Selasa, 30 April 2013

Merah Yang Bagus untuk Menambah Darah

[Keluarga] Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keempat, tema: warna


Saya seorang penderita tekanan darah rendah sekaligus juga mengalami kondisi kekurangan zat besi. Itu sebabnya tekanan darah saya selalu turun alias drop dan itu bisa bikin kepala saya pusing, mata berkunang-kurang dan berdiri pun tidak seimbang serta rambut rontok.

Benci Tapi Sayang Pada Teman, Bagaimana Menghilangkan Rasa Bencinya?

kafemuslimah.com Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya punya seorang teman yang secara fisik cukup menarik dan dia sadar akan kelebihannya itu, berasal dari keluarga biasa biasa saja. Saya menyayanginya karena dia sudah tidak beribu sejak kecil, saya berharap dia mau menganggap saya sebagai kakaknya atau apa.

Syirikkah Apa Yang Saya Yakini Ini?

(Arsip Kafemuslimah.com)
Tanya:Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ehhmm gini Bu', terus terang ana baru mendalami Islam sekitar setahun belakangan ini. Sebelumnya ana memang Islam juga tapi sekedar pelengkap KTP dan bawa'an dari lahir. Sedangkan Islam secara esensi dan sebenarnya belum pernah ana reguk. Namun Alhamdulillah segala kehendak hanya milik Allah, lewat sebuah perjalanan bathin yang nggak pernah ana duga, Allah menghantarkan ana pada sebuah keindahan yang di dunia ini nggak mungkin didapat. Dunia makin nggak semenarik dulu lagi dipandangan ana.

Senin, 29 April 2013

Prompt #11: Nota: Papa, maafkan aku


gambar diambil dari sini


[Cerita Mini] Peluh sebesar jagung yang merekah karena terkena panas panggangan muncul di pelipis Ratri. Hatinya tercekat. Matanya diam-diam menatap lima orang rekan kerjanya yang duduk di meja di depannya. Ruang kantornya memang tidak ada sekat antara meja satu dengan meja lain. Bahkan peletakan meja diatur berbentuk lingkaran sehingga setiap orang bisa mengawasi orang yang lain dalam mengerjakan tugas masing-masing. Kecil kemungkinan untuk melakukan transaksi atau bahkan kecurangan di tempat yang seterbuka ini.

Prompt #10: Shioban dan Kereta Kuda: Mau kelilng kota bersamaku, cantik?


"Duh, itu cewek... emm... emg! Cakep luar dalam kayaknya." Shioban mengerling ke arah seorang perempuan cantik yang berjalan amat sangat anggun di pinggir jalan. Pakaiannya amat sangat indah. Sebuah gaun panjang dengan kawat melingkar yang membuat bagian bawah gaun tersebut mengembang menyerupai bunga terompet. Sebuah payung kecil yang terbuat dari kain putih yang disulam dengan sulaman gambar bunga yang melingkar tampak menghiasi bagian pinggir payung tersebut. Tangkai payungnya sendiri terbuat dari kayu ramping yang dipernis dengan semprotan warna keemasan.

Minggu, 28 April 2013

Jumat, 26 April 2013

Ibuku, Perempuan Yang Mengajarkan Aku Tentang Pahala Ibadah Yang Usianya Lebih Panjang Dari Usia Fisik Manusia

[Keluarga] Ibuku aslinya adalah orang Sumatra Selatan. Kedua orang tuanya, asli dari Sumatra Selatan, tepatnya dari dusun Kayu Ara, Kabupaten Musi Banyuasin. Ibuku adalah perempuan inspiratifku sepanjang ingatanku dan Dan Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketiga dengan tema: perempuan inspiratifku.

Ibu, lahir dari nenekku yang merupakan anak tunggal. Ada kisah tersendiri dari lahirnya nenekku. Nenekku ini, lahir dari pasangan suami istri yang tidak menduga akan dikaruniai seorang bayi perempuan yang cantik. Tapi kedua pasang suami istri ini tidak putus berharap lewat doa dan ikhtiar. 

Faradina Izdhihary: perempuan yang tidak kenal kata menyerah


Saat ini, detik ini, jika ada yang bertanya apa yang paling aku inginkan terjadi pada diriku, jawabanku adalah:
1. menjadi langsing tapi tetap sehat;
2. menjadi penulis-memiliki buku-dan mengelola penerbitan sendiri dimana bisa menerbitkan buku sesuai jenis dan genre yang kusukai;
3. sayang dan sekaligus disayang oleh keluarga;
4. melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain dan mencintai kegiatan tersebut.

Sayangnya, semua itu belum bisa aku dapatkan. Itu sebabnya aku amat mengagumi temanku ini: Faradina Izdhihary (perempuan yang memiliki nama asli Istiqamah). Dan Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketiga dengan tema: perempuan inspiratifku.

Sabtu, 20 April 2013

10 Keasyikan antara " Pergi dengan rombongan" dan "pergi sekeluarga saja" : Jalan-jalan ke tempat Agrowisata di daerah Sukabumi

[Keluarga] Tempat rekreasi Agrowisata di luar Jakarta tampaknya benar-benar menjadi tujuan wisata alternatif bagi masyarakat perkotaan. Bisa jadi, mungkin karena Jakarta sudah terlalu padat jadi asyik saja melihat daerah yang masih hijau, tenang, dan damai. Atau mungkin karena Jakarta selalu berisi orang-orang yang penuh dengan kesibukan, jadi refreshing yang paling nyaman sepertinya adalah pergi ke daerah yang berbeda dengan suasana kota Jakarta yang pikuk.  Saya, pernah pergi ke daerah tujuan Agrowisata di daerah Sukabumi, Bogor, Lembang, ciputat jakarta, maupun puncak (ada banyak tempat karena tampaknya tempat-tempat ini menjadi tujuan wisata dari sekoalh anak-anak saya. Sebut saja ada Cinaneng, Desa bumbu, pasir mukti, dll); baik ikut rombongan maupun pergi hanya sekeluarga saja. Keduanya ternyata mendatangkan keasyikan yang berbeda. Tempat-tempat agrowisata ini menyediakan dua paket wisata: yaitu paket wisata untuk keluarga dan paket wisata untuk rombongan. Paket wisata untuk keluarga, maka pilihannya lebih ke arah acara makan-makan di restoran yang mereka sediakan disana, tapi diberikan pilihan hiburan turun ke desa bagi seluruh anggota keluarga. Hiburannya adalah: memandikan kerbau, membajak sawah dengan kerbau, menanam padi, dan penjelasan tentang berkebun serta menangkap ikan yang terdapat di tambak-tambak persawahan mereka. sedangkan paket wisata untuk rombongan maka acara makan di restorannya dihilangkan. Kita boleh membawa makanan dari rumah. Tapi, kita harus mengikuti seluruh rangkaian acara yang mereka sudah siapkan. Acaranya sama: menanam padi, membajak sawah, memandikan kerbau, menangkap ikan, memilh sayuran. Tapi ada acara permainan lain seperti Flying Fox, acara membentuk lingkaran dan berlangsunglah acara untuk kelompok seperti permainan "hai buta" atau "kucing dan tikus". Panitia acaranya sudah meyediakan acara untuk rombongan seperti itu.

Dan berikut 10 keasyikan yang saya dapatkan  dari bepergian ke tempat-tempat tujuan wisata tersebut, dengan membandingan jika pergi dengan keluarga dan pergi dengan rombongan:

Jumat, 19 April 2013

Pantun dalam Budaya Orang Betawi

Sudah pernah mendengar lagu-lagu yang berasa dari Betawi seperti lagu Jali-Jali, atau Ondel-Ondel? Jika diperhatikan, ternyata nyaris 90 % syair lagu0lagu tersebut berisi pantun. Nah, saya akan menulis tentang budaya pantun dalam seni pantun orang Betawi. Dan  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua dengan tema: Rasa Lokal (budaya lokal) tempat saya tinggal, yaitu Jakarta.

30 jenis aneka makanan dan minuman khas Betawi


Setiap tanggal 22 Juni, kota tempatku tinggal, yaitu Jakarta merayakan ulang tahunnya. Usianya kota Jakarta sudah cukup tua, sudah ratusan tahun. Nah, ketika kota Jakarta sedang merayakan ulang tahunnya tersebutlah kami warga kota Jakarta bisa dengan mudah menemukan aneka makanan dan minuman yang menjadi khas kota Jakarta dan diakui sebagai bagian dari budaya kota Jakarta, yaitu budaya kuliner.  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua  dengan tema: Rasa Lokal.

Berbicara tentang rasa lokal maka itu artinya berbicara tentang budaya setempat. Salah satu budaya yang menjadi ciri khas suatu wilayah adalah makanannya. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menjadi budaya kuliner khas kota Jakarta yang saya suka (hehe, makanan dan minuman khas kota Jakarta itu banyak tapi yang saya sukai itu terbatas jumlahnya. Jadi, yang saya tulis disini hanya yang saya sukai saja).

1. Kerak Telor.

Senin, 15 April 2013

Cara Gambar muslimah-manga


Waaaa... alhamdulillah, aku senang deh hari ini ketemu contoh-contoh tutorial buat gambar Manga yang versi muslimahnya. Hawna sedang senang-senangnya gambar soalnya. aku ketemunya di sini nih 
http://en.muslim-manga.com/

Minggu, 14 April 2013

Srikandi Blogger 2013: Sebuah Keberhasilan Yang Didapat Dari Sebuah Kebersamaan


[Lifestyle] Opini, mimpi dan harapan saya terhadap ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013



Pada tanggal 22 Desember 2012 lalu, saya menulis status di facebook saya (adeanit4@yahoo.co.id) yang berbunyi sebagai berikut:
----------

Salah satu acara reality show televisi luar yang saya sukai adalah "The Apprentice", tapi dibandingkan yang dibawakan oleh Donald Trump yg versi USA, saya lebih suka yang dibawakan oleh Sir Alan Sugar, yang versi BBC channel (Inggris). Perjuangan para pekerja muda untuk menjadi seorang pekerja sekaligus manajer yang handal itu amat menarik untuk disimak. Mereka harus bersaing dengan sesama pesaing untuk menjdi yang terbaik. Pada akhir kompetisi, yang menariknya adalah, pemenangnya, (yaitu mereka yang akan diberi gelar manajer terbaik) ternyata bukanlah seseorang yang mampu menghasilkan uang terbanyak untuk kemajuan perusahaan. Juga bukan orang yang berhasil menjual product terbanyak hingga menghasilkan laba terbanyak bagi perusahaan.

Nakalnya Anak-anak

[Parenting] Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu pertama dengan tema Sekitar Rumahku.

Rumahku berada sebenarnya berada di tengah-tengah sebuah jalan yang lumayan besar. Muat dua mobil, dengan jalur dua arah. Tepat di depan rumahku, ada sebuah gang sempit yang bisa dilewati oleh satu buah mobil ukuran City Car atau angkot kecil (bukan mikrolet). Sedangkan di sebelah kanan rumahku, ada sebuah gang yang ukurannya lebih kecil lagi, hanya bisa dilewati oleh satu buah gerobak saja, atau satu buah motor. Antara gang dengan ukuran lebar satu motor dan jalan sempit ukuran satu City Car masing-masing terhubungkan dan orang-orang sering melewatinya sebagai bagian dari jalan tikus atau jalan pintas menuju jalan raya besar: Jalan M.T Haryono (jalan raya besar yang kumaksud disini adalah jalan yang dilewati oleh banyak sekali mobil karena memiliki 10 jalur kendaraan, ada jalan tolnya, ada jalur bus way, ada jembatan penyeberangan). Ini gambar gang sempit di samping rumahku:

Jumat, 12 April 2013

Bisnis Tempat Kost Dekat Rumahku


Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu pertama dengan tema Sekitar Rumahku.

Rumahku ini sudah aku tempati sejak tahun... 2000. Berarti sekarang sudah genap 13 tahun aku tinggal disini. Lokasi rumahku bukan di dalam kompleks, tapi di tengah perkampungan. Dulu, banyak rumah orang betawi aslinya sebenarnya. Tapi, karena rumahku bisa dikatakan berada di dalam kota yang dekat dengan perhentian bus, halte busway, pintu masuk dan keluar jalan tol, pasar, perkantoran, sekolah dan pusat bisnis dan ekonomi lainnya, termasuk juga beberapa kantor milik pemerintah dan stasiun kereta api, maka harga tanah di wilayah rumahku melonjak tinggi dengan amat cepat. Harga tanah di sekitar rumahku jika dijual bisa sepuluh kali lipat dari nilai yang tertera di NJOP. Cukup menggiurkan kan untuk penduduk betawi asli yang umumnya punya tanah lebar-lebar. Akhirnya, satu persatu tanah milik penduduk asli betawi pun dijual. Tetangga lamaku yang orang Betawi asli itu kini banyak yang pindah tinggal di pinggir kota Jakarta seperti ke wilayah CIlebut, Bojong, Citayem. Sebagai gantinya, mulailah berdiri rumah-rumah megah dan menjamur juga tempat-tempat kost-kostan.

Dekat Tapi Naik Taksi


Hari ini, berhubung anak bungsku yang masih SD masih libur (karena kakak kelasnya yang di kelas 6, UAS) maka pagi ini aku hanya mengantar anakku yang SMP saja ke sekolah. Pagi-pagi kami berangkat dari rumah agar tidak terlambat karena sekolah masuk pukul 06.30. Nah, aku akan bercerita tentang apa yang aku  temui di hari ini di sekitar rumahku. Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu pertama.

Hmm, jangan mengira bahwa karena masuk sekolah pukul 06.30 WIB maka aku dan anakku berangkat sekolah setengah jam sebelumnya. Jarak sekolah antara rumahku dan sekolah anakku jaraknya sedang-sedang saja sebenarnya. Tidak terlalu jauh, tapi juga tidak bisa dibilang dekat. Tapi, kendalanya adalah, jika kami memilih naik mikrolet, sudah bisa dipastikan akan terlambat meski berangkat dari rumah pukul enam kurang. 

Kamis, 11 April 2013

Harapanku untuk group Be A Writers


Sejak kecil sebenarnya saya tidak pernah bercita-cita ingin menjadi penulis. Sejak kecil, saya bercita-cita ingin menjadi seorang .... wah. Cita-cita saya ternyata macam-macam.

Saya ingat, waktu kelas lima (5) sekolah dasar, saya bercita-cita ingin menjadi seorang gubernur untuk wilayah DKI Jakarta. Gara-garanya sederhana saja; saya terpilih jadi dokter kecil, lalu dalam sebuah kompetisi dokter kecil tingkat kecamatan, saya terpilih menjadi dokter kecil  teladan hanya gara-gara saya menulis tentang "RENCANA BESAR JIKA SAYA MENJADI SEORANG DOKTER KECIL YANG MENGEPALAI SELURUH DOKTER KECIL YANG ADA DI SEKOLAH." Waktu itu, kebetulan, adik bungsu saya yang waktu itu usianya baru 1,5 tahun atau kurang dari 24 bulan, terantuk kepalanya di pinggiran kepala tempat tidur sehingga pangkal hidungnya robek dan berdarah hebat dan harus menjalani operasi kecil hingga 5 jahitan di bagian pangkal hidungnya tersebut. Saya, yang waktu itu baru berusia 11 tahun, ikut mengantar dan mengamati semua kepanikan, tindakan pemberian pertolongan pertama pada kecelakaan hingga ketika masalah selesai. Adik saya pulang kembali ke rumah dengan jahitan di pangkal hidungnya. Saya menulis pengalaman "ketika mengalami kecelakaan di rumah"  sebagai contoh langkah-langkah P3K pada kecelakaan yang terjadi di rumah. Tidak tanggung-tanggung, saya menulisnya dalam beberapa lembar halaman folio dan DENGAN TULISAN TANGAN KHAS SAYA (sekedar info dan oot sebentar: tulisan tangan saya jelek sekali. Mungkin, ayam saja bakalan protes jika disamakan bahwa cekernya mirip tulisan tangan saya. Dulu, waktu kuliah, tulisan tangan saya yang super duper jelek ini pernah dijadikan hukuman bagi mahasiswa baru yang akan dikerjai. Jadi, jika mereka tidak bisa membaca apa yang saya tulis, maka para mahasiswa baru ini akan menerima hukuman).

Rabu, 10 April 2013

Ada yang mereview website Kafemuslimah juga ternyata. Alhamdulillah (senang lihatnya)


review “kafemuslimah.com”
Assalamualaikum Wr. Wb.
Hai temans, posting kali saya akan membahas mengenai review antarmuka website kafemuslimah.com… masih dalam rangka tugas IMK nih :D
Oke, pertama mari kita awali dengan “Bismillahirrahmaanirrahiim…”  :)
Selanjutnya, akan lebih baik kalo kita berkenalan dulu dengan website ini. Kafemuslimah.com adalah website yang khusus ditujukan untuk muslimah, berisi informasi-informasi yang selayaknya diketahui oleh muslimah saat ini, mulai dari kebutuhan jasmani sampai kebutuhan ruhani. Kafemuslimah.com mencoba untuk menampilkan sebanyak mungkin informasi yang perlu diketahui oleh muslimah dari berbagai kalangan. Naaah, permasalahannya adalah… “apakah tampilan antarmuka kafemuslimah.com sudah memenuhi prinsip IMK yang baik sehingga pengguna nyaman untuk berlama-lama didalamnya, bahkan hanya untuk sekedar melihat-lihat…???” :)
review kali ini mengacu pada Heuristic Evaluation dari website kafemuslimah.com.

Syarat-Syarat Hijab Syar'i


[Lifestyle] Hijab, Wahai Pemudi Islam (bagian 2)
Kafemuslimah, rubrik Artikel Muslimah – Sunday, 05 December 2004
Syarat-syarat Hijab Syar’i
(Asy-Syaikh Asy-Syahid Dr.Abdullah Azzam rahimahullah)
Kafemuslimah.com Sesungguhnya Hijab syar’I bagi wanita Muslimah wajib tebal dan tidak nipis, tidak boleh hijab itu bercorak warna-warni yang mencolok mata. Hijab pula tidak boleh sempit (ketat). Tidak boleh pula berhijab disertai parfum dan menawan, kerana Nabi Shallallaahu alaihi wa-sallam mengharamkan wanita yang mengenakan parfum dan keluar menuju satu tempat yang didalamnya terdapat ajnabi (lelaki yang bukan mahram).Baginda Rasulullah ShallaLlaahu Alaihi Wa-Sallam bersabda: Sesiapa dari kalangan wanita yang mengenakan wewangian lantas ia melalui suatu kaum sehingga kaum itu mencium wanginya, maka si wanita itu adalah (dianggap) penzina. Hijab Muslimah tidak boleh pula menyerupai pakaian lelaki. Diwajibkan pula hijab ini menutupi seluruh anggota badan yang dapat membuat fitnah.

Hijab adalah Ibadah, bukan Adat


Hijab, Wahai Pemudi Islam (bagian 1)
Kafemuslimah.com, rubrik Artikel Muslimah – Sunday, 05 December 2004
(Asy-Syaikh Asy-Syahid Dr.Abdullah Azzam rahimahullah)
Alhamdulillah, Shalawat dan Salam atas Rasulullah ShallaLlaahu `Alaihi Wasallaam, adapun setelah itu:
Kafemuslimah.com Risalah ringkas ini ditujukan kepada Ukhti Muslimah, berkenaan dengan masalah Hijab dan masalah membiarkan aurat tanpa hijab. Tidak tersembunyi bagi siapapun bahwa di banyak negara-negara Muslim, ramai kalangan wanita yang bertabarruj (berhias di luar kemestian), dan ketiadaannya komitmen mereka terhadap hijab. Tidak diragukan lagi bahawa ini merupakan satu kemunkaran yang besar, yang merupakan sumber datangnya malapetaka dan bencana. Dalam risalah ringkas ini, terdapat penjelasan mengenai wajibnya hijab, keutamaan dan syarat-syaratnya. Di dalamnya pula terhadap peringatan bagi orang-orang yang bertabarruj dan hukumannya, kita memohon kesejahteraan kepada Allah, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi saudari-saudari kita kaum Muslimah, sesungguhnya Dia Maha berkuasa dan Maha menentukan.

Apakah Islam juga memandang wanita adalah makhluk yang jelek segala-galanya?


Benarkah Wanita Itu Jelek Segala-Galanya
Kafemuslimah.com, rubrik Wanita Bertanya Ulama Menjawab – Monday, 22 November 2004
Tanya:
Dalam Nahjul Balaghah, Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib mengatakan, “Wanita itu jelek segala-galanya; apa yang ada padanya adalah jelek, tak dapat Tidak! “
Bagaimana penafsiran Ustadz terhadap perkataan ini? Dan apakah perkataan ini menggambarkan pandangan Islam terhadap kaum wanita ?

Apakah Hikmah dan Rahasia dari Poligami yang dilakukan oleh Rasulullah SAW?


Hikmah dan Rahasia Poligami Rasulullah SAW
Kafemuslimah.com, rubrik Wanita Bertanya Ulama Menjawab – Sunday, 28 November 2004
pertanyaan
Mengapa Rasulullah SAW. berisiteri sampai sembilan orang, sementara kaum muslim diharamkan kawin lebih dari empat orang? Seperti kita ketahui bahwa kaum misionaris dan orientalis sering menyerang islam dengan masalah poligami Rasul ini. Mohon penjelasan ustadz.

Suami Tidak shalat, tidak puasa, bahkan tidak pernah menyebut nama Allah dan dia ingin memberi nama anak saya Fir'aun


Memberi Nama yang Baik Kepada Anak
Kafemuslimah.com, rubrik Wanita Bertanya Ulama Menjawab – Sunday, 05 December 2004
Tanya
Saya seorang wanita yang berusia dua puluh tahun. Suami saya sedang pergi ke London, dan saya melahirkan anak sewaktu dia pergi itu. Anak itu saya beri nama “Yusuf”, karena semenjak saya menjadi siswa di madrasah (sekolah) saya pernah membaca surat Yusuf dan saya merasa sedih mengenang keadaan Nabi Ya’qub beserta kegundahannya memikirkan anaknya Yusuf. Sejak itu saya bertekad bahwa jika Allah memberi karunia anak, akan saya beri nama Yusuf. Tetapi sangat disesalkan suami saya pulang dari kepergiannya dia bersumpah agar saya tidak memberi nama anak saya selain dengan nama Fir’aun. Saya menangis dengan penuh kesedihan.

Apa saja Hak-hak seorang Istri atas Suaminya?


Hak Isteri Atas Suami
Kafemuslimah.com, rubrik Wanita Bertanya Ulama Menjawab – Monday, 20 December 2004
Tanya
Saya menikah dengan seorang laki-laki yang usianya lebih tua dariapda saya dengan selisih lebih dari dua puluh tahun. Namun, saya tidak menganggap perbedaan usia sebagai penghalang yang menjauhkan saya daripadanya ataupuna membuat saya lari daripadanya. Kalau dia memperlihatkan wajah, lisan, dan hatinya dengan baik sudah barang tentu hal itu akan melupakan saya terhadap perbedaan usia ini. Tetapi sayang, semua itu tak saya peroleh. Saya tidak pernah mendapatkan wajah yang cerah, perkataan yang manis, dan perasaan hidup yang menenteramkan. Dia tidak begitu peduli dengan keberadaan saya dan kedudukan saya sebagai isteri.

Hal-hal Yang Membatalkan KeIslaman Seseorang



Hal-Hal yang Membatalkan Keislaman Seseorang
Kafemuslimah.com, rubrik Wanita Bertanya Ulama Menjawab – Sunday, 23 January 2005
Pertanyaan: 
Apa yang menyebabkan Islam seseorang menjadi batal?

Menikahkan Pasangan Yang Telah Hamil, bolehkah?


Menikahkan Pasangan Yang Telah Hamil.
Kafemuslimah.com, rubrik Wanita Bertanya Ulama Menjawab – Saturday, 26 February 2005
Assalamualaikum Wr.Wb
Pak Ustad pembimbing, saya mau menanyakan perihal pernikahan, saya pernah mendengar bahwa pasangan yang wanitanya telah hamil duluan tidak boleh dinikahkan sebelum bayi yang dikandungnya dilahirkan, Benarkah demikian?? Mohon penjelasan.
Wassalamu’alaikum.
Abdullah
Jakarta 2003-11-07 13:19:33

Bagaimana hukum Khusyu' di dalam shalat?


Tidak Khusyu’ Ketika Shalat
Kafemuslimah.com, rubrik Wanita Bertanya Ulama Menjawab – Sunday, 03 April 2005
Tanya
Bagaimana hukum khusyu’ di dalam shalat? Apakah ketikdakhusyu’an dapat membatalkan shalat?

Siapa yang Harus ditaati: Suami atau Ibu?


Menaati Suami atau Ibu?
Kafemuslimah.com, rubrik: Wanita Bertanya Ulama Menjawab – Sunday, 15 May 2005
Tanya
Saya mempunyai anak perempuan yang telah kawin hampir dua tahun lalu. Selama ini dia dan suaminya tinggal bersama di rumah saya. Tetapi setelah itu suaminya mengajaknya pindahl Karena kesalnya, saya bersumpah, jika mereka pindah, saya tidak akan mengunjunginya dan tidak akan memasuki rumahnya.
Sekarang dia telah pindah, hamil, dan punya anak. Dia dan suaminya sering mengunjungi saya. Yang membingungkan saya, bagaimana pemecahan masalah ini? Apakah saya dibenarkan memasuki rumahnya?


Mana Yang Harus didahulukan: Menikah atau Mencari Ilmu bagi Muslimah?


Antara nikah dan thalabul ‘ilmi
Wanita Bertanya Ulama Menjawab – Wednesday, 09 November 2005
Kafemuslimah.com. Pertanyaan : 
Sebagai muslimah, mana yg harus saya dahulukan? nikah atau thalabul ‘ilmi. masalahnya usia ana sudah 22 tahun sedang ana baru setahun mengenal salaf dan di kota ana kurang ikhwan bahkan tidak ada. karena ana sudah ingin nikah.
Gorontalo, 14 Juni 2002

Selasa, 09 April 2013

(Prompt #9 Parfum) : Parfum Cap Putri Duyung


[Cerita mini]  "Nanti jangan lupa ya nak, sampai di rumah nenek, kamu harus langsung cium tangan nenek." Doni langsung manyun. Pipi gembilnya tampak ikut menggelembung seperti menyamakan kedudukan dengan bibirnya yang monyong.
"Aku sebenarnya gak suka jika harus cium tangan nenek."

(Promp #8: Kendi) : Nama Kendi


[Cerita Mini] "Jadi, mau kau kasih nama siapa anakmu nanti?"
"Sandi."
"Apa artinya? Kayak nama minuman."
"Bendi."
"Itu malah nama kendaraan yang ditarik kuda. Memangnya anakmu sejenis dokar?"
"Randi."
"Gak match deh. Hayoo, jangan bilang kamu terinspirasi nama salah satu juri american idol ya?"
"Jadi apa dong? Semua jadi serba salah."
"Kata orang tua jaman dulu, biar nama bisa sehati dengan orangnya, padankan saja dengan sesuatu yang terlintas di ingatan. Sesuatu yang penting dan tidak terlupakan."

Sabtu, 06 April 2013

"My Ibam" (part 2) : KOntak Batin dengan Suami yang Jauh di Mata

Ketemu lagi dengan cerita tentang anak sulungku, Ibam.

Waktu hamil Ibam, suamiku berangkat duluan ke Sydney karena aku sedang hamil dan berencana untuk melahirkan di Jakarta. Suamiku berangkat ke Sydney ketika usia kandunganku 5 bulan. Dulu, ada peraturan dari pihak pemberi beasiswa (AUSAID) bahwa jika student yang bersangkutan usia keberadaannya di Australia kurang dari satu tahun, maka biaya melahirkan menjadi tanggung jawab student tersebut. Tapi jika sudah lebih dari setahun, maka bisa dapat subsidi. Jadi, jika aku berangkat bersama suamiku, sudah pasti kami harus membayar biaya persalingan sendiri. Hitung punya hitung, ternyata mahal, jadilah melahirkan di Indonesia saja. Aku melahirkan Ibam di sebuah klinik bersalin yang terletak di kompleks MBAU, Pancoran, Jakarta Selatan. Ibam mungil sekali.

Aku masih menyimpan sarung tangan dan kaus kaki pertamanya; juga foto pas badan yang pertama kali aku buat ketika ingin membuat paspor untuknya, ketika dia masih berusia 3 bulan. Ini dia:



Jumat, 05 April 2013

Me and My Family: Proud To Be A Part Of Them (part 2)

[Keluarga] Tanggal 26 Januari 2013 kemarin, alhamdulillah adik bungsuku menikah. Ini adalah pernikahan keduanya dan untuk pertama kalinya kami, lima saudara dan lima ipar saling bekerja sama bahu membahu menyelenggarakan acara pernikahan tersebut. Riwehnya bukan main. Sesungguhnya, inilah pernikahan pertama dimana kami untuk pertama kalinya diuji untuk menunjukkan kekompakan, keakraban dan kehangatan.


Kamis, 04 April 2013

pingin ikutan ini ah, detlen 31 mei 2013: buku kumpulan cerita parenting


dari blognya Myra anastasia

Woro-Woro : Buku Kumpulan Cerita Parenting

Berawal dari idenya sang komandan BlogCamp, yaitu Pakdhe tentang proyek membuat buku bagi para warga Warung Blogger di nulisbuku.com dan singkat cerita saya pun bersedia menjadi Desk Officer (DO) untuk kategori Parenting. Padahal awalnya cuma nanya ke Pakdhe, "DO untuk parenting siapa?"  

Karena ini adalah proyek bersama dan untuk bersama, jadi saya minta kesediaan teman-teman untuk ikut berpartisipasi mengirimkan kisah seputar parentingnya ke saya.. Adapun syarat-syaratnya adalah..

"My Ibam" (part 1) : My baby boy

[Parenting] Anak sulungku sudah kuliah.
Hmm, waktu ternyata cepat sekali ya berlalunya.
Tidak terasa.
Kemarin, pas buka-buka album dalam rangka menscan foto-foto jadul biar gak rusak (foto-foto itu ditaruh di dalam album dalam lemari. Tapi kemarin lemarinya sepertinya kena lembab dari dinding jadi ada beberapa foto yang berjamur. Wah. Harus dilakukan misi penyelamatan dong. Jadilah aku menscan beberapa foto jadul.

Rabu, 03 April 2013

Blogku Menghilang Kemarin

Lapor!
Kemarin, blogku yang ini sempat menghilang. Waah. Paniknya bukan main.Asli panik karena aku aslinya kan gaptek jadi bingung kenapa?

Akhirnya, aku bikin status tentang kepanikan dan kebingunganku ini di group Kelompok Emak2 Blogger dan komunitas Be A Writers. Berharap akan datang bantuan dari siapa saja yang pasti tidak separah aku gapteknya. Dan akhirnya bantuan datang. Ada yang ngasih dukungan agar tidak sedih, pernyataan prihatin yang membesarkan hati, dan juga saran-saran yang mungkin bisa dilakukan.

Me and Family: Proud To Be A Part Of Them (part 1)

[Keluarga] Dalam keseharian, aku dan saudara-saudaraku punya banyak sekali kesibukan yang berbeda-beda. Tempat tinggal kamipun terpencar jauh. Itu sebabnya jika berencana untuk berkumpul, maka waktunya harus direncanakan jauh-jauh hari. Ini untuk menyamakan waktu yang sama dan juga menyisihkan waktu dalam agenda agar tidak ditimpa kegiatan dan kesibukan baru.

Selasa, 02 April 2013

Carl and Elly Love Story

Banyak yang bertanya: "Suka film UP ya? Kok bannernya cuplikan film UP?"
Dengan ini aku kasih jawaban: "Sebenarnya aku ke film UP itu biasa-biasa aja, bukan biasa-biasa banget. Tapi, aku suka banget, bukan suka aja, sama film pendek yang dibuat di luar film UP. FIlm Pendek dengan judul "Carl And Elly Love Story". Ini cerita cinta si kakek Carl yang ada di film panjang UP ketika muda dahulu. Kisah cinta yang membuat kakek Carl berencana untuk keliling dunia dengan rumah balonnya. Nah... kalu mau tahu filmnya gimana, ini nih, nonton aja ya."


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...