badge

Minggu, 16 September 2012

Baru Sadar Sekarang Ternyata, Selama Ini Ada Yang Lain Yang Aku Lebih Suka Ketimbang Yang Itu


Baru Sadar Sekarang Ternyata, Selama Ini Ada Yang Lain Yang Aku Lebih Suka Ketimbang Yang Itu

by Catatan Ade Anita on Sunday, 9 September 2012 at 23:26 ·
Pernah nggak, setelah sekian lama menyatakan diri kepada semua orang bahwa kita menyukai sesuatu tapi suatu hari, akhirnya tiba-tiba kita menyadari satu hal yang cukup penting: bahwa ternyata kita lebih menyukai yang lain. Lalu, tanpa peduli bahwa semua orang sudah terlanjur mengecap kita sebagai pemilik sesuatu itu, kita malah jadi ingin memproklamirkan diri bahwa "kita sudah tidak menyukai itu lagi, tapi ada yang baru, dan kita ingin orang lain tahu bahwa inilah yang sebenarnya kita sukai, bukan lagi yang itu."



Hmm... seperti yang aku alami saat ini. Aku baru saja menyadari sekarang bahwa ternyata, selama ini ternyata aku lebih menyukai yang itu lebih daripada aku menyukai yang selama ini. Ih, jadi malu sendiri untuk mengakuinya. Tapi... mau gimana lagi. Kan harus jujur terhadap kehendak hati ya?

Ada beberapa hal sehingga aku terpaksa harus mengakui mengapa aku harus jujur dengan kehendak hati dan memproklamirkan pada semua orang kepada siapa sebenarnya hati ini berpaling. Alasannya adalah:

1. Mungkin, selama ini aku memang selalu berusaha untuk bisa diterima oleh semua teman-teman dimana kekagumanku aku letakkan.
Jika kita mengagumi sesuatu, tentu tanpa sadar kita berusaha untuk men-set diri kita agar orang lain tahu tentang kekaguman kita itu. Caranya, dengan menunjukkan minat dan perhatian yang besar tentu saja. Dan itu yang sudah aku lakukan selama ini.

2. Tapi, setelah lama berusaha untuk memahami dan menjaga imaje, pada akhirnya, kita tidak bisa membohongi hati kita, pada siapa kecenderungan hati ini sebenarnya. Kita bisa membohongi siapa saja, tapi akan sangat sulit membohongi hati.

3. Ada dorongan untuk memberitahu kepada orang lain secara lebih terbuka kalimat ini : "Hei, aku suka yang ini, bukan yang itu."... dan lalu berharap orang lain memberi tanggapan positif, bukan cibiran negatif. Well, sepertinya naluri untuk bernarsis ria dengan apa yang kita sukai-miliki menjadi begtu penting dan dominan di zaman era serba show-up seperti sekarang ini (hahahaha; eh, kenapa ketawanya harus di dalam kurung segala, kalo emang mau narsis?)

Ya sudah, langsung saja pada pengakuan yang akan aku buat.

Hari ini, setelah membaca sekian banyak buku (sudah setahun terakhir ini, aku lagi doyan-doyannya beli buku fiksi, berbagai genre, berbagai penulis, dari berbagai rekomendasi), aku baru sadar beberapa hal. Yaitu, (urutan nomor tidak menandakan sebuah urutan peringkat):

1.Ternyata aku lebih suka  Novel metropop (bukan novel sastra. Aduh, padahal selama ini aku selalu berusaha untuk menyukai novel sastra.... aku selalu terkagum-kagum dengan rangkaian kalimat puitis a la pujangga. Tapi, setelah membaca beberapa novel sastra belakangan ini, kok aku malah puyeng ya? kagak ngarti eike.....)

2. Novel ringan, bukan novel yang menggurui (mungkin ini karena akunya yang dodol bin dudul... hahahaha... aku pernah ketiduran pas baca novel yang penuh dengan wejangan yang mungkin bagi orang lain akan dianggap sebagai "pencerahan"... hmm, ini sekaligus menjawab pertanyaan kenapa dulu di kelas aku suka ngantuk dan bahkan ketiduran di kelas. Mungkin emang dari lahir nggak suka dapat wejangan yang terlalu menggurui).

3. Novel yang tidak lebay dalam menceritakan kondisi di sekitar tokohnya (aku pernah baca novel yang menceritakan tentang kehidupan remaja anak orang kaya di perkotaan. Astaga, aku kesel dan marah-marah sendiri baca ini novel. Semua terasa terlalu mengada-ada... coba bayangkan, emang ada anak orang kaya (taruh misal dia anak dari big 5 orang terkaya di Indonesia, yang ketika sahabatnya yang baru pindah ke kota dan belum punya kendaraan hingga harus wara wiri pake angkot dan bis, maka ketika sahabatnya itu ulang tahun diajak ke show room mobil dan disuruh milih mau minta dibelikan hadiah mobil jaguar atau mobil rolls royce untuk hadiah ulang tahunnya. BAH!!... Ini pasti penulisnya "tidak pernah merasakan jadi kaya beneran!"... hahahaha.. khayalannya kelewatan!!.. Emang ada gitu kartu kredit yang no limit sehingga bisa seenak udelnya ngasi kado mobil super mewah ke teman yang ulang tahun?? Emang ada orang tua gila yang begitu saja ngasi kartu kredit tanpa limit ke anaknya yang masih SMA  agar bisa digunakan dengan tidak bijaksana seperti ini??... walhasil, novel itu aku robek-robek sebelum aku selesai membacanya.. kesal sekali... merasa rugi sudah membelinya.. tahu gitu mending beli bajakannya deh.. atau fotocopy bolak balik yang murahan sekalian.. .. beberapa bulan kemudian, aku nyesel sendiri kenapa keburu nafsu merobek dan memusnahkan novel itu.... hehehe, soalnya aku baru saja berencana membuat catatan tentang "novel yang tidak aku rekomendasikan untuk dibeli dan dibaca, kecuali kalau emang nekad"... )

4. Novel yang jalan ceritanya tidak menyimpang dari norma. Jujur, aku tidak suka banget  baca novel yang isinya tentang homoseksual dan pedofilia.

5. Aku suka novel horor dan suka nulis cerita horor... tapi.. ternyata aku nggak suka novel horor yang "tokoh menyeramkannya adalah manusia". Jadi, aku nggak suka novel horor pembunuhan, atau horor  sadisme, atau horor kekejaman lain yang dilakukan oleh manusia. Uuuhh.. HUEEEKKK...  Nggak suka banget.
Jadi inget.. di dusun tempat orang tuaku berasal, yaitu di dusun Bumi Ayu, Palembang, Sumatra Selatan sana, jika orang-orang ditanya mana yang lebih mereka hindari untuk bertemu di malam hari yang mencekam, "hantu atau orang", maka orang-orang dengan lantang akan menjawab: "orang". Alasannya sederhana sekali, karena jika bertemu hantu, kita tinggal baca serentetan doa maka hantu itu akan lari atau menghilang. Tapi jika bertemu dengan orang, yang ada adalah orang itu akan menghabisi harta dan bahkan nyawa kita. Jadi, kesimpulannya orang itu jauh lebih menyeramkan daripada hantu. Nah.. ini yang aku temui di cerita-cerita horor pembunuhan atau horor sadisme. Uuhh, manusia itu jauh lebih meyeramkan ketimbanga hantu.

6. Aku suka novel yang romantis (hehehehe, jadi malu). Tapi aku nggak suka kalau romantisnya berjalan terlalu mulus begitu saja tanpa konflik. Biar bagaimanapun, sesuatu yang manis itu akan lebih terasa manis setelah bertemu sesuatu yang pahit. Rindu akan terasa jika sudah melewati sebuah jeda perpisahan, dan pertemuan akan menjadi sesuatu yang memang amat diharapkan. Jadi, kalau dari awal romantis terus tanpa ada konflik atau tanpa  saat-saat mendebarkan ketika cinta kembali ditumbuhkan lagi, iihhh, nggak seru ah.

7. Aku suka novel yang pemeran utama cowoknya digambarkan sebagai sosok yang lembut pada perempuan tapi tegas pada lelaki, pintar dan bukan tipe seperti-kerbau-dicucuk-hidungnya, suka melucu tapi tidak ganjen, macho tapi tidak suka mengasari perempuan. Dan akan kesengsem sendiri jika si tokoh ini pake kacamata dan punya bulu-bulu halus di sekitar dagunya... aaaahhhhh (ups..).

8. Aku nggak suka novel yang di dalamnya bertaburan bahasa-bahasa Al4y... hmm,  Alay disini maksudnya bukan hanya peletakan huruf-huruf yang bikin kening berkerut, tapi, pemilihan diksi yang .... hmm... apa ya istilahnya... kamsepay... hahahaha. Bingung kan? Ah... aku juga bingung ngejelasinnya, tapi beberapa novel teenlit aku temui begitulah isinya. Si cowok terlalu cengeng ketika mencintai ceweknya, si cewek terlalu lebay dalam memberikan sinyal cintanya, atau si si cowok terlalu sering memaki-maki dengan menggunakan bahasa yang kasar dan "kampungan", sementara si cewek terlalu berlebihan sikapnya ketika mendeskripsikan perilaku pacarannya.
Apa iya anak SMP sudah tahu tentang "hubungan intim"?.. maksudku, ini novel dari penulis Indonesia tentang situasi hubungan cewek cowok di indonesia loh. Kalau novel dari penulis bule yang menggambarkan tentang situasi di bule sana, aku bisa mengerti. Aku pernah ngobrol sama teman buleku dan ketika sampai pada obrolan yang lebih pribadi, si bule mengakui bahwa dia melepas keperjakaannya itu di usia 12 tahun. Jadi, wajar aja kalau novel atau film mereka seperti itu... itu memang budaya mereka dari sononya. Tapi budaya kita?? Eh.... atau.. jangan-jangan emang budaya Indonesia sudah tidak ada lagi ya sekarang??
hhmmm... budaya Indonesia apa ya?? Lain kali kita ngobrol soal ini lagi deh, dengan tema yang spesifik bagian ini.

9. Aku suka novel dimana tokoh utama perempuannya adalah seorang perempuan yang ceria, smart, dan baik hati. Nggak apa-apa dia sedikit bloon (hei! katanya suka yang smart? kenapa sekarang sedikit bloon?? kontradiktif dong?.. hmm, maksudku, sedikit bloon tuh mungkin lugu dan polos kali ya) yang penting dia tidak tergoda untuk berbuat sesuatu yang menyimpang, dan yang utama pada akhirnya dia bisa mendapatkan yang lebih baik (waaahh, ini mah impian semua perempuan).

10. Ternyata, menjadi seorang penulis yang tidak pernah berteman dengan teman sesama penulis itu jauh lebih bahagia ketimbang menjadi penulis yang berteman dengan teman sesama penulis... hehehehe..... Sebagai penulis pemula, inilah yang aku alami saat ini. Karena sudah kenal dengan banyak teman sesama penulis, aku jadi sungkan mau menyampaikan kritik kepada mereka tentang buku mereka. Akhirnya, kalau nulis resensi buku, isinya jadi yang bagus-bagus saja, nggak enak kalau mau menyampaikan kritik (siapa gue sih? Kagak tahu diri banget);
kalau mau nulis status yang isinya "rasa kecewa karena buku yang aku baca" terpaksa nggak bisa aku lakukan karena aku tahu penulisnya ada di list teman-temanku, biar bagaimana pun "sesama penulis dilarang saling menjatuhkan". 

yup. Itulah pengakuan yang aku buat malam ini. Setelah membaca sekian banyak novel selama satu tahun terakhir ini.
maaf ya jika ada yang tersinggung.
-------------
penulis: Ade Anita
Top of Form
Like ·  · Share · Delete
Cepi Sabre ibu saya baik hatinya. ketika sakit, satu-satunya obat sangat pahit, sehingga saya pasti muntah setiap minum obat itu. ibu saya tidak tega. ayah saya tidak peduli. cenderung jahat ...See More
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc6/186196_1029380190_1333850121_q.jpg
Cepi Sabre eh, ini untuk nomor 10 itu ya...
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc6/275369_548471854_574861002_q.jpg
Afin Yulia part novel nyastra itu sama, ketiduran dlm waktu lima menit saja. Praktis si novel jadi bantal tidur 
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/373129_220573384712025_356768599_q.jpg
Catatan Ade Anita Cepi Sabre: tetep.... nggak berani ngasi obat pahit.. belum punya madu buat penetralisir soalnya, hehehe (pada kenyataannya, tidak semua penulis siap untuk menerima kritik, terbaca...See More
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/373129_220573384712025_356768599_q.jpg
Catatan Ade Anita Afin Yulia: iya afin bener.. kalau tulisannya pendek berupa puisi atau cerpen, masih bisa aku nikmati.. tapi begitu dah jadi novel, aduuhh... kian lama kian berat untuk mengerti.....See More
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/373129_220573384712025_356768599_q.jpg
Catatan Ade Anita @ricky dan @andri husein: makasih ya dah like
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/211569_1672809411_571242715_q.jpg
Riawani Elyta Kira2 nvlku masuk list fav mbk ade gk ya ? #ngarep , gpp mbk ade kritik aja nvlku aq lmyn bebal koq hehe, aq mlh trkesan ama paragraph prtama , kirk2 kalo aq gk ngefans dia lg hrskah kung umumkan jg byk y, qiqi :-)
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc7/370052_1663186796_910305868_q.jpg
Ade Anita Riawani Elyta: hehehe... kasih tahu nggak ya?...
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc7/370052_1663186796_910305868_q.jpg
Ade Anita aku baru baca satu novelmu sih Riawani Elyta, yang hati memilih itu.. isinya lumayan.. meski kurang mendebarkan menurutku (karena aku suka novel romantis yang mendebarkan).. lembut...See More
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/211569_1672809411_571242715_q.jpg
Riawani Elyta mmm tp kalo sungkan gk usah deh , hihi
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc7/370052_1663186796_910305868_q.jpg
Ade Anita hehehe... alhamdulillah, pengertian juga
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/211569_1672809411_571242715_q.jpg
Riawani Elyta Krn pembaca jg ingin dimengerti :-) mau nulis jg skrg rada business minded , kira 2 pmbaca bakal suka gk y, pembaca jd prioritas dh , hehe
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc7/370052_1663186796_910305868_q.jpg
Ade Anita iya sih, sekarang kalo mo nulis banyak pertimbangannya juga aku.. mikir dulu "ini tanggapannya gimana ya?", nanti kalo dah liat tanggapannya baru deh bikin lanjutan tuisan berikutnya..
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/211569_1672809411_571242715_q.jpg
Riawani Elyta bwt prbandingan dgn persona or tarapucino aja x y yg lain genre, nt lht stok dl y kalo ada sisa kukrm dh , tp 1 aja y, hihi
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc7/370052_1663186796_910305868_q.jpg
Ade Anita boleh..boleh..
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/368854_1425908616_1385022469_q.jpg
Aida Maslamah A duhh baca note mba ade, jadi senyam senyum sendiri akuh...berasa sama mba...kalo bilang ga suka, atau bilang ga bagus rasanya ndak enak, lha diri sendiri nulis juga begitu2 aja...t...See More
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/373129_220573384712025_356768599_q.jpg
Catatan Ade Anita Hehehehe cari jalan aman yak Aida?.. Iya sih, aku lebih gape melempar kritik daripada nulis sepertinya..hahahaha
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc6/261048_100000606076538_718067753_q.jpg
Gusti Ronia Mbak Ade....aku ngefans deh sama note2nya Mbak:)
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc6/261048_100000606076538_718067753_q.jpg
Gusti Ronia Sama komen2nya jg :D
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc7/370052_1663186796_910305868_q.jpg
Ade Anita Gusti Ronia: aaaiihhh.. kamu bikin aku melayang... makasih ya say..
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc6/261048_100000606076538_718067753_q.jpg
Gusti Ronia Siplah, Jujur n apa adanya. Suka :)
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc6/276038_100001401006657_819752717_q.jpg
Amalia Dewi F hihihi, aku kok baru baca yang ini ya ? Sesama penulis dilarang saling menjatuhkan, tapi kalau jatuh hati gimana dong ? Eh, emang ada seperti itu ? Jadinya penulis kawin sama penulis ....hihihi
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc7/370052_1663186796_910305868_q.jpg
Ade Anita hahahaa.. Amalia Dewi F... itu bener tuh.. sesama penulis harus saling mendukung.. saling support dan dilarang keras saling menjatuhkan.. hehehe... kan sama2 nyari sesuap berlian dan seraup rupiah dari tulisan...*peace
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc6/274168_1421547161_37991139_q.jpg
Eonnie Aty Yunarty Bidam aduhhh...aku pernah tuh mba baca novel tak kira bagus metropop gitu...rupax ujung2x homoseksual...aduhhhhhh...
Friday at 21:30 via mobile · Like · 1
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc6/276038_100001401006657_819752717_q.jpg
Amalia Dewi F gubrak, sesuap berlian dan seraup rupiah .... gak tahaaaan
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/373129_220573384712025_356768599_q.jpg
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/373129_220573384712025_356768599_q.jpg
Catatan Ade Anita Eonnie Aty Yunarty Bidam: waaah... kalo buku yang itu aku juga ogaaaahhh... bukan yang itu, tapi yang ringan, dan unyuk-unyuk
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc6/274168_1421547161_37991139_q.jpg
Eonnie Aty Yunarty Bidam awal2x bagus smkn dbaca kok jdx aneh...mkx klo ad yg mw minjem koleksi novelku tak larang minjem yg i2...skrg khan lg musim novel yg lucu2 gt...
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/273434_100003791847080_410232357_q.jpg
Muhammad PhunsukhWangdu Bin ArnoldSchwarzeneggerwahahahahaha, baru membaca ini dan terkesima. beberapa hal saya alami seperti mbak Ade Anita.

ttg buku jelek, kala ada YANG PUNYA BUKU JELEK sebaiknya jangad dirobek, tapi kirimka...See More
13 hours ago · Like · 2
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc7/370052_1663186796_910305868_q.jpg
Ade Anita nah.. itulah Muhammad PhunsukhWangdu Bin ArnoldSchwarzenegger, aku juga nyesel dah ngerobek itu buku.. jadi nggak bisa aku rekomendasiin buat buku2 yang sebaiknya dihindari...mmm... harus diubah mindsetnya.. harus diwaspadai untuk mengembangkan diri...hahaha..brilian
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-snc6/211910_1540863927_1410354510_q.jpg
Adhy Rical nah ini baru mencerahkan. tapi maaf, agak tersinggung yang nomor 7 wkwkwk
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/369213_100000875676898_216254327_q.jpg
Nina Karmila Meski bukan penulis de, aku gak suka baca novel alay, novel romantis, novel cerita orang kaya, tp ga masuk akal.
Aku demennya novel kaya Sidney Sheldon.
Ada beberapa penulis no...See More
11 hours ago via mobile · Like · 1
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/273434_100003791847080_410232357_q.jpg
Muhammad PhunsukhWangdu Bin ArnoldSchwarzeneggermbak Nina pernah baca White Tiger? yg memenangkan Manbooker kemarin.
8 hours ago · Like · 1
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/369213_100000875676898_216254327_q.jpg
Nina Karmila Mas Muhammad Phunsukh... Dst ( duhhhh susah amat nulis namanya ), belum tuh, novelnya ttg apa ya?
2 hours ago via mobile · Like
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/373129_220573384712025_356768599_q.jpg
Catatan Ade Anita Waaahhh... Nina...aku juga doyan tuh nulis yg model begitu..tapi masalahnya, penerbit lebih kesengsem sama novel romantis, chiclit or teenlit..malah sekarang mereka doyan novel komedi... Makanya aku banyak belajar dari baca novel2 romantis.
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/373129_220573384712025_356768599_q.jpg
Catatan Ade Anita Btw, novel penulis asia yg bikin kamu nangis berember-ember itu apa judulnya??
  • https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash4/369213_100000875676898_216254327_q.jpg
Nina Karmila Ade : lupa judulnya de, novelnya tinggal di rumah Medan, ga semua kebawa di Ranto ini. Ada juga bbrp penulis wanita di Chinese, juga scerita ttg kehidupan wanita di negerinya, ttg jd isteri ke 2/ ke 3, persoalan dg mertua perempuan ... Itu juga buat nangis Bombay


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...