Loading
3/05/2013 11:43:00 AM

Macam-macam Model Sepatu (1)

Aku adalah seorang penghayal tingkat dewa. hahaha... sebenarnya, aku suka mendesain macam-macam (dengan catatan jika sedang rajin dan gak ada kerjaan lain). Aku mendesain sendiri baju-bajuku, sekarang malah tas-tasku (hei hei, aku baru saja bertemu tempat bikin tas kulit yang cuantikkkk... asyik deh), dan sekarang, lagi melirik untuk mulai mendesain model sepatu (eh, dulu; waktu ayah ingin membangun mushalla di dalam rumah kami yang besar; aku sendiri loh yang mendesain model mushallanya. Lalu, ayah membawa rancangan kasarku waktu itu, masih SMA jadi gambarnya asli cuma berdasarkan pengetahuan gambar tiga dimensi yang diajarin sama guru gambar di sekolah lewat belajar gambar perspektif, ke arsitek yang diajak kerjasama bikin mushalla keluarga.


(eh.. keliatan gak ya gambar mushallanya? ini nih, bagian dalam mushallanya yang gambar di tengah bagian bawah)

Kalau lagi suntuk dan bete, aku juga iseng suka gambar model-model rumah, lengkap dengan pembagian ruangan di dalamnya (itu sebabnya di rumah ada buku geometri kosong, itu loh, buku tulis tapi isiya kotak-kotak kecil...buku asyik buat main catur jawa).

Nah, hari ini aku ketemu blog yang ada keterangan macam-macam jenis sepatu di dalamnya. Mantap deh infonya.

macam-macam model sepatu itu menurut blog tersebut adalah:
1. Model Wedges Shoes (sepatu dengan hak tinggi yang rata)

 Dibuat pertama kali oleh Salvatore Feraagamo tahun 1930. Buat yang bertubuh mungil tapi pingin terlihat tinggi tanpa rasa khawatir bakal kecengklak karena tidak terbiasa pake sepatu berhak tinggi, maka model ini adalah model yang seharusnya dipilih. Cari yang ringan biar pergelangan kaki tidak cape ketika sedang melangkahnya. Aku suka model ini, apalagi sekarang dibuat model yang ringan-ringan banget solenya. Jadi nyaman tapi bisa terlihat tetap anggun tanpa siksaan di kaki.




Oh ya, salah satu sepatuku juga model ini loh (halah, informasi gak penting...xixixixi).

(eh, keliatan gak tuh model sepatu yang aku pakai? itu model wedges, tapi karena aku selalu pakai kaus kaki jadi gak terlalu keliatan ya? hahaha.. sapa peduli coba. Foto ini diambil waktu lagi peluncuran novel teman smaku, Nuthayla Anwar dengan novelnya Aladzi, perawan Xhinxia))


2. Model sepatu high heels (sepatu berhak tinggi yang runcing dangan bagian depan rata)

Sebenarnya, jika saja boleh menggugat satu saja para penemu di dunia ini, aku pinginnya menggugat penemu sepatu High Heels. MOdel sepatu ini benar-benar amat menyiksa wanita. Tapi.. herannya banyak wanita yang tidak keberatan disiksa dengan model sepatu ini karena satu alasan: mereka merasa terlihat seksi ketika memakainya. Aku... hmm... paling gak suka model sepatu ini. Pegel dan pegel dan pegeeeellll.... susah lagi dipake berlari atau jalan cepat.


Konon katanya, sepatu ini dibuat sejak jama 3500 Tahun sebelum masehi (SM) dan hanya dipakai oleh para tukang jagal binatang agar mudah jalan di atas genangan darah binatang yang dijagalnya. Barulah karena tuntutan keadaan, pada awal abad ke 17, model sepatu ini dibuat untuk para wanita karena para wanita saat itu yang selalu mengenakan rok-rok panjang dan lebar mengalami kesulitan ketika berjalan akibat dari genangan air kotor yang berceceran di jalan raya yang harus mereka lalui.

Ini sekedar info gak penting tentang lomba menyiksa wanita yang pernah diadakan di dunia. Yaitu lomba lari dengan menggunakan sepatu high heels, hadiahnya adalah sepatu berhak lancip yang tinggi yang terbuat dari emas: 
Australia baru saja mencatat sejarah dan masuk rekor dunia. Beberapa waktu yang lalu di Australia diadakan perlombaan lari. Perlombaan lari ini bukan seperti perlombaan biasanya, karena peserta yang ikut harus menggunakan sepatu hak tinggi yang lancip sepanjang 3 inci.Perlombaan ini diikuti 265 orang peserta, ternyata bukan hanya perempuan yang menjadi peserta, laki-laki juga turut serta dalam perlombaan ini. Rute perlombaan ini sepanjang 400 jalan setapak di kawasan Sydney, Circular Quay.Perlombaan ini dimenangkan oleh pelari gawang professional Brittney McGlone (18). Karena kemenangannya ia berhak mendapatkan hadiah 2500 euro atau sekitar Rp 35 juta. Bukan hanya itu ia juga berhak mendapatkan sepasang sepatu berhak lancip yang terbuat dari emas. McGlone berhasil menyingkirkan para pesaingnya.Banyak peserta yang mengalami cedera di bagian lutut dan tangan. Hal ini dikarenakan banyak peserta yang kesulitan berlari menggunakan sepatu berhak.

3. Model sepatu Flat Kitten Shoes.

Tenang. Gak ada hubungannya dengan hewan (yang bagi sebagian orang lain mungkin menggemaskan tapi bagiku menyebalkan dan menakutkan: kucing) meski namanya kitten. Jadi modelnya benar-benar mirip dengan semua model sepatu yang ditampilin sama sepatu high heels tapi hak-ya dibuat runcing yang pendek aja ketinggiannya. Jadi tetap bersahabat dengan kaki. 


4. MOdel sepatu Flat Shoes:
Sebenarnya, ini sepatu yang paling nyaman dipakai karena solnya rata. MOdelnya juga banyak dan biasanya para remaja senang mengenakan sepatu model ini.

5. Model sepatu Boots

Nah, dulu aku pernah nih punya model sepatu ini. Yaitu sebelum badanku segemuk ini ... hahaha.. sekarang aku udah gak pede lagi make model sepatu ini, lagian udah tuwir juga kali yeee..... jadi bawaannya geraaaahhh.



 Nah.. sebenarnya, design musium membukukan sebuah buku dengan judul 50 buah model sepatu yang mengubah dunia. DIsana lengkap ada ada macam-macam model sepatunya. Tapi, aku harus jemput anakku sekolah dulu jadi tulisannya bersambung lain kali ya. 
---------------------------------
Penulis: ade anita
narasumber tulisan: 

Suka Suka Sikhod: Macam2 Model Sepatu Wanita: http://sikhodlubis7.blogspot.com/2011/08/macam2-model-sepatu-wanita.html#comment-form
 http://fly251287.wordpress.com/2008/09/07/rekor-dunia-lomba-lari-menggunakan-sepatu-hak-tinggi/)

2 komentar:

  1. mba ade, ini ditamabahin trus diiuktkan lomba blog bebop shhop aja, ( eh salah ga sih nulisnya ). infonya kmrn dah kushare di grup :)

    BalasHapus
  2. oo.... windi, ini informasi aku tulis dalam rangka penulisan novelku yang memerlukan macam2 model sepatu terkait kebutuhan pendalaman karakter tokoh di novel tersebut.

    BalasHapus

tinggalkan jejak disini dulu ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

Arsip Blog

my book

My Twitter