ini. 


18 komentar:

  1. ternyata perempuan itu punya banyak kelebihan ya mbak :D

    BalasHapus
  2. Cowok-cowok kalo white lie pun keliatan sik ya. Misalnya pas bilang kalo istrinya paling cakep sedunia. Saya sebagai istrinya langsung tahu itu boong di detik pertama setelah dia bilang kayak gitu. Hahahahaaaaa.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan keliatan, tapi kitanya juga ngerasa kalo itu mah.. tau diri isitilahnya...

      Hapus
  3. inilah kelebihan wanita hehehe

    BalasHapus
  4. Ehm, catet ah tipsnya. Kalau liat cowok cakep berasa, kadang langsung terbersit,nih orang tipikal doyan selingkuh, ga, ya? Sementara liat cewek/perempuan cantik, ga curiga tuh. Hahaha... ambivalen apa diskriminasi, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi bener kok.. karena cewek paling pinter berpura-pura... pura-pura innocent; pura-pura bloon..hadeuh

      Hapus
  5. Wah, kalo menurutku, wanita yg selingkuh lebih mudah ditebak loh mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh.. malah susah lagi. cuma di sinetron aja wanita selingkuh gampang ditebak. Karena aku suka banget ngumpul dnegan banyak perempuan dan salah satunya ada yang cerita bahwa dia punya slingkuhan nah... kalo dia nggak cerita, gak keliatan sama sekali. semua isi statusnya di fb atau BBM isinya tuh gambarin dia penyayang dan keibuan semua... mana sering say i love ke suaminya di statusnya.. makanya kayak petir pas dia cerita bahwa dia punya selingkuhan

      Hapus
  6. Hmmmm aku setuju wanita lebih pintar menyimpan wajah asli haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip.. aku juga mak. Makanya ada pepatah yang mengatakan "yang tahu siapa kita ini anak siapa di dunia ini cuma ibu yang melahirkan kita". hahahaha

      Hapus
  7. Mak, itu topi ungunya lucu banget #salahpokus :))

    Wajah laki-laki tuh polos banget sih, ekspresinya kebaca hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa.... aku juga suka topi ungu itu... makanya kemarin pas diperbaiki blogku ini aku ngotot pingin mempertahankan si topi ungu itu...

      Hapus
  8. wanita pintar menyimpan rahasia juga :) ditunggu kelanjutannya ya mbak

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...