badge

Rabu, 03 April 2013

Blogku Menghilang Kemarin

Lapor!
Kemarin, blogku yang ini sempat menghilang. Waah. Paniknya bukan main.Asli panik karena aku aslinya kan gaptek jadi bingung kenapa?

Akhirnya, aku bikin status tentang kepanikan dan kebingunganku ini di group Kelompok Emak2 Blogger dan komunitas Be A Writers. Berharap akan datang bantuan dari siapa saja yang pasti tidak separah aku gapteknya. Dan akhirnya bantuan datang. Ada yang ngasih dukungan agar tidak sedih, pernyataan prihatin yang membesarkan hati, dan juga saran-saran yang mungkin bisa dilakukan.




Ada satu saran juga, tapi sebenarnya bikin aku makin merasa panik nih ini saran (hehehehe). Ditulis oleh Rahmah suka Chemist, bunyinya adalah:

[OOT tapi INFO]

Mengenai Kasus Blog mbak Ade Anita mungkin bisa jadi pelajaran, bagi yang masih memiliki blog yang menggunakan BLOGSPOT, baik itu sudah di custom domain (.com; .net; .org; .info) ataupun yang masih tetap menggunakan sub domain .blogspot.com SEBAIKNYA SERING-SERING BACKUP TULISANNYA di BLOG terutama setelah update POSTINGAN BARU

Karena GOOGLE sekarang GENCAR MELAKUKAN RAZIA sebab BLOGSPOT disalahgunakan. Tujuan di backup adalah untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu blog dihapus.

Bantuan terbesar akhirnya datang dari Windi Teguh, yang ngasih link yang berisi pengalaman serupa yang pernah dialami oleh orang lain dan bagaimana cara mengatasinya.

Aku, jujur saja, tahu diri dengan semua kegaptekanku yang parah dan itu bikin aku gak percaya diri buat melakukan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memperbaiki masalahku. Aku kasih notebookku pada suamiku, lalu merengek minta dia memperbaiki blogku. Suamiku akhirnya menjalankan langkah-langkah yang disarankan.


langkah pertama yang harus anda lakukan saat ingin mengembalikan blog anda yang hilang, tidak di temukan atau di hapus oleh blogger. adalah..
  1. Hubungi blogger
  2. Ceritakan masalah yang anda alami, dengan mengisi angket-angket yang diberikan
  3. Cari tau penyebab blog anda di hapus
  4. Setelah google memberikan respon, cepat lakukan verifikasi sesuai dengan petunjuk yang di berikan
  5. Buat kode sandi yang baru saat verifikasi
  6. Isi angket dan beri ratting (ga wajib kok)
  7. Setelah melakukan verifikasi dan berhasil, cobalah untuk login ke akun google atau blogger anda.
  8. Insya Allah blog yang telah di hapus akan kembali, dengan catatan anda tidak melanggar ketentuan blogger (TOS)

Oke. Kami mulai melakukan langkah pertama. Menghubungi Blogger. Tapi, waaahh.. gimana mau menghubungi jika akun gmail-nya juga diblokir?

Salah satu saran di blog itu adalah: jangan panik (tapi terlambat karena aku sudah panik. Untungnya suamiku cukup cool).

Akhirnya, kami menghubungi blogger dan karena tidak bisa maka ada pertanyaan, mau dihubungi via sms atau email. Awalnya, kami memilih via email (jujur saja, aku malas masukin nomor hpku karena nomor henpon yang  tersebar itu bikin aku semakin sering menerima sms-sms gak jelas (mulai dari nawarin KTA, vocer, mo nawarin kontrakan rumah, sampai kuis-kuis gak jelas dan tawaran diskon atau hadiah). Tapi, setelah dicek ke email alternatif, ternyata email laporan dan tanggapanku belum juga direspon sampai 1 (satu) jam lamanya. Wah. Sudah boleh panik? Ternyata belum boleh.

Anak sulungku mengatakan untuk minta konfirmasi lewat sms saja. Ya sudah, terpaksa aku masukkan nomor handphoneku. Lalu menunggu. 10 menit kemudian datang sms yang memberitahu nomor verifikasi yang harus dimasukkan ke kolom yang diminta oleh google.

langsung aku masukkan dan.... Alhamdulillah akunku sudah bisa muncul lagi. Begitu juga dengan blog-blogku (aku punya dua blog dengan akun gmail).

Setelah itu, muncul saran agar segera menghapus semua pesan yang dicurigai sebagai SPAM oleh pihak google.

Hasilnya, sampai dengan hari ini aku mengecek semua komentar yang masuk di setiap postingan tulisanku. Semua komentar yang gak jelas aku hapus dan itu ternyata... jumlahnya banyaakkkkkk.

huff. Pantas saja.
Ini salah satu bentuk komentar yang dicurigai sebagai SPAm


"I Really really like your post. And your blog too. Its inspired me a deep. and the colour of your blog is blow up my heart. I odore with your note."

FRom: anonim . Lalu dia memasukkan link yang buanyaaaaaakkkk buangetttttt .... ada link card, flower card, sex card, women card, nudity card, dan sebagainya.... 

Dan tidak tanggung-tanggung, si anonim ini memasukkan langsung 10 buah komentar untuk satu postinganku saja. Waaahh.... Menyusahkan untuk menghapusnya.

Nah, khusus untuk proses penghapusan komentar yang dicurigai SPAM ini, ada lagi langkahnya setelah kita menghapus semua komentar-komentar tersebut. yaitu kita harus menghapus semua Cache and Cookies-nya. Caranya: 

1. Di pojok sebelah kanan atas, ada tanda seperti ini:  Chrome menu  ... nah, itu diklik, lalu akan muncul banyak pilihan. 
2. Pilih TOOL
3. Pilih  Clear browsing data atau Clear browsing history, nanti akan muncul beberapa pilihan.
4. Centang semuanya saja biar aman (hehehe)
5. Selesai deh. Silahkan direfresh lagi windownya.

Oke... demikianlah langkah-langkahnya sapatau ada yang ngalamin hal2 yang sama dengan yang aku alami. Tapi,semoga sih nggak ya. 




19 komentar:

  1. waduh namaku disebut *tutup muka*

    BalasHapus
  2. Aduh susah juga ya Mbak Ade Anita?. Nah itu kan langkah penanganannya. Kalo langkah pencegahannya gimana Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya sama rahmah tuh.. aku gaptek..hehehe

      Hapus
  3. blogger memang kadang demikian, sebenarnya bukan menghilang tapi sedang ada crawl. keep blogging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah terus blogging... asyik sih

      Hapus
  4. Balasan
    1. semoga gak kena kayak gitu ya... gak enak soalnya

      Hapus
  5. Alhamdulillah udah balik blognya ҉✽*\(ˆ▽ˆ)/*✽҉ .
    Xixixi padahal cm bantu carikan link nya doang kok mba, #tersipu2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan lagi Windi, karena kepanikanku sudah menutupi duniaku (pinjem judul lagunya afghan)

      Hapus
  6. apa harus buat kesalahan dulu baru punya pengalaman ya ?
    *thinking**

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya sih gitu deh... kalo gak, gak pernah tahu bener atau salah (*wrong thingking sepertinya ya?)

      Hapus
  7. lha, mbak... berapa minggu lalu blog ku juga ngilang lho... dan aku juga gak bisa pake akun google dari laptop maupun androidphone... mengherankan! Tapi kata adikku, "udah diemin aja... ntar juga balik lagi..." Ternyata setelah ditunggu sampe seminggu, ada lagi lho...Mungkin betul, kadang suka ada crawl... hmm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo.. crawl itu sebenarnya apa sih? iya ya.. apa jangan2 emang gak ada apa2 ya, tapi asli bikin aku panik... soalnya email ku juga gak bisa diakses

      Hapus
  8. kalo dulu aku dibantuin temen, mba ade. jadi ga tau persisnya. cuma emang ada verifikasi via sms kayaknya. semoga ga ilang lagi ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harus via sms sepertinya. gak bisa gak.

      Hapus
  9. tapi waktu kata mba ade ilang, kok aku check lewat blog-ku masih bagus lho, masih tetap ocehan ade anita gitu, waktu mba ade bilang jg berubah jd permata bunda gitu, waktu liat via blog-ku lagi msh normal juga....wah kok bisa yagh :D tapi Alhamdulillah sdh baik lagi, smg g ilang2 lagi y mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah kepikiran buat sewa hosting nih jadinya

      Hapus
  10. terima kasih share nya mbak...
    aku inget inget, penting banget soalnya

    kalo aku yang mengalaminya, udah nangis duluan kali

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...