Langsung ke konten utama

Prosedeur pengiriman naskah ke Gema Insani Press


Kolom Naskah


SEKILAS TENTANG PENERBITAN



A.    Bagian Penerbitan

Di dalam penerbitan naskah-naskahnya Gema Insani sudah membagi klasifikasi jenis terbitannya ke dalam empat bagian (yang masing-masing merupakan bagian tersendiri di dalam struktur manajerial Gema Insani), yaitu sebagai berikut.

1.   Bagian Penerbitan Umum
Menerbitkan buku-buku islami yang bertemakan umum (selain tema anak, remaja, dan wanita-keluarga), seperti ekonomi, politik, hukum, dakwah, harakah, sirah, fiqih, manajemen, dan tazkiyatun nafs.

2.   Bagian Penerbitan Wanita-Keluarga
Menerbitkan buku-buku islami yang bertemakan wanita dan keluarga, seperti wanita dengan segala pernak-perniknya, masalah pernikahan, hubungan suami-istri, pengasuhan anak, dan sebagainya.

3.   Bagian Penerbitan Remaja
Menerbitkan buku-buku islami yang bertemakan remaja, baik fiksi maupun nonfiksi. Misalnya, kumpulan cerpen, novel, cergam, dan buku-buku panduan untuk remaja.

4.   Bagian Penerbitan Anak
Menerbitkan buku-buku islami yang bertemakan anak, baik fiksi maupun nonfiksi. Misalnya, komik, mewarnai, novel anak, tafsir Al-Qur`an untuk anak, dan sebagainya.

B.    Penerbit Prestasi

Selain itu, Gema Insani juga memiliki lini usaha penerbitan yang mandiri dengan nama Penerbit Prestasi. Prestasi menerbitkan naskah-naskah yang bertema umum, seperti masalah parenting, keluarga, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Menerima baik naskah asli maupun naskah terjemahan dari berbagai bahasa; Arab, Inggris, Jepang, Prancis, dan sebagainya.



PROSEDUR PENERIMAAN
 

NASKAH PENULISAN

A.    Ketentuan Umum

a.     Gema Insani menerima semua jenis naskah yang kemudian akan dinilai kelayakan terbitnya.

b.     Isinya tidak menyimpang dari Al-Qur`an dan As-Sunnah.

c.     Naskah asli atau terjemahan.

d.     Kirim via pos ke alamat Gema Insani Jalan Ir. H. Juanda (jalan baru Gas Alam), Depok Timur 16418.

e.     Kirim via e-mail (untuk naskah umum/kelompok) ke alamat:  penerbitan@gemainsani.co.id

f.      Kirim via e-mail (untuk naskah anak, remaja, wanita dan keluarga) ke alamat :gip_anak@yahoo.com



B.    Ketentuan Khusus

1.    Naskah Asli

a.     Dapat berupa outline tulisan atau tulisan yang sudah lengkap.

b.     Jika berupa outline, sertakan sinopsis tulisan, daftar isi yang lengkap (bab dan subbabnya).

c.     Jelaskan jenis kajian/bidang pembahasan dari tulisan; apakah politik, ekonomi, sosial, fiqih, ibadah, akidah, dakwah-harakah, manajemen, parenting, wanita, atau keluarga.

d.     Jelaskan selling point naskah tersebut. Apa yang membedakannya dari buku-buku yang lain.

e.     Sertakan data lengkap penulis (alamat, no. telepon, e-mail, hp, fax, no. rekening, juga biografi ringkas yang berkaitan dengan biodata, aktivitas, karya yang dihasilkan dan diterbitkan).

f.      Jelaskan segmentasi tulisan (anak, remaja, dewasa/umum, wanita, keluarga).

g.     Jika via pos, harap mengirimkan kopian naskahnya saja.



2.    Naskah Terjemahan

a.     Dapat berupa outline terjemahan atau terjemahan yang sudah lengkap.

b.     Jika berupa outline, sertakan data yang lengkap dari buku asli (judul asli, judul terjemahan, penulis, penerbit, tahun terbit, sinopsis naskah, daftar isi yang lengkap [bab dan subbabnya], jumlah halaman, ukuran buku sampul buku [soft cover atau hard cover]).

c.     Jelaskan jenis kajian/bidang pembahasan dari naskah yang diajukan; apakah politik, ekonomi, sosial, fiqih, ibadah, akidah, dakwah-harakah, manajemen, parenting, wanita, atau keluarga.

d.     Jelaskan selling point buku tersebut. Apa yang membedakannya dari buku-buku yang lain.

e.     Sertakan biografi ringkas penulisnya yang berkaitan dengan biodata, aktivitas, karya yang dihasilkan dan diterbitkan.

f.      Sertakan data lengkap penerjemah (alamat, no. telepon, e-mail, hp, fax, no. rekening, juga biografi ringkas penerjemah yang berkaitan dengan biodata, aktivitas, karya yang dihasilkan dan diterbitkan).

g.     Jelaskan segmentasi tulisan (anak, remaja, dewasa/umum, wanita, keluarga).

h.     Jika via pos, harap mengirimkan kopian naskahnya saja.



3.    Lain-Lain

a.     Semua naskah kami nilai kurang lebih selama satu bulan.

b.     Kami akan mengabari hasil penilaian itu (diterima atau tidak) melalui telepon, e-mail, sms, surat, dan fax.

c.     Jika setelah satu bulan penilaian kami belum menghubungi, penulis atau penerjemah dapat menghubungi kami.

d.     Kami juga menerima kerja sama penerbitan dengan lembaga mana pun yang tentu saja harus melalui proses penilaian naskah terlebih dahulu. Mengenai bentuk kerja sama penerbitannya dapat dibicarakan kemudian.



PENERIMAAN NASKAH MULTIMEDIA DAN PRODUK PENUNJANG
Bagian Penerbitan Produk Penunjang dan Multimedia


Menerbitkan produk-produk Islami diluar buku, seperti kalender, poster, notes, agenda muslim, sticker, MP3, Film (VCD, DVD, dll), kaset, Islamic software, animasi dan produk penunjang lainnya diluar buku pada umumnya.
Ketentuan:

1.     Dapat berupa naskah atau produk jadi siap cetak/digand.

2.     Siap dipresentasikan dan sekaligus juga memberikan penjelasan selling produk tersebut dibandingkan dengan produk sejenis yang lain.

3.     Dapat menjelaskan segmentasi tulisan atau produk tersebut

4.     Sertakan data penulis lengkap (alamat, no. telepon, no. HP, e-mail, nomor rekening, no. Fax serta biografi penulis lengkap dengan aktivitasnya sekarang).

5.     Jika via pos harap kirimkan kopian naskahnya.

6.     Tenggang waktu penilaian selama 1 bulan setelah diberikan.

7.     Materi untuk produk penunjang bisa dikirim via pos, e-mail :  penerbitan@gemainsani.co.id , atau datang langsung ke gedung GEMA INSANI Depok.

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pos populer dari blog ini

30 jenis aneka makanan dan minuman khas Betawi

Setiap tanggal 22 Juni, kota tempatku tinggal, yaitu Jakarta merayakan ulang tahunnya. Usianya kota Jakarta sudah cukup tua, sudah ratusan tahun. Nah, ketika kota Jakarta sedang merayakan ulang tahunnya tersebutlah kami warga kota Jakarta bisa dengan mudah menemukan aneka makanan dan minuman yang menjadi khas kota Jakarta dan diakui sebagai bagian dari budaya kota Jakarta, yaitu budaya kuliner.  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua  dengan tema: Rasa Lokal.
Berbicara tentang rasa lokal maka itu artinya berbicara tentang budaya setempat. Salah satu budaya yang menjadi ciri khas suatu wilayah adalah makanannya. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menjadi budaya kuliner khas kota Jakarta yang saya suka (hehe, makanan dan minuman khas kota Jakarta itu banyak tapi yang saya sukai itu terbatas jumlahnya. Jadi, yang saya tulis disini hanya yang saya sukai saja).
1. Kerak Telor.

Bulan Madu yang Tak Terlupakan

Jujur saja, di tahun 1994, yaitu tahun ketika aku memutuskan setuju untuk menikah aku belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di kota Solo.
Kota Solo itu seperti apa?
Apakah seperti kota Kendal? hahaha.... ini satu-satunya kota yang berada di wilayah Jawa Tengah yang pernah aku kunjungi dan sependek ingatanku bisa mengingat "bepergian ke wilayah Jawa Tengah".

Dulu, waktu aku masih kecil (pake banget) katanya sih aku pernah diajak jalan-jalan oleh keluarga besarku ke Yogyakarta (ini termasuk wilayah Jawa Tengah kan ya?). Ada foto-foto aku masih kecil dengan  memakai topi super lebar dan tentu saja gayanya centil banget yang sedang beraksi pose-pose di depan Stupa Budha di Candi Borobudur. Tapiiiii... aku sama sekali tidak ingat gimana suasana jalan-jalan kala itu. Jadi, kalau tiba-tiba ada yang ngaku-ngaku bahwa ketika ke Yogyakarta itu antara orang tuaku dan orang tuanya sudah melakukan perjanjian untuk menjodohkan aku dengan dia.. mmm.... pasti aku akan percaya saja. HAHAH…