badge

Kamis, 29 Agustus 2013

Only In Indonesia; So Come And Visit To Indonesia

Syahdan. Beberapa tahun yang silam, ketika saya menetap sementara di Sydney, Australia, karena mendampingi suami yang sedang mendapat tugas belajar di sana, saya berkenalan dengan banyak orang dari berbagai bangsa, atau warga negara, warna kulit dan berbagai macam tipe manusia. Dalam sekejap pengalaman saya bertemu dan mempelajari keaneka ragaman individu pun bertambah. Dan itu amat luar biasa sekali.


Dari pertemuan dengan banyak ragam orang tersebut, rasa nasionalisme saya pada Indonesia bertambah volumenya. Bagaimana tidak? Karena ternyata ada banyak orang luar yang kagum pada Indonesia. Bahkan, kekaguman itu pada beberapa kelompok mampu menghadirkan kecemasan tersendiri. Dimulai dari kecenderungan orang-orang Australia untuk lebih memilih Bali sebagai tujuan liburan mereka ketimbang daerah-daerah lain di Australia sendiri (dan sungguh loh, media massa dan pemerintah Australia menaruh perhatian dalam bentuk keprihatian khusus untuk masalah ini. Karena, pamor Bali sudah merebut pasar turis ke negara mereka). Mau tahu alasannya kenapa banyak orang yang lebih suka Indonesia ketimbang Australia?


aku bikin sendiri banner ini

"Karena cuma di Indonesia kita bisa surfing dengan temperatur udara yang stabil. Tidak terlalu terik, juga tidak terlalu dingin."
gambar diambil dari sini

"Pantai di Indonesia itu luar biasa. Ada pink beach di Pulau Komodo (dan jangan lupa Komodonya sendiri yang merupakan karnifora langka di dunia); pantai yang amat luas dengan pasir putih yang lembut di Bali, dan pantai yang tenang di Raja Ampat."




Pink Beach di Pulau KOmodo. gambar diambil dari sini


"Indonesia itu surga kuliner untuk para vegetarian. Gado-gado, karedok, salad, ada banyak sekali pilihan makanan untuk penikmat kuliner vegetarian." ("Gado-gado. I always love Gado-gado, vegetarian food from Indonesia." Itu yang mereka ucapkan setiap kali menemukan gado-gado di sebuah pertemuan). 

"Indonesia juga kaya dengan ragam makanan yang tiada taranya." (ada orang Bule yang jatuh cinta dengan gulai daun singkong di restoran Padang dan itu membuatnya sering kangen untuk berkunjung ke Indonesia cuma untuk menikmati gulai daun singkongnya)

Dan perjalanan saya mendampingi suami yang (kebetulan alhamdulillah) gemar menimba ilmu dimana saja itu, membawa saya untuk merasakan juga menetap di Malaysia selama beberapa kurun waktu. Ada banyak sekali persamaan yang saya temui antara Indonesia dan Malaysia. Hal ini tidak dapat dihindari mengingat Malaysia adalah negara tetangga yang paling dekat dengan Indonesia. Ketika zaman keemasan kerajaan Sriwijaya dan Majapahit dan kerajaan besar lainnya berkuasa di Indonesia, semenanjung Malaysia masuk dalam wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan besar di Indonesia tersebut. Sehingga arus pertukaran budaya dalam migrasi penduduk dan perkawinan silang antar penduduknya pun terjadi tanpa bisa dihindari. Mungkin inilah yang menyebabkan ada banyak sekali persamaan dengan negara tetangga kita ini. Ketika di Malaysia inilah saya menemukan sebuah kenyataan yang unik tentang Indonesia. Yaitu pengakuan bahwa ada banyak orang yang melihat Indonesia punya sebuah keistimewaan dimana cuma di Indonesia hal itu bisa didapat. Tidak di tempat lain, bahkan di seluruh penjuru dunia sekalipun. "So you have to visit to Indonesia to get that." Atau "You have to come to Indonesia to get that."

Dan ini alasan-alasan mereka:

"Kerajinan bordir dan sulam yang rapi dan bervariasi. Cuma ada di Indonesia."
gambar diambil dari sini

"Indonesia punya tempat menyelam yang amat nikmat untuk dikunjungi. Kamu boleh menginap di Malaysia tapi amat sayang jika melewatkan kesempatan untuk tidak mencoba laut dalam di Indonesia."

"Jika ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika mengadakan resepsi pernikahan, menikahlah di Bali. Rasanya seperti sedang menikah di negeri para dewa di surga sana."
gambar diambil dari sini

"Ingin merasakan degup andrenalin yang berdentam keras? Kenapa tidak mencoba untuk menyelam di Banua Wahu. Ini adalah tempat menyelam paling aneh di dunia karena sebenarnya Banua Wahu adalah kepundan dari sebuah gunung api yang masih aktif. Dari celah-celah karang di bawah laut itu, bermunculan gelembung-gelembung udara panas dari gunung api aktif bawah laut yang bahkan gelembung-gelembung air panas ini bisa menyebabkan luka bakar. Kita bahkan bisa mendengar gemuruh kawah yang sedang bergolak di dalam gundukan karangnya. Luar biasa sekali."
gambar diambil dari sini

"Datang ke Bali dan temukan suasana yang benar-benar berbeda disana."

"Indonesia adalah tempat paling nikmat untuk menikmati air kelapa muda. Air kelapa mudanya benar-benar segar, berbeda dengan air kelapa muda di negara Asia yang lain. Saya sudah mencoba air kelapa muda dari seluruh Asia, air kelapa muda Indonesia tetap nomor satu. Setelah itu baru deh air kelapa muda dari Thailand dan Philipina."

Ya... itulah sederetan pengakuan yang diucapkan langsung oleh beberapa orang yang pernah datang ke Indonesia. Dan harus diakui apa yang diakui oleh mereka itu benar adanya. Memang cuma ada di Indonesia hal-hal di atas bisa ditemui. Only in Indonesia

Dan pengakuan tertulis yang ditulis oleh mereka yang merangkumkan pengalaman mereka tentu saja masih banyak lagi. Ini salah satunya:

- UBUD, adalah peringkat ke 11 dari 25 tempat yang harus dikunjungi di Asia. Mengapa? Karena hanya di UBUD kita bisa mendapatkan pijat yang khas a la Bali. Reflesi, minyak pijatnya, tempat yang tenang untuk mendapatkan pijatan, pemandangan yang indah untuk spa-spa-nya cuma ada di sini. Cuma di Indonesia (sumber: http://www.tripadvisor.com/TravelersChoice-Destinations-cTop-g2) .

- Asia adalah rumah bagi peradapan kuno, pemandangan alam yang spektakuler dan kota-kota yang memesona. Dan tempat pertama yang harus kalian kunjungi dari 7 tempat yang harus kalian kunjungi sebelum kalian meninggal dunia adalah BALI.

"There’s almost too much to see in Bali, Indonesia. Stunning temples amidst inspiring scenery, the ancient art form of Balinese dance, terraced fields and of course the beaches, which are among the best in the world." (Terlalu banyak hal-hal menarik yang bisa dilihat di Bali. Mulai dari candi-candinya yang menakjubkan, pemandangan alam yang menghadirkan inspirasi, bentuk seni budaya dan tariannya, pemandangan sawahnya yang diatur dengan model terasering, dan tentu saja pantainya yang masih termasuk pantai terbaik di dunia.) (sumber: http://www.icityinfo.com/talk/7-things-to-see-in-asia-before-you-die/)



- Dalam Traveler's Choice Award 2013, pantai Padang Padang menduduki posisi ke 19 sebagai top 25 pantai yang harus dikunjungi di Asia. FYI, Pantai Padang Padang di Bali ini adalah pantai yang pernah dijadikan tempat untuk pengambilan gambar Film Love, Eat and Pray yang dimainkan oleh Julia Robert.
gambar diambil dari sini

- Ingin jalan-jalan santai yang murah meriah sambil membeli sesuatu yang unik dan antik? Datanglah ke jalan Surabaya, Jakarta. Ya, Jalan Surabaya Jakarta termasuk dalam 50 tempat murah meriah yang harus dikunjungi di Asia versi HostelWorld (sumber: http://www.hostelworld.com/travel-features/156534/50-things-to-do-for-free-in-asia)

gambar diambil dari sini


- Bahkan, (ini sebenarnya kurang ajar ya, tapi apa boleh buat) Indonesia adalah negara dimana kemiskinan bisa mendatangkan hiburan tersendiri.
Loh? ... ini yang saya sebut kurang ajarnya. Jadi, ada banyak orang di luar Indonesia yang bergelimangan dengan uang dan bingung sendiri dengan kekayaan mereka sehingga mempertanyakan, "sebenarnya, orang miskin itu di dunia ini benaran ada apa tidak sih? Seperti apa mereka? Apa kita bisa membantu mereka?"... dan... terbentuklah sebuah tour ke daerah kumuh dan kantong kemiskinan yang ada di daerah yang memang berada di bawah garis kemiskinan di wilayah Indonesia. Nah, Cuma di Indonesia daerah miskin bisa dijadikan sebagai tujuan wisata (*sampai bingung saya, mau ketawa apa meringis ya dengan kenyataan ini)  (sumber: http://realjakarta.blogspot.com/)


gambar diambil dari sini


Jadi....Jika saya diberi tugas untuk  : Buat tagline, dan jelaskan kenapa tagline itu cocok untuk Indonesia di kawasan ASEAN, maka saya akan menjawab (dengan sebuah banner yang saya buat sendiri nih):



alias dalam bahasa kerennya:


So... Come and visit to Indonesia.


--------------------
Penulis: Ade Anita

17 komentar:

  1. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, selayaknya kita bangga dan mencintai negeri yang indah ini ya jeng. Tak elok jika ada yang justeru menjelek-kelekkan negerinya sendiri didepan orang asing.

    Terima kasih artikelnya yang sangat informatif, semoga dapat menarik semakin banyak wisatawan dalam dan luar negeri.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. Sebenarnya masih banyak lagi keunikan yang hanya ada di Indonesia Mak Ade, coba tarian jawa yang halus plus gamelan, music keroncong yang lembut mendayu, batik yang unik, makanan macem2 dah. Hanya pemerintah ngga pinter merawat dan pemerintah terlalu sibuk berebut uang dan kekuasaan. Lagian iklan promo wisata kita ngga greget blas. kalah sama iklan Malaysia.

    Saya juga punya tag line nih buat Indonesia " Never Ending to Explore" gimana? boleh juga kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mak belon sempat mampir ke blogmu... begadang semalaman aku. tag linemu keren tuh mak

      Hapus
  3. Tagline saya; Indonesia, the Pearl of Khatulistiwa. Nggak tau lagi mau bikin tagline apa, wkwkwk...
    postingannya pun dikit kali, hari ini benar-bnar nggak ide, hahaa...
    Btw, mantap keren artikel mbak Ade. As usual, selaluuuu informatif ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu udah tepat banget tagline Eky

      Hapus
  4. Ah keren nih taglinenya... dan mataku melotot tadi liat pink beach :D yes, cuma di Indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa.. keren banget ya... aku juga naksir berat ama foto pantainya

      Hapus
  5. wahhhh...pink beach, sesuatu :D pengen kesana....

    BalasHapus
  6. wakatobi jangan lupa mba, kalo wisata bawah laut paling oke :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakatobi tuh masih baru pemasarannya.. jadi belum terkenal banget. Belum masuk list2 tertentu.. aku cuma ambil list pengakuan resmi aja yang pernah dibuat.

      Hapus
    2. oh satu lagi.. katanya beberapa wilayah di wakatobi itu udah dibeli jadi milik privacy perseorang loh.. dan perseorangan itu adalah orang bule... itu katanya loh.. jadi ya.. gak ngerti deh kalo ke sana kita bayarnya gimana tuh buat menikmatinya.

      Hapus
  7. Balasan
    1. aku juga pas denger langsung dari mulut mereka jadi banggaaaaaa banget ma Indonesia.

      Hapus
  8. Pernah denger langsung dari temen yang tinggal di Paris, dia lagi naik mobil sambil dengerin radio eh tau-tau stasiun radionya memutar musik degung Sunda. Si temen yang orang Jawa bilang ke Saya "Lin aku aja yg orang Jawa Bangga apalagi kamu yang orang Sunda". hehe top banget dah! Itu anak muda di Indonesia pada kemana ya gemar banget ama music2 barat sedangkan orang barat malah seringnya muter musik2 kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seperti orang jepang yang amat menghargai lagu bengawan solo-nya gesang. atau orang malaysia yang amat sayang pada buya hamka hingga merasa bahwa buya hamka itu bagian dari melayu juga.

      Hapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...