badge

Sabtu, 09 Februari 2013

Tentang Penerbit Al Kautsar

Mau nerbitinin buku di penerbit Al Kautsar, baca dulu rangkuman tanya jawab di group calon penulis beken ini.

by Ade Anita on Monday, 2 July 2012 at 19:27 ·

"Ngobrol dengan Penerbit": Penerbit Al Kautsar (2 Juli 2012)
By Triani Retno A Full in Curhat Calon Penulis Beken ·  Edit doc
Nah, ini dokumen tanya-jawab di acara Ngobrol dengan Penerbit Al Kautsar tadi. Semoga mencerahkan kita semua. :)




1. Dian Iskandar
Utk novel anak, contoh novelnya apa aja mbak mimin? *naksir al kautsar untuk kirim-kirim naskah novel anak. Ada pakem2 yg kudu diperhatiin nggak?
Jawab: tidak ada pakem khusus utk novel anak. tema bebas asal disukai oleh segmennya. disukai jumlah karakternya sekitar 12.000 words/ 80.000-10.000 character with space. tetapi... perhatikan jawaban nomer 2 ya nanti. 

2. Dimas Suryo Sudibyo
Kalau tema novelnya fantasi atau thriller, diterima tidak? :)
Jawab: fantasi boleh2 saja, tetapi kami menghindari fantasi yang agak kontroversial dlm tinjauan syariat. Misalnya soal mesin waktu, karena yg kami pegang adalah karya tidak membuat kebingungan bagi pembacanya. mesin waktu kami anggap salah satu yang membuat ketidakjelasan. Karena itu kami coba hindari

3. Arniyati Shaleh
Tanya, ada seorang sahabat penderita kanker payudara stadium 3b meminta saya menulis kisahnya.. Jujur saya bingung mulai dari mananya? Dia tabah dan tegar cuma ingin berbagi ketegarannya ke orang lain.
Jawab: Anda bisa menjadi co writer/ ghost writer. Banyak penulis yang ambil spesialisasi ini misalnya Alberthiene Endah. Kami juga welcome dengan jenis penulis seperti ini. Silakan.

4. Pekik Bayumukti Utomo
Mba Aminah Mustari: Untuk Buku Anak apakah boleh hanya naskah saja tanpa ilustrasi?
Jawab: boleh tanpa ilustrasi. biasanya memang tanpa ilustrasi kok. penulis boleh saja melampirkan contoh ilustrasi, tetapi penilaiannya akan terpisah dengan naskah. Bisa jadi naskahnya acc tp ilustrasinya tidak. 

5. Sri Widiyastuti
Apakah al kautsar menerima naskah pictbook juga? mbak Aminah Mustari?
Jawab: terima dong. banyak kok yg kami terbitkan. 

6. Ida Mulyani
Harus Islami ya? Mengandung nilai2 Islam, gitu... Mbak Aminah Mustari? Kalau yang ilmu pengetahuan populer atau science utk anak boleh nggak? Terima kasih sebelumnya, untuk jawabannya. :)
Jawab: tema bebas, asal disukai segmennya. 

7. Dewi Liez
Mba Aminah Mustari, kalau untuk novel remaja. Batasannya apa ya? maksudnya secara isi. remaja bicara cinta, umum. Tapi dalam kemasan Islami batasannya apa saja? plus jika mengutip dari hadist, apakah harus yg shahih/hasan.
Jawab: untuk fiksi tidak ada ketentuan khusus. tidak ada kewajiban label-label tertentu untuk jenis islami. yg penting semua sejalan dengan Islam sesuai Al-Qur'an dan sunnah. Tidak ada ketentuan harus mengutip hadits yang shahih ada tidak. Fiksi yang kami terbitkan adalah fiksi yang menggerakkan, mencerahkan, menginspirasi, dan memberi informasi dan dalam untuk pembacanya

8. Triani Retno A Full
berarti nggak perlu bikin surat atau nelpon dulu kalau akan menarik naskah yang duah 3 bulan itu, ya, Mbak Aminah Mustari?
Jawab: Nggak perlu mbak. Standar penilai di Al-Kautsar sebetulnya 1 bulan mbak. Jadi lepas 1 bulan, sebelum 3 bulan, silakan jika ingin menanyakan kabar penilaian naskah

9. Dimas Suryo Sudibyo
saya melihat kecenderungan kalau novel islami yang beredar di pasaran, temanya sebagian besar adalah cinta. Jarang menemukan yang temanya berbeda seperti thriller atau fantasi. Apakah karena ini faktor pasar?
Jawab: sebetulnya, novel yg paling banyak dan baik penjualannya di Al-Kautsar adalah novel thriller justru. Bisa diliat di website buku baru kami: The Book of Codes.http://www.kautsar.co.id/read/book/11/06/2012/155/the-book-of-codes/
Tapi memang jenis novel seperti ini langka di Indonesia, karena penulisnya juga sangat langka mas. Tema cinta adalah tema paling mudah dan paling luas segmentasinya, jd buku2 yg beredar jg lebihbanyak. Mungkin utk Al-Kautsar, utk segmen usia 30 keatas, kami lebih banyak ambil tema selain cinta. Tapi segmen usia remaja, kami melonggarkan tema cinta utk bumbu, tetapi harus tetap ada hal lain yang lebih dalam dari itu, misalnya tentang hobi atau yg lainnya

10. Wanda Kaniawati
Mba, kalau misalnya naskah genre komedi anak sekolahan bagaimana? Sedikit ngebahas pacaran, tapi tidak mengumbar hubungan bebas laki dan perempuan? Jadi lebih banyaknya komedi sehari-hari di sekolahan, gitu?
Jawab: boleh. bagusnya dikasih latar info yg lebih dalam mbak, biar nggak sekadar lucu2an. misalnya membahas tentang anak yg hobinya ngebadut, ternyata dia mengidap penyakit cari perhatian. semacam itu. jadi ada tambahan ilmu dan informasi

11.  Dewi Liez
 brain charger ust. Pizaro masuk novel thriller atau tidak ya mba Aminah Mustari?
Jawab: sepertinya begitu mbak dewi 


12.  Khusnul Khotimah
menerima novel anak yang ditulis anak-anak tidak mb?
Jawab: tentu saja mbak. Sejauh ini naskah yg ditulis anak2 kebanyakan tentang fairy world. in yg belum cocok di penerbit kami. Kami ingin anak2 Indonesia kuat dengan cita-cita dan jiwa mereka, bukan hanya dengan mimpi.

13.  Sri Widiyastuti
Untuk ilustrasi pictbook apakah penulis sendiri yang mencari atau penerbit yang memilihkan mbak Aminah Mustari?
Jawab: bisa keduanya mbak.Konsep utk fiksi adalah sinopsis global dan per bab, utk non fiksi adalah outline/ kerangka tulisan.

14.  Wanda Kaniawati
Apa Pustaka Al-kautsar juga menerima naskah novel bersambung? Seperti Dwilogi Ketika Cinta Bertasbih?
Jawab: terima. Tetapi biasanya kl memang sesuai kita acc 1, kita coba pasar. Jika berhasil baru dilanjutkan. Kami tidak dpt memastikan keduanya di-acc/ diterbitkan. Yang harus diingat dari tulisan dwilogi adalah sebaiknya tidak bersambung, jd pembaca dapat menikmati utuh meski satu buku saja.


15.  Beta Kun Natapradja
mba Aminah Mustari, saya punya beberapa gambar asli buatan anak saya. Bisakah menjadi picbook dgn temanya fantasi? Apakah nanti gambar2 itu akan diremake oleh ilustrator jika telah diacc Al-Kautsar?
Jawab: secara teknis itu sangat mungkin mbak. Tergantung apakah tema itu kami butuhkan dan sesuai dengan visi kami atau tidak

16.  Dewi Liez
mba Aminah Mustari, persentase buku yang terbit biasanya lebih banyak mana? fiksi atau non fiksi (termasuk parenting, siroh, dll) peluang naskah yang masih sedikit, naskah jenis apa?
Jawab: Al-Kautsar utamanya menerbitan buku referensi Islam. Tetapi kami sedang berusaha untuk "mengisi" segmen2 lainnya. Yang belum banyak kami garap adalah segmentasi remaja

17.  Nurul Fauziah
Kalau untuk naskah terjemahan bagaimana kebijakan dari Penerbit Alkautsar, mb?
Jawab: untuk saat ini, naskah terjemahan Al-Kautsar adalah naskah buku Islam referensi dari Timur Tengah saja.

18.  Andhika Wandana
mbak Aminah Mustari, bagaimana dengan naskah horor
Jawab: belum ada. Tetapi jika secara keseluruhan pengemasannya baik (tidak sekadar nakut2in) saya rasa bisa saja diterbitkan

19.  Sri Widiyastuti
Per bab maksudnya per buku bukan? duhh error banget...engga kebayang hehhehe
Jawab: sinopsis adalah ringkasan cerita keseluruhan. Kalau penulis berbaik hati membreak ringkasan per bab, akan sangatn membantu tim penilai. MIsalnya, bab 1: Si Ana menemukan buku tebal yang berdebu di sebuah rumah tua bab 2. Si Ana bertemu kakek misterius, dst

20.  Beta Kun Natapradja
nanti kalo saya mau mengajukannya semua gambar itu berikut ceritanya, via email atau kirim langsung via pos?

21.  Khusnul Khotimah
terimaksih jawaban sebelumnya.saya juga punya kasus yang sama dengan mb beta.ada anak yang buat comik. itu gimana mbak?Bisa dikirim?ya sekedar untuk minta masukan. syukur-syukur kalau al kautsar minat? :)
Jawab: (jawaban no. 21 dan 21) sebaiknya via pos, karena lebih aman dan memudahkan kami. Pustaka Al-Kautsar/ Kids, Jl. Cipinang Muara Raya no. 63 Rt 14 Rw. 03, Jakarta Timur 13420

22.  Meti Herawati Meti
mba Aminah Mustari untuk novel dan buku non-fiksi apa boleh mengajukan outline saja? atau harus sudah naskah jadi? makasih mba :)
Jawab: yang wajib disertakan dalam pengajuan naskah non fiksi: 1. kerangka tulisan 2. Tiga (tiga) bab tulisan 3. Tentang penulis

23.  . Nurul Ikoma
kalau konsep picbook di acc siapa yang mencari ilustrator? mengulangi pertanyaan mbk Sri Widiyastuti yg kelewat belum dijawab ya mbk
Jawab: officially editor. Tapi penulis bisa merekomendasikan, atau ikut mengarahkan ilustrator. Kerja sama.

24.  Dewi Liez
mba tanya lagi ya.. Sistem kerjasama penerbit dengan penulis flatfee atau royalti? untuk penulis pemula & penulis senior rate royalti biasanya berapa? semoga menyemangati para penulis.
Jawab: bisa keduanya. Besaran royalti dibicarakan setelah naskah acc. Besarannya tidak ditentukan dari junior atau senior

25.  Dimas Suryo Sudibyo
Kalau boleh tau, Al-Kautsar sudah menerbitkan novel yang bertema thriller berapa kali? apakah genre thriller untuk pasar Indonesia memiliki prospek yang bagus ke depannya selain tema cinta?
Jawab: ada sekitar 10 buku. lengkapnya silakan lihat di website kami http://kautsar.co.id/
Prospeknya sepertinya besar, bila dilihat dari antusiasme pasar. Untuk pembaca kami, yang terlihat antusias adalah novel yang berdasar pada fakta yang tidak banyak diungkap di media2 mayor

26.  Meti Herawati Meti
mba Aminah Mustari naskah novel dewasa berapa halaman? dan novel anak berapa halaman?
Jawab: dewasa sekitar 260.000-700.000 character with space. Anak 80.000-10.000 character with space. Besaran ini bukan semata2 agar harga bukunya kelak bisa dijangkau oleh segmennya

27.  Triani Retno A Full
Mbak Aminah Mustari, cerita fairy world yang nggak diterima Al Kautsar itu yang fairy kayak gimana, ya?
Jawab: fairy yang bersayap ala peter pan itu lho mbak :D

28.  Meti Herawati Meti
mba Aminah Mustari apa buku-buku terbitan Al-Kautsar didistribusikan di toko-toko buku besar? makasih mba :)
Jawab: iya mbak. Utamanya di Gramedia dan toko-toko buku non gramedia lainnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...